--> 1 Sendok Pupuk Berapa Gram? Begini Cara Mengetahuinya | Pupuk Lahan

2 Mei 2020

1 Sendok Pupuk Berapa Gram? Begini Cara Mengetahuinya

| 2 Mei 2020

1 Sendok Pupuk Berapa Gram? -- Untuk memudahkan dalam aplikasi pupuk, terutama pupuk berbentuk kristal atau granular, maka petani sering sekali menggunakan alat takar berupa sendok teh (sdt) atau sendok makan (sdm). Misalnya dalam aplikasi pupuk NPK untuk tanaman cabe, mereka sudah terbiasa memprediksi dan tau ukuran berat 1 sendok makan pupuk NPK berapa gram.

1 Sendok Pupuk Berapa Gram? Begini Cara Mengetahuinya
1 sendok makan pupuk NPK

Namun, bagi yang belum pernah menggunakannya, pasti bertanya kira-kira ukuran berat 1 sendok pupuk berapa gram? Atau berapa gram 1 sendok makan atau sendok teh pupuk?

Mudahnya menakar berat pupuk dengan sendok
Untuk mengambil dan mengukur pupuk dengan mudah dan cepat, maka pilihannya memakai takaran 1 sendok makan atau 1 sendok teh. Sebab, ketika dikonversikan volume 1 sendok makan pupuk setara dengan berat pupuk yang ingin diaplikasikan untuk tanaman.
Tetapi, sebelum memakai sendok sebagai alat takar untuk mengambil pupuk, Anda perlu tau 1 sendok pupuk berapa gram. Misalnya, berapa gram 1 sendok makan pupuk NPK, Gandasil D dan B, urea, dan jenis pupuk lainnya. Apakah 2 gram, 4 gram, 5 gram atau berapa gram yang sebenarnya dari masing-masing pupuk tersebut jika diukur dengan 1 sendok makan atau sendok teh.
BACA juga : Cara Aplikasi Pupuk Daun Gandasil D dan B yang Tepat agar Cepat Diserap Tanaman
Untuk menjawab ukuran berat pupuk jika diukur dengan sendok takar berupa sendok teh atau sendok makan, perlu kita tau terlebih dulu volume dari masing-masing sendok takar tersebut.

1 Sendok Pupuk Berapa Gram? Begini Cara Mengetahuinya
Ilustrasi sendok takar. Gambar : pixabay.com

Jika diukur dengan bahan cairan atau padatan, maka volume 1 sendok teh (teaspoon) adalah 5 ml (cm3). Sedangkan volume 1 sendok makan (tablespoon) adalah 15 ml (cm3).
Sebagai catatan konversi volume :
1 liter = 1000 cm3 (centimeter kubik)
1 cm3 = 1 ml (milli liter)
Ibu-ibu rumah tangga sering sekali menggunakan sendok teh atau sendok makan untuk mengukur berat dari bahan-bahan untuk membuat kue seperti gula, tepung, garam, minyak makan, dan lain sebagainya.
Bukan hanya ibu-ibu rumah tangga, kita sebagai petani, penggunaan alat takar pupuk berupa sendok teh cukup membantu dan memudahkan dalam aplikasi pupuk untuk tanaman. Dengan alat ukur berupa sendok takar, kita tidak perlu repot-repot menimbang berat pupuk dalam satuan gram seperti 1 gram, 2 gram, 5 gram, dan seterusnya.

Bulk density pupuk berbeda dengan zat lainnya
Akan tetapi, perlu dipahami bahwa ukuran berat tiap bahan sangat berbeda jika diukur dengan sendok teh termasuk pupuk. Sebab, masing-masing bahan berbeda kerapatan massanya atau lebih dikenal dengan bulk density. Bulk density ini merupakan ukuran berat dari suatu zat/bahan per vulume bahan termasuk pori-porinya.
Kalau dalam formula matematis ditulis seperti ini :

  • ρ = m/v
  • ρ = bulk density (gram/cm3)
  • m = berat bahan atau zat (gram)
  • v = volume bahan termasuk pori-porinya (cm3)
Bulk density tepung, gula, garam, dan lainnya berbeda dengan bulk density dari pupuk. Dan setiap jenis pupuk pun berbeda-beda densitasnya.
Dengan demikian, ini menunjukkan bahwa meskipun vulume 1 sendok makan setiap bahan sama, namun akan sangat berbeda ketika dikonversikan ke dalam ukuran berat dari masing-masing bahan. Dengan kata lain, kita sebetulnya tidak boleh menyamakan berat pupuk dengan berat bahan lain jika diukur dengan sendok teh atau sendok makan. Sebab, bulk density pupuk berbeda dengan bulk density bahan lainnya.

Cara mengetahui berat 1 sendok makan pupuk
Ada 2 cara cari tau berat 1 sendok pupuk berapa gram, baik menggunakan sendok makan atau sendok teh. Yuk kita lanjut membaca penjelasan berikut ini.

