--> Mengolah Buah Nanas Untuk Pupuk Organik Cair (POC) yang Mengandung ZPT | Pupuk Lahan

12 Februari 2019

Mengolah Buah Nanas Untuk Pupuk Organik Cair (POC) yang Mengandung ZPT

| 12 Februari 2019

Membuat POC dari Buah Nanas --- Nanas atau nenas adalah buah yang kaya gizi dan banyak manfaatnya. Bukan hanya untuk manusia, namun buah nanas bermanfaat juga untuk memacu pertumbuhan awal tanaman. Makanya, tidak mengherankan, kalau buah nanas dapat diolah menjadi pupuk organik cair (POC) untuk memupuk tanaman.


POC nanas terisnpirasi dari tetangga

Ide artikel ini terinspirasi dari tetangga sebelah rumah. Ibu ini, saya memanggilnya Ibu Dwi, rajin sekali menanam dan merawat aneka tanaman di rumahnya. Karena kelihatan tanamannya begitu subur, hijau dan sehat, saya pun jadi penasaran dan langsung saja bertanya apa rahasianya.

“Rajin-rajin dipupuk aja dengan pupuk organik,” katanya. Karena belum puas jawabannya, saya tanya lagi jenis pupuk organik yang ia aplikasikan. “’nggak harus belik kuk, selain air beras, saya rajin pake pupuk cair buatan sendiri dari buah nanas” ujarnya.

Mendengar pupuk dari buah nanas, saya pun semakin penasaran dan terus menggalinya. Dan syukur karena Ibu dua anak ini tak pelit membagikan ilmunya dan bercerita panjang, sambil menyiram tanaman, tentang fermentasi buah nanas sehingga sangat mujarab untuk nutrisi tanaman.

Mau tau kelanjutan ceritanya bagaimana membuat pupuk organik cair dari buah nanas? Apakah buah nanas saja atau ada campuran bahan-bahan lainnya? Tenang! Setelah saya dapat ilmu tersebut, saya pun tak pelit untuk berbagi dengan Sobat. Yuk, ikuti sampai habis isi artikel ini.


Mengenal nanas

Sobat kenal bukan dengan nanas? Cirinya begini, “Bersisik bukanlah ikan Berpayung bukanlah raja.” He..he.. 😅Demikian pribahasa untuk menggambarkan buah nanas. Memang betul buah nanas banyak sisik di sekujur buahnya dan ada mahkota di atasnya yang masih bisa ditanam untuk menghasilkan tanaman nanas yang baru.

Sayangnya, yang ingin kita bagikan dalam artikel ini bukanlah mahkota atau payung nanas 😅, tapi manfaat dari buah nanas untuk pupuk. Dengan kata lain, artikel ini akan mengupas bagaimana “menyulap” buah nanas untuk menjadi pupuk organik cair (POC) atau sering disebut juga dengan mikroorganisme lokal (MOL) buah nanas.


Apa kandungan nutrisi nanas?

Mengapa nanas tepat untuk membuat pupuk organik cair/MOL, apa kandungan nutrisinya? Nanas mengandung sejumlah nutrisi seperti karbohidrat, protein, gula, vitamin, dan mineral lainnya

Gula yang terdapat dalam nanas terbilang tinggi, yaitu 9,9 gram dalam setiap 100 gram buah nanas. Bahkan, kandungan gula lebih tinggi dari karbohidrat.

Adanya protein dalam nanas menunjukkan adanya unsur nitrogen (N) yang merupakan salah satu unsur hara esensial tanaman yang berperan dalam memacu pertumbuhan vegetatif tanaman dan membangunkan kesuburan tanah.

Di samping itu, masih banyak unsur-unsur lain yang terkandung dalam buah nanas seperti kalsium, fosfor, kalium, besi, magnesium, dan kawan-kawannya. Unsur-unsur ini jelas sekali bermanfaat untuk pertumbuhan dan produktivitas tanaman, bukan?

Apalagi, nanas mengandung banyak vitamin. Di antara sekian banyak vitamin, ada vitamin B3 di dalamnya yang berguna dalam meningkatkan metabolisme tanaman dan meningkatkan daya tahan atau kekebalan tanaman dari serangan penyakit.


Apakah nanas mengandung ZPT?

Nanas juga mengandug zat pengatur tumbuh (ZPT) atau hormon pertumbuhan. Bukan hanya ZPT, namun nanas juga mengandung mikroorganisme yang menguntungkan dalam menyehatkan tanah dan tanaman.

