--> 2 Cara Memperbanyak Tanaman Aglaonema yang Paling Mudah | Pupuk Lahan

22 Juli 2019

2 Cara Memperbanyak Tanaman Aglaonema yang Paling Mudah

| 22 Juli 2019

Cara Memperbanyak Tanaman Aglaonema – Para hobis tanaman hias lebih suka memperbanyak tanaman aglaonema sendiri. Bukan karena harga jual yang mahal, tetapi memang cara memperbanyak tanaman aglaonema terbilang mudah. Jika mau, Sobat pun bisa memperbanyak tanaman hias “Sri Rejeki” ini untuk menambah koleksi tanaman hias di rumah.
2 Cara Memperbanyak Tanaman Aglaonema yang Paling Mudah
Tanaman Aglaonema Hasil Perbanyakan.
Gambar : Dokpri

Aglaonema, tanaman hias yang mudah dibiakkan
Apalagi, tanaman aglaonema memang termasuk tanaman hias yang mudah tumbuh. Selain mudah tumbuh, tanaman aglaonema mudah sekali berkembang biak dan mudah pula dibiakkan.
Hanya dengan modal pengetahuan sederhana saja, beberapa teknik perbanyakan tanaman aglaonema dapat Sobat lakukan sendiri seperti pemisahan anakan dan stek batang tanaman aglaonema (perbanyakan secara vegetatif).
Kecuali teknik kultur jaringan tanaman aglaonema yang mesti memiliki keahlian khusus. Selain skill, tempat pembiakan harus steril. Makanya, perbanyakan agalonema sering dilakukan di laboratorium kultur jaringan tanaman (tissue culture). Teknik ini punya kelebihan, bisa dilakukan perbanyakan tanaman dalam jumlah yang sangat banyak.

Cukup 2 Skill, aglaonema berkembang banyak
Tetapi, tak usah bicara kultur jaringanlah, cukup memilik 2 skill atau pengetahuan, yaitu pengetahuan pemisahan anakan dan stek batang aglaonema, sudah merupakan modal keahlian yang cukup bagus untuk memperbanyak tanaman hias aglaonema.
Dengan kesungguhan, secara pelan tapi pasti, tanaman aglaonema akan berkembang banyak di tangan Sobat. Bukan hanya satu jenis, mungkin aneka jenis aglaonema pun akan menjadi banyak dan menjadi koleksi terindah di rumah atau di nursery Sobat.
Ada keuntungan besar lainnya jika sudah menjadi “master” dalam pembiakan tanaman aglaonema. Apanya itu? Sobat bisa menjadikan komoditas tanaman hias ini sebagai sebuah peluang usaha. Tapi, itu terpulang kepada tujuan masing-masing, perbanyakan aglaonema untuk dijual atau hanya sekadar untuk kebutuhan sendiri.

Jenis-jenis tanaman aglaonema
Bagimana cara memisahkan anakan dan menyetek batang aglaonema? Mudah. Tapi, sebelum melakukan perbanyakan, yuk kita cari tau jenis tanaman aglaonema. Walau hanya sekadar namanya, paling kurang sudah mengenalnya. Atau mungkin akan tertarik nantinya untuk memperbanyak salah satu dari sekian banyak jenis aglaonema.
Berikut ini bebarapa jenis aglaonema yang cantik, menawan, dan elok dipandang.
  • Aglaonema ‘King of Siam’
  • Aglaonema ‘Pride of Sumatera’
  • Aglaonema ‘Silver King’
  • Aglaonema ‘Emerald Beauty’
  • Agalonema ‘Black Majesty’
  • Aglaonema ‘Donna Carmen’
  • Aglaonema 'Red Kochin'
  • Aglaonema 'Red Anjamani'
  • Dan aglaonema lainnya yang cukup banyak jenisnya

Semua aglaonema memang cantik-cantik dan indah. Keindahannya sungguh menakjubkan, terutama dari warna-warni daunnya yang disertai dengan motif batik. Jika sudah tertarik dengan pesonanya, mata pun tak jemu memandangnya.

