--> Merawat Aglaonema? Lakukan 8 Cara Ini Agar Indah dan Menawan [Updated] | Pupuk Lahan

22 April 2019

Merawat Aglaonema? Lakukan 8 Cara Ini Agar Indah dan Menawan [Updated]

| 22 April 2019

Cara Merawat Aglaonema -- Saya sempat memperhatikan seorang emak rajin sekali menyiram aglaonema di rumahnya. Ia, setiap hari, memberi air untuk tanaman hias yang bermotif batik itu agar tumbuh subur. Sayangnya, aglaonema miliknya bukannya subur dan indah, tetapi menguning dan layu dari hari ke hari. Mengapa? Karena cara merawat aglaonema yang dilakukan emak itu belum tepat.

Lalu, pertanyaannya adalah bagaimana cara merawat aglaonema yang benar agar tumbuh subur, sehat dan tampil menawan serta sedap kala dipandang? Jawabannya akan kita ulas dalam artikel ini dan simak baik-baik agar Sobat tidak terjebak dalam cara-cara merawat tanaman hias aglaonema yang kurang menguntungkan.

Merawat Aglaonema? Lakukan 7 Cara Ini Agar Indah dan Menawan
Aglaonema. Dokpri

Aglaonema ; Tanaman Hias yang Memikat Hati

Aglaonema jelas tanaman cantik dan menawan. Jika dilihat sekilas, aglaonema seolah-olah tanaman keladi karena memang sekilas mirip dengan keladi. Yang pasti, aglaonema bukanlah keladi melainkan tanaman hias yang menakjubkan. Warna-warni daunnya yang indah sungguh memikat hati. 

Lihatlah aneka motif daunnya dan ini menjadi magnet atau daya tarik tersendiri yang dimiliki aglaonema. Bukan hanya motif daunnya yang menyerupai batik, namun aneka ragam pencampuran warna seperti kuning, merah, hijau, merah, dan lainnya bak pelangi, membuat mata tak bosan memandangnya.

Selain indah, harga jual “Sri Rezeki” (sebutan lain untuk aglaonema) pun terbilang mahal. Apalagi aglaonema hasil stek, seperti aglonema red anjamani, big roy, venus, dan lainnya, harganya mulai dari puluhan ribu rupiah sampai juta-an rupiah tergantung jenis dan keindahannya.


Tanaman aglaonema menambah estetika

Karena aglaonema merupakan salah satu tanaman hias yang sangat indah, maka tanaman ini butuh perhatian dan sentuhan yang tepat agar dapat menambah estetikanya. Bukan cuman menyiram, tetapi tempat tumbuh sampai nutrisinya mesti diperhatikan.

Rumah akan semakin indah karena ada pancaran keindahan dari aglaonema. Bahkan, kalau perawatannya bagus, pemiliknya pun akan merasa damai jiwanya saat melihat bunga aglaonema tumbuh dan berkembang begitu cantik, indah, dan menawan di beranda rumahnya.


Perhatikan media tanam aglaonema

Sebelum masuk ke poin-poin penting dalam merawat aglaonema, terlebih dulu diperhatikan media tanamnya. Sebab, tidak akan banyak perkembangan kalau media tumbuhnya bermasalah alias tidak tepat.

Seperti diulas dalam artikel media tanam aglaonema, media tanam aglaonema hampir-hampir menyerupai tempat habitat aslinya. Tempat akar berjangkar penuh dengan humus, serat-serat kayu seperti pakis, bahan-bahan organik, dan porositasnya sangat baik.


Aglaonema butuh perawatan

Namun, untuk tetap subur, indah dan menawan hati, aglaonema harus mendapat perhatian dengan cara merawatnya. Beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam merawatnya adalah penyiraman, penempatan, pemupukan, stabilisasi, penyiangan, pemangkasan, penggemburan, dan pengilapan. 

8 CARA MERAWAT AGLAONEMA

Yuk, simak penjelasan lengkap cara merawat tanaman aglaonema dalam uraian berikut ini.

