--> Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari | Pupuk Lahan

19 April 2018

Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari

| 19 April 2018

pupuklahan.blogspot.com -- Cara Pakai Root Up pada Stek Batang -- Jika kita kepengen tanaman cepat berbuah dan batangnya pendek, maka stek batang dan cangkok adalah pilihan yang tepat. Batang tanaman yang sudah dipotong diolesi zat pengatur tumbuh (ZPT) seperti Root Up akan sangat cepat mengeluarkan akar dan tunas. Tapi, kita harus mengerti bagaimana cara pakai root up untuk stek batang agar cepat tumbuh akar dan tunas.

Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Root Up. Gambar : pupuklahan.blogspot.com


Stek ; Tak Usah Lagi Semai Biji, Berbuah pun Cepat

Kita tidak perlu lagi semai biji yang berbuahnya lama dan batangnya tinggi. Semua serba cepat dan instan di zaman Now. Baru saja ditanam sudah berbuah. Misalnya, Hasil stek jambu, mangga, durian, dan lainnya akan berbunga dan berbuah dalam tempo yang singkat atau lebih kurang enam bulan setelah tanam. Sungguh luar biasa.
Menariknya lagi, tanaman buah dapat ditanam dalam pot yang menghiasi perkarangan rumah saat berbuah. Orang-orang yang melewati rumah kita pun akan terpana melihat indahnya tanaman dengan batang pendek, tapi berbuah lebat.

Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Botol Root Up. Gambar : Dokpri

Meskipun stek, nutrisi tetap perlu 


Agar tanaman hasil stek selalu berbuah, tentu kita mesti rajin memberi nutrisi makro dan mikro yang dibutuhkan tanaman itu. Kita bisa menggunakan pupuk anorganik yang mengandung unsur hara N, P, K seperti pupuk NPK sebagai pupuk majemuk atau pupuk tunggal seperti TSP, KCl, ZA, dan lainnya. 

Sebagai tambahan unsur hara mikro pada tanaman buah hasil setek, dapat digunakan pupuk organik, yaitu pupuk kompos, pupuk kandang atau pun pupuk cair organik.


ROOT UP ITU, APA?
Kembali kita ke zat pengatur tumbuh Root Up. Root Up ini adalah suatu hormon pertumbuhan yang dapat mer_4_ngsang pertumbuhan akar. Root Up ini digunakan jika kita ingin memperbanyak tanaman secara vegetatif (bukan generatif dari biji).
Secara natural mungkin ada yang menggunakan bawang merah atau air kelapa untuk mendapatkan hormon pertumbuhan akar. Hal ini karena pada bawang merah terdapat hormon auksin yang salah satunya hormon tersebut berfungsi dalam mer_4_ngsang pertumbuhan akar. Namun, tingkat keberhasilannya relatif rendah karena banyak pengaruh faktor lain seperti rentan terserang jamur, busuk batang, dan lain-lain.

BACA JUGA : Cara Stek Jambu Dengan Hormon Alami Air Kelapa Muda

Dengan menggunakan Root Up, tingkat keberhasilan perbanyakan tanaman secara stek atau cangkok tinggi. Pertumbuhan akar cepat sekali. 
Hal ini karena Root Up mengandung hormon pertumbuhan akar dan juga fungisida. Fungisida yang berfungsi untuk mencegah jamur, cendawan, infeksi dan berbagai penyakit di bagian yang terluka atau bekas sayatan setek batang.

Cara pakai root up untuk stek, bagaimana?
Bagaimana cara menggunakan Root Up untuk stek batang atau cangkok? Cara penggunaan mudah sekali. Tapi, Anda harus beli dulu root up, dunk. Berapa harga root up? Harganya relatif murah dan tergantung daerah, umumnya berkisar Rp. 30.000,- sampai dengan Rp 70.000,-. per botol dengan berat bersih isinya 100 gram. 
Sudah beli root up, belum? Mungkin sudah atau mungkin juga belum, tapi bagusnya simak dulu ulasan teknis penggunaannya yang ini. Well, berikut ini akan kita jelaskan mulai dari penyiapan batang stek sampai cara menggunakan Root Up.



Penyiapan batang stek

  1. Cari dulu tanaman yang sudah pernah berbuah dan menarik bagi Anda akan tanaman    tersebut
  2. Seleksi cabang yang sudah besar (minimal diameter 1 cm) dan tidak sedang mengeluarkan tunas atau pucuk muda. Jangan juga cabang yang sudah tua sekali akan sulit regenerasi sel dan pertumbuhan akar.
  3. Potong sepanjang +/- 30 cm
  4. Pangkas daun-daun dan sisakan 1 atau 2 daun saja (Jika dipangkas habis pun, boleh-boleh saja)
  5. Kupas kulit bagian bawah batang +/- 5 cm dari bawah (bagian yang akan ditanam)

Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Batang Mangga untuk Stek. Gambar : Dokpri
Supaya keberhasilan stek batang tinggi dan cepat tumbuh akar ketika diolesi root up, maka perlu diperhatikan posisi penyayatan kulit bagian pangkal batang yang akan disetek. Sayatan mesti tepat dilakukan tepat pada bagian buku (node), yaitu bagian pangkal batang setek yang ada tempat tumbuh tunas atau daun. 

Lihat gambar yang sudah disediakan oleh admin pupuklahan.blogspot.com seperti di bawah ini [updated 21/12/2019].

Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Posisi Sayatan Stek Batang Mangga
Tepat di Buku/Node tempat tumbuh tunas/daun
Gambar : pupuklahan.blogspot.com

 Cara Memakai Root Up pada stek batang
  • Membuat pasta root up

Sebelum memakai hormon ZPT root up, Anda mesti membuat pastanya dulu. Begini cara membuat pasta root up.
  1. Buka tutup botol
  2. Ambil tepung dalam botol Root Up menggunakan sendok kecil
  3. Tuangkan tepung pada wadah yang sudah disediakan (bisa piring kecil, mangkok, dan lainnya sesuai keperluan) 
  4. Teteskan air sedikit-sedikit ke dalam wadah yang sudah berisikan tepung Root Up
  5. Aduk merata sehingga membentuk seperti pasta (jangan sampai terlalu banyak air akan encer)


Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Membuat Pasta Root Up. Gambar : Dokpri

Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Pasta Root Up Siap Oles. Gambar : Dokpri

  • Mengoles root up 

Anda mungkin bertanya bagaimana cara mengoles pasta root up yang telah dibuat pada stek batang. Inilah langkah-langkah melumas root up pada bekas sayatan batang stek.
  1. Oleskan pasta Root Up yang sudah dibuat pada bagian bawah batang yang sudah dilukai kulitnya (pengelupasan kulit bagian bawah batang +/- 5 cm untuk pertumbuhan akar)
  2. Tanam ke dalam pot yang sudah diisi dengan media tanam (campuran tanah + pupuk kandang)
  3. Tutup batang dengan plastik untuk mengurang penguapan. Bisa juga dibuat sungkup dari plastik transparan dan tempatkan pot tersebut di dalam sungkup.  Pilihan lain pakai botol aqua bekas, potong menjadi dua bagian. Isi media tanam dan batang stek, lalu tutup kembali dan dilakban agar rapat (lihat Gambar di bawah ini)
  4. Siram secukupnya saja (lebih baik gunakan spayer untuk menyemprot media tanam)
  5. Dalam waktu +/- 7 hari tanda-tanda pertumbuhan akar sudah dapat dilihat (batang segar dan sisa daun di batang tidak layu)
  6. Buka penutup jika tunas sudah mulai tumbuh dan panjangnya +/- 3 cm. Untuk membuka sungkup atau penutup, sebaiknya tunggu sampai benar-benar akar juga sudah mulai tumbuh (+/-30 hari)
  7. Tempatkan di bawah naungan dan adaptasikan dengan cahaya secara pelan-pelan/bertahap. Intinya, jangan terkena sinar matahari langsung setelah sungkup dibuka. 


Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Stek Jambu Sudah Tumbuh Tunas dan Akar.
Gambar : Dokpri


Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Mangga yang Distek. Gambar : Dokpri


Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Stek Jambu Berhasil dan Siap Dipindahkan
Ke Dalam Pot. Gambar : Dokpri


Demikian cara memakai Root Up pada perbanyakan tanaman secara vegetatif melalui stek batang. Root up ini juga dapat dipakai saat Anda mencangkok tanaman. Prosedur penggunaan sama dengan stek batang. 

Hanya saja pada cangkok, setelah diolesi Root Up pada bagian sayatan, kemudian dibungkus/ditutup dengan tanah untuk media pertumbuhan akar.

Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Cangkok Mangga Pakai Root Up. Gambar : Dokpri


Gambar di atas itu adalah batang mangga yang dicangkok menggunakan Root Up. Cangkok mangga sudah dibungkus dengan plastik pada bagian terluar untuk menjaga kelembaban tanah sebagai media perakaran.


Catatan :

Setelah ditanam dalam pot (batang yang sudah diolesi Root Up), letakkan pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Jika terkena sinar matahari maka hormon auksin atau hormon pertumbuhan tidak akan bekerja (tidak aktif).

  • Contoh hasil stek GAGAL dari media tanam TIDAK STERIL dan akibat dari membuka sungkup sekaligus dalam satu waktu (seharusnya bertahap)


Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Contoh Hasil Stek Layu alias Gagal.
Gambar : Dokpri


Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Contoh Hasil Stek Gagal
Karena Terserang Jamur dan Membusuk
Gambar : Dokpri


Baca juga ini :
CATAT NIH 🙏 Kalau ingin membeli ROOT UP untuk Stek dan Cangkok tanaman buah atau tanaman hias, agar cepat tumbuh akar, bisa diorder disini Terima kasih. Malah ada root up yang bentuk sachet dengan harga murah disini

Tip sukses stek.
  1. Media tanam stek diusahakan benar-benar steril dari jamur/cendawan. Sebab, jika media tidak steril, maka batang akan membusuk. Bahkan, ketika tunas mulai tumbuh, tunas akan layu pelan-pelan pada saat dibuka sungkup. Oleh karena itu, media tanam harus diberikan fungisida atau dapat juga digonseng (roasted) sebelum menanam batang stek.
  2. Jika sungkup dibuka, jangan sampai terkena hembusan angin yang kencang. Sebaiknya, tempatkan stek yang sudah mulai tumbuh tunas pada tempat yang terhalangi hembusan udara. Tempat di ruang yang ada dindingnya.
  3. Jangan memindahkan hasil stek ke media tanam lain sebelum akarnya kuat. Tunggu berkembangnya akar untuk adaptif dengan lingkungan baru dalam waktu 1,5-2 bulan. 

Sobat, itulah cara pakai zat pengatur tumbuh, yaitu root up pada stek batang. Dengan perlakuan yang tepat, maka pertumbuhan akar dan tunas lebih cepat. Perhatikan alat-alat yang digunakan tetap steril. Selamat mencoba semoga sukses.

Related Posts