--> 8 Langkah Memperbanyak EM4 Sendiri ; Praktis dan Murah-Meriah | Pupuk Lahan

16 Juli 2019

8 Langkah Memperbanyak EM4 Sendiri ; Praktis dan Murah-Meriah

| 16 Juli 2019

Cara Memperbanyak EM4 – Membiakkan atau memperbanyak EM4 sendiri merupakan salah satu cara untuk menghemat biaya dalam membuat pupuk organik. Tapi, untuk memperbanyak EM4 tidak boleh sembarangan karena resiko gagal cukup tinggi. Karena itulah, artikel ini hadir untuk memberikan langkah-langkah yang memudahkan Sobat dalam memperbanyak EM4.
Bagi yang sudah merasakan manfaat EM4 untuk menyuburkan dan meningkatkan hasil tanaman akan selalu membutuhkan EM4. Bahkan, mungkin selama ini atau sebelum mengerti cara perbanyakan EM4, setiap kali habis stok EM4 di rumah akan langsung membelinya lagi.

8 Langkah Memperbanyak EM4 Sendiri ; Praktis dan Murah-Meriah
EM4 untuk Tanaman

Satu liter EM4 hanya untuk 50 liter POC
Kita tau bahwa dalam 1 liter EM4 hanya dapat digunakan untuk membuat 1 ton pupuk organik padat (bokashi padat) atau +/- 50 liter bokashi cair (POC). Atau mungkin terlalu sering menyiram lahan atau tanaman langsung dengan larutan EM4, maka dapat dipastikan EM4 akan habis dalam waktu yang singkat.
Sayangnya, harga jual EM4 terbilang relatif mahal. Ini tentu butuh pengeluaran yang tinggi jika ingin produksi pupuk organik lebih dari 1 ton. Sebab, kita maklumi kalau lebih dari 1 ton penguraian bahan organik, kebutuhan EM4 juga lebih dari 1 botol (volume 1 liter). 

Perbanyak EM4 agar tidak habis stok di rumah
Jadi, dengan membiakkan atau memperbanyak sendiri EM4 akan relatif hemat biaya. Selain itu, kita hemat tenaga dan waktu karena kita tidak harus bolak-balik sebentar-sebentar ke toko pertanian hanya untuk membeli EM4. 

Agar lebih hemat biaya, hemat waktu, dan hemat tenaga, maka Sobat bisa perbanyak EM4 sesuka hati, mau 1 liter, 1 botol air mineral, 1 jirigen, atau dalam ukuran volume lainnya agar tidak habis stok di rumah.
Dengan banyak stok EM4 hasil pembiakan sendiri di rumah, maka setiap butuh EM4 untuk memupuk lahan atau membuat pupuk, baik pupuk organik cair maupun padat, tinggal ambil saja EM4 hasil perbanyakan itu, jadi gampang dan serba hemat terutama hemat biaya, ‘kan?

Sebelum pembiakan, EM4 itu apa?
Walau sudah jauh kita melangkah, mungkin masih ada teman-teman yang belum tau apa itu EM4? EM4 merupakan singkatan dari effective microorganisms 4. EM4 ini larutan yang mengandung bakteri selektif dan aktif, yaitu hasil seleksi secara alami dari mikroorganisme fermentasi dan sintetik di dalam tanah.

Bakteri EM4
Dalam EM4 mengandung sejumlah bakteri fermentasi dari genus Lactobacillus, jamur fermentasi Actinomycetes, bakteri fotosintetik, bakteri pelarut fosfat dan ragi.
Jadi, bakteri-bakteri dalam EM4 mampu bekerja untuk menguraikan atau memfermentasi bahan-bahan organik di dalam tanah menjadi unsur-unsur organik sehingga dapat meningkatkan kesuburan tanah dan produktivitas tanaman.

Kandungan unsur hara EM4
Apakah EM4 mengandung juga unsur-unsur hara di dalamnya sehingga ketika diaplikasikan dapat menyuburkan tanaman? Tentu saja ada, banyak dan lengkap.
Agar tidak meragukan, pada setiap botol kemasan EM4 tercantum sejumlah unsur hara yang terkandung di dalamnya seperti C-organik, nitrogen (N), P2O5, K2O, Al, Ca, Cu, Fe, Mg, Mn, Na, Ni, Zn, B, Cl, dan juga pH.
Jadi, jelas sekali, EM4 bukan hanya sebagai dekomposer yang menguraikan bahan organik, tetapi juga berfungsi sebagai pupuk yang mengandung sejumlah unsur hara.
Karena EM4 punya peran penting terutama dalam menyuburkan tanah, maka EM4 sering sekali digunakan sebagai salah satu dekomposer dalam produksi pupuk organik baik dalam skala kecil (hobi) maupun skala besar (komersial).

