--> Luar Biasa!!! Pohon Mangga Berbuah Lebat Setelah Perlakuan Ini | Pupuk Lahan

29 Juni 2018

Luar Biasa!!! Pohon Mangga Berbuah Lebat Setelah Perlakuan Ini

| 29 Juni 2018
Pohon Mangga Berbuah Lebat Setelah Perlakuan Ini -- Pohon mangga yang Anda tanam sudah lama tidak mau berbuah. Daun-daunnya muncul dan tumbuh sangat lebat, namun bunganya entah dimana. Padahal, berbagai macam pupuk yang disarankan teman-teman sudah dicoba. Mulai dari pupuk organik sampai dengan pupuk kimia, semuanya tampaknya tidak membuahkan hasil.

Luar Biasa!!! Pohon Mangga Berbuah Lebat Setelah Perlakuan Ini
Pohon Mangga Berbuah. 
Gambar : pupuklahan.blogspot.com

Sebaliknya, pohon mangga tetangga yang seumuran berbuah tak kenal musim. Padahal, tetangga itu tak penah menghiraukan setelah ditanam. Dia menyiram sesekali saja. Itupun ia lakukan kalau cuaca sangat panas. Anehnya, pohon mangganya berbunga dan berbuah sepanjang tahun. Kenapa, ya?

Demikian gambaran-gambaran yang sering terpikir dan terucap manakala kita menginginkan mangga cepat berbuah. Kita cenderung memperhatikan dan membandingkan dengan tanaman orang lain. 

Kita hanya memperhatikan sekilas saja atau hanya pada hasilnya. Sampai-sampai kita berpikir apa yang salah dengan pohon mangga kita. Atau jangan-jangan, kita jarang memberikan untuk orang lain alias pelit ketika panen. Atau mungkin..dan...mungkin...dan sejumlah pikiran lainnya yang menghantui tentang cerita mangga yang kita tanam.


Bandingkan, lalu rawatlah mangga

Padahal, yang perlu dilakukan adalah bukan hanya membandingkan lalu menyalahkan mangga milik sendiri yang tidak rajin berbuah, tetapi bertanyalah pada diri sendiri apakah selama ini kita sudah "mencintainya" alias rajin merawatnya? kalau belum rawatlah mangga yang Sobat tanam seperti memberi pupuk untuknya.

Terlepas dari cerita di atas semuanya. Terlepas dari semua kegalauan dan kegelisahan. Yang pasti, kita ingin tanaman buah yang kita tanam di rumah atau di kebun mau dan cepat berbuah. Hampir tidak ada orang yang menanam pohon berbuah mengharapkan “mandul” tak berbunga dan berbuah.

Dalam postingan ini akan dikupas habis. Maaf, bukan mengupas mangga..hehee..😅’kan belum berbuah. Di sini, Anda akan menemukan cara dan tips membuahkan mangga. Hanya setelah beberapa bulan setelah perawatan dan perlakuan yang tepat, mangga pun berbuah.


Merawat dengan memupuk pohon mangga

Sudahkah Anda memberikan pupuk sebagai nutrisi untuk pohon mangga Anda? Pohon mangga memerlukan unsur hara, baik unsur hara makro maupun unsur hara mikro, untuk tumbuh dan berkembang. Tidak semua lahan tanam tersedia dan terpenuhi unsur hara yang diperlukannya. Pada tanah yang miskin hara, tentu pemupukan menjadi keharusan agar memperoleh hasil yang optimal.

Pemupukan bukan pada saat pohon mangga sudah membesar dan tinggi saja. Pemupukan harus dilakukan secara periodik dan harus dimulai sejak tanam. Pemupukan yang teratur dan berimbang maka pohon mangga akan tumbuh subur dan memberikan hasil berupa buah ketika sudah tiba fase generatif.


Pemupukan supaya mangga berbuah


Luar Biasa!!! Pohon Mangga Berbuah Lebat Setelah Perlakuan Ini
Mangga Berbuah Setelah Diberikan Pupuk yang Tepat

Begini pemupukan pohon mangga supaya mau berbuah. Tunggu, pemupukan dilakukan terhadap pohon mangga yang sudah masuk fase generatif, kira-kira usianya 3-5 tahun. Kalau pohon mangga  masih “bayi” atau usia bulanan jangan paksakan berbuah, ya! Hmm....

