--> Rahasia Aplikasi Pupuk Dasar Tanaman Cabe Yang Tepat Agar Berbuah Lebat dan Sehat | Pupuk Lahan

1 April 2018

Rahasia Aplikasi Pupuk Dasar Tanaman Cabe Yang Tepat Agar Berbuah Lebat dan Sehat

| 1 April 2018


Rahasia Aplikasi Pupuk Dasar Tanaman Cabe -- Hasil akhir sangat tergantung kepada input awal dan prosesnya. Demikian juga dengan menanam cabe, ia akan produktif dan berbuah lebat jika pupuk dasar tanaman cabe yang digunakan sudah tepat baik jenis, jumlah, waktu dan proses pemberiannya.

Rahasia Aplikasi Pupuk Dasar Tanaman Cabe Yang Tepat Agar Berbuah Lebat dan Sehat



Jangan terlalu berharap banyak jika dari perlakuan awal sudah keliru. Maksudnya, pupuk dasar tanaman cabe yang diberikan pada saat awal sebelum tanam sudah salah. Kesalahan pupuk dasar tanaman cabe bisa saja terjadi dalam bentuk dosis, jenis, dan salah waktunya dalam pemberian pupuk.

Makanya, walaupun Anda gunakan nantinya (masa pertumbuhan) berbagai jenis pupuk dan vitamin, produksi  tanaman cabe tidak seperti yang Anda harapkan. Kenapa? Karena tanaman cabe sudah terganggu masa vegetatif/pertumbuhan awal.

Oleh karena itu, Pupuk Lahan ingin membuka rahasia tanaman cabe berbuah lebat. Saya ingin mengajak untuk mempertimbangkan cara aplikasi pupuk dasar tanaman cabe yang relatif tepat agar “impian” tanaman cabe berbuah lebat dan bebas dari hama penyakit, kiranya dapat terwujud.


Aplikasi Kapur Dolomite

Namun, sebelum kita membahas pupuk dasar dan cara aplikasinya, kita harus dapat memastikan bahwa tanah untuk menanam cabe tidak asam. Derajat keasaman tanah (pH) yang toleran untuk pertumbuhan tanaman cabai berkisar antara 5,6 sampai 6. pH tanah harus sudah dicoba dengan menggunakan pH meter atau berdasakan test yang dilakukan oleh penyuluh setempat.

Baca juga ini :

Jika ternyata hasil tes tanah menunjukkan nilai pH tanah berada di bawah angka 5,6, maka tanah yang sudah dipersiapkan untuk tanam cabe harus diberikan kapur dolomit [ CaMg(CO3)2  - rumus kimia dolomit]. Pengapuran bertujuan untuk menaikkan angka pH atau mengurangi keasaman tanah.

Kadang menjadi bingung dalam menentukan berapa banyak dolomit harus diberikan pada media tanam cabe. Untuk hal ini jangan risau karena di sini ada solusinya. Caranya sangat sederhana. Anda tinggal kalikan saja dengan 2.000 Kg setiap ingin menaikkan  tingkat pH.

Contohnya begini : Jika hasil tes tanah menunjukkan angka pH adalah 4,5. Sedangkan yang direkomendasikan pH tanah untuk tanaman cabe adalah 6. Maka, untuk menaikkan angka pH tanah dari 4,5 menjadi 6,0,  Anda tambahkan dolomit ke media tanam sebanyak ( 6 - 4,5) x 2.000 Kg atau sebanyak 3.000 Kg atau 3,0 ton dolomit per hektar. 

Masih bingung? Agar Anda mudah mengingatnya, maka formula untuk menghitung kebutuhan dolomit untuk lahan cabe seperti di bawah ini :


Rahasia Aplikasi Pupuk Dasar Tanaman Cabe Yang Tepat Agar Berbuah Lebat dan Sehat
Formula Kalkulasi Kebutuhan Dolomit Tanaman Cabe
Keterangan :

  • Kd =  Kebutuhan Dolomit Per Satuan Luas Lahan Cabe
  • pH Ideal Cabe =  6 atau Sesuai Rekomendasi pH untuk Cabe
  • pH uji Tanah =  pH berdasarkan hasil uji tanah pada lahan yang akan ditanam cabai
  • 1 Hektar =  10.000 m
  • Luas Lahan Cabe ubah ke dalam satuan meter persegi (m2 )

