--> Membongkar Rahasia Sambung Pucuk Tanaman Buah Yang Cepat Berhasil | Pupuk Lahan

8 Agustus 2018

Membongkar Rahasia Sambung Pucuk Tanaman Buah Yang Cepat Berhasil

| 8 Agustus 2018
Cara Sambung Pucuk Tanaman Buah -- Bagaimana teknik sambung pucuk tanaman buah yang cepat berhasil? Apa rahasianya? Sering sekali bagi pemula menemukan kegagalan dalam sambung pucuk tanaman buah. Bahkan, kadang-kadang sudah mulai tumbuh tunas, tetapi setelah sungkup atau ikatan dibuka, eeeh layu dan mati.

Membongkar Rahasia Sambung Pucuk Tanaman Buah Yang Cepat Berhasil
Ciri Sambung Pucuk Tanaman Buah. Gambar : Dokpri

Anda akan menemukan jawabannya di sini, tapi pelan-pelan saja membacanya. Kita mulai ulas step by step agar “terbongkar rahasia” sambung pucuk tanaman. Kita bongkar dengan pengetahuan yang tepat tentang perbanyakan tanaman vegetatif,  terutama sekali sambung pucuk tanaman buah.

Tanaman cepat berbuah bukan hanya karena diberikan pupuk, tetapi asal bibit ternyata juga sangat menentukan. Bibit yang ditanam berasal dari biji, berbuahnya lama sekali bisa lebih dari 5 tahun. Tapi, dengan cara vegetatif, misalnya sambung pucuk, tanaman sudah mulai berbuah hanya dalam waktu +/- 3 bulan.

Termasuk banyak cara untuk perbanyakan bibit tanaman buah agar cepat berbuah. Ada perbanyakan secara cangkok, okulasi, enten, stek batang dan sambung pucuk. Sambung pucuk tanaman buah merupakan salah satu perbanyakan bibit secara vegetatif yang menjadi topik postingan ini.


Sambung pucuk (Top Grafting)

Sambung pucuk atau top grafting tanaman buah pada prinsipnya adalah menyambung bagian tanaman buah yang memiliki kualitas unggul dengan bagian tanaman buah lainnya yang sejenis. Makanya dalam sambung pucuk dikenal dengan batang bawah (understam) dan batang atas (entres).

Bibit tanaman buah yang berasal dari semaian biji, kira-kira berumur 3 bulan, sudah dapat digunakan untuk batang bawah. Bibit dari biji hanya untung batang bawah. Ukuran diameter batang bawah +/- 5 mm siap disambung dengan entresJadi, untuk penyambungan tidak harus menunggu batang bawah sampai bertahun-tahun.


Baca juga ini :


Batang atas sebagai pucuknya yang disebut entres dari tanaman buah sejenis haruslah memilki kualitas bagus, sehat dan berbuah banyak. Ya, tentu ini sesuai tujuannya, yaitu untuk mendapatkan tanaman buah yang berkualitas dan produktifitasnya tinggi.

Agar tinggi tingkat keberhasilan sambung pucuk, maka untuk entres harus cukup syaratnya. Pucuk batang atas yang dipotong harus cukup tua, warna hijau keabuan, tidak sedang tumbuh tunas atau daun baru, memiliki beberapa mata tunas dan diameter sesuai dengan batang bawah. 

Tujuan Sambung Pucuk

Perbanyakan tanaman buah melalui vegetatif, seperti sambung pucuk, memilki tujuan yang ingin dicapai. Adapun tujuan dari sambung pucuk adalah sebagai berikut :
  • Supaya mendapatkan tanaman yang cepat berbuah dan banyak buahnya
  • Untuk menghasilkan bibit tanaman buah yang berkualitas dimana sifat-sifatnya sama dengan tanaman induk.
  • Untuk mendapatkan buah yang berkualitas baik dari sisi ukurannya maupun citra rasa
  • Umumnya, tanaman buah hasil sambung pucuk dijadikan tabulampot
  • Untuk dijadikan tanaman hias

Jenis-Jenis Tanaman Buah untuk Sambung Pucuk

Ada banyak sekali jenis tanaman buah dari varietas unggul yang buahnya sangat produktif dan rasanya pun sangat lezat. Dan biasanya tanaman buah yang unggul dijadikan entres dalam sambung pucuk untuk perbanyakannya. Berikut ini gambaran beberapa jenis tanaman buah :

Tanaman Mangga ; Ada mangga Madu, Arum manis, mangga golek, Gadung, Manalagi, Nam Dok Mai, indramayu, Kweni, Kiojay, Red Brazil, Gedong Gincu, dan lain-lain

Tanaman Belimbing Manis ; Belimbing Paris, Siwalan, Belimbing Si Manis, Belimbing Wulan, Belimbing Bangkok, Belimbing Madu, dan lainnya

Tanaman Nangka Besar ; Nangka Dulang, Nangka Merah, Nangka Bubur, Nangka Kandel, dan lainnya

Tanaman Nangka Mini ; Nangka Mini Merah, Nangka Mini Super, Nangka Mini Bulat, dan lainnya

Ciri-Ciri Tanaman Buah Hasil Sambung Pucuk (vegetatif)

  • Ada bekas sambungan di pangkal batang (lihat gambar di atas)
  • Tanaman relatif pendek 
  • Sudah mulai berbunga dan berbuah pada umur 3-6 bulan


Teknik Sambung Pucuk

Dalam postingan ini akan menampilkan cara sambung pucuk salah satu tanaman buah, yaitu mangga. Jika nanti Anda ingin menyambung pucuk tanaman buah yang lain, misalnya rambutan, alpukat, nangka, dan lainnya, Anda tinggal mengikuti saja langkah-langkah sambung pucuk tanaman buah di bawah ini. 