1. Merawat aglaonema dengan memberi pelindung

Agar aglaonema tumbuh subur, cantik, dan keindahan daunnya tetap terjaga, maka penempatannya jangan sembarangan tempat. Maksudnya, aglaonema tidak boleh ditempatkan pada area yang terkena sinar matahari langsung. Jika terkena matahari langsung, warna daun akan memudar dan hilang keindahannya


Mulai sejak “bayi” sampai besar, aglaonema harus tetap terlindungi dari cahaya matahari langsung. Karena ini sesuai habitat aslinya di gunung, tumbuh di bawah pohon-pohon besar yang teduh dengan udara yang sejuk.

Merawat Aglaonema? Lakukan 7 Cara Ini Agar Indah dan Menawan
Aglaonema/Sri Rezeki. Dokpri


Oleh karena itu, berilah pelindung untuk tanaman aglaonema agar tidak tersengat panasnya sinar matahari dan tidak terkulai ketika hujan turun lebat..

Untuk pelindung, bisa menggunakan paranet. Selain paranet, untuk terlindungi, aglaonema bisa juga ditempatkan di beranda rumah, di bawah pohon mangga, jambu, atau tanaman lainnya yang ada di rumah Anda.


2. Merawat aglaonema dengan menyiram secara berkala

Aglaonema memang tanaman butuh air. Namun, bukan berarti aglaonema perlu disiram terus-terusan setiap hari. Kalau terlalu banyak air, maka membuat akar dan batang aglaonema membusuk. Akhirnya, daun-daunnya mulai menguning alias layu.

Sebaliknya, aglaonema tidak mau hidup kalau kering. Jika media tumbuh kering akan terhenti suplai air dan nutrisi ke jaringannya.

Oleh karena itu, penyiraman aglaonema dilakukan secara berkala seperti 2-3 hari sekali atau 3-4 hari sekali. Waktunya terserah. Yang paling penting tetap memperhatikan kelembaban media tumbuh jangan sampai kekeringan.


3. Rawatlah aglaonema dengan memupuk

Aglaonema akan tumbuh subur dan sehat jika mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Ini berarti harus ada usaha untuk mencukupi unsur hara untuk aglaonema dengan cara memupuknya.

Sebetulnya, cukup mudah dalam merawat aglaonema dalam hal pupuk. Sebab, media tumbuh aglaonema sendiri sudah terdiri dari bahan-bahan organik yang megandung nutrisi seperti kompos, sekam ataupun pupuk kandang.

Namun, kalaupun mau dipupuk, pupuklah aglaonema secara periodik misalnya 3 bulan sekali dengan menambahkan pupuk kompos atau pupuk kandang yang matang. Boleh juga kombinasi pupuk organik dan anorganik seperti menyiram dengan pupuk urea (N).

Selain pemupukan dengan cara dibenamkan atau dikocor dalam media tumbuh, pemupukan juga bisa dilakukan dengan cara penyemprotan. Gunakan pupuk daun yang mengandung unsur hara makro dan mikro, lalu semprotlah 1 bulan sekali dengan dosis yang tepat sesuai anjuran dikemasan.

Sesekali, Anda bisa juga memberi asupan vitamin berupa vitamin B1 untuk aglaonema. Vit b1 ini berguna biar aglonema tidak stres dan tetap terlihat segar.


4. Pasang ajir untuk aglaonema



Merawat Aglaonema? Lakukan 8 Cara Ini Agar Indah dan Menawan [Updated]
Pemasangan Ajir/Penyangga Aglaonema

Pemasangan ajir juga bagian penting dalam merawat aglaonema. Tujuannya agar aglaonema tidak roboh kalau diterpa angin ataupun tetesan air hujan.

Ketika tanaman aglaonema sudah kelihatan tinggi dan besar, pasanglah ajir/penyangga untuk penopang. Ajir yang terbuat dari bambu atau bahan lainnya ditancapkan di samping pangkal aglaonema dan diikat.


5. Membersihkan gulma dari media tumbuh aglaonema

Monitor media tumbuh aglaonema secara teratur apakah sudah mulai tumbuh gulma atau tanaman pengganggu dalam media tumbuh. Kalau ada tanaman pengganggu segera lakukan penyiangan.

Kehadiran gulma akan menyerap nutrisi yang ada dalam media tumbuh aglaonema. Jika dibiarkan, aglaonema akan merana karena ketidakcukupan gizi.

