--> 3 Cara Membuat Media Tanam Pohon Durian Dalam Pot Supaya Berbuah | Pupuk Lahan

9 April 2019

3 Cara Membuat Media Tanam Pohon Durian Dalam Pot Supaya Berbuah

| 9 April 2019

Membuat Media Tanam Pohon Durian dalam Pot -- Salah satu hal yang terpenting dalam menanam pohon durian dalam pot adalah media tanam. Sebab, seandainya media tanam tidak benar, jangankan berbuah, pertumbuhannya akan merana. Seperti kata pepatah, “hidup enggan, mati pun tak mau.”


Oleh karena itu, artikel ini, yaitu cara membuat media tanam pohon durian dalam pot, menjadi solusi bagi Sobat yang ingin menanam durian dalam pot agar tumbuh subur dan mau berbuah selayaknya durian yang tumbuh di tanah langsung seperti di kebun.

3 Cara Membuat Media Tanam Pohon Durian Dalam Pot Supaya Berbuah
Ilustrasi Pot Pohon Durian dan Media Tanam. 
Gambar : Dokpri



Persyaratan tumbuh durian

Tanaman durian tumbuh dimana saja ditanam. Tapi, untuk tumbuh subur dan berbuah alias adaptif memerlukan kondisi tumbuh yang cocok.

Tanaman durian tumbuh pada ketinggian tempat 0-800 m dpl. Selain itu, tanaman dengan buah berduri dan aroma yang sedap ini mensyaratkan suhu udara berkisar 28-290C, keasaman tanah 5,5-7, dan tanah yang gembur seperti tanah lempung berpasir atau liat lempung berpasir.

Dari sekian banyak persyaratan tumbuh durian, pH, ketersediaan air, unsur hara dan jenis tanah merupakan kondisi tumbuh yang sangat dekat atau erat hubungannya dengan media tanam dalam pot. Dan syarat tersebut bisa disiasati atau diakali sehingga mendekati kondisi pertumbuhan ideal pohon durian.


Pot menanam pohon durian mesti besar

Pohon durian apapun varietasnya seperti durian Musangking, Monthong, Petruk, Kelud, Seminah, dan lainnya memiliki akar yang banyak dan luas. Oleh sebab itu, wadah atau pot untuk mengisi media tanam dan menanam pohon durian juga harus besar dan luas.

Selain ukuran pot, kualitasnya juga harus tinggi. Kualitas yang dimaksud, yaitu daya tahan dari pot. Pot harus bisa tahan sampai beberapa tahun dan tidak mudah sobek karena panas dan hujan.

Contoh pot yang luas dan sering digunakan untuk menanam durian seperti drum bekas minyak atau oli, planter bag yang ukurannya besar,  pot beton, dan sejumlah lainnya. Intinya, pot untuk menanam durian mesti relatif besar, luas, dan tidak mudah rusak.


Syarat media tanam pohon durian dalam pot

Media tanam pohon durian dalam pot harus juga memenuhi syarat-syarat agar pohon durian yang ditanam tumbuh subur dan produktif dalam artian mau berbuah.

Berikut ini syarat media tanam pohon durian dalam pot
  • Media tanam dalam pot mengandung unsur hara makro dan mikro
  • Tidak mengandung bahan-bahan yang C/N tinggi seperti penggunaan pupuk kandang segar (kotoran ternak segar)
  • Tidak mengandung bahan-bahan beracun
  • Media tanam harus memilliki drainase yang baik, poros dan aeratif
  • Mudah dalam penetrasi akar pohon durian
  • Memiliki retensi atau daya ikat air yang bagus sehingga media tidak mudah kering
  • Media tanam mampu mengikat unsur hara sehingga tidak gampang tercuci
  • Media tanah tidak boleh sangat masam atau terlalu basa
  • Media tanam harus bebas dari nematoda yang dapat mengganggu perakaran pohon durian

Itulah beberapa syarat media tanam durian yang barangkali mesti terpenuhi. Sebab, kalaulah saja salah satu dari syarat tersebut, misalnya tanah sangat masam, maka tanaman durian terganggu karena unsur hara makro seperti fosfsor (P) menjadi tidak tersedia.


Bahan-bahan untuk media tanam pohon durian dalam pot

Media tanam pohon durian dalam pot terdiri dari sejumlah campuran bahan. Semua bahan tersebut akan saling mendukung satu sama lainnya.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat media tanam seperti tanah liat, kompos, pupuk kandang, arang sekam, sekam padi, jerami, dan lain-lain. Namun, dalam penggunaannya, bahan-bahan tersebut dapat divariasikan menjadi beberapa variasi agar lebih cocok menjadi media tanam durian.



