--> Anggrek Vanda ; Mudah Merawatnya dan Indah Bunganya | Pupuk Lahan

26 April 2019

Anggrek Vanda ; Mudah Merawatnya dan Indah Bunganya

| 26 April 2019

Cara Merawat Anggrek Vanda – Anggrek vanda, kata hobiis, mudah sekali tumbuh dan tak sulit merawatnya. Namun, bagi pemula yang menyukai tanaman dengan bunga yang sangat indah ini, sepertinya menemui jalan buntu alias sulit mengurusnya. Jangankan berbunga, tumbuh saja enggan bin tidak subur.

Nah, artikel cara merawat anggrek vanda ini menjadi solusi bagi teman-teman yang sedang “demam” dengan tanaman anggrek. Sayang seribu kali sayang, anggrek yang dibelinya mahal-mahal dan bahkan melalui order online tidak mau tumbuh. Kalaupun tumbuh, tapi mengharap bunga yang indah dan menawan bagaikan mimpi memeluk gunung.

Anggrek Vanda ; Mudah Merawatnya dan Indah Bunganya

Pengalaman menanam anggrek vanda

Bahkan, pengalaman penulis awal menyukai tanaman hias, saya pernah menanam anggrek vanda di rumah, tetapi seperti menambah satu masalah lagi. Padahal, persoalan yang lain belum selesai he..he...😅

Bagaimana tidak, anggrek tak kunjung tumbuh segar dan hampir-hampir saja tidak berbunga dalam waktu lumayan lama. Meskipun disiram setiap waktu, namun tidak ada perkembangan. Saking penasaran, bolak-balik membaca buku dan artikel tentang menanam dan merawat anggrek vanda. Dalam pikiran, waktu itu, hanya vanda, vanda, dan vanda.

Syukur Alhamdulillah, akhirnya, saya mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana memberi perhatian khusus kepada anggrek vanda agar pertumbuhannya tidak stres, tidak terganggu, dan mudahnya berbunga. Nah, saya ingin berbagi dengan Sobat agar tanaman bunga anggrek yang ditanam tumbuh subur, sehat, dan sering berbunga,


Mengenal habitat di gunung, merawat anggrek vanda di kota

Kalau ingin menanam dan merawat anggrek vanda di kota atau di rumah, maka kita sebenarnya harus melayangkan pandangan ke habitatnya di gunung. Untuk apa? Agar kita menemui rahasia bagaimana sesungguhnya anggrek, tanaman dengan bunga indah dan disukai banyak orang, itu hidup. Dalam istilah lain, gimana sih syarat tumbuhnya.

Pada habitanya di gunung sana, anggrek vanda sebetulnya banyak yang hidup dengan menempel akarnya pada pohon-pohon. Hembusan angin sebagai sirkulasi udara, baik pada siang maupun malam hari, menjadi sahabat setia untuk membantu kehidupannya.

Di alamnya, anggrek vanda mendapatkan intensitas sinar matahari yang relatif tinggi sehingga proses fotosintesis untuk membentuk zat-zat makanan lancar.

Misalnya saja vanda terestrial, anggrek ini tubuh optimal dan produktif jika mendapatkan cahaya matahari sampai dengan 100%.  Intensitas cahaya ini memang sesuai dengan temperatur udara yang cocok buatnya, yaitu 27-350C kala siang dan di bawah 270C kala malam hari.

Namun, lain ceritanya untuk anggrek epifit, anggrek ini tak tahan terlalu panas. Hidupnya ternaungi dan hanya sekitar 70% intensitas matahari yang diperlukan. Karena ternaungi, terlihat jelas bahwa anggrek vanda ini tumbuh pada temperatur udara yang rendah, ya kira-kira paling tinggi 270C ketika siang dan di bawan 210C malam hari.

Karena terbiasa hidup di tempat yang banyak pepohonan dengan kelembaban udara yang tinggi, maka anggrek vanda sangat menyukai kondisi udara yang relatif lembab. Apalagi, anggrek ini tidak punya kemampuan menyimpan air, maka andalannya untuk kebutuhan air adalah dari air yang terkandung dalam udara yang dibawa angin.

Modifikasi kondisi tumbuh anggrek vanda

Nah, jika kita sudah merawang ke alam hidupnya yang original, maka sebetulnya kita sudah memahami bagaimana merawat anggrek vanda. Karena amat jauh perbedaan gunung dengan kota, maka tugas kita untuk menciptkan kondisi tumbuh sedemikian rupa di rumah sehingga anggrek vanda menyenanginya.


CARA MERAWAT ANGGREK VANDA


Agar lebih jelas cara merawat anggrek vanda, berikut ini ada 5 hal yang mesti diperhatikan agar tanaman hias anggrek dapat tumbuh dan tentu saja cepat berbunga.

Anggrek Vanda ; Mudah Merawatnya dan Indah Bunganya


Penempatan anggrek vanda

Seperti sudah dijelaskan di atas, anggrek vanda tumbuh membutuhkan sinar yang banyak. Oleh karena itu, dalam perawatannya, tempatkan anggrek vanda pada tempat yang mendapatkan sinar matahari penuh dari pagi sampai sore hari.

Namun, untuk menjaga tidak terkulai ketika hujan deras dan bunganya tidak rusak, sebaiknya anggrek vanda diberikan naungan atau pelindung berupa paranet atau atap transparan.