Oleh karenanya, lakukan penyiangan. Penyiangan dilakukan dengan cara membersihkan gulma atau rumput liar yang mengganggu pertumbuhan aglaonema. Cabut rumput sampai ke akar-akarnya dan buang jauh-jauh.


6. Merawat aglaonema dengan memangkas daun yang layu

Sungguh tidak indah dipandang kalau tanaman aglaonema dipenuhi dengan daun-daun layu dan kering di batangnya. Oleh karena itu, pemangkasan daun-daun yang seperti itu menjadi bagian penting untuk menjaga aglaonema tetap tampil indah.

Pangkaslah daun-daun yang menguning, layu, dan kering dengan menggunakan pis4u atau gunting yang tajam dan steril.


7. Merawat aglaonema dengan mengelap daun-daunnya



Merawat Aglaonema? Lakukan 7 Cara Ini Agar Indah dan Menawan
Photo by David Clode on Unsplash
Daun-daun aglaonema, lama-kelamaan, akan banyak dengan debu sehingga penampilannya kurang mengkilap. Bukan hanya tidak mengkilap, namun kehadiran debu bisa mengundang penyakit.

Oleh karena itu, untuk menjaga daun aglaonema tetap cantik dengan warna yang mengkilap, lakukan pembersihan daunnya dengan cara menyemprot/mengelap secara periodik. Kalau mengelap, gunakan spon yang halus dan lembut.

8. Gemburkan tanah atau media tumbuh agar tanaman aglaonema cepat beranak
Cara merawat tanaman bunga aglaonema lainnya adalah dengan cara menggemburkan tanah atau media tumbuh secara rutin. Penggemburan tanah, selain untuk memperbaiki aerasi dan drainase, tanaman aglaonema akan cepat tumbuh anakannya. Jadi, ini merupakan cara merawat aglaonema agar cepat beranak.
Media tumbuh aglaonema, baik yang diberikan pupuk kimia maupun pupuk organik, lama-kelamaan akan padat. Kondisi ini menyulitkan perkembangan akar dan pertumbuhan tunas baru.
Oleh sebab itu, gemburkan tanah atau media tumbuh aglaonema  minimal 1 bulan sekali. Jika media tumbuh sudah sangat keras dan mungkin sudah jenuh, Anda mesti ganti media tanam dengan yang baru. Biasanya kalau sering digemburkan dan dipupuk, 1-2 tahun baru jenuh media tumbuh aglaonema.


Kalau mau dirawat, aglaonema yang patah pun tumbuh kembali
Merawat Aglaonema? Lakukan 8 Cara Ini Agar Indah dan Menawan [Updated]
Tampak bekas patah pada aglaonema 

Merawat Aglaonema? Lakukan 8 Cara Ini Agar Indah dan Menawan [Updated]
Aglaonema patah tumbuh kembali dengan perawatan yang baik 
Ada satu contoh kasus dimana tanaman aglaonema yang saya tanam di rumah patah karena angin kencang. Pikiran pun jadi tak tenang sebab itu adalah tanaman hias favorit di mata saya. Lagipula, saya telah merawatnya bertahun-tahun.
Namun, saya tetap bersabar dengan tetap merawat tanaman aglaonema yang sudah patah tersebut meskipun daun-daun indahnya sudah tiada. Yang tinggal hanyalah sisa batangnya sekitar 3 cm di atas media tumbuh. 
Setelah 1 bulan saya berikan perhatian, dengan rajin memupuk, menggemburkan media tumbuh, dan menyiramnya secara rutin, kini aglaonema yang tumbang itu sudah tumbuh subur kembali seperti terlihat pada gambar di atas.

Baca juga ini :
Itulah cara merawat aglaonema agar tetap indah dan menawan. Jadi, bukan hanya nyiram dan nyiram terus, tetapi rawatlah aglaonema dengan baik dan benar. Dengan memberikan perhatian khusus, maka aglaonema juga akan memberikan sesuatu yang spesial kepada pemiliknya, yaitu keindahannya. [Updated by pupuklahan.blogspot.com, 25/01/2020]


Related Posts