--> 3 Alternatif Media Tanam Lidah Mertua Supaya Subur dan Indah, Pilih yang Mana? | Pupuk Lahan

10 Juni 2019

3 Alternatif Media Tanam Lidah Mertua Supaya Subur dan Indah, Pilih yang Mana?

| 10 Juni 2019

Media Tanam Lidah Mertua – Apakah Sobat menyukai tanaman hias lidah mertua (Sansevieria)? Jika iya, artikel ini menjadi pilihan yang tepat ‘tuk Sobat. Mengapa? Karena tulisan yang satu ini mengupas seluk-beluk kehidupan tanaman lidah mertua, terutama media tanam yang tepat agar tanaman lidah mertua tumbuh subur, warnanya indah, dan perawatan pun akan menjadi mudah.


3 Alternatif Media Tanam Lidah Mertua Supaya Subur dan Indah, Pilih yang Mana?
Media Tanam Tepat, Lidah Mertua Pun Subur

Karena “jatuh cinta” dengan lidah mertua, Sobat sudah pasti mengenal betul dengan tanaman ini. Namun, tidak salahnya kalau kita coba review sekilas tentang tanaman lidah mertua agar ketika membuat media tanam, menanam, dan merawatnya semakin mahir dan tentu saja tidak bingung lagi.

Lidah mertua sebagai tanaman hias
Kalau dilihat dari penampilan, terutama daunnya, lidah mertua merupakan jelas-jelas tanaman hias. Tengoklah daun-daunnya,  panjang (walau ada juga yang pendek), tekstur keras, runcing, dan warnanya penuh kombinasi.

Ada jenis lidah mertua dengan warna daunnya hijau, hijau muda, dan ada juga yang warna daun seperti perak. Bahkan, daunnya penuh dengan kombinasi warna seperti hijau-kuning atau putih-kuning serta bermotif yang dihiasi dengan motif alur pada daunnya.

Warna, motif, dan bentuk daun yang dimilikinya itu merupakan pesona dan daya tarik tersendiri dari lidah mertua. Makanya, tanaman ini banyak “diburu” oleh para hobis tanaman hias baik untuk koleksi, ditanam di rumah, atau dijadikan komoditas bisnis atau komersial.

Lidah mertua menyegarkan udara ruangan
Tanaman ini bisa ditanam di luar rumah (outdoor) dan bisa juga tumbuh di dalam ruangan (indoor). Jika ditaruh di ruangan, lidah mertua sangat banyak manfaatnya.

3 Alternatif Media Tanam Lidah Mertua Supaya Subur dan Indah, Pilih yang Mana?
Tanaman hias lidah mertua.
Gbr : pupuklahan.blogspot.com

Manfaatnya tidak hanya sebagai tanaman hias untuk memperindah ruangan, tapi lebih dari itu. Lidah mertua yang ditaruh di dalam rumah seperti di ruang tamu dapat menyegarkan udara. Sebab, lidah mertua memiliki kemampuan untuk menyerap zat-zat beracun atau polutan yang terbawa bersama udara.

Lidah mertua butuh media tumbuh poros
Tanaman “pedang-pedangan” ini tumbuh di daerah tropis kering dan adaptif di daerah beriklim panas. Karena memang habitat asli lidah mertua dijumpai di daerah gurun pasir dengan curah hujan rendah, tentu saja sangat mudah untuk ditebak kalau lidah mertua butuh media tumbuh yang poros dan tidak tergenang air untuk pertumbuhannya.

3 Alternatif Media Tanam Lidah Mertua Supaya Subur dan Indah, Pilih yang Mana?
Tunas Baru/Anakan Lidah Mertua.
 Gambar : pupuklahan.blogspot.com

Syarat media tanam lidah mertua
Sebelum menunaikan kewajiban, penuhi dulu syarat-syaratnya. Demikian juga dengan media tanam lidah mertua, perlu dipenuhi syarat-syaratnya agar tumbuh dan berkembang dengan baik.

Berikut ini beberapa syarat dari media tanam lidah mertua.
  • Media tanam harus poros
  • Aeratif/petukaran udara bagus
  • Dapat menyimpan air
  • Dapat menyangga tanaman
  • Tersedianya unsur hara
  • Steril dari jamur parasit

Bahan-bahan untuk media tanam lidah mertua
Nah, jika syarat media tanam lidah mertua sudah dipahami, maka akan menjadi mudah dalam mencari bahan-bahan yang akan dijadikan media tanamnya. Sekarang, mari kita tengok dulu masing-masing bahan dan kelebihannya sebelum meraciknya menjadi media tanam. 

Berikut ini ada 7 bahan-bahan yang dapat dipilih dan dikombinasi untuk media tanam lidah mertua.

Pakis
Pakis menjadi plihan yang tepat bagi Sobat yang ingin menanam lidah mertua. Pakis bisa dijadikan sebagai media tanam karena kelebihannya, yaitu punya kemampuan drainase yang baik dan juga aeratif. Bahkan, dalam pakis ada kandungan unsur hara yang menunjang pertumbuhan lidah mertua.

Pasir malang
Selain pakis, pasir malang merupakan bahan media tanam yang sangat cocok. Sebab, pasir malang yang dijadikan media tanam bersifat poros sehingga memiliki kemampuan untuk melewati air dengan mudah.

