--> Pupuk untuk Tanaman Cabe di Polybag yang Tepat ; Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat | Pupuk Lahan

10 Agustus 2019

Pupuk untuk Tanaman Cabe di Polybag yang Tepat ; Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat

| 10 Agustus 2019

Pupuk untuk Tanaman Cabe di Polybag -- Menanam cabai memang cukup menarik apalagi harganya yang sering sekali ‘pedas’ alis mahal. Karenanya, bagi sebagian orang yang lahannya terbatas, memilih menanam cabe di polybag. Meskipun di polybag, tidak menjadi kendala kalau tanaman cabai dirawat dengan baik dan benar terutama sekali pemupukan.

Cabai di polybag bisa tambah income
Selain untuk konsumsi sendiri, tanaman cabai di polybag atau pot punya nilai lain, yaitu menambah estetika atau keindahan rumah. Bahkan, andai ditanam dalam jumlah banyak dan dipupuk dengan baik, produksi buah cabai di polybag bisa dijual untuk menambah income rumah tangga.

Pupuk untuk Tanaman Cabe di Polybag yang Tepat ; Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat

Banyak jenis cabai bisa ditanam di polybag
Tidak hanya cabai merah keriting yang bisa ditanam di polybag, tetapi hampir semua varietas cabai dapat tumbuh dengan baik di media terbatas (polybag), termasuk cabai rawit. Asalkan diberikan pupuk yang tepat, buah pun akan lebat dan bisa jadi berkali lipat.

Syarat tumbuh bukan kendala menanam cabai di polybag
Menanam cabe di polybag menjadi pilihan banyak orang karena tidak ada kendala dengan syarat tumbuh ini dan itu. Tidak menjadi halangan dengan sinar matahari karena polybag cabai bisa ditempatkan pada lokasi yang terkena sinar. Tidak terkendala dengan air, Sobat bisa menyiramnya untuk menjaga kelembaban media tumbuh.
Demikian juga dengan waktu, waktu menanam pun bisa kapan saja. Tanaman cabai di polybag bisa ditanam pada musim kemarau dan tidak ada masalah kalau mau tanam pada musim hujan

Tanaman cabai di polybag butuh perawatan, terutama pupuk
Yang terpenting agar tanaman cabai di polybag tumbuh subur dan produktif adalah perawatan, seperti penyiraman, penyiangan, perempelan, pengendalian hama/penyakit, dan juga pemupukan.

BACA JUGA : Tips Merawat Cabai Rawit dan Peremajaannya agar Panen Berulang Kali
Memang pupuk untuk tanaman cabai yang ditanam di tanah langsung tidak jauh berbeda dengan rabuk untuk tanaman cabai di polybag. Namun, perlu dicatat dan hati-hati dalam pemupukan karena media tumbuh cabai di polybag sangat terbatas.


Pupuk untuk Tanaman Cabe di Polybag yang Tepat ; Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat
Gambar Bibit Cabai Rawit di Pot. Gbr : Dokpri

Karena terbatasnya media tumbuh, maka solusinya adalah perlu pemupukan yang tepat. Misalnya, berapa dosis pupuk, kapan dipupuk, seberapa sering dipupuk, dan bagaimana cara pemupukan apakah dibenamkan atau dikocor atau disiram.
Kita paham bahwa pupuk yang diberikan terlalu banyak ke dalam media tumbuh cabai di polybag akan menyebabkan terganggu pertumbuhannya. Konsentrasi pupuk dalam media tumbuh yang tinggi, akan merusak sel-sel akar tanaman cabai sehingga cabai lambat laun layu dan akhirnya mati.
Bahkan, pupuk yang diberikan untuk cabai di polybag akan mudah sekali hilang, terutama tercuci akibat dari penyiraman ataupun hujan.
Oleh karena itu, jika pemupukan tidak tepat, maka pupuk tersebut akan menjadi “bencana” atau bisa jadi tidak berarti apa-apa untuk pertumbuhan dan produktivitas cabe di polybag.

Apa pupuk untuk tanaman cabai di polybag?
Baik, apa pupuk dan bagaimana pemupukan tanaman cabai dipolybag agar tumbuh subur dan berbuah lebat? Pemupukan tanaman cabai yang akan ditanam di polybag sudah dimulai sejak masa penyemaian benih, penyiapan media tanam, dan kemudian pemupukan susulan.

A. Pupuk untuk cabai ketika penyemaian
Meskipun jarang yang bertanya pupuk pada saat penyemaian benih, sebetulnya nutrisi tanaman cabai sudah harus mulai diperhatikan sejak dini. Sebab, jika nutrisi cukup tersedia untuk pertumbuhan vegetatif bibit cabai, maka dapat dipastikan bibit cabai tumbuh subur dan sehat.
Jadi, dengan pertumbuhan bibit cabai subur dan sehat di persemaian, maka ketika dipindahkan atau ditanam ke dalam polybag,  akan cepat tumbuh dan berkembang. Selain itu, bibit cabe yang sehat, relatif jauh dari serangan hama dan penyakit.