Bahkan, kulit dari nanas yang banyak sekali dibuang-buang, ternyata masih sangat bermanfaat untuk pembuatan pupuk organik cair. Dalam kulit nanas mengandung senyawa alkaloid atau senyawa organik yang bersifat basa dan mengandung nitrogen (N).

Senyawa-senyawa organik dalam kulit nanas diduga mengandung hormon pertumbuhan seperti giberelin, sitokinin dan auksin serta zat proteksi tanaman dari serangan hama dan penyakit.


Cara Membuat POC dari Buah Nanas

Nah, ternyata nanas sangat berpotensi untuk bahan baku pembuatan pupuk organik, bukan? Sudah ‘gak sabaran lagi nihyuk langsung saja kita membuat pupuk organik cair dari buah nanas.

Alat-alat :
  • Ember beserta penutupnya
  • Botol air mineral bekas
  • Selang
  • Mixer/Blender

Bahan
  • Buah nanas.. 1 buah
  • Pepaya..1 buah
  • Air kelapa.. 5 liter
  • Air cucian beras/air leri.. 5 liter
  • Molase atau gula merah.. +/- 1 ons
  • Bioaktivator EM4 atau bisa merek lainnya kalau ada.. 25-50 ml

Langkah membuat POC buah Nanas sebagai berikut :


Persiapan reaktor pupuk (wadah fermentasi)
  • Lubangi tutup ember sebesar ukuran selang udara
  • Rekatkan selang udara pada lubang tutup ember dengan lem batang. Caranya, panaskan dulu lem batang, masukkan salah satu ujung selang ke lubang, dan olesi lem secara merata.

Mengolah Buah Nanas Untuk Pupuk Organik Cair (POC) yang Mengandung ZPT
Memasang selang pada tutup reaktor/jiriegen. Dokpri


Penyiapan bahan

  • Haluskan/giling buah nanas (beserta kulitnya) dan pepaya dengan menggunakan blender.
  • Larutkan gula merah dengan air panas, aduk-aduk, dan biarkan sampai dingin
  • Tuangkan EM4//bioaktivator ke dalam larutan gula, aduk-aduk dan biarkan selama 15 menit

Pencampuran bahan
  • Masukkan buah nanas dan pepaya yang sudah dihaluskan ke dalam ember
  • Berikutnya, tuang air kelapa dan air cucian beras
  • Masukkan larutan EM4 yang sudah didiamkan tadi ke dalam ember yang telah berisi semua bahan, aduk/campurkan hingga merata
  • Tutup ember dengan rapat (tidak ada udara yang masuk)
  • Hubungkan ujung selang ke dalam dalam botol air mineral yang berisi separuh air. Dengan adanya selang ini, maka gas yang terbentuk dalam reaktor akan keluar dengan sendirinya
  • Tunggu sampai 10 - 15 hari, pupuk organik cair buah nanas sudah jadi. Tanda sudah jadi pupuk, baunya seperti aroma tape
  • Saring dan simpan dalam botol atau wadah lain
  • POC dari buah nanas siap diaplikasikan 


Tip. 
Supaya larutan pupuk organik cair dari buah nanas tampak lebih bening, biarkan dulu dalam wadah penyimpanan selama +/- 1 bulan agar mengendap sempurna.

Mengolah Buah Nanas Untuk Pupuk Organik Cair (POC) yang Mengandung ZPT
Pupuk Organik Cair Buah Nanas
Tampak Bening Setelah Diendapkan

Cara aplikasi POC nanas
  • Kocorkan seminggu sekali. Tapi, sebelum dikocor ke tanaman, encerkan dulu dengan air. Tambahkan 0,5 – 1 liter POC nanas ke dalam 10 liter air biasa.
  • Untuk penyemprotan, encerkan sebanyak 100 ml POC ke dalam 15 liter air biasa. Semprot tanaman seminggu sekali atau dua kali.

Baca juga ini :

Sobat, itulah cara mengolah buah nanas, baik yang segar atau sudah busuk, untuk pupuk organik cair. Pupuk ini juga disebut MOL karena memang mengandung mikrorganisme lokal, unsur hara, dan ZPT yang sangat berperan untuk menyuburkan tanaman. Demikian dari pupuklahan.blogspot.com dan salam sukses

Related Posts