Sekilas media tanam sebelum perbanyakan aglaonema
Jika ingin memperbanyak tanaman aglaonema, maka satu hal yang perlu diperhatikan agar hasil perbanyakan tanaman hias Chinese ever green (sebutan lain aglaonema) tidak sia-sia, yaitu media tanamnya.
Kenapa media tanam penting? Karena sungguh sangat sayang ketika sukses membiakkan aglaonema, tetapi media tanam tidak layak tumbuh. Media tanam yang kurang mendukung akan membuat pertumbuhan tanaman aglaonema tidak subur, bisa busuk akar/batang, layu, kering, dan bahkan bisa mati.
Oleh karena itu, buatlah media tanam aglaonema yang sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk membuat media tanam aglaonema bisa dibaca pada artikel Mengapa Sabut Kelapa Cocok untuk Media Tanam Aglaonema?
Supaya hasil perbanyakan bibit tanaman aglaonema nanti tumbuh dan memberikan warna-warna yang menakjubkan, Jangan lupa merawatnya seperti menyiram, memupuk, dan lainnya. Lengkapnya cara merawat aglaonema dapat dibaca pada artikel Merawat Aglaonema? Lakukan 7 Cara Ini agar Indah dan Menawan.
Cara meperbanyak tanaman aglaonema
Ok, langsung saja ke poinnya. Seperti sudah disinggung di atas, bahwa paling kurang ada 2 cara yang mudah dilakukan untuk memperbanyak tanaman aglaonema. Pertama, cara perbanyakan tanaman aglaonema melalui pemisahan anakan. Kedua, cara perbanyakan tanaman aglaonema melalui stek batang.
O, iya..sekadar mengingatkan😅, ketika mulai memisahkan tunas muda ataupun melakukan setek batang aglaonema, jangan lupa menggunakan sarung tangan untuk melindungi tangan dari dari bakteri atau getah tanaman hias ini.


1. Cara memperbanyak tanaman aglaonema dari anakan
Tanaman aglaonema yang tumbuh subur, lama-kelamaan akan tumbuh tunas muda/anakannya. Nah, agar aglaonema cepat berkembang dan menjadi banyak, maka dipisahkan anakannya yang tumbuh dekat dengan pangkal/perakaran indukannya
Bagaimana cara memisahkan anakan aglaonema? Siapkan dulu alat dan bahan-bahan yang diperlukan agar proses “melahirkan bayi” aglaonema lebih lancar.
Alat-alat  untuk pemisahan aglaonema :
  • Kayu yang runcing
  • Pis-4u

Bahan-bahan :
  • Polybag/pot
  • Media tanam
  • Baskom/gelas


Langkah-langkah memisahkan anakan anakan aglaonema
  • Carilah tanaman aglaonema yang sudah dewasa, subur, sehat, dan anakannya sudah banyak tumbuh


2 Cara Memperbanyak Tanaman Aglaonema yang Paling Mudah
Anakan Tanaman Aglaonema. Gambar : Dokpri
  • Siram media tumbuh aglaonema sampai lembab saja agar memudahkan proses pemisahan anakan
  • Gali/korek tanah disekitar batang induk dan anakan aglaonema sampai akar anakannya mulai tampak (lihat gambar di bawah ini)
2 Cara Memperbanyak Tanaman Aglaonema yang Paling Mudah
Memisahkan anakan aglaonema.
Gambar : Dokpri

  • Potong akar yang lengket dengan batang induk pada bagian perakarannya
  • Cungkil anakannya -- dengan menggunakan sepotong kayu -- secara perlahan-lahan agar tidak merusak akar anakannya (terikut tanah yang lengket di akar lebih bagus. Tapi, yang penting akarnya tidak rusak/putus)
2 Cara Memperbanyak Tanaman Aglaonema yang Paling Mudah
Anakan aglaonema sudah dipisahkan.
Gambar : Dokpri
2 Cara Memperbanyak Tanaman Aglaonema yang Paling Mudah
Ini anakan aglaonema juga, sudah dipisahkan.
Gambar : Dokpri

  • Simpan sementara dalam baskom atau gelas yang berisi air kalau tidak segera ditanamnya

2 Cara Memperbanyak Tanaman Aglaonema yang Paling Mudah
Aanakan aglaonema disimpan sementara
 sebelum ditanam. Gambar : Dokpri
2 Cara Memperbanyak Tanaman Aglaonema yang Paling Mudah
Anakan aglaonema disimpan
 dalam gelas berisi air
Gambar : Dokpri

Demikian cara memperbanyak tanaman aglaonema dengan pemisahan anakan. Cukup simpel, ‘kan? Oh, iya, media tumbuh indukan aglaonema segera ditutup kembali dengan tanah. Sebaiknya, tambahkan sedikit pupuk organik agar indukan aglaonema tumbuh subur dan tidak stres gara-gara anakannya dipisahkan.