BACA JUGA : 4 Cara Mudah Memindahkan Bibit Cabe dari Persemaian ke Lahan Tanam
Apa pupuknya pada tahap penyemaian benih cabai? Pupuknya adalah pupuk organik, yaitu pupuk kandang atau pupuk kompos. Selain itu, untuk memacu pertumbuhan bibit, ditambah pupuk NPK
Jika benih disemai dalam tray atau polybag semai, maka pupuk kandang dicampur dengan media semai lainnya dengan perbandingan 1:1:1. Artinya, 1 bagian pupuk kandang dicampurkan dengan 1 bagian pasir dan 1 bagian tanah.
Campurkan juga pupuk NPK yang telah dihaluskan ke dalam campuran media semai tersebut sebanyak 0,1 – 0,25 gram per tray atau polybag (isi tray atau polybag +/- 25 ml campuran bahan media semai)
Seandainya media semai cabe adalah berupa bedengan atau berupa kotak kayu, maka tambahkan 3-5 kg pupuk kandang dan 10-20 gram NPK per 1 m2 satuan luas (meter persegi).

B. Pupuk untuk tanaman cabai ketika membuat media tanam
Media tanam yang akan dimasukkan ke dalam polybag berupa bahan-bahan yang bernutrisi. Ini bertujuan  agar tanaman cabai dapat segera menyerap unsur hara yang tersedia pada saat ditanam.
Oleh karena itu, dari komposisi media tanam cabai yang dibuat, maka salah satunya adalah pupuk kandang atau kompos. Sekadar gambaran saja, media tanam untuk menanam cabai di polybag salah satunya terdiri dari campuran pupuk kandang, sekam padi, dan tanah dengan perbandingan 1:1:1.
Masih ada lagi pupuk untuk cabe di polybag sebagai pupuk dasar ketika membuat media tanam, yaitu pupuk KCL dan SP-36. Pupuk kimia ini ditambahkan ke dalam media tanam sebanyak 1 sendok teh per polybag. Perbandingan pupuk KCL dengan SP-36 adalah 1:1.
Setelah semua bahan media tanam dicampurkan secara merata, biarkan selama 1 minggu sebelum tanam.

C. Pupuk susulan untuk tanaman cabai di polybag
Seperti disinggung di awal artikel ini, pemupukan tanaman cabai di media terbatas seperti polybag harus tepat. Pupuk tidak boleh diberikan sekaligus dalam satu waktu dengan dosis tinggi karena dapat meracuni dan mengganggu pertumbuhan tanaman cabai.
Akan tetapi, tanaman cabai di polybag mesti sering-sering dipupuk dengan dosis rendah agar pupuk tidak terbuang karena pencucian baik karena disiram atau hujan.
Apa pupuk susulan untuk cabai di polybag? Untuk fase pertumbuhan awal, yaitu untuk pertumbuhan vegetatif tanaman cabai, maka pupuknya adalah pupuk yang mengandung nitrogen (N) seperti pupuk urea ataupun pupuk ZA.
Pupuk susulan fase vegetatif ; Satu minggu setelah tanam (7 HST), tanaman cabai di polybag sudah dapat dipupuk dengan pupuk urea (mau pakai ZA silakan). Dosisnya, 10 gram urea untuk 40 tanaman cabai di polybag atau 0,25 gram per polybag.
Cara aplikasi pupuk susulan tanaman cabai di polybag sebagai berikut.
  • Larutkan sebanyak 10 gram urea ke dalam 10 liter air
  • Siram sebanyak 250 ml per media tumbuh cabai di polybag
BACA JUGA : Rahasia Aplikasi Pupuk Dasar Tanaman Cabe yang Tepat agar Berbuah Lebat dan Sehat
Lakukan pemupukan seperti ini setiap 1 minggu sekali sampai menjelang tanaman cabai di polybag masuk fase generatif atau pembungaan.
Pupuk susulan fase generatif ; Memasuki masa pembungaan atau +/- 40 hari setelah tanam, berikan pupuk NPK 15:15:15 untuk tanaman cabai dengan dosis 0,125 gram per polybag. Pemupukan dilakukan seminggu sekali.
Cara aplikasi pupuk susulan untuk tanaman cabai menjelang pembungaan seperti berikut ini
  • Larutkan sebanyak 5 gram NPK ke dalam 10 liter air
  • Siram/kocor sebanyak 250 ml per media tumbuh cabai di polybag

Pemupukan pada fase generatif dapat ditingkatkan dosisnya sesuai dengan umur tanaman. Dosis pupuk ditingkatkan secara bertahap mulai 0,125 gram – 0,75 gram per polybag.
Cukupi unsur hara mikro tanaman cabai di polybag
Selain pemupukan dengan pupuk akar, yaitu urea maupun NPK yang dilakukan dengan penyiraman/pengocoran, aplikasi juga pupuk daun setiap 2 minggu sekali dengan cara penyemprotan.
Dengan aplikasi pupuk daun, tanaman cabai di polybag akan tercukupi unsur-unsur hara baik makro dan mikro. Dengan demikian, tanaman cabe akan tumbuh subur dan berbuah lebat.
Pupuk daun yang diaplikasi pada fase vegetatif berbeda dengan pupuk daun pada fase generatif. Pada fase vegetatif, gunakan pupuk daun yang banyak mengandung unsur hara N. Sedangkan pada fase generatif, gunakan pupuk daun yang tinggi unsur hara P dan K.
Itulah pupuk untuk tanaman cabai di polybag agar tumbuh subur dan berbuah lebat. Lakukan perawatan dengan baik seperti penyiangan, penyiraman, perempelan, dan pengendalian hama dan penyakit supaya tanaman cabai tumbuh dan berkembang dengan baik.

Related Posts