--> Melati Air Untuk Aquascape ; Menanam di Tanah, Berbunga di Air | Pupuk Lahan

29 April 2019

Melati Air Untuk Aquascape ; Menanam di Tanah, Berbunga di Air

| 29 April 2019

Menanam Melati Air untuk Aquascape – Melati air merupakan tanaman berbunga sangat indah dan menawan. Hidupnya pun unik, ditanam di tanah, berbunga di air.

Maksudnya, menanam melati bisa tumbuh pada tanah biasa tanpa air yang berlebih. Apalagi ditanam pada air tergenang, melati siap berbunga meskipun akar dan batangnya terendam air (water 4ddict). Karena adaptif dengan air, maka melati air sangat pantas untuk ditanam dalam aquascape. Bagaimana menanamnya?

Melati Air Untuk Aquascape ; Menanam di Tanah, Berbunga di Air
Bunga Melati Air. Gambar : Dokpri

Sekilas mengenal melati air

Sabar Sob, mungkin ada teman-teman yang belum familiar dengan melati air. Oleh karena itu, mari sekilas mengenal tanaman bunga melati air sebelum menanamnya.

Melati air juga salah satu tanaman hias, tepatnya tanaman hias aquascape. Tanaman yang suka tumbuh pada genangan air ini sangat indah baik daunya maupun bunganya. 

Kalau dilihat dari daun, maka daun melati air berwarna hijau dengan bentuk lonjong dan semakin semakin ke atas semakin melebar. Bahkan, di permukaan bawah daun terdapat bulu-bulu halus.

Melati air tak lelah berbunga sepanjang musim. Bunganya yang berwarna putih dengan tiga kelopak dan ada kepala sari berwarna kuning yang melingkar di tengahnya. 

Namun, bunga melati tidak bertahan lama. Setelah mekar pada pagi hari, keindahan bunga melati air sudah lenyap pada sore hari karena hilang ditelan waktu, yaitu menguncup.

Ketika bunga-bunga habis mekar dan menguncup, lama-kelamaan akan mulai tumbuh anakannya di sepanjang sulur bunganya. Ini juga merupakan bagian keunikan yang dimilikinya. 

Luar biasa! Bukan hanya indah dan menyegarkan udara, tapi melati air juga penuh dengan keunikan dalam hidupnya.


MENANAM MELATI AIR

Nah, itulah melati air. Jadi kalau tertarik ingin menanam melati air dalam aquascape, maka ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu bibit, media tanam, pot, dan perwatannya.


Bibit melati air

Untuk kebutuhan bibit melati air tidak terlalu sulit karena bibitnya diperoleh secara vegetatif, yaitu anakannya. Apalagi sudah ada indukan melati air di rumah, bibitnya tak perlu membelinya.

Bibit melati air diperoleh dengan cara memisahkan anakan dari rumpunnya atau memisahkan anakan yang tumbuh pada sulur bunga. Jadi, kedua-duanya bisa dilakukan. Namun, sebaiknya, diambil anakan dari sulur bunga agar indukannya tetap tumbuh dan berkembang sehingga bunga yang tumbuh pun menjadi banyak.

Melati Air Untuk Aquascape ; Menanam di Tanah, Berbunga di Air
Bakal bibit melati air pada sulur. Dokpri

Membuat media tanam melati air untuk aquascape

Seperti menanam tanaman hias lainnya, melati air juga butuh media untuk tumbuh dan berkembang. Media tanam melati air terdiri dari tanah dan kompos dengan perbandingan 2:1. Media tanam dibuat sebanyak ½ volume wadah tanam (pot).

BACA JUGA : Cara Menanam Bunga Krokot Supaya Berbunga Pukul Sembilan

Menyiapkan pot untuk menanam melati air

Ada berbagai bahan untuk wadah tanam atau pot untuk menanam melati air dari yang mahal sampai yang murah, dari baru sampai bekas, dan dari beton sampai plastik. Semua itu dapat dipilih sesuai dengan kemampuan finansial dan tampilan estetikanya.