Baik, masalah keasaman tanah sudah selesai. Kita menuju ke aplikasi pupuk dasar sekarang. Ada dua aplikasi pupuk dasar yang mesti diperhatikan sebelum bibit tanaman cabe dipindahkan ke bedengan yang sudah dipersiapkan. Pupuk dasar tersebut adalah sebagai berikut :


Pupuk Organik

Pada saat pengolahan lahan sudah dilakukan, tentu para petani akan membuat bedengan-bedengan untuk tanaman cabe. Nah, sebelum bedengan itu benar-benar terbentuk sempurna, maka sebaiknya ditaburkan dengan pupuk organik. 

Dengan cara ini, maka akan memudahkan pekerjaan dan pencampuran pupuk dasar. Pencampuran pupuk organik sebagai pupuk dasar tanaman cabe diaduk secara merata dengan tanah.

Intinya adalah berikan pupuk dasar berupa pupuk organik kira-kira dua minggu (+/- 15 hari) sebelum tanam. Pupuk organik harus diaduk dan bercampur baik dengan tanah sampai kedalaman 20 cm. Ini bertujuan agar terbentuknya agregat dan struktur tanah yang sesuai dengan “keinginan” tanaman cabe.


Apa jenis pupuk organik untuk pupuk dasar cabe?

Pertanyaan adalah pupuk organik jenis apa? Saya menganjurkan pilihan pertama adalah gunakan pupuk kandang dari kotoran ternak ayam. Mengapa? Karena pupuk kandang ayam lebih unggul dari kandungan haranya seperti N, P, dan K yang akan menyuburkan pertumbuhan tanaman cabe.

Jika tidak ada pupuk kandang ayam, Anda bisa menggunakan alternatif lain, yaitu pupuk kandang sapi, kambing, domba, atau juga bisa kompos. Tergantung mana yang ada dan mudah didapatkan. Yang penting pupuk organik untuk pupuk dasar tanaman cabe mesti ada.

Untuk menjadi pertimbangan Anda dalam memberikan pupuk dasar tanaman cabe, maka di bawah ini ada tabel yang menunjukkan kandungan unsur N, P, dan K dalam setiap jenis pupuk kandang dan kompos.

Jenis Pupuk Organik berasal dari kotoran : 
N (%)
P (%)
K (%)
Ayam
1,5 - 1,7
1,5 - 1,9
1,5
Sapi
0,3
0,2
0,3
Domba
0,6
0,3
0,2
Kompos
0,1 – 0,6
0,1 – 0,4
0,8 – 1,5



Berapa dosis pupuk kandang untuk pupuk dasar?

Pertanyaan selanjutnya adalah berapa banyak pupuk organik diberikan sebagai pupuk dasar tanaman cabe? Sebenarnya ini tergantung kepada seberapa banyak kandungan bahan organik yang ada dalam tanah tempat Anda menanam cabe. 

Umumnya digunakan pupuk dasar berupa pupuk organik sebanyak 15 – 25 ton per hektar. Namun, pada penggunaannya untuk tanaman cabe,  pupuk organik sebagai pupuk dasar cabai dapat digunakan +/- 20 ton per hektar


Pupuk Kimia

Anda sudah menaburkan pupuk organik sebagai pupuk dasar tanaman cabe, bukan? Selanjutnya adalah pemberian pupuk kimia untuk kebutuhan nutrisi awal. Pupuk kimia yang ada kandungan N, P dan K harus diberikan satu minggu sebelum tanam.

Cara pemberian pupuk kimia ini dapat diberikan dengan cara ditaburkan di atas bedengan dan kemudian dicampur dengan tanah. Atau Anda dapat juga diberikan dalam larikan dan kemudian ditutup kembali dengan tanah.


Jenis pupuk kimia apa dan berapa banyak diberikan untuk tanaman cabe? Baik, sebelum terjawab pertanyaan itu, ada baiknya kita lihat kebutuhan masing-masing unsur hara yang dibutuhkan tanaman cabe.

