--> 4 Cara Mudah Memindahkan Bibit Cabe dari Persemaian ke Lahan Tanam | Pupuk Lahan

26 Juni 2019

4 Cara Mudah Memindahkan Bibit Cabe dari Persemaian ke Lahan Tanam

| 26 Juni 2019

Cara Memindahkan Bibit Cabai dari Persemaian ke Lahan -- Banyak faktor yang menentukan keberhasilan dalam budidaya cabe (cabai), salah satunya adalah pemindahan bibit dari persemaian ke lahan. Jika salah teknik dalam memindahkan bibit cabai, maka bibit cabai akan mengalami stres sampai gangguan pertumbuhan pada saat ditanam.
Beberapa masalah/gangguan pada bibit cabai yang mungkin muncul jika terjadi kesalahan dalam pemindahan bibit dari media persemaian ke lahan tanam, yaitu :
  • Stres
  • Layu
  • Tidak tumbuh
  • Banyak yang mati
  • Lambat berkembang
  • Tumbuh, tapi kerdil
  • Lambat penyerapan unsur hara
  • Terhambatnya proses fotosintesis
  • Rentan terserang penyakit

4 Cara Mudah Memindahkan Bibit Cabe dari Persemaian ke Lahan Tanam

Oleh karena itu, penanganan dalam pemindahan bibit cabe mesti dilakukan dengan tepat, baik sisi teknisnya maupun waktunya. Dengan kata lain, pemindahan bibit cabai untuk ditanam tidak boleh asal-asalan.
Bukankah cost yang dikeluarkan untuk budidaya cabai sangat mahal?  Makanya, bukan hanya sisi pemeliharaan saja, namun cara pindah bibit dari persemaian pun mesti mahir seperti bagaimana memindahkan bibit cabai dari tray semai, bagaimana cara cabut dari bedeng persemaian, bagaimana cara pegangnya, bagaimana sebelum memindahkan, bagaimana membawa bibit ke tempat yang jauh dan bagaimana menanamnya.

Umur bibit cabai yang siap dipindah dari media semai ke lahan
Sebelum kita teruskan bagaimana cara memindahkan bibit cabai ke lahan, sekilas untuk mengingatkan kembali tentang tanda-tanda bibit cabai siap dipindahkan ke lahan tanam.
Bibit cabai mesti dipindahkan dalam umur yang tepat, tidak boleh terlalu cepat dan tidak baik kalau sampai terlambat. Bibit cabai yang tumbuh subur dan sehat di persemaian, lazimnya siap dipindahkan ke lahan tanam ketika usia 25-30 hari setelah semai atau sudah tumbuh daun sebanyak 4-5 helai.

Waktu memindahkan bibit cabai dari persemaian
Ketika pemindahan bibit cabai dari persemaian, maka satu hal yang patut dicatat adalah waktu, apakah pagi hari, siang hari atau sore hari. Waktu ini akan mempengaruhi pertumbuhan bibit yang dipindahkan dari persemaian ke lahan tanam.

BACA JUGA : Cara Semai Benih Cabai yang Baik dan Benar agar Cepat Tumbuh
Umumnya, pemindahan bibit cabai dilakukan pada pagi atau sore hari. Hampir tidak ada yang memindahkan bibit pada siang hari karena cuaca sangat panas bisa menyebabkan bibit cabai "layu sebelum berkembang."
Namun, menurut hemat penulis, waktu yang sangat bagus memindahkan bibit cabai dari persemaian adalah sore hari. Sebab, ketika sore hari, suhu udara sudah rendah sehingga bibit tidak mudah stres. Demikian juga dengan media tanam tidak mudah kehilangan air karena penguapan sehingga bibit tetap kelihatan segar.

Cara Memindahkan Bibit Cabai dari Persemaian untuk Ditanam pada Lahan
Apakah sudah siap lahan tanam dengan bedengan, pemupukan dasar, dan mungkin pemasangan mulsa? Kalau sudah, mari memindahkan bibit cabai untuk ditanam. Caranya?
Sebetulnya, kalau kita merujuk ke zaman dulu dan kekinian, ada 4 cara memindahkan bibit cabai dari media semai untuk ditanam ke lahan baik kebun maupun sawah. Berikut ini cara-cara yang dilakukan dalam pemindahan bibit.
  1. Cara mencabut tanpa medianya
  2. Cara mencungkil medianya
  3. Cara memencet lubang medianya
  4. Cara Menyobek medianya

Baiklah, mari kita lihat satu persatu cara memindahkan bibit cabai dari persemaian ke lahan tanam.

1. Cara Pemindahan Bibit Cabai dari Persemaian dengan Mencabut Tanpa ikut Media semainya
Menindahkan bibit cabai dapat dilakukan dengan cara mencabutnya langsung dari media semai. Perlu dicatat, pada teknik ini, bibit cabai tidak mengikutsertakan tanah pada akarnya.
Berikut cara mencabut bibit cabai dari media semai untuk dipindahkan ke lahan.
  1. Siram bibit di persemaian secukupnya
  2. Cabut secara perlahan-lahan sehingga akarnya tidak rusak/putus. Caranya, pegang bibit cabai secara lembut agak ke bagian tengah batang. Jangan sampai tertekan karena bisa menyebabkan batang bibit cabai memar atau luka sehingga mudah mati/terganggu pertumbuhannya ketika ditanam
  3. Taruh dan bungkus dengan daun pisang serta letakkan pada tempat yang ternaungi dari terpaan sinar matahari

Kelebihan cara memindahkan bibit cabai dengan cara pencabutan ini dapat menghemat waktu. Namun, sayangnya, jika jarak persemaian dengan lahan tanam cukup jauh, maka bibit mudah stres. Oleh karena itu, segera tanam bibit cabai yang sudah dicabut dari persemaian.

