--> Cara Menanam Bunga Krokot Supaya Berbunga Pukul Sembilan | Pupuk Lahan

29 Juni 2019

Cara Menanam Bunga Krokot Supaya Berbunga Pukul Sembilan

| 29 Juni 2019

Cara Menanam Bunga Krokot – Kecil, tapi indah dan menakjubkan. Itulah bunga krokot (Moss Rose), tanaman yang penuh estetika. Karena keindahan yang terpancar dari bunga krokot, pantas saja banyak yang menyukainya. Bukan hanya suka menatapnya, namun tidak sedikit yang menanam bunga krokot untuk menghiasi taman, jalan, dan perkarangan rumah.
Tapi, bagi yang belum pernah menanam bunga ini, masih menyisakan ‘segudang’ pertanyaan. Misalnya,  bagaimana sebenarnya cara menanam bunga krokot? Benarkah berbunga pukul sembilan? Perlukah dipupuk agar rajin berbunga? Seberapa lama bertahan hidupnya dan sejumlah tanda tanya lainnya yang terkait dengan cara menanam dan perawatan bunga krokot.

Cara Menanam Bunga Krokot Supaya Berbunga Pukul Sembilan

Ketika bunga krokot “hidup” di kampung
Orang-orang yang tinggal di pedesaan, bunga krokot sudah begitu familiar di mata mereka. Sebab, bunga krokot cukup banyak tumbuh dan 'hidup' di area kampung atau pedesaan baik di rumah-rumah, kebun, atau di persawahan.
Itulah sebabnya, bagi sebagian mereka, bunga krokot mungkin tidak begitu menarik atau mungkin memandangnya “sebelah mata.” Cukup beralasan memang, karena bunga krokot sering sekali dianggap sebagai tanaman liar yang mengotori dan mengganggu pertumbuhan tanaman lain. 

Ketika bunga krokot “hijrah” ke kota
Tetapi, ceritanya menjadi berbeda manakala bunga krokot “hijrah” ke perkotaan. Bunga yang banyak jenis warnanya dan penuh pesona itu, cukup menarik di mata warga kota yang hobi tanaman hias. Ia menjadi sesuatu yang amat berharga ketika tiba di kota. Makanya, tidak mengherankan ketika para hobis bunga di kota, “memburu” bunga krokot untuk ditanam di rumahnya.
Bunga krokot bukan hanya ditanam dan dipajang di sudut-sudut rumah, tetapi lebih dari itu. Kita mungkin pernah melihat ada area-area trotoar, pagar-pagar sekolah, tanam kota taman perkantoran, dan lainnya yang sengaja dihiasi dengan menanam bunga krokot untuk membangkitkan nuansa keindahan, kesejukan dan kesegaran.
Aneka sebutan untuk bunga krokot
Bukan hanya keindahan, tetapi keunikan namanya. Karena memang banyak yang tertarik dan peduli, membuat bunga krokot memiliki aneka sebutan ‘kesayangan’ untuknya.
Jangan heran, jika bunga krokot lazim disebut dengan bunga pukul 9 karena memang mekar ketika matahari mulai beranjak naik atau sekitar jam 9 pagi kurang-lebih. Ada juga yang menyebut bunga pukul 10, bunga cantik manis, kembang lipan, sutra bombay, dan mungkin masih banyak sebutan lainnya tergantung daerah masing-masing.
Namun, kalau bingung dengan sebutan-sebutan itu, kembali saja ke nama latin (nama ilmiah) agar semua orang di belahan bumi ini tau, yaitu Portulaca Grandiflora.

Jenis bunga krokot yang bisa ditanam
Cara Menanam Bunga Krokot Supaya Berbunga Pukul Sembilan
Bunga Krokot Mahkota Tipis
Ada banyak pilihan bunga krokot kalau suka menanamnya. Sebab, bunga krokot itu sendiri banyak jenisnya. Bahkan, dari sisi warna bunga, bunga yang mekar jam 9 atau jam 10 ini, sungguh banyak warnanya.
Apa saja jenih bunga krokot? Ada jenis krokot bermahkota tipis dan ada juga jenis krokot bermahkota tebal. Yang bermahkota tebal dikenal dengan krokot tumpuk karena memang bentuk bunganya yang bertumpuk dan tebal.
Yang cukup menarik kenapa sangat dicari pecinta tanaman hias adalah warna-warnanya yang indah bagaikan pelangi. Warnanya bagai magnet hingga membuat mata tak lepas atau tak jemu memandangnya. Tengok saja, ada krokot yang bunganya berwarna merah, kuning, putih sampai putih susu, pink, ungu, dan warna indah lainnya.
Akan menambah nilai estetika dari bunga krokot ini, jika dalam satu media tanam, bunga krokot ditanam dengan banyak jenis. Warna-warni bunganya ketika mekar sungguh menakjubkan. Bukan hanya kumbang yang menikmatinya, tapi setiap mata yang memandangnya akan terpikat.