BACA JUGA : Membuat Pupuk Organik Cair dari Sampah Basah dengan EM4 dan Air Cucian Beras
Baik, setelah gambaran betapa dasyatnya peran EM4 sudah kita lihat bersama, seperti menyehatkan tanah, merombak bahan organik, menyuburkan tanaman, dan meningkatkan produktivitas tanaman, tentu keinginan untuk membeli atau memperbanyak EM4 semakin menggelora dan mungkin tidak menundanya lagi 😅

Cara Memperbanyak EM4
Memperbanyak EM4 haruslah menekan biaya yang dikeluarkan. Jangan sampai ingin menghemat, justeru yang terjadi sebaliknya, yaitu biaya yang dikeluarkan jadi boros.
Oleh karena itu, pemilihan bahan-bahan untuk pembiakan bakteri EM4 mestilah yang relatif murah. Kalau bisa, semua bahan-bahan yang digunakan gratis..ya, kalau ada yang gratis kenapa harus beli? 😅

Bahan-bahan memperbanyak EM4
  1. EM4 sebanyak 1 botol (Untuk pertama sekali belilah EM4 yang asli di toko pertanian)
  2. Molase sebanyak 250 ml (Bisa diganti dengan gula merah sebanyak 125 gram gula merah saja)
  3. Terasi sebanyak +/- 250 gram
  4. Air mineral sebanyak 5 liter (hindari pemakaian air sumur atau PAM, baiknya beli saja air mineral atau air galon isi ulang)
  5. Bekatul sebanyak 3 Kg

Alat-alat yang diperlukan dalam perbanyakan EM4
  • Kompor (pemanas air)
  • Panci
  • Pengaduk kayu
  • Ember
  • Penyaring dari kain yang halus
  • Botol atau jirigen (untuk menyimpan larutan EM4 yang sudah jadi)

Langkah-langkah dalam memperbanyak EM4
Ada 8 langkah yang amat praktis membuat EM4 menjadi lebih banyak jumlahnya. Bukan hanya 1 liter, tetapi lebih dari volume itu dapat diperbanyak. Berikut ini langkah-langkahnya.

8 Langkah Memperbanyak EM4 Sendiri ; Praktis dan Murah-Meriah
Kompor dan panci untuk mendidihkan air
dan melarutkan terasi, bekatul dan gula merah
untuk perbanyakan  EM4.
Gambar : pupuklahan.blogspot.com

  1. Masukkan terasi, bekatul dan gula merah ke dalam air mendidih dan aduk-aduk hingga larut semua bahan.
  2. Kemudian matikan api kompor dan biarkan sampai dingin atau sampai suhu kamar biasa
  3. Udah ‘nggak panas lagi ‘kan air larutan tadi?  Nah, sekarang baru masukkan cairan EM4. Jangan lupa diaduk-aduk ya.
  4. Udah diaduk? Sekarang tutup larutan itu rapat-rapat. Biarkan selama 2 hari dalam keadaan tertutup.
  5. Anda buka pada hari ketiga (ke-3) dan aduk-aduk sebentar. Setelah itu jangan tutup rapat lagi. Lakukan hal seperti itu sampai hari ke-10.
  6. Pada hari ke-10, Anda siapkan botol atau jirigen. Usahakan botol/jirigen yang gelap/tidak tembus pandang. Kenapa? Karena Bakteri tidak boleh kena cahaya langsung karena dapat mengganggu kehidupannya.
  7. Saring cairan EM4 yang sudah jadi dan masukkan cairan EM4 itu ke dalam botol/jirigen. Oh ya, jangan terlalu rapat ditutup ya. Dan simpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari.
  8. EM4 sudah jadi dan tinggal ambil saja untuk keperluan seperti membuat pupuk organik/kompos atau untuk menyiram tanaman langsung dengan EM4. Yang pasti, ‘Nggak perlu beli lagi EM4, ‘kan
8 Langkah Memperbanyak EM4 Sendiri ; Praktis dan Murah-Meriah

BACA JUGA : Terungkap! Cara Membuat Pupuk Kompos Padat Berkualitas Tinggi dengan EM4 dan Urine Ternak
Demikian cara memperbanyak EM4 yang praktis sekali dan murah-meriah. Jadi, dengan memahami cara pembiakan EM4 ini, maka EM4 akan selalu mendampingi dan menjadi “teman” dalam menyuburkan tanaman, menyehatkan tanah, dan meningkatkan hasil panen.

Related Posts