Kalau agak jauh lokasi lahan penanaman, sebaiknya semai saja bibit cabai dalam kotak kayu. Mengapa? Ini akan memudahkan dalam pemindahan bibit, ya tinggal angkut kotak semai ke lokasi tanam. Sesampai di lokasi, bibit dicabut dan segera ditanam. Cara begini juga dapat menghindari bibit mengalami stres yang terlalu lama. 

2. Cara pindah bibit cabai dari persemaian dengan cara mencungkil media semainya
Selain cara cabutan, bibit cabai yang tumbuh di persemaian dapat dipindahkan dengan cara mencungkil media semai. Ada juga istilah lain cara ini dengan puteran. Cara ini relatif bagus karena menyertakan tanah pada akarnya.
Berikut langkah-langkan memindahkan bibit cabai dengan cara mencungkil media semainya.
  1. Siram persemaian dengan air sampai lembab
  2. Tusukkan alat cungkil berupa kayu kecil ke dalam tanah dekat bibit cabai
  3. Angkat bibit cabai beserta tanah yang melekat pada akarnya
  4. Bibit yang sudah dipindahkan dari persemaian, langsung ditanam

Cara ini sebenarnya cukup baik karena tanah masih melekat pada akarnya sehingga ketika ditanam pertumbuhannya cepat. Tapi, ingat bahwa cara ini dapat dilakukan kalau persemaiannya dekat dengan lahan tanam sehingga bibit bisa segera ditanam.
Sayangnya, untuk mengangkat bibit beserta tanah dan akarnya, tentu saja butuh tenaga kerja, waktu lama, dan biaya tinggi.

3. Cara pindah bibit cabai dari tray dengan cara memencet lubang medianya
Dalam penyemaian benih cabai, kita tau ada yang menyemai langsung di media semai tanah dan ada juga yang menyemai dalam tray atau baki semai.
Media semai benih cabai berupa tray memang terbilang besar, ada yang jumlah lubang semai per tray 20,50,100,250, 1000, dan bahkan ada yang lebih dari itu.
Tapi, lebar dan jumlah lubang semai itu bukan masalah. Yang jadi persoalan atau pertanyaan adalah bagaimana memindahkan bibit-bibit cabai dari dalam lubang tray ke lahan tanam?
Penyemaian benih dalam tray sebetulnya pilihan yang tepat karena sangat mudah dipindahkan dan bisa terjamin pertumbuhannya. Akan lebih bagus kalau bibit cabai yang disemai dalam tray dekat dengan lahan tanam dan jumlah banyak.
Berikut ini cara memindahkan bibit cabai dari media semai tray.
  1. Angkat tray semai secara perlahan-lahan ke dekat bedengan yang akan ditanam cabai
  2. Siram media semai tray dengan air sampai basah atau secukupnya dan tunggu beberapa saat sampai air terserap oleh media semai dalam tray
  3. Pencet/tekan sedikit bagian bawah lubang tray sehingga media semai terdesak ke atas.
  4. Keluarkan/tarik bibit cabai beserta media semai secara perlahan-lahan sedemikian rupa sehingga tanah tidak lepas dari akarnya.
  5. Segera tanam bibit cabai yang sudah dipindahkan dari tray


4. Cara pindah bibit cabai dari polybag dengan cara menyobek medianya

4 Cara Mudah Memindahkan Bibit Cabe dari Persemaian ke Lahan Tanam
Bibit Cabe di Polybag
Banyak sekali pilihan media semai cabai dan bahkan bisa dalam botol/gelas air mineral bekas. Benih cabai yang disemai dalam polybag, tray, gelas air mineral bekas, dan sejenisnya akan terjamin pertumbuhannya ketika dipindahkan ke lahan tanam.

Media semai polybag sebenarnya hampir sama dengan media semai tray. Bedanya, media semai polybag tunggal dan lepas. Tiap polybag berisi satu bibit cabai. Sedangkan tray, lubang semai banyak dan menyatu dalam satu tray.
Yang membedakan lagi media semai cabai di polybag adalah cara pindah bibitnya. Bagaimana caranya?
Berikut ini cara memindahkan bibit cabai dari polybag untuk ditanam pada lahan yang telah disiapkan
  1. Siram media semai polybag dengan air secukupnya
  2. Letakkan polybag yang masih berisi benih cabai dekat dengan lubang tanam pada bedengan
  3. Sobek sedikit saja polybag dengan menggunakan Gunting atau pis4u pada satu sisi atau boleh juga menggunting pada kedua sisi sampai ke bawah.
  4. Lepaskan plastik polybag dan keluarkan bibit cabai beserta medianya secara perlahan-lahan agar tanah pada akar tidak rusak.
  5. Segera tanam bibit cabai yang sudah dipindahkan dari polybag


Cara Menanam Bibit Cabai yang Sudah Dipindahkan dari Media Semai Ke Lahan Tanam
Cara menanam ini hanya sekadar tambahan agar bibit yang sudah dipindahkan tidak gagal tumbuh ketika ditanam.
Berikut ini cara menanam bibit cabai yang baru saja dipindahkan dari persemaian ke lahan tanam.
  1. Pastikan bedengan sudah dibuat lubang tanam
  2. Jika tidak ada hujan sebelumnya, siram lubang tanam
  3. Lakukan penanaman pada sore hari
  4. Masukkan bibit cabai ke lubang tanam
  5. Tutup kembali dengan tanah sampai menutup semua akarnya
  6. Siram secukupnya

Itulah cara yang tepat memindahkan bibit cabai dari persemaian ke lahan tanam. Dengan penanganan bibit secara tepat dan hati-hati, maka bibit cabe yang ditanam akan tumbuh subur, sehat dan berkembang dengan baik.

Related Posts