--> Cara Pakai Vitamin B1 untuk Tanaman [Termasuk Tanaman Hias] | Pupuk Lahan

4 November 2020

Cara Pakai Vitamin B1 untuk Tanaman [Termasuk Tanaman Hias]

| 4 November 2020

 

Tanaman, seperti halnya manusia, memerlukan vitamin untuk memperlancar proses metabolisme dalam tubuhnya. Apalagi Anda yang suka menanam tanaman hias, misalnya aglaonema, keladi hias, kamboja, dan lainnya, tentu perlu diberikan vitamin B1 Liquinox agar tampil segar dan indah. Namun, supaya memberikan hasil yang baik, cara pakai vitamin B1 mesti benar, baik takarannya maupun cara aplikasi untuk tanaman.

Vitamin B1 Liquinox
Takaran dan Cara Aplikasi
Vitamin B1 Liquinox Start

Cara penggunaan vitamin b1 Liquinox Start untuk tanaman masih banyak yang keliru, bahkan ada yang asal campurkan saja, tidak jelas takarannya. Ada orang yang menggunakan 1 sendok makan Tiamin (Vitamin B1) per liter. Ada juga yang mencampurkan 1 tutup botol vitamin B1 dengan 5 liter air.


Istilah pada kemasan botol vitamin B1 liquinox

Pemakaian vitamin B1 yang tidak sesuai takaran masih banyak kita jumpai. Mengapa bisa seperti ini? Tidak ada yang salah. Hanya saja, tidak semua orang memahami kata-kata atau istilah yang tertulis pada label kemasan vitamin B1. Misalnya, volume campuran tertera dalam satuan Galon, bukan liter (l) atau milli liter (ml).

Persoalan lain dalam aplikasi vitamin B1 untuk tanaman adalah penggunaan sendok makan (sdm). Apakah sendok makan yang biasa digunakan untuk makan, atau sendok ukur/sendok takar (measuring spoon)?


Kegunaan Vitamin B1 untuk Tanaman

Baiklah, sebelum mata beranjak membaca penjelasan cara pakai vitamin B1 untuk tanaman, mari sekilas melihat kembali apa saja manfaat atau fungsi dari vitamin B1 Liquinox bagi tanaman.

Sebetulnya kami telah menulisnya pada artikel sebelumnya tentang manfaat vitamin B1, yaitu 7 Manfaat Vitamin B1 untuk Aglaonema, Bukan Sekadar Anti Stres. Mana tau Anda belum membacanya, jika punya sedikit waktu,  silakan dibaca karena uraiannya lebih detil.

Inilah manfaat dari vitamin B1 liquinox untuk tanaman  :

  • Metabolisme dalam jaringan aglaonema dapat berlangsung dengan baik seperti konversi karbohidrat menjadi energi
  • Secara umum, vitamin b1 dapat mencegah dan mengurangi stres tanaman aglaonema
  • Meningkapkan kemampuan adaptasi dengan dengan lingkungan yang baru
  • Menjaga tanaman tetap segar dan tidak layu meskipun jauh dan lamanya pengiriman, penanaman, dan pergantian media tumbuh yang baru (repotting).
  • Mempercepat tumbuhnya akar
  • Serapan unsur hara lebih lancar
  • Pertumbuhan jaringan baru lebih cepat


Takaran Vitamin B1

Dalam mencampurkan atau melarutkan vitamin ke dalam air perlu takaran yang tepat. Ini dimaksudkan agar memberikan hasil terbaik pada tanaman. Kesegaran tanaman akan terlihat jika aplikasi atau cara pakai vitamin B1 sudah Ok.

Yang dimaksud dengan takaran dalam penggunaan Vitamin B1 untuk tanaman adalah perbandingan volume dari vitamin B1 dengan volume air. Istilah lain dari takaran adalah konsentrasi.

Ada 2 istilah pada kemasan vitamin B1 liquinox yang perlu dipahami. Pertama, sendok makan. Kedua, galon.

Yang dimaksud sendok makan (tablespoon) pada label tersebut adalah sendok ukur (lihat contoh sendok ukur pada gambar di bawah ini). Dimana, jika diukur volume 1 sendok makan sama dengan 15 ml.

Sendok Ukur
Ilustrasi Sendok Ukur atau Takar
Gambar : Pixabay.com
Istilah lainnya adalah Galon. Ini adalah satuan volume yang sering digunakan di luar negeri. Anda mau tau, 1 galon berapa liter? 1 galon = 3,7851 liter. Nanti, dalam membuat takaran, angka tersebut dibulatkan saja menjadi 4 liter agar memudahkan.


Cara membuat takaran Vitamin B1 untuk tanaman

Dalam mencampur vitamin B1 dengan air, jangan menggunakan sendok makan (sdm) yang di rumah Anda. Sebab, itu bukan sendok ukur, tapi sendok untuk makan. Tapi, kalau punya sendok ukur, silakan karena lebih tepat takarannya.

