--> Cara Praktis Menanam Belimbing Wuluh dalam Pot Supaya Lekas Berbuah | Pupuk Lahan

20 Juli 2019

Cara Praktis Menanam Belimbing Wuluh dalam Pot Supaya Lekas Berbuah

| 20 Juli 2019

Cara Menanam Belimbing Wuluh dalam Pot – Belimbing wuluh sebetulnya dapat ditanam langsung di lahan perkarangan rumah. Akan tetapi, kalau lahan rumah terbatas terutama di perkotaan, belimbing wuluh dapat ditanam dalam pot. Meskipun dalam pot, kalau penanaman ok dan perawatannya baik, belimbing wuluh juga akan lekas berbuah.
Menanam belimbing wuluh dalam pot pada dasarnya hampir sama dengan budidaya belimbing secara umum. Namun, yang namanya media tumbuh terbatas, tentu saja memerlukan perlakuan-perlakuan khusus agar belimbing wuluh yang ditanam dalam pot tumbuh subur dan berbuah.


Cara Praktis Menanam Belimbing Wuluh dalam Pot Supaya Lekas Berbuah

Bagaimana cara menanam belimbing wuluh dalam pot? Kalau Sobat mengikuti dengan seksama langkah-langkah yang disajikan dalam artikel ini, cara menanamnya sangat mudah karena hampir sama dengan menanam tanaman buah dalam pot (Tabulampot) lainnya.

Sekilas sebelum menanam belimbing wuluh dalam pot
Sebelum menanam, yuk sekilas saja mengenal belimbing wuluh. Sobat tau, bukan? Belimbing wuluh punya nama ilmiahnya atau nama latin, yaitu Averrhoa blimbi L.
Tapi, jangan bingung karena bukan itu saja namanya. Belimbing wuluh banyak sebutan lain di Indonesia seperti belimbing sayur, belimbing asam, dan nama lain tergantung daerahnya seperti limeng (Aceh), blimbing buloh (Bali), balimbing (Lampung), malimbi (Nias), dan lain-lain dengan nama yang berbeda-beda.
Kalau manfaat belimbing wuluh sudah pasti tau. Selain untuk bumbu masakan, belimbing dengan buahnya yang lonjong dan rasanya asam ini, banyak juga dimanfaatkan untuk kesehatan seperti mengatasi tekanan darah tinggi, meredakan demam, dan lainnya.

Syarat tumbuh belimbing wuluh
Baik, kalau sudah mengenalnya, mari kita lanjutkan 😅. Kenapa perlu melihat syarat tumbuh belimbing wuluh? Ini tentu saja agar kita dapat memanipulasi kondisi tumbuh dalam pot mendekati kondisi tumbuh yang dikendaki belimbing wuluh. Dengan cocok tempat hidupnya, belimbing wuluh yang ditanam dalam pot pun tumbuh dan berkembang dengan baik.
Berikut ini syarat tumbuh belimbing wuluh
  • Tumbuh dengan baik di daerah iklim panas
  • Mendapat sinar matahari minimal 7 jam dalam sehari
  • Tumbuh subur dan produktif pada ketinggian 0-500 mdpl
  • Tumbuh baik dengan kisaran bulan basah 5-7 bulan
  • Dapat tumbuh pada semua jenis tanah asal subur dan gembur
  • Menghendaki tanah yang kaya bahan organik
  • pH tanah 5-6,5
  • Aerasi tanah dan drainase yang baik dan lancar
  • Kedalaman air tanah lebih dari 60 cm

Bibit belimbing wuluh untuk ditanam dalam pot
Kalau bicara bibit, maka bibit belimbing wuluh untuk ditanam dalam pot ada 2, yaitu bibit yang berasal dari perbanyakan generatif dan bibit hasil perbanyakan vegetatif.
Sekadar mengingatkan kembali bahwa yang namanya bibit belimbing wuluh generatif adalah bibit yang diperoleh dengan cara menyemai bijinya. Sedangkan bibit belimbing wuluh vegetatif adalah bibit yang berasal dari hasil cangkok, okulasi, dan stek batang.
Kedua-duanya, baik bibit yang berasal dari perbanyakan generatif maupun vegetatif, dapat digunakan untuk bibit belimbing wuluh yang akan ditanam dalam pot.
Namun, ada perbedaan cepat tidaknya berbuah ketika ditanam dalam pot. Belimbing wuluh yang ditanam dari biji butuh waktu 1-2 tahun baru berbuah. Sedangkan bibit hasil cangkok atau stek batang bisa berbuah cepat, kira-kira dalam waktu 6-12 bulan setelah tanam.
Bibit cangkok dan stek
Kalau Sobat mau cepat dan praktis, bibit belimbing wuluh dapat dibeli di tempat-tempat penyemaian bibit tanaman (nursery). Di sana, ada bibit dari biji dan ada juga bibit hasil cangkok atau stek batang.
Namun, kalau ingin menyiapkan bibit sendiri lebih bagus dan ekonomis alias hemat biaya. Kalau mau stek atau cangkok belimbing wuluh, maka ambil saja model atau contoh stek atau cangkok tanaman buah. 

