--> Ingin Pohon Pisang Tumbuh Subur? Pupuknya Ternyata Ini | Pupuk Lahan

24 Juli 2019

Ingin Pohon Pisang Tumbuh Subur? Pupuknya Ternyata Ini

| 24 Juli 2019

Pupuk untuk Pohon Pisang – Kalau melihat syarat tumbuh, pohon pisang mesti ditanam pada tanah yang banyak humusnya, kaya bahan organik, dan mengandung kapur. Ini menandakan bahwa pohon bisang sangat rakus terhadap nutrisi.  Karena itu, agar zat makanan/unsur hara tetap menunjang pertumbuhan dan produktivitasnya, maka solusinya adalan pohon pisang perlu dipupuk. Apa pupuk untuk pohon pisang?

Peran beberapa unsur hara untuk pohon pisang
Sebelum lanjut ke pupuk dan pemupukan, kita lihat 2 contoh saja peran unsur hara untuk pohon pisang yang sangat penting.

Ingin Pohon Pisang Tumbuh Subur? Pupuknya Ternyata Ini

Unsur hara fosfor (P)
Sebagai contoh, unsur fosfor (P), unsur hara yang diserap tanaman dalam bentuk ion phosfat (PO43-) ini, memiliki peran yang cukup penting bagi pohon pisang.
Dengan tercukupinya unsur hara P, maka pohon pisang akan berbunga dan berbuah tepat pada waktunya. Sebab, kehadiran unsur hara P merupakan sumber energi yang membantu proses pembungaan sampai pemasakan buah pisang.
Unsur hara kalium (K)
Bahkan, supaya pohon pisang ketika berbuah, buahnya besar, manis, dan citra rasa yang legit, maka pohon pisang selama hidupnya harus tersedia unsur hara kalium (K) dalam jumlah yang cukup. Kita tau, salah satu peran dari unsur hara K untuk tanaman adalah meningkatkan kualitas buah.
Demikian juga dengan unsur-unsur hara lainnya, baik makro maupun mikro, harus tersedia dalam jumlah yang cukup supaya pohon pisang tumbuh dengan subur dan tentunya berbuah dengan kualitas yang baik.
Maka, tidak ada jalan lain kecuali memupuk pohon pisang dengan pupuk yang mengandung unsur hara seperti N, P, K dan juga mengandung unsur hara mikro seperti boron (Bo), besi (Fe), dan lain-lain.

Kombinasi pupuk untuk pohon pisang
Unsur hara makro dan mikro untuk pohon pisang dapat terpenuhi dalam jumlah yang cukup manakala dipupuk dengan kombinasi pupuk anorganik dan organik.
Unsur N, P, dan K dapat dipenuhi melalui pupuk anorganik. Sedangkan unsur hara mikro didukung dengan aplikasi pupuk organik. Walaupun memang dalam pupuk organik ada unsur hara makro, namun kadarnya relatif sangat rendah.

Pupuk dasar untuk pohon pisang
Ada 3 jenis pupuk dasar yang diaplikasikan untuk menanam pohon pisang, pertama adalah batu kapur, kedua trichoderma sp, dan yang ketiga adalah pupuk organik. Mari kita lihat selengkapnya.
Ingin Pohon Pisang Tumbuh Subur? Pupuknya Ternyata Ini
Pupuk Dasar Pohon Pisang. Gambar : Dokpri

1. Pengapuran
Sobat cukup cerdas dan paham betul bahwa syarat tumbuh lainnya pohon pisang adalah mesti ditanam pada tanah berkapur. Tanah seperti ini berkorelasi dengan pH media tumbuh pisang yang menghendaki pH tanah berkisar 5,5 – 7,5.
Dengan tanah yang netral atau sedikit basa, maka unsur-unsur hara makro cukup mudah tersedia untuk pertumbuhan pohon pisang. Sebaliknya, jika tanah masam (pH rendah), unsur hara makro tidak tersedia, yang banyak adalah unsur hara mikro.
Unsur mikro akan mengikat unsur hara makro sehingga tidak tersedia untuk pohon pisang, misalnya unsur P diikat oleh aluminium (Al) dan besi (Fe). Sebaliknya, jika tanah terlalu basa, maka unsur mikro banyak tidak tersedia untuk pohon pisang, misal salah satunya adalah seng (Zn).
Oleh karena itu, khususnya tanah-tanah yang agak masam memerlukan pengapuran agar lebih subur untuk menunjang pertumbuhan pohon pisang.
Selain itu, pengapuran juga merupakan bagian dari pemupukan karena dalam batu kapur mengandung kalsium (Ca) yang merupakan salah satu unsur hara makro cukup penting untuk tanaman berbuah seperti pohon pisang.
Okay, jadi apa jenis kapur, berapa dosis batu kapur, kapan diaplikasi, dan bagaimana cara aplikasinya?
Ada 2 jenis kapur yang digunakan untuk pengapuran pohon pisang, yaitu kapur dolomit dan kalsit. Kalau menggunakan dolomit, selain menaikkan pH tanah, juga ada unsur hara makro untuk tanaman pisang, yaitu Ca dan Mg. Sedangkan kalsit hanya ada unsur hara Ca.