CARA MENANAM BUNGA KROKOT
Sulitkah menanam bunga krokot? Sangat mudah alias gampang menanamnya. Tetapi, kalau 'digampang-gampangkan,' akan menjadi sulit menanam bunga ini, sampai-sampai malas berbunga. Artinya apa? Meskipun kelihatan amat mudah menanam bunga krokot, namun mesti benar tata cara penanamannya dan mesti rajin pula merawatnya.
Berikut ini step-step menanam bunga krokot agar cepat tumbuh, cepat berbunga dan bunganya banyak.

Pembibitan bunga krokot
Kata teman-teman, bunga krokot mudah sekali tumbuh, benarkah? Betul sekali. Sebab, dengan hanya menanam bagian batang atau cabangnya, dalam satu minggu sudah tumbuh akarnya. Ini artinya, pembibitan untuk perbanyakan bunga krokot mudah sekali.
Namun, agar lebih jelas, untuk menanam bunga krokot, bibitnya bisa diperoleh secara generatif dan bisa juga secara vegetatif. Secara generatif, perbanyakan bibit bunga krokot dimulai dengan menyemai benihnya (biji). Sedangkan vegetatif, bibit bunga krokot diperoleh dengan cara stek bagian tanamannya.
Kalau mau menanam bunga krokot dengan semai bijinya, silahkan. Tapi, ingat! Menanam bunga krokot dari biji butuh waktu agak lama, mulai dari proses menyemai, berkecambah, pertumbuhan, pemindahan bibit, penanaman, dan baru akhirnya berbunga.
Yang lebih simpel dalam menanam bunga krokot, bibitnya diperoleh dengan cara stek batang tanaman induk. Ada tapinya, yaitu mudah kalau sudah ada induk tanaman bunga krokot di rumah.
Kalau belum punya, gimana? Pilihannya adalah minta stek krokot sama teman atau tetangga yang sudah punya. Kalau juga tidak ada sama tetangga, kembali ke “pasal 1” ðŸ˜…, yaitu beli benihnya baik secara online atau offline dan semai untuk memperoleh bibitnya.
Berikut ini langkah-langkah perbanyakan bibit bunga krokot dengan cara stek untuk ditanam di rumah
  1. Siapkan pot kecil beserta media tanamnya
  2. Potong bagian cabang induk bunga krokot sepanjang 5-7 cm
  3. Tanam stek bunga krokot, setiap lubang tanam dalam pot bisa satu stek dan bisa juga lebih, misalnya 5 stek cabang krokot disatukan, lalu ditanam.
  4. Siram sampai lembab
  5. Tempatkan ditempat yang teduh
  6. Tunggu 7-10 hari, akar-akar mulai tumbuh
  7. Jika stek sudah mulai tumbuh tunas, stek sudah bisa dipindahkan ke media tanam yang lebih besar
Cara Menanam Bunga Krokot Supaya Berbunga Pukul Sembilan
Bagian batang bunga krokot untuk stek.
Gambar : pupuklahan.blogspot.com

Cara Menanam Bunga Krokot Supaya Berbunga Pukul Sembilan
Menyemai stek batang bunga krokot.
Gambar : pupuklahan.blogspot.com

Bibit bunga krokot hasil setek setelah 15 hari semai,
Siap dipindahkan ke pot yang lebih besar
Gambar : pupuklahan.blogspot.com

Cara Menanam Bunga Krokot Supaya Berbunga Pukul Sembilan
Bibit bunga krokot yang sudah tumbuh dan berbunga
Gambar : pupuklahan.blogspot.com



Menyiapkan pot untuk menanam bunga krokot
Sebetulnya, tanaman bunga krot dapat langsung ditanam di tanah. Akan tetapi, karena banyak yang menanam dalam pot sebagai tanaman hias di rumah, maka penyiapan pot menjadi langkah awal dalam menanam bunga krokot.

BACA JUGA : Melati Air untuk Aquascape ; Menanam di Tanah, Berbunga di Air
Pilihlah pot yang bagus dan tahan dari terpaan sinar matahari atau hujan. Pot tidak harus terbuat dari semen/beton, pot boleh plastik seperti polybag, botol bekas air mineral, dan pot berbahan lainnya.
Sedangkan bentuk pot bisa bulat atau petak, kecil atau besar, pendek atau panjang, ya tergantung dari ketersediaan pot, kemudahan dalam penataannya, dan jumlah bunga krokot yang ingin ditanam.
Tetapi, pot harap dipastikan terdapat lubang drainase pada bagian dasarnya agar air tidak menggenangi dalam media tanam ketika disiram atau hujan turun.

Membuat media tanam untuk bunga krokot
Media tanam sudah tentu mempengaruhi subur tidaknya pertumbuhan bunga krokot. Oleh karena itu, media tanam atau media tumbuh haruslah yang gembur dan subur. Jika untuk diisi dalam pot, media tanam dibuat dari tanah humus atau campuran pupuk kompos dan tanah atau campuran pupuk kandang dan tanah. 
Atau, media tanam bunga pukul 9 bisa juga campuran tanah, kompos, dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1. Ada juga yang membuat media tanam krokot dari campuran tanah kebun, kompos, dan pasir malang.
Namun, kalau ingin menanam bunga krokot langsung di tanah, cukup dengan menebar pupuk kandang/kompos, lalu diaduk dengan tanah secara merata. Dosis pupuk kandang/kompos kira-kira 1-2 kg/m2.