Untuk contoh stek dapat dibaca pada artikel ini, yaitu Cara Pakai Root Up pada Stek Batang agar Tumbuh Akar dan Tunas. Sedangkan contoh cangkok dapat dibaca pada artikel ini, yaitu Cara Cangkok Mangga agar Cepat Tumbuh dengan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT).

Pada prinsipnya tidak ada perbedaan stek batang belimbing wuluh dengan stek batang tanaman buah lainnya. Demikian juga dengan cangkok belimbing wuluh, perlakuannya sama dengan cangkok tanaman buah.

Bibit dengan menyemai biji
Mungkin juga Sobat ingin menyemai biji belimbing wuluh, maka cara menyemai seperti berikut ini.
  1. Pilih buah belimbing wuluh yang sudah cukup tua
  2. Ambil bijinya dan dikeringanginkan selama 2-3 hari
  3. Sebelum menyemai, buat media semai dalam polybag ukuran 20 x 20 dan isi media semai dengan campuan tanah dan pupuk kandang
  4. Semai biji dengan cara memasukkan ke dalam lubang tanam dengan kedalaman ½ - 1 cm. Setiap polybag, semai 1 biji
  5. Tutup dengan tanah halus di atasnya
  6. Siram secara rutin sampai biji belimbing wuluh tumbuh
  7. Rawat dengan baik bibit yang sudah tumbuh dalam polybag
  8. Jika sudah berumur 3-4 bulan atau ketinggian mencapai 40-50 cm, bibit belimbing wuluh siap ditanam dalam pot.
Cara Praktis Menanam Belimbing Wuluh dalam Pot Supaya Lekas Berbuah
Belimbing wuluh dalam pot
yang ditanam dari biji, kini usianya 1,5 tahun
Gambar : Dokpri

Media tanam untuk belimbing wuluh dalam pot
Menanam belimbing wuluh dalam pot mesti mempersiapkan media tanam yang baik. Untuk itu, sebelum membuat media tanam, ada persyaratan media tanam yang harus dipenuhi, yaitu subur, gembur, aeratif, dan poros.

BACA JUGA : 3 Cara Membuat Media Tanam Durian Dalam Pot Supaya Berbuah
Kalau demikian, agar memenuhi syarat, maka media tanam belimbing wuluh dalam pot terdiri dari campuran tanah subur (tanah kebun), pupuk kandang yang sudah matang, dan pasir. Perbandingannya adalah 1:1:1.
Alternatif lain untuk campuran media tanam adalah tanah kebun, pupuk kandang, dan sekam padi dengan perbandingan 1:1:1. Atau boleh juga membuat media tanam belimbing wuluh dalam pot adalah campuran tanah kebun, pupuk kompos, dan sekam padi dengan perbandingan 2:1:1.

Pot untuk menanam belimbing wuluh
Karena belimbing wuluh merupakan tanaman berbuah yang berumur relatif lama, maka pot sebaiknya yang berkualitas baik, ya seperti ringan dan tidak mudah pecah.
Selain itu, pot dipilih yang berukuran relatif besar, minimal diameter pot 40 cm dan tingginya 40 cm. Intinya, pilih ukuran pot yang dapat menampung pertumbuhan belimbing wuluh secara optimal.
Ada satu hal lagi yang penting dalam menyiapkan pot belimbing wuluh, yaitu buat lubang drainase pada bagian dasar pot.

Pengisian media tanam ke dalam pot
Kalau pot dan media tanam belimbing wuluh sudah siap, berarti sudah saatnya mengisi media tanam ke dalam pot. Bagaimana caranya?
Berikut ini cara mengisi media tanam ke dalam pot.
  1. Isi bagian dasar pot dengan pecahan batu-bata atau potongan styrofoam
  2. Masukkan lagi jerami kering atau ijuk yang ditempatkan di atas lapisan pecahan batu bata atau styrofoam
  3. Lalu, masukkan media tanam sampai ketinggian ¾ pot
  4. Siram media tanam tersebut sampai lembab