  1. Berikan pupuk organik berupa pupuk kandang sebanyak 5-10 kg per tanaman.
  2. Tambahkan pupuk NPK 10:10:20 (yang tinggi kalium dari pada fosfor dan nitrogen) sebanyak 250 g per tanaman
  3. Berikan pupuk (poin 1 dan 2) secara periodik atau tepatnya setiap 3 bulan sekali..
  4. Siram setelah memberikan pupuk.

Mengapa harus pupuk yang kadar kalium tinggi? Ini disebabkan pohon mangga sudah masuk tahap generatif atau pembungaan. Memang kenapa dengan kalium? Good, pada masa tersebut, kalium akan berfungsi untuk pembentukan bunga dan buah serta yang jelas "menjaga" buah mangga tidak mudah rontok. Selain itu, K membuat rasa buah mangga relatif manis, ukuran buah lebih gede, dan tidak penyakitan.

Selain kalium, kehadiran unsur fosfor tetap diperlukan walau jumlahnya relatif kecil dibandingkan kalium. Sebab, kekurangan unsur fosfor membuat mangga sulit berbunga. Dengan kata lain, fosfor tetap butuh karena sangat berperan dalam memicu pembungaan.

Yang harus sangat hati-hati sekali adalah jangan sampai memberikan pupuk yang kadar nitrogen (N) tinggi karena pohon mangga menjadi "manja."
😅

Maksudnya, Kalau N diberikan dengan kadar lebih tinggi dari unsur P dan K, maka akan memperlambat pembungaan tanaman mangga. Sebab, nitrogen akan terus mer_4_ngsang pertumbuhan vegetatif seperti batang, cabang, dan daun.


Pohon mangga butuh sinar matahari 

Jangan harapkan pohon mangga Anda berbuah jika tidak terkena cahaya. Pohon mangga membutuhkan sinar matahari penuh, ya kira-kira 6-8 jam per hari untuk dapat tumbuh dan produktifitasnya tinggi. 

Dengan terkena sinar matahari, khususnya sinar matahari pagi, maka akan terjadi proses fotosintesis yang membentuk makanan berupa zat gula dalam tubuh pohon mangga. Dengan banyaknya zat fotosintat yang terbetuk, maka pohon mangga akan cepat berbunga dan berbuah.


Tips perlakuan mangga 

Selain pemupukan, ternyata ada sejumlah tips jitu jika pohon mangga belum juga mau berbuah. Beberapa tips dalam ulasan singkat ini mungkin bisa Anda terapkan. 

Luar Biasa!!! Pohon Mangga Berbuah Lebat Setelah Perlakuan Ini
Perlakuan pohon Mangga agar Berbuah
Gambar : pupuklahan.blogspot.com

  1. Lengkungkan cabang-cabang dengan menggantungkan benda-benda seperti sabut kelapa atau benda lainnya pada cabangnya. Dengan cara ini selain membentuk pohon mangga, rupanya aliran hasil fotosintesis (fotosintat) terganggu dan akhirnya terbentuklah bunga.
  2. Bacok batang mangga secara berselang-seling pada bagian batang dekat dengan tanah. Awas! jangan seperti mau menebang, ya hehee..pelan-pelan sekedar pelukaan saja. Cara ini juga dapat mer_4_ngsang bunga. Orang-orang tempo dulu sering melakukan cara ini walaupun mungkin mereka tidak mengetahui proses ilmiah yang berlangsung akibat pembacokan itu.



Baca juga ini :

Demikian sekilas uraian cara perawatan dan perlakuan pohon mangga agar rajin berbuah. Semoga postingan dari pupuklahan.blogspot.com ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca. Perbanyaklah ikhtiar dan do’a agar usaha kita dapat memberikan kesuksesan. Oh,,iya, beberapa tips lain akan kita coba bahas pada artikel lanjutan lainnya. Salam sukses [updated by pupuklahan.blogspot.com, 03/02/2020]

Related Posts