Unsur Hara
Kebutuhan Dasar (Kg/Ha)
N
100
P
80
K
110





Itulah berat nutrisi yang dibutuhkan tanaman cabe per hektar. Untuk mendapatkan berat masing-masing hara tanaman tersebut, pupuk kimia apa yang diberikan? Ada tiga pupuk kimia yang harus diberikan, yaitu :


1. Pupuk ZA

Untuk terpenuhinya unsur N, Anda dapat menggunakan pupuk urea, Phonska, ZA dan lain-lain. Namun, saya menyarankan menggunakan pupuk ZA. Hal ini karena ZA tidak hanya mengandung N, tetapi ada juga unsur sulfur (S) yang merupakan hara makro yang dibutuhkan tanaman cabe.

ZA (zwafelzure ammoniak) yang kita gunakan pada tanaman cabe memiliki rumus kimianya adalah (NH4)2SO4 dengan kandungan N 21%. Jadi bentuk amonium dalam pupuk ini dapat diikat lebih kuat sehingga tidak mudah tercuci air. Makanya, pemberian pada pupuk dasar yang lebih cepat tidak ada masalah dan aman dari pada menggunakan urea.

Berapa banyak pupuk ZA? Anda dapat menggunakan pupuk dasar untuk tanaman cabe, yaitu ZA sebanyak 476 Kg per hektar.

Hitungannya begini :

Kandungan N dalam pupuk ZA adalah 21%, maka ZA yang dibutuhkan adalah :


ZA = [ (100/21) x 100 Kg N ] = 476 Kg ZA 


2. Pupuk TSP

Pupuk kimia yang dapat menyediakan unsur P adalah TSP, SP36, dan lainnya. Anda dapat memilih salah satu, yaitu tripel superphospat (TSP) dengan kandungan P sebesar 46%. Pupuk TSP dapat diikat oleh tanah sangat kuat sehingga tidak mudah hilang karena tercuci air.

Berapa banyak pupuk TSP? Anda dapat menggunakan pupuk dasar untuk tanaman cabe, yaitu TSP sebanyak 174 Kg per hektar.

Hitungannya begini :

Kandungan P dalam pupuk TSP adalah 46%, maka TSP yang dibutuhkan adalah :

TSP = [ (100/46) x 80 Kg P ] = 174 Kg TSP 

Catatan : Seandainya pupuk TSP tidak tersedia, Anda dapat mengganti dengan pupuk SP-36 untuk pupuk dasar cabe. Berapa dosisnya?

SP-36 = [ (100/36) x 80 Kg P ] = 222 Kg SP-36 per hektar (sudah dibulatkan angkanya, dari 222,22 Kg menjadi 222 Kg)


3. Pupuk KCl

Kemudian hara penting lainnya dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman cabe dan harus ada dalam pupuk dasar, yaitu  kalium (K). Beberapa jenis pupuk yang mengandung K adalah KCl, Phonska, Kamas dan lainnya. Untuk kebutuhan K, berikanlah pupuk KCl.

Berapa banyak pupuk KCl? Anda dapat menggunakan pupuk dasar untuk tanaman cabe, yaitu KCl sebanyak 165 Kg per hektar.

Hitungannya begini :

Kandungan K dalam pupuk KCl adalah 60,56%, maka KCl yang dibutuhkan adalah :

KCl = [ (100/60,56) x 110 Kg K ] = 182 Kg KCl


Kesimpulannya :

Untuk mendapatkan tanaman cabe berbuah lebat, maka gunakan pupuk dasar ini terlebih dahulu sebelum menanamnya, yaitu :
  1. Aplikasikan pupuk organik sebagai pupuk dasar 20 ton/ha. Waktunya, dua minggu sebelum tanam
  2. Aplikasikan Pupuk ZA 476 Kg/ha, TSP 174 Kg/ha, dan KCl 182 Kg/ha. Waktunya, satu minggu sebelum tanam

Baca juga ini :

Sobat tani yang saya banggakan, itulah pupuk dasar tanaman cabe, yaitu pupuk organik dan pupuk kimia yang harus terpenuhi pada saat awal penanaman. 

Dengan cara aplikasi pupuk dasar tanaman cabe dalam jumlah, jenis dan waktu yang tepat, maka hasil panen tanaman cabe pun akan memuaskan. Kenapa? Karena tanaman cabe dari awal tumbuh subur dan sehat sehingga dapat dipastikan pada saat generatif, tanaman cabe berbuah sangat lebat sesuai dengan harapan. Salam sukses, Sob [updated by pupuklahan.blogspot.com , 24/01/2020]

Related Posts