Kalau tidak buru-buru menanamnya, sebaiknya media tanam belimbing wuluh yang telah diisi ke dalam pot dibiarkan selama seminggu sebelum tanam agar media menjadi lebih kompak

Menanam bibit belimbing wuluh ke dalam pot
Bibit belimbing wuluh yang sudah tumbuh besar dalam polybag, sudah dapat dipindahkan ke dalam pot. Bagaimana cara menanam bibit ke dalam pot?
Berikut ini langkah-langkah menanam bibit belimbing wuluh dalam pot.
  1. Siram polybag yang berisi bibit belimbing wuluh sampai lembab
  2. Buka polybag secara perlahan-lahan agar tanah tidak terlepas dari akarnya.
  3. Tanam bibit belimbing wuluh tepat di tengah pot
  4. Tutup dengan tanah sampai seluruh akarnya tertutup
  5. Padatkan tanah di sekitar pangkal agar bibit tidak goyah
  6. Siram secukupnya

Perawatan belimbing wuluh dalam pot
Merawat belimbing wuluh dalam pot menjadi bagian penting kalau ingin tumbuh dan berbuah cepat. Perawatannya meliputi penempatan pot, penyiraman, penyiangan, penggemburan, pemupukan, dan pemangkasan.
Penempatan pot ; Belimbing wuluh perlu mendapat sinar matahari yang cukup agar tumbuh, berbunga, dan cepat berbuah. Jadi, tempatkan pot pada lokasi perkarangan rumah yang terkena sinar matahari.
Penyiraman ; Lakukan penyiraman secara rutin setiap hari. Jika cuaca cukup panas, siram dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan sore hari.


Cara Praktis Menanam Belimbing Wuluh dalam Pot Supaya Lekas Berbuah
Belimbing wuluh pertama sekali berbunga
Usia tanam 1,5 tahun sejak semai biji.
Gambar : Dokpri

Penyiangan ; Pertumbuhan gulma atau rumput liar tidak dapat dihindari. Kalau tidak cepat,  gulma lambat-laun akan tumbuh dalam pot belimbing wuluh. Oleh sebab itu, jika sudah mulai tumbuh gulma, segera cabut agar tidak mengganggu pertumbuhan belimbing wuluh.
Penggemburan ; Media tumbuh belimbing wuluh dalam pot mesti digemburkan setiap 1 bulan sekali agar tidak memadat atau mengeras. Dengan cara demikian, air mudah dilalui dan aerasi media tumbuh menjadi lebih baik.
Pemupukan ; Tanaman belimbing wuluh harus mendapat nutrisi yang cukup kalau mau subur. Apalagi ditanam dalam pot, pemupukan mesti dilakukan untuk mencukupi unsur hara baik makro maupun mikro.

BACA JUGA : Kenali Pupuk Slow Release Sebelum "Terlanjur" Memupuk Tanaman
Setiap 3 bulan sekali, belimbing wuluh dalam pot dipupuk dengan pupuk yang mengandung unsur hara terutama N, P, dan K. Berikan pupuk NPK sebanyak 5 gram per pot dengan cara membenamkannya.
Ketika belimbing wuluh sudah masuk masa generatif atau menjelang pembungaan, berikan 1 sendok makan pupuk PK MKP. Pupuk ini hanya mengandung P dan K, tidak ada N. Ini bertujuan untuk memacu pembungaan.
Selain itu, sebulan sekali, belimbing wuluh dalam pot disiram dengan pupuk organik cair untuk mempercepat pertumbuhan vegetatif tanaman.

BACA JUGA : 2 Cara Mudah Mengatasi Kelebihan Pupuk Anorganik pada Tanaman
Pemangkasan ; Dengan melakukan pemangkasan, pertumbuhan batang belimbing wuluh dalam pot tidak terlalu tinggi. Setelah dipangkas pucukya, maka akan tumbuh beberapa cabang baru sebagai tempat tumbuh bunga dan buah belimbing asam nantinya.


Cara Praktis Menanam Belimbing Wuluh dalam Pot Supaya Lekas Berbuah
Bunga Pertama Belimbing Wuluh
Dalam Pot Mulai Berkembang
Gambar : Dokpri

Selain pemangkasan, menjelang pembungaan, kurangi daun-daun dan tunas-tunas dengan cara perempelan. Ini bertujuan untuk mer-4ng-sang belimbing wuluh lekas berbunga dan berbuah.
Itulah cara menanam belimbing wuluh dalam pot untuk ditempatkan di perkarangan rumah. Lakukan perawatan yang sungguh, belimbing wuluh dalam pot akan tumbuh subur dan tentu saja akan segera berbunga dan bisa memetik buahnya.

Related Posts