Menanam bunga krokot
Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa sebenarnya stek batang bunga krokot dapat ditanam langsung ke dalam pot atau lahan tanam yang sudah disiapkan. Akan tetapi, agar terjamin pertumbuhan ketika dipindahkan ke dalam pot, sebaiknya menanam bibit stek yang sudah tumbuh akar dan tunasnya.
Berikut ini cara menanam bibit krokot hasil stek dari persemaiannya.
  1. Siram media tanam sampai lembab
  2. Lubangi media tanam
  3. Keluarkan bibit dari dalam pot (media semai) beserta tanah yang melekat pada akarnya. Atau jika dicungkil, usahakan tanah tetap menyatu dengan akarnya.
  4. Tanam bibit bunga krokot
  5. Tutup kembali dengan tanah sampai seluruh akarnya tertutup
  6. Siram secukupnya saja agar media tanam kembali rapat dan menjadi kompak


Merawat bunga krokot


Cara Menanam Bunga Krokot Supaya Berbunga Pukul Sembilan
Krokot Berbunga Jika Dirawat dengan Baik
Setelah menanam bunga krokot, ternyata tugas belum selesai. Ia tidak mau dengan cara “sen salaben abra kadabra,” 😅 lalu tumbuh bunga-bunganya. Tanaman hias ini mesti dilanjutkan dengan perawatan yang teratur.
Sinar matahari ; Salah satu hal yang mendorong pertumbuhan dan pembungaan dari bunga krokot adalah sinar matahari. Oleh karenanya, pastikan bunga krokot mendapat sinar matahari yang cukup terutama sinar matahari pagi. Andai menempatkan pot bunga krokot diteras, ada jaminan sinar matahari sampai ke sana.
Air ; Bunga krokot butuh air untuk kelangsungan hidupnya. Tapi, bukan berarti tanaman ini harus disiram banyak-banyak atau setiap hari. Bunga krokot cukup disiram 2-3 hari sekali. Jika media tumbuh masih lembab, tidak perlu diairi.
Penyiangan ; Jangan biarkan rumput-rumput atau gulma tumbuh di sekitarnya. Cabut dan buang jauh gulma jika sudah mulai tampak tumbuh. Sebab, kehadiran gulma akan “merebut paksa” zat makanan jatah si bunga krokot.
Pupuk ; Untuk kebutuhan nutrisi berupa unsur hara makro dan mikro, bunga krokot sudah tentu perlu pemupukan. Tapi, lagi-lagi tanaman ini tidak manja sekali dengan jenis pupuk. Hanya dengan memberikan pupuk dasar berupa pupuk kandang atau kompos, bunga krokot meresponnya dengan baik, mau tumbuh dan berbunga.
Akan tetapi, kalau mau bunga pukul sembilan ini rajin berbunga, penambahan pupuk susulan --berupa segenggam pupuk kompos -- pada usia 1 bulan setelah tanam lebih baik. Bahkan, kalau ada pupuk organik cair, silahkan dipupuk dengan cara menyemprot 1-2 minggu sekali agar selalu subur dan produktif.
Pemangkasan, ; Tanaman hias bunga krokot mesti dir4-ngsang agar banyak bunganya. Caranya dengan melakukan pemangkasan pada cabang atau pucuk yang tidak produktif lagi. Dengan cara ini, tumbuh tunas-tunas baru dan pastinya bunganya menjadi lebih banyak.

BACA JUGA : Anggrek Vanda ; Mudah Merawatnya dan Indah Bunganya
Replant ; Yang dimaksud dengan replant ini adalah penanaman kembali dengan bibit tanaman baru.  Mengapa harus replant? Harus disadari bahwa usia pertumbuhannya yang amat singkat, 3-4 bulan saja. Melewati masa ini, tanaman moss rose ini sudah mulai “malas” berbunga, daun-daun menguning dan gugur, batangnya menciut dan mengering, dan semakin kerdil, akhirnya bisa mati.


Cara Menanam Bunga Krokot Supaya Berbunga Pukul Sembilan
Perbedaan daun bunga krokot pada sore dan pagi hari
Gambar : pupuklahan.blogspot.com

Oleh karena itu, setiap kurun waktu tersebut, bongkar tanaman yang sudah tua itu, dan tanam dengan bibit krokot yang baru. Manfaatkan/ambil batang/cabang tanaman krokot tua itu untuk distek kembali agar bibit bunga krokot menjadi lebih banyak.
Seperti itulah cara menanam dan merawat tanaman bunga krokot agar selalu tampil indah dan menawan. Menanam bunga krokot ini memang tidak banyak menyita waktu karena perawatannya cukup simpel dan mudah sekali. Jika benar teknik menanamnya, ia akan berbunga rutin ketika matahari mulai terbit atau berbunga pukul sembilan pagi. [updated by pupuklahan.blogspot.com, 28/01/2020]

Related Posts