--> 3 Cara Membawa Entres/Batang Atas dari Jauh untuk Sambung Pucuk | Pupuk Lahan

9 April 2019

3 Cara Membawa Entres/Batang Atas dari Jauh untuk Sambung Pucuk

| 9 April 2019

Cara Membawa Entres dari Jauh --- Apakah Sobat ingin melakukan sambung pucuk (top grafting) tanaman buah, tapi tidak ada entres (batang atas) di lokasi dekat atau domisili Sobat dan ingin membawa dari lokasi jauh? Jika iya, maka tepat sekali membaca artikel ini karena Admin Pupuk Lahan akan mengupas tuntas bagaimana cara membawa entres dari jauh agar tetap segar ketika hendak dilakukan proses penyambungan.

3 Cara Membawa Entres/Batang Atas dari Jauh untuk Sambung Pucuk


Harus diakui bahwa yang menjadi kendala dalam proses penyambungan adalah tidak tersedianya batang induk di lokasi untuk diambil entresnya. Maka, untuk keperluan tersebut entres harus didatangkan atau dibawa dari tempat jauh baik melalui pengiriman darat, laut, maupun udara.

Ini tentunya membutuhkan waktu berjam-jam, hari, dan bahkan mungkin mingguan agar entres sampai ke tujuan.  Karena jauh dan lama, diperlukan cara membawa entres yang tepat agar sesampainya di lokasi, entres masih segar, tidak layu, dan juga tidak kering. Bagaimana caranya?


Syarat sukses sambung pucuk ada pada entres

Ok, memang betul dalam perbanyakan bibit tanaman buah melalui sambung pucuk seperti perbanyakan bibit durian, mangga, alpukat, dan lainnya, diperlukan adanya batang bawah (understam) dan entres (batang atas). Dan salah satu syarat agar proses sambung pucuk sukses adalah entres yang masih segar atau baru dipangkas dari cabang/ranting pohon induknya.

Sebelum kita teruskan ke teknik menangani dan membawa entres dari luar daerah atau lokasi indukan yang jauh, sebaiknya kita lihat dulu beberapa persyaratan entres yang baik agar proses perbanyakan tanaman secara vegetatif seperti sambung pucuk cepat berhasil.

Berikut ini syarat-syarat entres yang diambil dari pohon induknya.
  • Pastikan entres diambil dari pohon induk telah pernah berbuah 2-3 kali
  • Pohon induk varietas unggul
  • Entres diambil dari pohon induk yang subur dan sehat
  • Umur pohon induk entres lebih dari satu tahun
  • Ukuran batang dan cabang pohon induk hampir sama besar
  • Cabang untuk entres  memiliki ruas yang panjang dan punya daun-daun
  • Warna cabang/ranting untuk entres hijau dengan garis keabu-abuan atau agak kecoklatan
  • Cabang yang akan diambil untuk entres tampak subur, daun hijau dan segar
  • Ukuran entres disesuaikan dengan ukurang batang bawah bibit (sedikit lebih kecil dari batang bawah)

Itulah beberapa persyaratan yang harus terpenuhi agar entres yang diambil benar-benar entres yang berkualitas. Artinya, entres yang digunakan untuk sambung pucuk tidak mengecewakan ketika menghasilkan bibit baru nantinya.

Selain persyaratan entres, syarat lain dalam pengambilan entres adalah waktu dan penggunaan alat pangkas. Entres diambil ketika cuaca bagus alias bukan ketika hujan. Entres dipangkas dengan menggunakan pis4-u atau gunting yang tajam dan steril.


Cara Membawa Entres ke Tempat Jauh

Baik, setelah mengetahui beberapa hal yang harus terpenuhi dari pengambilan entres, masih ada hal penting lainnya yang harus dipahami adalah cara membawa entres dari satu tempat ke tempat lain yang rentang jaraknya sangat jauh.

Sebenarnya, tidak ada persoalan dengan entres jika pohon indukan ada di lokasi penyambungan atau perbanyakan bibit secara vegetatif. Namun, karena kebutuhan entres yang unggul, jumlah yang banyak, dan lokasinya jauh, maka cara menangani sebelum dibawa pulang harus menjadi bagian yang harus dipahami.


