--> Apa Pupuk Pohon Durian dan Bagaimana Memupuknya Supaya Cepat Tumbuh dan Berbuah? | Pupuk Lahan

11 Juli 2019

Apa Pupuk Pohon Durian dan Bagaimana Memupuknya Supaya Cepat Tumbuh dan Berbuah?

| 11 Juli 2019

Pupuk untuk Pohon Durian – Bagi Sobat yang menanam durian, tentu saja ingin pohon durian itu cepat tumbuh, subur, dan cepat berbuah. Ketika durian sudah berbuah, masih ada harapan lagi, yaitu buahnya besar, cita rasa legit dan memiliki aroma khas. Jika ingin durian yang Sobat tanam tumbuh dan berkembang sesuai harapan,  maka salah satu kuncinya ; pupuklah pohon durian yang Sobat tanam itu. Mau tau, apa pupuk untuk pohon durian?

Tumbuh kembang pohon durian tergantung pupuk
Kita cukup mafhum, pohon durian yang tumbuh subur, produksi buah tinggi, dan kualitas buah bagus sangat ditentukan oleh tersedia tidaknya unsur hara dalam jumlah yang cukup. Tidak hanya cukup, tetapi unsur hara mesti tersedia setiap fase pertumbuhannya baik pada masa vegetatif maupun memasuki fase generatif.


Apa Pupuk Pohon Durian dan Bagaimana Memupuknya Supaya Cepat Tumbuh dan Berbuah?

Jika tidak cukup tersedia, maka pertumbuhan pohon durian, produktivitas buahnya, dan kualitas buah akan terganggu. Apalagi ketidakcukupan unsur hara pada awal-awal penanaman, ini sangat beresiko karena menyebabkan bibit pohon durian tumbuh kerdil, rentan terserang penyakit, dan berpotensi mati.

Andai pohon durian “dipupuk" oleh alam
Andai pohon durian “dipupuk" oleh alam saja, hasilnya ya tergantung ketersediaan unsur hara di dalam tanah tempat tumbuhnya. Jika cukup tersedia, pohon durian akan tumbuh subur.
Sebaliknya, kalau unsur hara kurang tersedia di sekitar perakaran pohon durian, jangankan berbuah, pertumbuhan pun mungkin tidak jelas alias terganggu.

Gangguan jika kurang pupuk untuk pohon durian
Lihatlah, kita mungkin pernah menemui buah durian yang rasanya hambar atau daging buahnya yang keras. Salah satu penyebab kualitas buah seperti itu karena ada unsur-unsur hara yang tidak tercukupi selama pembungaan dan pembentukan buah durian.
Beberapa gangguan baik pada pertumbuhan, pembungaan, maupun kualitas buah  dapat ditandai karena kekurangan unsur-unsur hara tertentu. Misalnya, kekurangan unsur nitrogen (N) pertumbuhan vegetatif seperti pertumbuhan batang, cabang, dan daun-daun terhambat.
Bahkan, ketika pohon durian memasuki fase generatif, dampak buruk kekurangan unsur hara jelas sekali terlihat pada pembentukan bunga dan kualitas buah. Misalnya, pohon durian yang kekurangan kalsium (Ca) menyebabkan kerontokan bunga dan daging buahnya keras.
Contoh lain, defisiensi unsur kalium (K) dalam tanah bisa menyebabkan buah durian rasanya agak hambar alias kurang manis. Demikian dengan kekurangan unsur-unsur hara lainnya baik makro maupun mikro, pertumbuhan pohon durian terhambat dan menuai banyak masalah pada kualitas buahnya.