CARA MEMBUAT MEDIA TANAM POHON DURIAN DALAM POT

Baik, sampailah kita pada cara membuat media tanam POHON durian dalam pot agar subur dan mau berbuah. Berikut ini ada 3 cara membuat media tanam durian dan silahkan dipilih salah satu cara yang dianggap paling mudah didapat bahan-bahannya.

Intinya, mudah didapat dan ekonomis bahannya, tetapi menghasilkan kualitas media tanam durian yang mantap.
  

Cara I

Campurkan tanah liat, pupuk kandang dan arang sekam. Perbandingannya adalah 1 :1 :1. Caranya, ambil tanah liat 1 bagian, 1 bagian pupuk kandang yang sudah matang, dan 1 bagian arang sekam.

Campurkan ketiga bahan tersebut secara merata. Media tanam pohon durian yang telah diaduk merata dimasukkan ke dalam pot sampai ¾ bagian pot


Cara II

Campurkan tanah liat, pupuk kompos dan arang sekam. Perbandingannya adalah 2 :1 :1. Caranya, ambil tanah liat 2 bagian, 1 bagian pupuk kandang yang sudah matang, dan 1 bagian arang sekam.

Campurkan dan aduk ketiga bahan tersebut secara merata. Sama seperti pada cara satu, yaitu media tanam pohon durian yang sudah dibuat dimasukkan ke dalam pot sampai ¾ bagian pot.


Cara III

Campurkan tanah liat, pupuk kandang, pupuk kompos dan sekam padi. Perbandingannya adalah 2 : 1 : 1 : 1. Cara membuatnya, ambil 2 bagian tanah, 1 bagian pupuk kandang, 1 bagian pupuk kompos dan 1 bagian sekam padi,

Campurkan keempat bahan tersebut sampai merata. Media tanam durian tersebut diisi ke dalam pot sampai ¾ bagian pot.

Nah, Kalau berdasarkan hasil uji media tanam ternyata pH media tanam pohon durian <5,5 atau masam, maka perlu diberikan kapur dolomit. Dosis kapur dolomit diberikan 50-100 gram per pot (disesuaikan dengan volume media tanam dan rekomendasi kalau ada)


Pengisian Media Tanam Pohon Durian Dalam Pot

Media tanam pohon durian yang telah susah payah diracik, memang untuk segera dimasukkan ke dalam pot. Namun, agar media tanam yang kita isi tersebut berfungsi dengan baik, maka sebaiknya mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Lubangi bagian dasar pot durian beberapa lubang untuk rembesan air (sebagai drainase) karena mungkin adanya air berlebih pada saat penyiraman atau hujan
3 Cara Membuat Media Tanam Pohon Durian Dalam Pot Supaya Berbuah
Melubangi dasar pot. Gambar : Dokpri

  • Isi terlebih dahulu bagian dasar pot dengan sedikit arang kasar, atau potongan styrofoam, atau pecahan batu bata, atau boleh juga jerami agar tidak terjadi penyumbatan bagian dasar pot.
3 Cara Membuat Media Tanam Pohon Durian Dalam Pot Supaya Berbuah
Mengisi pecahan batu bata. Gambar : Dokpri

  • Selanjutnya baru diIsi media tanam yang telah diracik ke dalam pot. Media tanam tidak boleh diisi sampai penuh, cukup 3/4 dari volume pot. Bagian atas yang tersisa memudahkan dalam penyiraman sehingga airnya tidak tumpah ke luar pot durian pada saat disiram.
3 Cara Membuat Media Tanam Pohon Durian Dalam Pot Supaya Berbuah
Mengisi Media Tanam. Gambar : Dokpri


Jangan buru-buru nanam durian kalau udah siap pot dan media tanam. Media tanam pohon durian dibiarkan sampai seminggu sebelum bibit durian dipindahkan ke dalam pot. Ini bertujuan supaya media tanam lebih kompak dan padat sehingga tidak terganggunya bibit pada saat ditanam.

Wabilkhusus buat teman-teman yang mencari bibit durian Musangking Kaki Tiga dengan harga murah [15K], dapat order di sini ya, beli sekarang bibit musangking kaki 3  Terima kasih

Begitulah cara membuat media tanam pohon durian agar pohon durian subur dan mau berbuah dalam pot. Setelah menanam bibit durian dalam pot jangan lupa memberikan pupuk anorganik untuk mencukupi unsur hara makro yang dibuthkan untuk pertumbuhan dan perkembangan pohon durian.

Related Posts