--> Mudahnya Menanam Ubi Jalar Dalam Pot dan Hasil Pun Tak Usah Ragu | Pupuk Lahan

7 Juni 2019

Mudahnya Menanam Ubi Jalar Dalam Pot dan Hasil Pun Tak Usah Ragu

| 7 Juni 2019

Menanam Ubi Jalar Dalam Pot – Selain menanam ubi jalar secara langsung di lahan, siapa sangka kalau ubi jalar dapat juga ditanam dalam pot. Meski di tanam dalam pot, asalkan rajin merawatnya, hasil panen ubi jalar tak usah diragukan, ya tak kalah dengan hasil yang ditanam di tanah.


Mudahnya Menanam Ubi Jalar Dalam Pot dan Hasil Pun Tak Usah Ragu
Ubi Jalar dalam Pot. Gambar : Dokpri

Sebetulnya, cara budidaya ubi jalar di tanah seperti di kebun atau sawah sudah kita bahas pada artikel sebelumnya. Namun, karena masih ada juga teman-teman yang penasaran dengan budidaya ubi jalar dalam pot, maka artikel ini hadir untuk membahas cara menanam ubi jalar dalam pot.

Ubi Jalar dalam Pot bisa juga sebagai tanaman hias
Memang cukup menarik menanam ubi jalar dalam pot atau polybag. Selain bisa dipetik dan dimanfaatkan daun dan umbinya, ubi jalar dalam pot bisa juga tampil sebagai tanaman hias. Dengan penataan dan perawatan yang baik, daun-daun ubi jalar terlihat sejuk, indah dan menakjubkan.
Baik, langsung saja kita cari tau bagaimana menanam ubi jalar dalam pot agar tumbuh subur dan produksi umbinya tinggi.

Menyiapkan bibit ubi jalar
Sebelum menanam di pot, persiapkan terlebih dulu bibit ubi jalar. Cara pembibitannya sangat mudah, yaitu dengan cara stek ubi jalar yang sudah tumbuh atau dengan menumbuhkan tunas dari umbinya. Untuk cara pembibitan ubi jalar bisa dibaca pada artikel ini, yaitu Mau Produksi Tinggi? Ini Kunci Budidaya Ubi Jalar.
Mudahnya Menanam Ubi Jalar Dalam Pot dan Hasil Pun Tak Usah Ragu
Bibit ubi jalar. Gambar : Dokpri

Pot untuk menanam ubi jalar
Untuk menanam ubi jalar dalam pot, maka pemilihan pot mesti dipertimbangkan dengan baik. Pilihlah pot yang agak besar dan kuat/tidak mudah pecah. Ukurannya diameter pot 25-30 cm dan tingginya 40-50 cm. Atau jika menggunakan polybag, pilihlah yang ukuran 50 cm x 60 cm.
Jika pot sudah ada, selanjutnya buatlah lubang-lubang drainase pada bagian dasar pot untuk memudahkan pembuangan air yang berlebihan pada saat disiram atau hujan.

Media tanam ubi jalar dalam pot.
Media tanam yang akan digunakan untuk menanam ubi jalar haruslah subur, poros, dan aeratif serta tidak masam. Oleh karena itu, sebelum menanam ubi jalar dalam pot, persiapkan media tanam yang baik.
Siapkan tanah lapisan atas (top soil) yang subur, pupuk kandang, dan sekam padi. Campurkan ketiga bahan tersebut dengan perbandingan 1:1:1. Atau 2:1:1 jika pupuk kandang diganti dengan kompos. Selanjutnya, media tanam tersebut dimasukkan ke dalam pot sampai ketinggian 2/3 pot.

Menanam bibit ubi jalar ke dalam pot
Kalau pot sudah siap dengan media tanamnya, tanam bibit ubi jalar. Setiap pot dapat ditanam 1-2 bibit ubi jalar. Tanam tepat di tengah-tengah agar tampak simetris atau rapi ketika pot ditata nantinya.

Perawatan ubi jalar dalam pot
Hal yang utama dalam merawat ubi jalar dalam pot adalah penempatan pot pada area yang mendapatkan sinar matahari penuh. Kalau kurang cahaya, ubi jalar tetap tumbuh, tapi panennya hanya daun-daun he..he..😅 

Penyiraman juga hal yang tak kalah penting dalam perawatan ubi jalar dalam pot. Siram dengan air yang bebas kaporit secara teratur setiap hari kecuali hujan. Siram secukupnya saja, jangan sampai berlebih-lebihan. Kalau berlebihan, bisa-bisa tanaman ubi jalar terganggu.
Selain penyiraman, lakukan juga penyiangan. Kalau gulma sudah mulai tumbuh dalam pot, segera cabut dan buang jauh-jauh. Ingat, membiarkan gulma tumbuh, berarti membiarkan ubi jalar dalam pot tumbuh merana karena nutrisi jatahnya diambil gulma.
Untuk mencukupi nutrisi atau unsur hara untuk tumbuh dan berkembang ubi jalar dalam pot, tentu saja pemupukan menjadi keharusan. Pemupukan bisa menggunakan pupuk majemuk NPK atau pupuk tunggal (ZA, SP-36 dan KCL). Pupuklah ubi jalar secara teratur agar tumbuh subur dan menghasilkan umbi yang optimal.
Agar media tumbuh ubi jalar tetap gembur, maka setiap kali aplikasi pupuk anorganik, jangan lupa ditambahkan sedikit pupuk kandang atau kompos.

Oh, iya..ini juga penting dalam perawatan ubi jalar dalam pot, yaitu angkat batangnya setiap 2 minggu sekali agar tidak tumbuh akar-akarnya pada ruas batang dan masuk ke dalam tanah. Sebab, kalau tumbuh akar pada ruas-ruas batang, umbi yang terbentuk akan kecil-kecil.


Panen ubi jalar dalam pot
Ubi jalar yang ditanam dalam pot cukup mudah untuk dipanen. Tidak usah pakai cangkul. Cukup dengan cara membalikkan pot dan mengeluarkan seluruh media tanam. Setelah itu, ambil umbi-umbi akan terlihat jelas dan tinggal kutip saja dan dikumpulkan.


Mudahnya Menanam Ubi Jalar Dalam Pot dan Hasil Pun Tak Usah Ragu

Itulah sekilas tentang cara menanam ubi jalar dalam pot. Rawatlah dengan baik, dan lihatlah hasilnya. Bukan hanya daun-daun, tapi umbi pun terbentuk dengan optimal dalam pot. 

Related Posts