Sebelum memupuk pohon durian, sudahkah memenuhi syarat tumbuhnya?
Sebelum mencari tau pupuk untuk pohon durian atau sebelum memupuk pohon durian, perlu kiranya memastikan kembali apakah pohon durian yang ditanam sudah memenuhi syarat-syarat tumbuh seperti berikut ini? Sebab, kalau sudah cocok tempat tumbuhnya, maka pupuk yang diberikan nantinya akan direspon dengan baik oleh pohon durian.
  • Pohon durian memang tumbuh pada ketinggian 1000 m dpl (meter di atas permukaan laut) , namun akan tumbuh subur dan produktivitas tinggi jika ditanam pada ketinggian 400 – 600 m dpl
  • Suhu udara panas sangat disukai pohon durian, kisaran suhu optimal 22 – 300C
  • Iklim basah merupakan syarat yang dikehendaki pohon durian
  • Tanah yang subur, jenis lempung berpasir, dan pH tanah 6-7 sangat cocok untuk menanam durian
  • Air tanah relatif dangkal, namun tidak boleh lebih dari 1 meter

Semoga semua syarat-syarat tumbuh durian seperti di atas sudah terpenuhi pada lahan yang akan atau sudah ditanam durian.
Pupuk dasar sebelum menanam pohon durian
Baik, lanjut untuk memupuk pohon durian. Menanam durian, baik durian monthong, musangking, durian bawor, maupun varietas lainnya, perlu dilakukan pemupukan dasar. Jadi, ketika mempersiapkan lahan, maka lahan harus dapat dipastikan subur dan struktur tanah gembur sehingga siap untuk menunjang pertumbuhan bibit durian yang ditanam.

BACA JUGA : 3 Cara Membuat Media Tanam Durian Dalam Pot Supaya Berbuah
Apa pupuk dasar pohon durian? Pupuk dasar yang diaplikasikan pada saat penyiapan lubang tanam adalah pupuk organik. Jenis pupuk organik bisa pupuk kandang dan boleh juga menggunakan pupuk kompos. Pilih mana yang mudah didapatkan dan terjangkau secara ekonomi. Setiap lubang tanam diberikan pupuk organik sebanyak 10 Kg atau lebih tergantung ukuran lubang tanam yang dibuat.
Pupuk dasar berupa pupuk organik harus sudah dimasukkan ke dalam lubang tanam 2 minggu - 1 bulan sebelum tanam. Pupuk kandang atau pupuk kompos yang telah diisi ke dalam lubang tanam harus dijaga kelembabannya dengan cara menyiramnya setiap 2-3 hari sekali jika tidak ada hujan. Kelembaban media tanam ini harus tetap terjaga sampai waktu penanaman. 

Selain pupuk pupuk organik, tambahkan juga dolomit sebagai pupuk dasar pohon durian. Dosis dolomit untuk durian 200 gram per lubang tanam pohon durian.
Bagaimana cara aplikasi pupuk dasar sebelum menanam pohon durian. Cara aplikasinya terbilang simpel. Berikut ini cara aplikasi pupuk dasar sebelum menanam pohon durian.
  1. Campurkan tanah galian lapisan atas dengan pupuk organik dan dolomit
  2. Masukkan campuran tanah dan pupuk organik ke dalam lubang tanam
  3. Berikutnya masukkan tanah galian lapisan atas
  4. Tancapkan ajir tepat di tengah lubang tanam. Ajir ini berfungsi sebagai penanda lubang tanam dan sekaligus akan digunakan sebagai penopang bibit durian yang ditanam
  5. Biarkan lubang tanam yang telah berisi pupuk organik selama 15-30 hari sebelum tanam
  6. Siram setiap 2-3 hari sekali agar tanah lubang tanam tidak kering


Pupuk dasar pada saat menanam pohon durian
Kalau pada saat penyiapan lubang tanam sudah diberikan pupuk organik, maka pada saat menanam (bersamaan dengan menanam) bibit pohon durian juga mesti harus diberikan pupuk dasar lagi. Apa pupuknya? Pupuk anorganik, yaitu SP-36 atau boleh juga TSP.
Pupuk SP-36 ini diberikan sebanyak 100 gram per lubang tanam. Caranya dengan menaburkan pupuk secara melingkar di sekeliling bibit pohon durian yang sudah ditanam dan ditutup kembali dengan tanah.