Pastikan pot tidak bocor karena pot ini nantinya akan diisi dengan air untuk menggenangi melati air. Jika pot memiliki lubang drainase, lakukan penambalan/penyumbatan sehingga tidak ada air yang keluar dari dasar atau sisi dinding pot.


Mengisi pot dengan media tanam melati air

Media tanam yang sudah dibuat tadi, dimasukkan ke dalam pot sampai ½ bagian pot. Kenapa ½ pot? Sebab, setengahnya lagi akan diisi dengan air.


Cara Menanam melati air


Jika pot dan media tanam sudah siap, maka saatnya menanam melati air. Caranya, buat lubang tanam tepat di tengah media dengan kedalaman 5-7 cm, kemudian tanam bibit melati ke dalam media tanam dan tutup dengan tanah. Padatkan tanah di sekitar pangkal melati air agar tidak roboh ketika dituangkan air ke dalamnya.

Melati Air Untuk Aquascape ; Menanam di Tanah, Berbunga di Air
Tanaman melati air di pot. Gambar : Dokpri


Menghias media tumbuh melati air

Agar media tumbuh tampak indah dan nantinya akan tampak mendekati aquascape, hiasi dengan pasir, kerikil, batu-batu putih yang sedang, dan bisa juga dengan terumbu karang. Taruh dengan teratur dan rapi bahan-bahan tersebut di atas media tanam dan mengelilingi melati air.


Mengisi air ke dalam pot melati air

Isikan air ke dalam pot sampai menggenangi tanaman melati air setengahnya. Air bisa ditambah lagi secara bertahap sesuai dengan pertumbuhan tinggi melati air. Air boleh diisi sampai mendekati penuh jika melati air sudah besar dan melewati batas bibir pot.


Masukkan ikan hias kecil-kecil ke dalam air

Yang namanya aquascape tentu saja berbentuk ekosistem di dalamnya, Di sana ada tanaman, kerikil atau batu-batuan, ada ikan dan lainnya. Oleh karena itu, kalau perlu lepaskan ikan-ikan hias kecil ke dalam media tumbuh melati air seperti ikan molly, cupang, platy, dan lain sebagainya.

Selain untuk memperindah tampilan media melati air, ikan-ikan kecil ini juga akan berperan untuk menyuburkan tanaman melati air dan menyehatkan lingkungan. Sebab, ikan-ikan akan menjadi predator jentik-jentik nyamuk yang berkembangbiak dalam air yang menggenangi melati air.


Merawat melati air

Sebetulnya, melati air bukanlah tanaman yang manja. Tanpa dirawat pun, ia akan tumbuh baik-baik saja. Asalkan media tumbuh tetap ada air dan organisme yang hidup di dalamnya.

Tetapi, jika mau merawatnya, melati air akan lebih bagus lagi pertumbuhannya dan memberikan keindahan yang menakjubkan. Rawatlah melati air dengan menempatkan media tumbuh pada tempat yang terkena sinar matahari.

Selain itu, kontrol air agar jangan sampai kering. Sebab, kalau kering, ikan-ikan dan sahabat melati air lainnya akan hilang dan mati walaupun melati air tetap hidup tanpa air tergenang.

Berikan pupuk NPK bunga atau pupuk daun seperti pupuk gandasil D (untuk pertumbuhan daun) dan Gandasil B (untuk pembungaan) dengan cara menyemprot ke daun terutama bagian bawah permukaan daun. Atau bisa juga disemprot dengan pupuk organik cair 1-2 minggu sekali.

Baca juga ini :
Agar tangkai bunga melati air yang tumbuh tinggi tidak mudah patah atau menjulur kemana-mana, sebaiknya dipasang ajir/penopang. Ajirnya bisa bambu atau kawat yang ditancapkan dekat pangkal tanaman.

Demikian secuil tentang menanam melati air untuk aquascape. Tanaman hias unik ini bisa tumbuh tanpa air dan juga berbunga dalam genangan air. Dengan perawatan yang teratur, melati air akan berbunga sepanjang musim dan siap memberikan keindahan eksotis nan memikat hati. Sekian dan Salam sukses untuk Sobat. 

Related Posts