Entres harus dipotong-potong dan digunduli

Sebelum entres ditangani untuk dibawa/dikirim, entres yang telah dipangkas dari pohon induk perlu dipotong-potong dengan ukuran yang seragam, bisa 20 – 50 cm atau sesuai kebutuhan, namun tetap memiliki 3-4 mata tunas.

Kemudian batang atas atau entres dipangkas habis/digunduli daun-daunnya. Tujuan pengundulan daun-daun ini untuk mengurangi penguapan.


3 CARA MEMBAWA ENTRES

Berikut ini ada 3 cara membawa entres dari jauh untuk sambung pucuk


1. Membawa entres dengan membungkus pakai serbuk gergaji


Entres yang baik untuk sambung pucuk adalah entres yang masih tampak segar dimana sel-selnya masih aktif dan hidup. Untuk membawa ke tempat jauh, maka entres perlu dijaga agar kondisi entres tetap segar.

Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan cara membungkus (packing) dengan serbuk gergaji. Namun, serbuk gegaji yang digunakan harus steril atau bebas dari bakteri atau cendawan.  

Sebab, jika berjamur, maka akan terinfeksi bekas luka entres dan membuat entres membusuk lama kelamaan. Makanya, sebelum menggunakannya, serbuk gergaji perlu diberikan desinfektan untuk membasmi jamur/cendawan.


Cara membungkus entres dengan serbuk gergaji
  • Basahi serbuk gergaji sampai lembab
  • Masukkan serbuk kergaji dalam kantong plastik
  • Masukkan entres ke dalam kantong plastik
  • Ikat kantong plastik dengan rapat
  • Entres siap dikirim/dibawa ke tempat tujuan


2. Membawa entres dengan membungkus pakai pelepah batang pisang


Sobat kenal dengan pelepah batang pisang. ‘kan? Batang pisang memiliki kulit yang berlapis-lapis termasuk sisa-sisa pangkal/pelepah daun pisang. Nah, pelepah-pelapah pisang tersebutlah yang digunakan untuk menjaga entres tetap segar ketika dibawa ke lokasi jauh.

Cara membungkus entres dengan pelepah pisang
  • Potong pelepah pisang sedikit lebih panjang dari entres
  • Letakkan entres secara teratur di atas pelepah pisang
  • Tutup lagi dengan pelepah pisang di atasnya
  • Bungkus entres dan ikat dengan kuat
  • Masukkan bungkusan tersebut dalam kantong plastik dan ikat
  • Entres siap dikirim/dibawa ke tempat tujuan

Baca juga ini :


3. Membawa entres dengan membungkus pakai kertas koran

Kertas koran sering juga digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga untuk menjaga kelembaban sayuran. Nah, kalau demikian, entres bisa juga dibungkus dengan kertas koran. Namun, kertas koran harus dalam keadaan lembab agar entres tetap segar ketika sampai di lokasi.

Cara membungkus entres dengan kertas koran
  • Ambil kertas koran 3-5 helai dan susun berlapis
  • Basahi kertas koran secukupnya sampai lembab
  • Letakkan entres di atas kertas koran
  • Bungkus entres dengan kertas koran dengan rapi
  • Masukkan bungkusan entres tersebut ke dalam plastik dan ikat plastik dengan rapat
  • Entres yang telah dikemas siap dikirim/dibawa ke lokasi

3 Cara Membawa Entres/Batang Atas dari Jauh untuk Sambung Pucuk
Entres Mangga. Gambar : Dokpri



Agar lebih rapi kemasan entres untuk dibawa ke lokasi atau mungkin juga mau dikirim ke daerah, sebaiknya entres yang sudah dibungkus dengan plastik dimasukkan ke dalam kotak kardus atau packing lainnya.

Itulah cara membawa entres atau batang atas dari tempat jauh agar sesampainya di tempat penyambungan pucuk, entres tetap masih segar. Jadi, dengan melakukan cara-cara pengemasan yang baik, sepertinya bukan lagi kendala kalau misalnya entres harus diambil dan dibawa dari satu lokasi ke lokasi yang lain yang jaraknya lumayan jauh.

Related Posts