--> Kalau Begini Cara Menanam Kacang Panjang, Buahnya lebat dan Panen Pun Berlipat | Pupuk Lahan

5 April 2019

Kalau Begini Cara Menanam Kacang Panjang, Buahnya lebat dan Panen Pun Berlipat

| 5 April 2019

Cara Menanam Kacang Panjang Agar Berbuah Lebat – Kacang panjang (Vigna Sinensis L.) merupakah salah satu jenis sayuran yang terbilang banyak peminatnya. Artinya, kacang panjang punya respon pasar cukup bagus. Karenanya, tak usah heran kalau kacang panjang banyak dibudidayakan petani. Selain mudah ditanam, usia panen pun sangat cepat. Berikut ini tip menanam kacang panjang agar berbuah lebat dan hasil panen bisa berkali lipat.


Kacang panjang tumbuh di dataran rendah dan tinggi

Menariknya, kacang panjang suka tumbuh hampir di semua tempat. Kacang panjang tumbuh subur kalau ditanam di dataran rendah.

Kacang panjang juga tumbuh subur dan adaptif jika ditanam di dataran tinggi. Jadi, tak usah ragu menanam kacang panjang pada berbagai ketinggian tempat.


Kacang panjang bisa juga ditanam dalam pot

Bahkan, saking mudah tumbuhnya kacang panjang ini, banyak orang menanam di perkarangan rumah, baik di tanah langsung atau di tanam dalam polybag/pot, untuk konsumsi sendiri.

Namun, kalau mau mendapatkan penghasilan dari budidaya kacang panjang, tempat menanamnya harus luas seperti kebun atau sawah. Pada lahan tegalan seperti itu, penanaman pun dapat dilakukan dengan pola tanam tumpang sari ataupun monokultur.


Waktu tanam kacang panjang

Dari sisi waktu tanam, kacang panjang dapat ditanam kapan saja baik pada musim kemarau maupun hujan.

Kalau musim panas perlu penyiraman. Kalau musim hujan perlu penyiapan drainase yang baik dan lancar mengalir airnya.

Intinya, boleh menanam kacang panjang kapan saja asalkan mendapat air yang cukup, tetapi tidak boleh menggenanginya karena kacang panjang akan layu dan mati kalau akarnya terendam air.


Agar kacang panjang berbuah lebat

Meskipun tampaknya sangat mudah menanam kacang panjang, tetapi untuk mendapatkan produksi yang tinggi alias berbuah lebat tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Maknanya, menanam kacang panjang bukan sekadar menabur benih dan menyiramnya, lalu tunggu panen buahnya. 

Menanam kacang panjang supaya tumbur subur dan berbuah lebat mesti diawali dari benih unggul nan sehat, penyiapan lahan yang baik, pemupukan yang tepat, perawatan yang rutin, dan pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT) yang cepat dan tepat.


Kondisi tumbuh kacang panjang

Baik, sebelum menanam kacang panjang, berikut ini sekilas tentang syarat tumbuh yang ideal agar kacang panjang tumbuh subur dan berbuah lebat.

Tujuan mengetahui kondisi tumbuh ini agar Sobat dapat memilih dan menanam kacang panjang di lokasi yang cocok.

Selain itu, jika pun menanam kacang panjang bukan pada kondisi yang 100% tepenuhi syaratnya, maka Sobat dapat memperlakukan kondisi lahan kacang panjang mendekati syarat-syarat yang dibutuhkannya.

Misalnya, tanah agak masam, Sobat bisa menurunkan pH dengan pengapuran. Tanah kurang bahan organik, bisa ditambah ketika penyiapan lahan. Demikian juga dengan syarat lainnya.

Berikut ini syarat tumbuh kacang panjang agar berbuah lebat
  • Tumbuh dengan baik pada dataran rendah dan dataran tinggi
  • Secara umum dapat tumbuh hampir pada semua jenis tanah
  • Bagusnya tumbuh pada tanah yang subur dan kaya unsur hara seperti tanah endapan lumpur sungai (Aluvial)
  • Suhu udara berkisar 18 – 320C
  • pH tanah yang ideal 5,5 – 6,5
  • Curah hujan 600-1500 mm/tahun
  • Penyinaran yang cukup dari pagi sampai sore hari (7-8 jam)
  • Ketersediaan air yang cukup


Pemilihan benih kacang panjang agar berbuah lebat

Supaya kacang panjang berbuah lebat, benih sangat menentukan. Karenanya, pilihlah benih kacang panjang yang unggul varietas hibrida (banyak dijual di toko pertanian).

Jika menggunakan benih dari tanaman kacang panjang sebelumnya, benih made in sendiri, pastikan benihnya berasal dari tanaman indukan yang sehat dan produksinya tinggi.