Untuk lebih mudah, gunakan saja tutup botol vitamin B1. Ada dua tutup yang terdapat pada botol vitamin tersebut, yaitu tutup besar di bagian luar dan tutup kecil terdapat di bagian dalam. Vulume atau isi 1 tutup besar adalah 4 kali volume tutup kecil.

1 tutup besar vitamin B1 dicampur dengan 4 liter air. Sedangkan 1 tutup kecil vitamin B1 tersebut dicampurkan dengan 1 liter air.

Nah, jika Anda menggunakan Hand Sprayer untuk menyemprot tanaman, berikut  ada acuan membuat takaran vitamin B1 untuk beberapa volume hand sprayer.

  • Volume Hand Sprayer 250 ml air = Campurkan vitamin B1 sebanyak ¼ tutup kecil
  • Volume Hand Sprayer 500 ml air = Campurkan vitamin B1 sebanyak ½  tutup kecil
  • Volume Hand Sprayer 750 ml air = Campurkan vitamin B1 sebanyak ¾  tutup kecil
  • Volume Hand Sprayer 1000 ml (1 liter) air = Campurkan vitamin B1 sebanyak 1 tutup kecil
  • Volume Hand Sprayer 2.000 ml (2 liter) air = Campurkan vitamin B1 sebanyak 2 tutup kecil
  • Volume Hand Sprayer 3.000 (3 liter) ml air = Campurkan vitamin B1 sebanyak 3 tutup kecil
  • Volume Hand Sprayer 4.000 ml (4 liter) air = Campurkan vitamin B1 sebanyak 1 tutup besar, atau 4 tutup kecil.


Cara semprot tanaman dengan vitamin B1

Setelah mencampur vitamin B1 dengan air sesuai takarannya, maka sudah bisa digunakan untuk nutrisi tanaman. Namun pertanyaannya adalah bagaimana cara pakai vitamin B1 untuk tanaman?

Penulis yakin, Anda sudah tau cara pakai vitamin B1. Kalau Anda pecinta tanaman hias dan punya koleksi di rumah seperti aglonema red anjamani, venus, atau caladium red star, caladium red flash, monstera atau janda bolong, sudah tentu sering menggunakan vitamin b1 untuk tanaman tersebut.

Akan tetapi, alangkah eloknya jika artikel ini juga menulis sedikit gambaran cara pakai vitamin B1 untuk tanaman agar semua teman-teman, termasuk pemula bisa memahaminya.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menyemprot. Cara semprot vitamin B1 untuk tanaman, yaitu semprot ke seluruh bagian tanaman, seperti daun, batang, ranting, tangkai daun, dan media tumbuhnya (tanah). Semprot secara tipis dan merata. 

Jangan lupa mengarahkan sprayer untuk menyemprot juga permukaan daun sebelah bawah. Bagian bawah daun sangat penting karena ada banyak stomata (mulut daun) yang siap menyerap vitamin.

Okay, lalu bagaimana cara pakai vitamin b1 kalau tanaman tumbuh di media air, misalnya aglonema ditanam dalam media air? Tenang! Setelah Anda menyemprot ke daun dan batang, , terakhir tuangkan 1/2-1 tutup botol larutan vitamin b1 yang telah diencerkan itu, ke dalam media air biar diserap juga oleh akarnya. Mudah bukan?


BACA JUGA : Cara Menanam Bonggol Aglonema agar Cepat Tumbuh


Kapan waktu aplikasi vitamin B1?

Berbicara waktu setidaknya ada 2, yaitu usia tanaman dan pergerakan matahari atau rotasi bumi. Waktu tersebut sangat menentukan terhadap aplikasi vitamin, penyerapan, dan pertumbuhan tanaman

Dari sisi usia, sejak tanaman masih kecil, baru saja pemindahan ke pot atau baru tanam, dan tanaman dewasa pun bagus sekali kalau diberikan vitamin B1.

Berikan vitamin untuk tanaman Anda secara berkala. Anda bisa semprot vitamin B1 setiap 1-2 minggu sekali. 

Sedangkan dari sisi waktu posisi matahari, aplikasi vitamin B1 sebaiknya disemprot ke tanaman pada waktu pagi hari atau sore hari, saat-saat tidak teriknya matahari. Oh ya...setelah selesai membaca artikel ini, kami sarankan Anda bisa membeli di sini Vitamin B1 Liquinox start karena produknya bagus. Jadi Anda puas memakainya nanti.

Demikian ulasan kami tentang cara pakai vitamin B1 untuk tanaman. Jadi, selain pupuk, tanaman butuh juga vitamin. Dengan mendapatkan asupan vitamin, pertumbuhan tanaman bagus, lebih tahan terhadap perubahan cuaca, tampil segar, dan jauh dari penyakit.

Related Posts