Pupuk susulan untuk pohon durian
Seiring dengan pertambahan usia pohon durian, maka kebutuhan nutrisi juga meningkat. Oleh karena itu, kita harus memastikan bahwa unsur hara cukup tersedia untuk menunjang pertumbuhannya. 
Akan lebih bagus lagi jika dilakukan uji tanah agar bisa diketahui jenis dan kadar hara yang terkandung dalam tanah. Dengan cara demikian, pemupukan dapat dilakukan dengan tepat dan berimbang, baik jenis maupun dosisnya, supaya pohon durian betul-betul tumbuh subur.
Meskipun demikian, secara umum pemupukan susulan pohon durian dilakukan dengan memberikan pupuk organik dan juga pupuk anorganik agar cukup tersedia unsur hara baik makro maupun mikro.
Pupuk susulan pertama (3 bulan setelah tanam) ; Aplikasikan pupuk NPK 15:15:15 dengan dosis 200 gram per pohon durian.

Tunggu! 😅 Pemupukan susulan pohon durian belum selesai. Pupuk susulan harus dilanjutkan lagi ketika usia pohon durian 7 bulan setelah tanam dengan jenis dan dosis pupuk yang sama dengan pemupukan susulan pertama. Pemupukan seperti ini tetap diteruskan setiap 4 bulan sekali sampai usia pohon durian 3 tahun.
Selesai memupuk? Rupanya pemupukan belum juga berakhir. Pupuk untuk pohon durian memasuki usia 4 tahun setelah tanam masih harus dilanjutkan. Jenis pupuknya sama, yaitu NPK, tapi dosisnya berbeda.
Dosis pemupukan pada tahun ke-4 dan seterusnya, lebih tinggi atau harus ditingkatkan sekitar 20-25% dari total dosis pupuk tahun sebelumnya. Waktu aplikasinya cukup 2 kali dalam setahun, pada awal musim hujan dan akhir musim hujan. 

Contoh hitungan pemupukan pada tahun ke-4 begini. Kalau dalam tahun sebelumnya memupuk [3 x 200 gram], maka tahun ke-4 menjadi [600 gram + (20% x 600 gram)]. Hasilnya adalah 720 gram NPK. Ini diberikan dua kali. Maka, dosis setiap kali pemupukan adalah 360 gram NPK/pohon durian.
Agar tanah tumbuh durian tetap gembur dan subur, tambahkan juga pupuk organik berupa pupuk kandang atau kompos. Pupuk organik cukup setahun sekali saja diaplikasikan. Dosis pupuk organik disesuaikan dengan kesuburan tanah, ya kira-kira 100-200 Kg per pohon durian.

Cara aplikasi pupuk susulan untuk pohon durian
Berikut ini cara aplikasi pupuk susulan, baik pupuk organik maupun anorganik, untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan pohon durian.


Apa Pupuk Pohon Durian dan Bagaimana Memupuknya Supaya Cepat Tumbuh dan Berbuah?
Ilustrasi Memupuk Durian. Gambar : Dokpri

  1. Gali lubang secara melingkar atau mengelilingi pohon durian. Jarak lubang untuk pupuk dari pangkal pohon sejauh tajuk terluar pohon durian. Kedalaman lubang pupuk +/- 30 cm.
  2. Taburkan pupuk secara merata ke dalam lubang
  3. Tutup kembali dengan tanah
  4. Siram air secukupnya jika aplikasi pupuk untuk pohon durian jatuh pada musim kemarau atau kondisi tanah sangat kering
Sebelum beranjak, ada yang baru nih, yaitu Bibit Durian Musangking Kaki Tiga. Harganya sangat spesial bin murah tapi berkualitas [15K]. Silakan di order sebelum kehabisan stok. Belinya langsung disini. Terima kasih.
Itulah pupuk untuk pohon durian. Selain memupuk, agar pohon durian tumbuh subur dan berbuah tepat waktu serta buahnya lebat, maka lakukan perawatan seperti penyiangan, pemangkasan, dan juga pengendalian organisme pengganggu tanaman.

Tip memupuk pohon durian
  1. Pada saat aplikasi pupuk dasar (penyiapan lubang tanam), masukkan/campurkan juga ke dalam lubang tanam dedaunan seperti lamtoro, daun kacang-kacangan, dan daun lainnya dengan tanah agar media tanam durian kaya dengan unsur-unsur hara. Lalu siramkan dengan larutan EM4.
  2. Menjelang pohon durian berbunga, aplikasi pupuk yang tinggi kadar phosfat (P) seperti pupuk NPK 10:20:10 agar pohon durian lekas berbunga.


Related Posts