Berikut ini syarat benih kacang panjang
  • Memiliki daya tumbuh tinggi atau paling rendah 90%
  • Benih kacang panjang haruslah yang sehat dan berisi (bernas)
  • Bebas dari kotoran dan tidak bercampur dengan benih tanaman lain atau varietas lain.
  • Benih jauh dari hama dan penyakit
  • Bijinya mengkilap dan tidak berkeriput


Bagaimana menyiapkan lahan agar kacang panjang berbuah lebat?


Selain benih, lahan tempat tumbuh kacang panjang harus disiapkan dengan baik. Bukan hanya membuat bedengan, namun pupuk dasar juga harus mendapat perhatian jika lahan kurang subur.

Lahan yang akan digunakan untuk menanam kacang panjang diolah dengan cara dibajak atau dicangkul agar gembur. Lalu, dibuat bedengan.

Pastikan juga ada saluran drainase yang berfungsi dengan baik agar ketika hujan lebat turun, tidak menggenangi dan merendam akar tanaman kacang panjang.

Bedengan dibuat dengan lebar 1-1,2 m dan jarak antar bedengan 50-60 cm agar memudahkan dalam perawatan. Panjang bedengan disesuaikan dengan kondisi lahan. 

Lubang tanam kacang panjang dibuat dengan jarak 70 cm antar barisan dan 30 cm dalam barisan (70 cm x 30 cm). Dengan jarak tanam seperti ini, dalam 1 hektar lahan dapat memuat +/- 42 ribu lubang tanam.

Kalau tanah agak masam (<5,5), lahan perlu pengapuran. Berikan kapur dolomit sebanyak 1-2 ton per hektar (1-2 Kg/m2). Waktu pemberian kapur harus jauh-jauh hari sebelum menanam kacang panjang, yaitu 2-4 minggu sebelum menanam.

Supaya lahan produktif dan tersedianya unsur hara yang cukup untuk pertumbuhan kacang panjang, maka lahan perlu pemupukan dasar.

Berikut ini pupuk dasar tanaman kacang panjang.
Pupuk kandang ; Bagusnya pupuk kandang ayam karena tinggi kandungan N dan P. Dosisnya 10-20 ton/hektar (tergantung subur tidaknya lahan). Cara aplikasi dengan cara ditebar pada bedengan dan dicampur/diaduk merata dengan tanah bedengan. Waktu aplikasi 1 minggu sebelum tanam

Pupuk Kimia ; Jenisnya, pupuk ZA, SP-36, dan KCL. Dosisnya berturut-turut 100 Kg/hektar, 150-200 Kg/hektar, dan 100 Kg/hektar. Cara aplikasi dengan cara ditebar pada bedengan dan dicampur/diaduk merata dengan tanah bedengan. Waktu aplikasi 3-4 hari sebelum tanam.

Kalau jumlah tanaman kacang panjang yang ditanam hanya beberapa tanaman saja, maka aplikasi pupuknya begini.

Pupuk kandang ; Dosisnya 0,5 Kg/lubang tanam. Caranya, masukkan pupuk kandang ke dalam lubang tanam dan diaduk dengan tanah.

Pupuk Kimia ; Jenisnya, pupuk ZA, SP-36, dan KCL. Dosisnya berturut-turut 2 gram ZA/lubang tanam, 3 gram/lubang tanam, dan 2 gram/lubang tanam. 

Cara aplikasi dengan cara dibenamkan ke dalam lubang tanam. Waktu aplikasi 3-4 hari sebelum tanam.

Di samping pupuk dasar tersebut, agar tanaman kacang panjang tidak diganggu oleh nematoda tanah (penyebab bengkak akar), maka sebaiknya menabur nematisida seperti Furadan 3GR pada lubang tanam. Atau bisa juga dengan menggunakan pestisida organik seperti daun mimba, srikaya, daun jarak atau lainnya.


Penanaman kacang panjang

Menanam kacang panjang bisa langsung menggunakan benihnya. Artinya, penanaman kacang panjang tidak perlu penyemaian terlebih dulu.

Penanaman kacang panjang dilakukan dengan cara membuat lubang tanam dengan alat tugal.

Cara penanaman kacang panjang
  • Buat lubang tanam dengan cara ditugal sedalam 2-3 cm
  • Masukkan 2-3 benih per lubang tanam
  • Tutup dengan pupuk kandang yang halus
  • Siram secukupnya setiap hari sampai benih tumbuh


Merawat kacang panjang agar berbuah lebat

Kacang panjang akan tumbuh subur dan berbuah lebat manakala si pemilik merawat atau memeliharanya dengan baik dan rutin.

Setelah 7 hari penanaman dan benih kacang panjang sudah mulai tumbuh, maka perlu diamati apakah ada benih yang tidak tumbuh atau sudah tumbuh tetapi tidak sehat.

Jika ada lubang kosong dan kacang panjang yang terganggu pertumbuhan awalnya, segera tanam kembali sampai seluruh lubang tanam terisi dan tumbuh semuanya.

Jika cuaca sangat panas, penyiraman perlu dilakukan sampai 2 kali sehari. Sebaliknya, tidak perlu penyiraman kalau hujan.


Kapan memasang lanjaran/ajir kacang panjang?