1. Menggunakan formula matematis untuk menghitung berat 1 sendok pupuk
Cara mengetahui berat 1 sendok makan pupuk adalah dengan menghitung menggunakan rumus matematis seperti yang tersebut di atas. Cara ini termasuk akurat hasilnya. Hanya saja kita harus mengetahui densitas dari setiap jenis pupuk

Sebagai contoh, kita ingin mengukur berat 1 sendok teh pupuk urea granular berapa gram?
Asumsi saja nih, misalnya diketahui bulk density dari pupuk urea butiran (granular) sebesar 0,82 gram/ml dan volume sendok teh adalah 5 ml.
Maka dengan menggunakan rumus matematis di atas dapat dengan mudah kita mengetahui berat 1 sendok teh pupuk urea granular tersebut. Caranya begini.
Diketahui : ρ = 0,82 gram/ml ; V sendok teh = 5 ml

  • Maka, ρ = m/V atau m = ρ x V
  • m = 0,82 gram/ml x 5 ml
  • m = 4,1 gram
Jadi, ukuran berat 1 sendok teh pupuk urea granular adalah 4,1 gram.
Kalau menggunakan sendok makan, lain lagi beratnya. Berapa berat 1 sendok makan pupuk urea granular dengan asumsi bulk density sama seperti tersebut di atas?
Jawabannya begini.
Diketahui : ρ = 0,82 gram/ml ; V sendok teh = 15 ml

  • Maka, m = ρ x V
  • m = 0,82 gram/ml x 15 ml
  • m = 12,3 gram
Jadi, ukuran berat 1 sendok makan pupuk urea granular adalah 12,3 gram.

Contoh lainnya, 1 sendok makan pupuk TSP berapa gram?
Asumsi, misalnya bulk density dari pupuk TSP kira-kira 0,95 gram/ml

  • Maka, m = ρ x V
  • m = 0,95 gram/ml x 15 ml
  • m = 14,25 gram
Jadi, ukuran berat 1 sendok makan pupuk TSP adalah 14,25 gram.
Demikian cara menghitung berat 1 sendok teh atau sendok makan setiap jenis pupuk. Dengan catatan, kita perlu mengetahui terlebih dulu bulk density dari masing-masing pupuk yang akan kita ukur.
Sayangnya, masih cukup sulit kita menemukan bulk density tertera pada kemasannya. Karena tidak tersedianya informasi densitas dari pupuk, maka penghitungan berat pupuk secara matematis sulit dilakukan. Namun, kalau Anda tau bulk density dari pupuk, silakan gunakan rumus tersebut.

2. Memakai timbangan digital untuk mengukur berat 1 sendok pupuk

1 Sendok Pupuk Berapa Gram? Begini Cara Mengetahuinya
Berat 1 sendok pupuk gandasil B 4,2 gram

Solusi lainnya untuk mengetahui berat 1 sendok pupuk berapa gram adalah dengan cara menimbang. Timbangan yang digunakan mesti timbangan digital agar dapat jelas terbaca hasilnya dalam satuan gram. Kalau menggunakan timbangan lainnya, hasilnya kurang akurat.
Caranya, gunakan sendok takar berupa sendok teh atau sendok makan yang jelas ukuran volumenya. Ambil 1 sendok makan atau 1 sendok teh pupuk NPK atau jenis pupuk lainnya, lalu timbang. Dan catat beratnya.
Unfortunatelly, tidak semua petani memiliki timbangan digital untuk mengukur berat 1 sendok pupuk. Oleh karena itu, perlu ada cara lain yang dapat membantu petani agar dapat menggunakan sendok makan atau sendok teh untuk menakar berat pupuk yang akan diaplikasikan untuk tanaman.

Gunakan hasil pengukuran petani yang sudah pernah menimbang berat 1 sendok pupuk
Jika kedua cara mengukur berat 1 sendok pupuk yang tersebut diatas belum dapat dilakukan untuk saat ini, maka untuk mengetahui berat 1 sendok pupuk berapa gram adalah dengan menggunakan hasil pengukuran atau pengalaman petani yang sudah pernah menimbang berat 1 sendok makan atau sendok teh pupuk.
Meskipun hasilnya agak berbeda-beda antara satu petani dengan petani lainnya, namun setidaknya sudah menjadi acuan dalam memakai sendok untuk takaran berat pupuk.
Berikut ini berat beberapa jenis pupuk yang penulis ukur berdasarkan volume sendok teh dan sendok makan.
Pupuk NPK ;
  • 1 sendok makan NPK berapa gram? = +/- 10 gram

Gandasil D
  • 1 sendok teh Gandasil D berapa gram? = +/- 4,2 gram

Gandasil B
  • 1 sendok teh Gandasil B berapa gram? = +/- 4,2 gram
PK MKP Meroke

  • 1 sendok makan pupuk PK MKP Meroke berapa gram? = +/- 14 gram
  • 1 sendok teh pupuk PK MKP Meroke berapa gram? = +/- 4,6 gram

Dekastar plus atau osmocote 17:11:10
  • 1 sendok makan pupuk dekastar sama dengan 15 gram
  • 1 sendok teh pupuk dekastar sama dengan 5 gram


Sobat, untuk memudahkan menakar pupuk, sebaiknya Sobat memiliki sendok takar pupuk. Jika belum punya, kami merekomendasikan untuk membeli disini SENDOK TAKAR PUPUK TANAMAN 5 in 1. Sekali belanja, dapat 5 sendok takar, mulai ukuran 1 ml/gram sampai dengan yang 15 ml/gram. Harganya murah bamget banget.
Itulah cara mengetahui berat 1 sendok pupuk berapa gram. Dengan cara menghitung, menimbang, atau menggunakan hasil pengukuran petani lain, maka Anda dengan mudah menakar pupuk secara mudah dan cepat menggunakan sendok, baik sendok makan atau sendok teh.

Related Posts