--> Media Tanam Stek Batang Yang Baik Agar Cepat Tumbuh Akar | Pupuk Lahan

21 September 2018

Media Tanam Stek Batang Yang Baik Agar Cepat Tumbuh Akar

| 21 September 2018


Media Tanam Stek Batang -- Ketika melihat orang melakukan stek batang, seperti tanaman buah, tampaknya mudah sekali. Namun, selalu menemukan kesulitan dan gagal tumbuh pada saat kita mempraktikkan sendiri di rumah. Kondisi seperti ini membuat pikiran kita bingung dan penasaran karena tantangan stek yang begitu enteng belum bisa ditaklukkan alias belum berhasil.

Ada yang bilang pakai ZPT ini dan itu untuk stek batang biar cepat tumbuh akar. Sedikit pesimis dan bahkan sepertinya nonsense. Sebab, berbagai jenis zat perangsang tumbuh (ZPT) akar sudah dicoba mulai yang alami sampai dengan keluaran pabrik dengan berbagai merek seperti root up, nature stek, rootone F, dan mungkin berbagai merek lainnya.

Tunggu, jangan salahkan dulu hormon perangsang akar. Mungkin, ada perlakuan stek batang yang belum tepat atau belum memenuhi syarat-syarat sehingga selalu saja gagal dan gagal lagi. “Apa salah dan dosaku” sehingga semua ini terjadi,  he,,he,,he,,😅 bak lirik lagu saja.


Evaluasi mengapa stek gagal?

Ada beberapa kegagalan perlakuan yang perlu dievaluasi mengapa stek batang tanaman buah, seperti jambu air, mangga, jumbu biji, rambutan, kelengkeng, dan lainnya belum juga berhasil. Coba Sobat ingat-ingat dulu beberapa hal di bawah ini sudah tepatkah atau belum. Jika belum, koreksi terlebih dahulu sebelum menyalahkan diri sendiri, orang lain, atau mungkin produk perangsang akar. Evaluasi ini :
  • Apakah batang stek diperoleh dari tanaman sendiri atau dari orang lain? Kalau dari orang lain harus minta izin dulu
  • Apakah batang tanaman yang diambil itu sehat?
  • Apakah batang tanaman yang diambil itu segera distek atau sudah berjam-jam dibiarkan atau lokasinya jauh sekali?
  • Apakah hormon yang diolesi ke batang masih bagus atau sudah kadaluarsa atau sudah expired date?
  • Apakah sudah benar membuat konsentrasi atau pasta hormon stek? Mana tau membuatnya sangat cair sehingga tidak “ampuh” mengeluarkan akar
  • Apakah sesudah mengolesi hormon stek ke pangkal batang dibiarkan sampai kering terlebih dahulu sebelum ditanam?
  • Apakah media tanam stek batang sudah disterilkan?
  • Apakah media tanam stek -- atau disebut juga media semai stek -- terjaga kelembabannya?
  • Apakah setelah menanam stek batang diberikan sungkup atau penutup atau penghalang dari terpaan angin dan hujan?
  • Apakah uap yang terbentuk disungkup/penutup lama-lama menetes ke tunas atau daun stek yang baru tumbuh? Buat sungkup jangan sampai tetesan air (hasil kondensasi) jatuh ke batang stek

Media Tanam Stek Batang Yang Baik Agar Cepat Tumbuh Akar
Uap Air Media Stek dalam Sungkup.
Gambar : Dokpri

  • Apakah setelah membuka sungkup stek batang, lalu hasil stek yang sudah tumbuh itu ditempatkan pada tempat yang teduh, terhindar dari angin kencang, hujan?
  • Apakah memindahkan langsung ke media tanam dan tempat terbuka hasil stek? Seharusnya diadaptasikan terlebih dahulu
  • Apakah media tanam stek batang menggunakan kotoran ternak? Kalau menggunakanpupuk kandang, pastikan pupuk kandang yang matang. Atau sebaiknya jangan gunakan pupuk kandang pada stek karena kemungkinan berjamur sangat besar
  • Apakah telah menggunakan media tanam stek yang cepat menumbuhkan akar?
Sobat, pada artikel kali ini secara khusus akan kita lihat poin yang terakhir itu, yaitu beberapa media tanam stek yang baik agar dapat tumbuh akar dan tunas secara cepat. 

Sebab, penulis melihat banyak sekali teman-teman kebanyakan menggunakan tanah untuk menanam stek dan itupun tidak steril sehingga banyak yang gagal. Ibarat luka di tubuh kita, jika tidak bersih atau tanpa menggunakan obat anti bakteri, maka luka kita tidak akan sembuh bahkan serangan bakteri semakin meluas.

Baca Juga :

Media Tanam Stek Batang

Beikut ini ada beberapa opsi (pilihan) media tanam stek batang yang baik digunakan. Media tanam stek yang dimaksud adalah media untuk menumbuhkan akar, bukan media untuk memindahkan stek yang sudah tumbuh tunas dan akar. Baik, ini dia media tanam stek :

1. Campuran Tanah dan Kompos

Andai ingin stek batang mudah tumbuh akar dan tunas serta sehat, maka pilihlah medianya campuran tanah dan kompos. Perbandingan yang digunakan adalah 2:1. Campurkan 2 bagian tanah dan 1 bagian kompos. Namun, harap dipastikan tanah yang hendak dijadikan media tanam stek harus sudah disterilkan dari organisme pengganggu, terutama jamur.