Meskipun anggrek vanda diberi naungan, bukan berarti anggrek ini harus tertutup penuh di kiri-kanannya. Anggrek vanda perlu diperhatikan tempatnya yang memiliki sirkulasi atau pertukaran udara yang baik.

Agar anggrek vanda tetap mendapatkan kelembaban, maka tempatnya sebaiknya dibuat mirip dengan habitat aslinya seperti membuat kolam-kolam air di bawah atau dekat dengan gantungan pot. Atau, ada pohon-pohon di sekelilingnya yang dapat memberikan iklim mikro yang baik untuk anggrek vanda.


Menyiram anggrek vanda secara rutin

Berapa kali dan kapan disiram anggrek vanda? Anggrek vanda perlu mendapatkan air yang cukup dan rutin. Apalagi media tumbuh anggrek vanda hanya berfungsi sebagai tempat penopang batangnya, tentu penyiraman merupakan bagian perawatan yang tidak bisa diabaikan.

Penyiraman anggrek vanda bisa 2 kali atau lebih tergantung suhu udara. Namun, normalnya, penyiraman dilakukan 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari dan sore hari atau pada saat matahari terbit dan 1 jam menjelang matahari terbenam. Untuk jamnya, tergantung dimana tempat tinggal Sobat karena ada perbedaan waktu masing-masing wilayah.

Bagaimana menyiramnya? Anggrek vanda tidak disiram pakai gembor, tetapi dengan menggunakan sprayer. Anggrek cantik ini disemprot dengan air ke daun-daun dan akarnya secara merata. Gunakan air yang bersih dan tidak mengandung kaporit.


Memasang ajir anggrek vanda

Ajir atau penyangga mesti diperhatikan dalam perawatan tanaman anggrek vanda. Sebab, anggrek ini batang tumbuh lurus ke atas dengan beban daun-daunnya.

Oleh sebab itu, anggrek vanda perlu diberikan ajir untuk menopang batang dan bunganya jangan sampai roboh atau patah. Ajir bisa dari bahan bambu atau kawat yang lurus dan kuat. Ikat ajir dan batang anggrek dengan tali yang tidak mudah lapuk.


Memupuk anggrek vanda dengan pupuk NPK anggrek

Agar tumbuh subur dan mau berbunga, anggrek vanda tentu saja membutuhkan nutrisi yang mengandung unsur hara makro dan mikro. Setiap fase pertumbuhan --bibit, remaja, dan dewasa --kebutuhan unsur hara berbeda-beda

Pupukyang diaplikasikan untuk anggrek vanda adalah pupuk anorganik atau sering juga disebut pupuk NPK anggrek atau pupuk bungaIngat! NPK biasa tidak toleran untuk anggrek. Intinya, dalam pupuk tersebut ada unsur hara makro N, P, dan K serta unsur hara mikro.

Untuk fase bibit, pupuk diberikan yang banyak mengandung nitrogen (N) seperti pupuk NPK anggrek 30:10:10 atau NPK 32:10:10. Fase remaja diberikan pupuk yang mengandung N, P, K berimbang seperti NPK anggrek 20:20:20 atau 10:10:10. Sedangkan menjelang pembungaan diberikan pupuk yang mengandung P lebih tinggi seperti NPK anggrek 10:30:30 atau 10:45:15 atau NPK 10:30:20.

Perlu dicatat, pemupukan anggrek tidak diberikan pada media tumbuh dan tidak pula dipupuk dengan pupuk padat. Bagaimana juga? Pemupukan anggrek vanda diberikan dengan cara penyemprotan ke bagian tanaman.

Caranya, ambil 1 sendok teh pupuk NPK anggrek dan larutkan dalam 5 liter air. Aduk sampai merata. Lalu semprotkan ke daun-daun anggrek vanda terutama bagian bawah daun. Semprotkan juga pada akar-akarnya secara merata.

Semprotkan pupuk NPK anggrek dengan frekwensi 1-2 minggu sekali. Waktu penyemprotan larutan pupuk untuk anggrek vanda sebaiknya dilakukan sama dengan waktu penyiraman, yaitu pagi atau sore hari.


Mengendalikan opt anggrek vanda

Hal yang paling penting agar tanaman anggrek vanda tidak terserang organisme pengganggu tanaman (OPT) adalah lingkungan tumbuh yang sehat, bersih, adanya cahaya, dan sirkulasi udara yang lancar. Kalau lingkungan ok, maka bisa-bisa tidak perlu pengendalian OPT karena memang kecil kemungkinan muncul hama atau penyakit.

Namun, kalaupun ada OPT yang mengganggu anggrek vanda Sobat, kendalikan dengan cara mekanis seperti menggunakan tangan untuk meengambil hama atau menggunakan pestisida organik yang aman terhadap lingkungan.

Baca juga ini :


Itulah cara merawat anggrek vanda yang begitu mudah sehingga tumbuh subur dan berbunga tepat pada waktunya. Rawatlah dengan menempatkan anggrek vanda pada lokasi yang tepat, siram secara teratur dan pupuk dengan pupuk NPK anggrek agar hasilnya indah, ya tumbuh dan menghasilkan bunga anggrek yang indah.

Selain 'Merawat Anggrek Vanda,'  mungkin Sobat tertarik dengan Tanaman Melati Air. Jika tertarik, artikel 'Melati Air Untuk Aquascape ; Menanam di Tanah, Berbungan diAir' akan kita ulas pada postingan berikutnya. Semoga Sobat sehat selalu dan bisa jumpa pada kesempatan lain. Salam sukses

Related Posts