--> Mau Tau Dosis Pemupukan Tanaman Yang Tepat? Pahami Ini Dulu | Pupuk Lahan

31 Mei 2018

Mau Tau Dosis Pemupukan Tanaman Yang Tepat? Pahami Ini Dulu

| 31 Mei 2018
Pentingnya memahami dosis pemupukan -- Dosis pemupukan yang tepat akan menentukan pertumbuhan tanaman Anda subur dan produktif. Namun, jika  dosis pemupukan asal-asalan alias tidak mengikuti anjuran atau petunjuk pemupukan, maka yang terjadi adalah tanaman tidak memberikan hasil apapun buat Anda. Bahkan, tanaman lambat laun akan mati.

Mau Tau Dosis Pemupukan Tanaman Yang Tepat? Pahami Ini Dulu



Tanaman juga seperti manusia. Ia akan terganggu pertumbuhan dan perkembangannya jika terlalu tinggi dosis pupuk yang diberikan. Demikian juga jika terlalu rendah dosis pupuk apalagi tidak cukup tersedia, juga tidak memberi dampak positif terhadap pertumbuhan tanaman.
Sebenarnya, cara yang paling baik dan aman dalam memberi nutrisi tanaman adalah dengan takaran pupuk yang rendah, tapi frekwensi pemupukan lebih sering dilakukan. Dengan cara ini, ketersediaan unsur hara untuk tanaman selalu ada dan akan diserap dengan jumlah yang tepat sesuai fase pertumbuhannya.

Anda perlu memahami dulu istilah dosis pemupukan dan konsentrasi pupuk sebelum memupuk tanaman
Oleh karena itu, sebelum memupuk tanaman, perlu memahami istilah pemupukan terutama kata “dosis dan konsentrasi.” . Dalam pemupukan, kedua kata tersebut sangat penting untuk diketahui. 
Makanya, para produser pupuk mencantumkan tulisan dosis pada kemasan pupuk, baik itu pupuk cair ataupun dalam bentuk tepung atau kristal. Tujuannya tidak lain adalah agar para pemakai betul-betul membaca dan mengaplikasikan pupuk sesuai dosis anjuran. 
Gagal memahami istilah dosis pemupukan akan berpengaruh buruk pada tanaman kesayangan Anda. Misalnya, terdapat tulisan dikemasan pupuk adalah 10 liter/pohon. Nah, jika Anda menyiram tanaman Anda langsung dengan 10 liter pupuk, maka dapat dipastikan tanaman akan terganggu dan akhirnya tewas. 
Kenapa? Hal itu terjadi karena gagal memahami kata dosis. Tulisan 10 liter itu apa, apakah 10 liter pupuk pekat atau 10 liter larutan pupuk yang sudah diencerkan dengan air?
Baik, yang perlu Anda ingat adalah dosis pupuk tidak sama dengan konsentrasi pupuk. Jadi, ada perbedaan pengertian dosis dengan konsentrasi. 

Dosis pemupukan

Dosis pemupukan adalah jumlah pupuk yang diberikan sesuai dengan anjuran untuk per satuan tanaman atau satuan luas. Misalnya, pupuk organik cair 5 liter/pohon, 10 ml/liter/pohon, 20 ml/liter/4 tanaman. Demikian juga dengan pupuk padatan, misalnya, NPK 250 kg/Hektar, Dolomit 175 gram/m2, KCL 100 kg/hektar, dan lainnya.

Mau Tau Dosis Pemupukan Tanaman Yang Tepat? Pahami Ini Dulu
Contoh Dosis Pemupukan Mangga. Gambar : Dokpri

Baca petunjuk pemupukan pada kemasan pupuk
Anda bisa membaca petunjuk pemupukan, baik dosis maupun konsentrasi pemupukan, pada kemasan pupuk. Contohnya begini, pada botol ditulis gunakan 5 ml/liter/pohon.  Ini artinya, larutkan 5 ml pupuk ke dalam satu liter air dan kemudian siram ke satu pohon atau tanaman.  
Contoh lain, pada ke kemasan pupuk ditulis anjuran dosis, yaitu 50 gram/50 liter untuk satu hektar. Ini maksudnya larutkan 50 gram pupuk ke dalam 50 liter air untuk digunakan atau disemprot pada lahan seluar 1 hektar.