Lanjaran/ajir sebagai tempat merambat kacang panjang harus dipasang ketika ketinggian tanaman sudah mencapai 20-25 cm.

Lanjaran terbuat dari bambu atau bahan lainnya dengan panjangnya 2 meter. Lanjaran ditancapkan dekat dengan tanaman (kira-kira jarak 10 cm dari pangkal).


Bentuk lanjaran kacang panjang bermacam-macam, ada yang saling menyilang dan ada yang tunggal dan tegak lurus. Yang model menyilang pun ada variasinya, yaitu ada yang dua lanjaran diikat menjadi satu dan ada juga tiap 4 lanjaran disatukan.

Kalau Begini Cara Menanam Kacang Panjang, Buahnya lebat dan Panen Pun Berlipat
Ilustrasi Lanjaran Kacang Panjang. Gambar : Dokpri

Pemupukan susulan agar kacang panjang berbuah lebat

Pemupukan susulan dimaksudkan agar kacang panjang terus mencukupi unsur hara yang dibutuhkan. Dengan tercukupinya unsur hara pada setiap fasenya, kacang panjang tumbuh subur dan tentunya akan berbuah lebat, panjang-panjang, hasil panen bisa berlipat ganda.

Berikut ini pupuk susulan dan umur aplikasinya untuk pertumbuhan tanaman kacang panjang.

Umur 15 hari setelah tanam (Susulan I); Berikan pupuk ZA dengan dosis 2 gram/tanaman. Cara aplikasi : Dibenamkan di samping tanaman dengan jarak 10-15 cm dari pangkal tanaman.

Umur 30 hari setelah tanam (Susulan II) ; Kocor pupuk ZA dengan dosis 250 ml/tanaman. 


Cara aplikasi : Larutkan 100 gram pupuk ZA ke dalam 15 liter air, aduk hingga larut semuanya. Kocorkan ke pangkal tanaman sebanyak 250 ml/tanaman. Hati-hati jangan terkena daun kacang panjang.

TABEL PEMUPUKAN KACANG PANJANG
Kalau Begini Cara Menanam Kacang Panjang, Buahnya lebat dan Panen Pun Berlipat
Pupuk dan Pemupukan Kacang Panjang. 
Gambar : Dokpri




Mengontrol hama agar kacang panjang berbuah lebat

Tidak dapat dipungkiri, yang namanya hama merupakan tantangan petani dalam menanam kacang panjang. Jika upaya pengendalian cepat dan tepat dilakukan, maka produksi kacang panjang bisa lebih tinggi.

Hama yang kerap mengganggu tanaman kacang panjang seperti kutu daun yang menghisap cairan daun hingga membuat tanaman kuning, layu dan bahkan mati.

Selain kutu daun, organisme pengganggu tanaman yang membuat petani kewalahan adalah penggerek polong. Dan sejumlah hama dan penyakit lainnya

Cara mengatasi hama kacang panjang atau pencegahan OPT seharusnya sudah dimulai sejak penyiapan lahan. Lahan bersih dari semak belukar, aplikasi agen hayati pada bedengan dan pemberian mulsa dapat menekan populasi hama dan penyakit.

Jika tanaman kacang panjang sudah tampak mulai terserang hama, maka langkah yang dapat diambil adalah penggunaan cara-cara mekanis dan pestisida organis.

Andai ini pun belum manjur, langkah terakhir adalah aplikasi pestisida kimia. Namun, aplikasi pestisida kimiawi ini harus tepat agar tidak berdampak negatif terhadap manusia dan lingkungan.

Baca juga : 

Panen kacang panjang

Kapan kacang panjang bisa dipanen? Ketika 30 HST, tanaman kacang panjang sudah mulai berbunga. Dan paling lama dalam waktu 40-45 hari, buah kacang panjang sudah dapat dipanen. Kalau perawatannya tepat, buahnya lebat dan hasil panen berkali lipat.

Panen dilakukan dengan memetiknya pada tangkai buah. Buah kacang panjang yang dipetik adalah yang masih muda dan belum berserat. Panen bisa dilakukan 3-4 hari sekali.

Itulah cara menanam kacang panjang agar berbuah lebat. Kunci atau tip berbuah lebat dan panen bisa berlipat ada pada pemilihan benih, perawatan yang rajin, tercukupinya air selama pertumbuhannya dan pemupukan yang tepat. Selamat menanam dan sukses, ya.


Tips

  • Tanaman kacang panjang dapat diberi tambahan nutrisi melalui penyemprotan dengan pupuk daun/pupuk pelengkap cair, minimal sekali pada fase vegetatif dan sekali menjelang pembungaan (generatif).
  • Kurangi daun-daun kacang panjang yang rimbun dan potong cabang-cabang yang tidak produktif agar unsur hara dapat dimanfaatkan secara optimal dan sinar matahari dapat mengenai seluruh bagian tanaman. Dengan demikian produktivitas kacang panjang lebih tinggi.

Related Posts