BACA JUGA : Cangkang Telur Alternatif Dolomit pada Media Tanam dalam Pot
Jadi, untuk pengapuran tanah untuk menanam pisang sebaiknya menggunakan kapur dolomit. Dosisnya sebetulnya harus melalui hasil uji tanah. Namun, secara umum diberikan 200 gram kapur per lubang tanam.
Kapur ini diaplikasi ketika penyiapan lubang tanam pohon pisang atau sekurang-kurangnya 1 bulan sebelum tanam. Cara aplikasinya dengan cara mencampurkan kapur dengan tanah galian lubang tanam yang masih berada di atas lubang.
Setelah dicampurkan dengan kapur, Biarkan saja dulu di atas lubang tanam karena menunggu campuran pupuk-pupuk dasar lainnya.

2. Pupuk organik padat
Setelah selesai pengapuran tanah galian lubang tanam pohon pisang, 2 minggu kemudian dilanjutkan dengan aplikasi pupuk organik. Pupuk organik padat bisa menggunakan pupuk kandang dan lebih bagus kalau ada pupuk kompos.
Kalau menggunakan pupuk kandang, dosisnya 15-20 kg per lubang tanam. Namun, jika pilihannya adalah pupuk kompos, dosisnya cukup 10-15 Kg per lubang tanam.
Campurkan pupuk organik tersebut dengan tanah galian lubang tanam. Akan tetapi, akan lebih bagus hasilnya jika pupuk organik ini dicampurkan dulu dengan trichoderma sp sebelum dimasukkan ke lubang tanam. Cara aplikasi campuran pupuk organik dan trichoderma, silakan lanjutkan membaca poin ke-3 di bawah ini.

3. Trichoderma sp
Selain sebagai jamur antagonis dalam tanah, trichoderma sering diaplikasikan karena berperan sebagai pupuk hayati. Makanya, trichoderma disebut juga dengan nama biofertilizer. Jadi, trichoderma sangat bagus sekali diaplikasi sebagai pupuk dasar pohon pisang.

BACA JUGA : 4 Cara Aplikasi dan Manfaat Trichoderma Sebagai Jamur Antagonis pada Tanaman Hortikultura
Trichoderma diaplikasi pada saat persiapan lubang tanam pisang. Biofertilizer ini dicampurkan dengan tanah galian lubang tanam.
Caranya aplikasi trichoderma untuk pupuk dasar pohon pisang seperti berikut ini.
  • Campurkan 10-20 kg pupuk organik (pupuk kandang atau kompos) dengan 100 – 200 gram trichoderma sp (Ini dosis per lubang tanam pohon pisang)
  • Masukkan ke dalam lubang tanam
  • Biarkan 1-2 minggu sebelum menanam pohon pisang


Pupuk susulan untuk pohon pisang
Pohon pisang tidak boleh ‘lapar’ sedikit pun kalau mau tumbuh subur dan buahnya berkualitas. Setelah 1 bulan tanam, pohon pisang segera dicukupi nutrisinya dengan memberikan pupuk yang mengandung unsur hara N, P, dan K. Pemupukan susulan dilanjutkan setiap 3 bulan sekali.

Ingin Pohon Pisang Tumbuh Subur? Pupuknya Ternyata Ini
Pemupukan Susulan Pohon Pisang.
Gambar : Dokpri

Apa pupuk susulan pohon pisang? Pupuknya adalah pupuk anorganik berupa pupuk tunggal yang terdiri dari urea, SP-36, dan KCL.
Dosis pupuk susulan pohon pisang seperti berikut ini
1. Pupuk susulan I dan II  (kategori tanaman muda/fase vegetatif)
  • Urea, 40 gram per pohon
  • SP-36, 25 gram per pohon
  • KCL, 100 gram per pohon

2. Pupuk susulan III dan IV  (kategori tanaman dewasa/fase generatif)
  • Urea, 60 gram per pohon
  • SP-36, 40 gram per pohon
  • KCL, 200 gram per pohon
Cara aplikasi pupuk susulan pohon pisang sebagai berikut.
  • Buat larikan yang mengelilingi rumpun pohon pisang
  • Taburkan pupuk
  • Tutup kembali dengan tanah
  • Siram secukupnya jika tidak ada hujan agar pupuk cepat larut

SPESIAL untuk Sobat Pupuk Lahan, ini ada Bibit Pisang Raja Hasil Kultur Jaringan. Harga bibit pisang ini cukup terjangkau [24K] dan segera order disini sebelum stok kehabisan. Dan bisa juga order disini Bibit Pisang Cavendish [15K]

Itulah pupuk untuk pohon pisang. Dengan aplikasi sesuai jenis, dosis, waktu, dan cara aplikasi pupuk yang benar dan tepat, maka pohon pisang akan tumbuh subur dan berbuah cepat. Bukan hanya cepat, tapi menghasilkan pisang yang berkualitas dengan rasa yang manis dan lezat.

 

 

Tips.
  • Seandainya kapur sulit didapatkan, paling kurang ditambahkan abu dapur yang dicampurkan dengan tanah galian lubang tanam pisang.
  • Daun-daun pohon pisang yang sudah tua dikembalikan ke dalam tanah sekitar rumpun pohon pisang agar menjadi kompos di dalam tanah.
  • Setiap 6 bulan sekali ditambahkan sedikit pupuk organik agar media tumbuh pohon pisang tetap terjaga kesuburannya.

Related Posts