Oleh karena itu, tanah harus diberikan anti jamur atau fungisida. Kalau tidak menggunakan r-4-cun jamur, tanah harus dijemur beberapa hari di bawah sinar matahari yang terik. Sterilisasi tanah bisa juga dengan cara menggongseng di atas bara api atau kompor. Penggongsengan tanah ini mungkin dilakukan jika jumlah stek yang akan dibuat tidak terlalu banyak atau sedikit.

2. Tanah, sabut kelapa, pasir dan sekam bakar

Media campuran ini memang agak umum digunakan, namun tetap memperhatikan bahwa tanah harus bebas dari mikroba yang dapat membusukkan batang stek. Media tanam yang terdiri dari campuran tanah, sabut kelapa, pasir dan sekam bakar boleh dikatakan bagus untuk media tanam stek. Perbandingan penggunaan campuran adalah 2:1:1:1.

Adanya pasir dan sekam bakar akan membuat media tumbuh lebih poros sehingga aerasi dan drainase lebih bagus. Ingat sekam bakar tidak sama dengan abu sekam. Sekam bakar hasil pembakaran tidak sempurna dan berwarna hitam.

Sabut kelapa juga menjadi bagian yang sangat berperan di dalam media tanam stek batang. Sabut kelapa yang lembut akan memudahkan penetrasi akar dari tanaman. Sabut kelapa juga memiliki sejumlah unsur hara dan sekaligus dapat menjaga kelembaban media tanam karena sabut kelapa dapat menyimpan air dengan baik. Jika ada cocopeat (sabut kelapa yang sudah diolah) akan menjadi pilihan yang tepat.

3. Tanah liat dan sabut kelapa

Tanah liat yang dilapisi lagi dengan sabut kelapa akan membuat stek batang mudah tumbuh akar. Tanah liat harus juga steril dari jamur dengan cara diperlakukan dengan fungisida atau pemanasan.

Sabut kelapa yang dapat menjaga kelembaban media harus diperlakukan sedemikian rupa terlebih dahulu. Intinya, sabut kelapa (tidak ikut kulit) ditumbuk-tumbuk agar lebih halus seratnya. Kemudian sabut kelapa direndam beberapa jam dalam air sebelum digunakan.

Cara menggunakan campuran tanah liat dengan sabut kelapa adalah ; batang yang sudah diolesi dengan hormon p3-r4ngs-4ng akar, ditempel tanah liat. Kemudian dilapisi bagian terluar dengan sabut kelapa, lalu diikat (jangan terlalu erat ikatannya). Batang stek dapat dimasukkan dalam botol air mineral bekas atau wadah lain yang diberi sungkup.

4. Busa

Sobat pasti kenal dengan busa, ya itu yang biasa digunakan untuk sofa atau bantal agar “empuk” tempat duduknya atau alas kepala saat tidur. Busa lembut ini mudah didapatkan. Kalau tidak mau membelinya, busa bekas pun banyak di sekitar kita.

Busa dipotong-potong seperti dadu dengan ukuran 5 cm x 5 cm x 5 cm (panjang x lebar x tinggi). Lalu lubangi 1 lubang dibagian tengah, kecil saja. Rendam busa tersebut atau gunakan sprayer untuk membasahinya sebelum digunakan. Terakhir, tanamkan batang stek yang sudah diolesi hormon ZPT dengan kedalaman 2/3 dari tinggi busa tersebut. Letakkan pada wadah yang tertutup agar tidak kering batangnya.

Jika menggunakan busa, maka akar yang muncul akan mudah terlihat. Ketika akar sudah menembus busa, maka sudah dapat dipindahkan ke media tanam campuran kompos dan tanah. Namun, batang stek masih harus diberi sungkup sampai siap dipindahkan ke media tanam yang lebih besar.


5. Rockwool

Rockwool merupakan media tanam yang banyak digunakan oleh para petani hidroponik. Rockwool yang diproses dari bahan bebatuan sedemikian rupa sehingga berbentuk serat dan lunak. Media ini bisa menyimpan air dan juga bebas dari mikroba patogen yang menimbulkan penyakit pada tanaman.

Cara menggunakan rockwool sama dengan penggunaan busa untuk media stek batang. Pada saat pemotongan rockwool agar berbentuk dadu, maka gunakan gergaji tajam. Gergaji yang digunakan mirip dengan gergaji pemotong pipa PVC.

Wah, ternyata banyak ya media tanam stek batang. Manfaatkan salah satu yang mudah, praktis dan efektif. Atau mungkin mau membanding-bandingkan terlebih dahulu dengan cara mencoba semuanya, itu pemikiran yang cemerlang, silakan. 

6. Floral Foam

Selain itu, masih ada lagi media tanam stek batang yang terkini/terbaru. Menurut pengalaman yang sudah menggunakan paling bagus. Media tanam stek tersebut adalah OASIS INDOCELL wet floral foam 

Media tanam floral foam ini berasal dari batu yang dilelehkan pada temperatur tertentu. Kelebihan dari floral foam memiliki daya simpan air yang sangat tinggi, mempunyai ruang pori yang sangat banyak, materaialnya yang rapuh dan lembut. Semua karakteristik itu sangat mudah ditembus oleh akar stek batang. 

Sebelum kehabisan stok, pesan sekarang Oasis Indocell floral foam untuk mempercepat tumbuh akar stek batang. Dimana? Belanja disini floral foam. Harga terjangkau dan kualitas bagus.

Baca juga ini :
Demikian beberapa media tanam stek batang yang baik agar cepat tumbuh akar dan juga tunasnya. Yang lebih penting adalah tumbuh akar dan dapat tumbuh dengan baik hingga pemindahan bibit tanaman ke lahan atau media tanam yang lebih besar. Selamat mencoba dan do’a selalu menyertai Sobat agar selalu sukses..Amiin.

Related Posts