Konsentrasi beda dengan dosis pemupukan
Dosis pupuk sangat jelas berbeda dengan konsentrasi pupuk. Namun demikian, dosis masih sering dipahami juga dengan konsentrasi. Padahal, yang namanya konsentrasi adalah jumlah bagian pupuk yang terlarut dalam jumlah bagian air. Misalnya, 1 gram/liter, 2 ml/liter, 5 cc/liter, dan lainnya.
Dalam kasus lain dapat diperhatikan agar lebih memahami istilah dosis pemupukan dengan konsentrasi. Misalnya, anjuran untuk memupuk pohon mangga adalah 10 liter/pohon. Dan pada kemasan tertulis juga konsentrasi penggunaan 2 ml/liter. 
Nah, bagaimana cara aplikasinya? Agar dosis penggunaan pupuk sesuai anjuran, yaitu 10 liter/pohon, maka siapkan air sebanyak 10 liter. Kemudian larutkan pupuk sebanyak 20 ml (karena 2 ml/liter dan kita ingin membuat 10 liter) ke dalam 10 liter air. Kemudian siramkan sesuai dengan dosis anjuran, yaitu 10 liter untuk satu pohon mangga.

Contoh kasus dalam menentukan dosis pemupukan
Kasus 1. Bagaimana dosis pupuk kalau hanya ingin memupuk 1 tanaman saja karena saya hanya memiliki satu tanaman hias di rumah dan ukurannya kecil. Kebetulan sekali setelah membaca postingan ini,  saya ingin memberikan pupuk daun Gandasil D dengan cara menyemprot? 
Nah, kalau tidak ada petujuk lain, berapa dosis pemupukan atau berapa banyak yang harus disemprot per tanaman? Yang ada hanya tulisan 10 - 30 gram per 10 liter atau 1 - 3 gram/liter. Maka, tugas pertama adalah buat konsentrasi pupuk terlebih dahulu. Caranya, ambil 10 gram (maksimum 30 gram) pupuk Gandasil D, lalu larutkan dalam 1 liter air. Selanjutnya, isi larutan yang sudah dibuat ke dalam sprayer (alat untuk menyemprot).
Semprot tanaman terutama bagian bawah daun. Ingat, cukup membasahi daun saja, Jangan menghabiskan larutan yang ada dalam sprayer itu hanya untuk menyemprot 1 tanaman hias yang kecil itu karena akan menyebabkan terganggunya tanaman. Sisa yang tidak digunakan, sebaiknya disimpan saja dalam wadah yang tertutup rapat dan akan digunakan lagi dalam waktu berikutnya (7 - 10 hari kemudian).

Kasus 2. Bagaimana kalau pohon mangga dianjurkan untuk dipupuk dengan NPK dan dosis pupuknya 300 kg per hektar. Dan saya cuman ada 2 batang mangga di kebun. Nah, kalau yang begini kasusnya, maka solusinya harus dicari informasi jarak tanam mangga terlebih dahulu.

Baca juga ini : 


Misalnya, dari buku atau internet ditemukan informasi jarak tanam mangga 6 m x 6 m, maka dalam satu hektar terdapat pohon mangga lebih kurang 300 pohon mangga [10.000 m2/ (6 m x 6 m)]. Berarti, 300 kg NPK untuk 300 pohon mangga. Jadi, dosis pemupukan NPK untuk 1 pohon mangga adalah 1 kg NPK/pohon mangga.
Demikian dosis pemupukan yang mesti benar-benar dipahami dan diperhatikan sesuai dengan anjuran atau istilah keren yaitu rekomendasi pemupukan. 
Dengan mengerti dosis pemupukan, Anda tentu tidak bingung dan tidak keliru lagi dalam mengatur dosis pupuk seperti dosis pemupukan cabai di polybag, dosis pemupukan padi, dosis pemupukan jagung, dosis pemupukan tomat, dosis pemupukan semangka, dan dosis untuk tanaman lainnya.
Dosis pemupukan yang tepat akan menetukan hasil dari budiaya. Jika tepat dalam aplikasi pupuk terutama dosisnya, maka jelas terlihat tanaman akan tumbuh subur, produktif, dan panen pun sesuai dengan harapan Anda. Ingat dosis pupuk yang tepat menentukan produktifitas tanaman Anda.

Related Posts