Alat-alat :

  • Pis_4_u 1 buah. syarat pis_4_u harus tipis, kuat dan tajam
  • Tali rafia atau tali plastik lainnya yang tipis 1 meter. Lebih gampang cari plastik gula yang bening ukuran 2 kg, lalu potong memanjang dengan lebar setiap potongan +/-2 cm
  • Plastik es atau gula ukuran 2 Kg sebanyak 1 buah
  • Gunting 1 buah
Membongkar Rahasia Sambung Pucuk Tanaman Buah Yang Cepat Berhasil
Tali Ikat Sambung Pucuk Dari Plastik
Gambar : Dokpri


Bahan-bahan :

  • Batang bawah dalam polibag/pot
  • Batang atas (entres) yang sehat dan berkualitas (15 - 25 cm)


Cara Menyambungnya :

1.  Potong batang bawah dengan gunting di atas tangkai daun pertama (daun saat perkecambahan) atau kira-kira 15 cm dari pangkal batang (permukaan tanah)
2.  Belah batang bawah dengan menggunakan pis_4_u yang tajam berbentuk huruf “V” sepanjang 2-5 cm tepat di tengah-tengah batang. Cara belah model lain, baca tips di bawah.
3.  Buang daun-daun batang atas (entres) dan sisakan 1 helai saja (sisakan 1/3 saja dari 1 helai itu). Tujuannya membuang daun agar tidak banyak terjadi penguapan nantinya. Yang sisa 1/3 itu untuk indikator saja, jika dalam 1 minggu masih segar dan hijau tandanya hasil sambungan akan berhasil.
4.  Runcingkan kedua sisi batang atas (pucuk entres) sepanjang 2-5 cm (sesuai panjang belahan batang bawah) sehingga membentuk seperti mata kampak tumpul.
5.  Masukkan/sisipkan batang atas yang sudah diruncingkan tadi ke dalam batang bawah yang sudah dibentuk tadi di atas.
6.  Gunakan tali rafia atau plastik lainnya untuk mengikat hasil sambungan tersebut. Lilitkan tali mulai dari bawah ke atas secara melingkar sehingga menutup bagian sambungan semuanya. Jangan terlalu kencang dan jangan pula terlalu kendur ikatannya.
7.  Tutup hasil sambungan dengan kantong plastik transparan (sungkup) hingga tepat ke bagian bawah sambungan. Ikat mulut kantong plastik dengan cara menyatukannya dengan batang bawah agar tidak masuk udara. (Tujuan menggunakan sungkup agar tidak terjadi penguapan pada hasil sambungan. Kalau tanpa sungkup, hasil sambungan terkena angin dan akan cepat kering/mati)
8.  Letakkan tanaman buah yang sudah disambung di tempat yang teduh atau tidak terkena sinar matahari langsung.

9.  Tunggu 2-3 minggu sampai tumbuh tunasnya. Jika sudah tumbuh tunas sepanjang 3-5 cm, sungkup kantong plastik sudah dapat dibuka.

Membongkar Rahasia Sambung Pucuk Tanaman Buah Yang Cepat Berhasil
Entres, bentuk sayatan "V" dan sungkup.
 Gambar : Dokpri



Ikatan sambungan baru dapat dibuka jika sudah benar-benar menyatu dengan kuat atau sekitar umur 3 bulanan. Ini artinya sambungan pucuk tanaman sudah berhasil. Demikian rahasia dan teknik sambung pucuk tanaman buah. Selamat mencoba semoga berhasil.

Membongkar Rahasia Sambung Pucuk Tanaman Buah Yang Cepat Berhasil
Sambung Pucuk Mangga sudah Tumbuh Tunas
Gambar : Dokpri

Membongkar Rahasia Sambung Pucuk Tanaman Buah Yang Cepat Berhasil
Sukses Sambung Pucuk Mangga
Gambar : Dokpri

Baca juga ini :


Contoh lain sambung pucuk pohon sunkist seperti pada gambar di bawah ini. Meskipun sudah berbuah, masih tampak bekas sambung pada bagian batangnya yang berbentuk 'V'.

Membongkar Rahasia Sambung Pucuk Tanaman Buah Yang Cepat Berhasil
Sambung Pucuk Tanaman Buah Sunkist

Tips :

  • Pis_4_u yang digunakan harus dicuci dengan air bersih dan sebaiknya juga dengan air panas agar steril. Dengan mencuci pis_4_u, getah-getah yang mengeras pada pis_4_u akan hilang.
  • Lakukan sayatan atau irisan dengan halus sehingga tidak ada memar. Demikian juga dengan sayatan tidak rata, maka akan longgar sambungannya. Jika ada memar karena pis_4_u yang tidak tajam atau menyayat berkali-kali atau tidak rata akan berpotensi gagal tumbuh
  • Jika batang atas (entres) kecil dan batang bawah besar, maka entres-nya diletakkan di satu sisi saja, sisi kiri atau kanan. Caranya, belah batang bawah satu sisi mendekati kulit agar mendapatkan bidang yang sama dengan bidang entres yang kecil. Demikian juga entres yang kecil itu, sayatan satu sisi saja. Lalu sambung sehingga benar-benar pas bidang sayatan atas dan bawah, lalu ikat dengan tali plastik.

Related Posts