2. Cara memperbanyak tanaman aglaonema dengan cara stek
Lalu, bagaimana dengan cara pemisahan anakan melalui stek batang? Jika ingin “membidani” kelahiran bibit baru aglaonema melalui stek, maka sebelum pelaksanaannya mesti dipersiapkan dulu alat-alat dan juga bahan-bahan yang diperlukan secukupnya.
Alat-alat untuk menyetek tanaman aglaonema :
  • Pi_S4u yang steril dan tajam
  • Gembor untuk menyiram

Bahan-bahan :
  • Indukan tanaman aglaonema yang sudah cukup tua dan sudah terbentuk batangnya
  • Larutan fungisida (anti jamur)
  • Pot (bisa pot kecil dan boleh juga pot besar)
  • Media tanam stek aglaonema (campuran tanah, arang sekam/pasir, kompos, dan cocopeat)


Langkah-langkah pelaksanaan stek tanaman aglaonema
  • Potong tanaman hias dekat dengan pangkalnya
  • Potong-potong batang aglaonema sepanjang +/- 5 cm (Setiap potongan ada mata tunas)


2 Cara Memperbanyak Tanaman Aglaonema yang Paling Mudah
Potongan setek batang aglaonema
Gambar : Dokpri
  • Cuci dengan air bersih potongan-potongan batang aglaonema
  • Angin-anginkan sebentar (+/- 10 menit) sampai mengering air cucian di potongan batang itu
  • Untuk cepat tumbuh, olesi hormon, bisa pakai bawang merah dan boleh juga pakai root up
  • Oleskan larutan fungisida pada kedua bekas potongan (ujung dan pangkal), ini opsional
  • Tanam batang stek tersebut ke dalam pot yang telah berisi media tanam dengan kedalaman +/- 2 cm. Batang stek aglaonema diletakkan secara mendatar/horizontal (lihat gambar di bawah)

2 Cara Memperbanyak Tanaman Aglaonema yang Paling Mudah
Stek batang aglaonema ditanam
Gambar : Dokpri
  • Tutup batang stek tersebut dengan tanah, cukup tipis saja tanah penutupnya

2 Cara Memperbanyak Tanaman Aglaonema yang Paling Mudah
Stek aglaonema yang ditanam,
ditutup kembali dengan tanah
Gambar : Dokpri
  • Jaga kelembaban media tanam dengan cara menyiram secara teratur, ya setiap 2-3 hari sekali (tergantung kelembaban medianya)

Jika stek aglaonema berhasil, maka tandanya akan terlihat dalam waktu +/- 1 bulan. Apa tandanya? Bibit baru aglaonema hasil stek batang akan tumbuh tunas dan akar-akarnya. Selanjutnya, siap dipindahkan ke dalam media tanam yang lebih besar.

2 Cara Memperbanyak Tanaman Aglaonema yang Paling Mudah
Contoh hasil stek aglaonema
yang sudah tumbuh tunas dan akar
Gambar : Dokpri

Tanam aglaonema pada media dan tempat yang sesuai
Kedua hasil perbanyakan aglaonema, baik melalui pemisahan anakan maupun stek batang, ditanam dalam media tanam yang sesuai.
Tempatkan pada tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Tempat meletakkannya bisa di bawah pohon besar atau menggunakan paranet sebagai pelindung

2 Cara Memperbanyak Tanaman Aglaonema yang Paling Mudah
Contoh Hasil Perbanyakan Aglaonema
yang Sudah Ditanam dalam Media Tanam yang Besar
Gambar : Dokpri
BACA JUGA : Cara Stek dan Merawat Sirih Merah dalam Pot atau Kebun
Demikian cara perbanyakan tanaman aglaonema dengan cara pemisahan anakan dan stek batang. Itu merupakan cara yang paling mudah dilakukan. Karena cukup mudah, maka siapa saja yang tertarik, bisa menjadi “bidan” untuk memperbanyak tanaman hias “Sri Rezeki” ini.

Related Posts