Selain poros, pasir malang lebih steril dan tidah mudah ditumbuhi lumut. Mengapa? Karena pasir malang diperoleh dari dari magma gunung berapi.

Apakah pasir biasa bisa digunakan sebagai media tanam seandainya tidak ada pasir malang? Tentu saja bisa. Namun, sekali lagi, pasir malang lebih bagus dari pasir biasa untuk media tanam lidah mertua.

Sekam bakar (arang sekam)
Sobat tentu familiar dengan sekam bakar. Lazimnya, sekam bakar disebut dengan arang sekam. Jadi, jangan sampai salah, arang sekam bukan abu sekam dan bukan pula abu gosok.


3 Alternatif Media Tanam Lidah Mertua Supaya Subur dan Indah, Pilih yang Mana?
Arang sekam untuk campuran media tanam
Gambar : pupuklahan.blogspot.com

Sebagai bahan untuk melengkapi media tanam lidah merdua, sekam bakar jangan sampai lupa diikutsertakan. Sebab, sekam bakar sangat bagus terutama membentuk media tanam lebih poros. 

Selain poros, sekam bakar juga punya segudang kelebihan seperti ringan, menjaga pH media tanam, menjaga kelembaban, dan juga unsur hara.

Sekam padi (sekam mentah)
Sebagai tambahan media tanam lidah mertua, sekam padi juga cocok. Sebab, sekam padi yang masih mentah – biasanya sebagai limbah – dapat membuat media tanam lebih poros. Bahkan, sekam padi akan menjadi bahan organik yang lambat-laun akan melepaskan unsur hara untuk tanaman.

Pupuk Kompos
Bahan yang satu ini jelas sekali bermanfaat ketika dicampurkan dalam media tanam. Namanya saja pupuk kompos, sudah tentu memiliki kandungan unsur hara makro dan mikro lengkap sebagai nutrisi tanaman. Karenanya, pupuk kompos bagus juga untuk bahan media tanam lidah mertua.

Pupuk kandang
Hampir sama dengan pupuk kompos, pupuk kandang sering juga dijadikan sebagai bahan campuran media tanam lidah mertua. Pupuk kandang menyediakan unsur hara untuk tanaman meskipun relatif lebih rendah dibandingkan kompos.

Tanah humus
Tanah humus cukup baik juga digunakan sebagai salah satu bahan media tanam lidah mertua. Mengapa bagus? Karena tanah humus ini berasal dari pelapukan daun, batang, dan campuran kotoran hewan menjadikan tanah ini bersifat gembur dan banyak kandungan unsur hara. Bahkan, kalau ada tanah humus, media tanam lebih aeratif.

MEMBUAT MEDIA TANAM LIDAH MERTUA

Okay, Sobat sudah mengenal beberapa bahan tunggal yang dapat digunakan untuk membuat media tanam. Agar menjadi media tanam lidah mertua yang berkualitas, maka bahan-bahan tersebut diseleksi dan dicampurkan dengan perbandingan yang tepat.

Bagaiamana membuat media tanam atau bahan-bahan apa saja yang harus ada dalam media tanam lidah mertua? Ada 3 alternatif kombinasi bahan untuk membuat media tanam. Yuk, kita lihat pilihan membuat media tanam lidah mertua.

Alternatif 1 ; Membuat Media Tanam Lidah Mertua

Bahan-bahan :
  • Pakis
  • Pasir Malang
  • Sekam bakar
  • Sekam padi

Cara membuatnya :
Campurkan bahan-bahan tersebut, yaitu pakis, pasir malang, sekam bakar, dan sekam padi dengan perbandingan 1:1:1:1. Campur secara merata dan isi ke dalam pot yang sudah disiapkan.

Alternatif 2 ; Membuat Media Tanam Lidah Mertua

Bahan-bahan :
  • Pupuk kompos
  • Pasir malang
  • Sekam bakar

Cara membuatnya :
Campurkan bahan-bahan tersebut, yaitu pupuk kompos, pasir malang, dan sekam bakar dengan perbandingan 1:1:1. Campur secara merata dan isi ke dalam pot yang sudah disiapkan.

Alternatif 3 ; Membuat Media Tanam Lidah Mertua

Bahan-bahan :
  • Tanah humus
  • Pasir Malang
  • Sekam padi
  • Kompos

Cara membuatnya :
Campurkan bahan-bahan tersebut, yaitu tanah humus, pasir malang, sekam padi, dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1:1. Campur secara merata dan isi ke dalam pot yang sudah disiapkan.
3 Alternatif Media Tanam Lidah Mertua Supaya Subur dan Indah, Pilih yang Mana?
Anakan Lidah Mertua yang Dipisahkan dari Induknya
Gambar : pupuklahan.blogspot.com

Itulah tiga alternatif membuat media tanam yang amat bagus untuk pertumbuhan tanaman hias lidah mertua. Tiga-tiganya bagus sebagai media tanam, Sobat pupuklahan.blogspot.com, Anda pilih yang mana? Oh, iya, agar warna-warna daunnya tampil lebih bercahaya dan elok dipandang mata, rawatlah tanaman lidah mertua dengan baik dan teratur. [updated by pupuklahan.blogspot.com, 18/02/2020]

Related Posts