--> 4 Perbedaan Pupuk TSP dan SP36 yang Mesti Anda Tau ; Mirip, Tapi Tak Sama | Pupuk Lahan

4 Maret 2020

4 Perbedaan Pupuk TSP dan SP36 yang Mesti Anda Tau ; Mirip, Tapi Tak Sama

| 4 Maret 2020

Untuk memenuhi nutrisi fosfor (P), ada petani yang memupuk tanaman dengan pupuk tunggal seperti pupuk TSP. Sebahagiannya lagi menggunakan pupuk SP-36. Teman-teman yang belum familiar dengan pupuk phosphate tentu saja menyisakan tanda tanya, apa sebetulnya perbedaan pupuk TSP dan SP36? Bukankah sama-sama menyumbang fosfor untuk tanaman?

4 Perbedaan Pupuk TSP dan SP36 yang Mesti Anda Tau ; Mirip, Tapi Tak Sama
Ilustrasi perbedaan pupuk TSP dan SP36

Memang cap jempol alias bagus sekali pertanyaan tersebut. Sebab, dalam praktisnya, sering sekali ada anjuran menggunakan pupuk TSP dan terkadang juga direkomendasikan memakai SP36 untuk mencukupi unsur hara fosfor. 
Dalam kasus seperti itu, kadang-kadang bisa saja membingungkan.  Apakah menggunakan pupuk TSP atau SP-36? Pakai yang mana sebetulnya.

Tanaman butuh fosfor, bisa dari TSP atau SP-36
Masih segar dalam memori kita, salah satu unsur hara esensial yang dibutuhkan tanaman adalah fosfor (P). Unsur hara  P ini cukup berperan dalam mempercepat pembungaan, pembentukan buah, dan juga pemasakan buah.
Unsur hara fosfor bisa saja berasal atau tersedia dari dalam tanah itu sendiri. Jika tidak cukup tersedia di lahan tanam, para petani menambahkan pupuk kimia sintesis. 

Meskipun banyak sumber pupuk fosfor, namun yang cukup banyak dipakai petani adalah pupuk TSP dan SP36.

Pupuk TSP dan SP36 ; Mirip, tapi tak sama
Kedua jenis pupuk tersebut, yaitu TSP dan SP-36, memang mirip tapi tidak sama. Kedua pupuk kimia tersebut memang melepaskan fosfor untuk nutrisi tanaman Tapi jangan salah, tetap saja ada perbedaan pupuk TSP dan SP-36.
Secara kasat mata, kita memang hampir tidak dapat membedakan mana pupuk TSP dan yang mana pupuk SP36. Sebab, keduanya sama-sama berbentuk butiran. Sama-sama terbuat dari batuan fosfat.
Tetapi, kalau melihat label atau tulisan yang tertera pada kemasan pupuk, jelas sekali sudah tertulis nama pupuk. Yang satu dengan nama TSP dan yang satu lagi dengan merek SP-36. Apakah itu bedanya?

Beda pupuk TSP dengan SP-36
Inti yang akan kita bahas bukan bentuk butiran dan bukan pula tulisan pada karung pupuk. Yang ingin kita tau apa sesungguhnya perbedaan mendasar antara pupuk TSP dengan pupuk SP36 sehingga kita dapat memilah dan memilih pupuk yang tepat untuk memupuk tanaman. Apakah bagus pakai TSP atau lebih baik menggunakan SP36.
Pada Tabel berikut ini Anda dapat perhatikan perbedaan pupuk TSP dan SP36, ini dia bedanya.
Tabel Beda Pupuk TSP dengan SP36
No
TSP
SP-36
1
Sulit diperoleh karena umumnya masih impor
Mudah diperoleh karena sudah diproduksi di dalam negeri
2
Kandungan fosfor (P), 46-48%
Kadar P, yaitu 36%
3
Tidak ada unsur hara belerang (S)
Terdapat kadar belerang (S) sebesar 5%
4
Relatif mudah larut dalam air
Relatif sukar larut dalam air
Gambar Tabel : pupuklahan.blogspot.com
Dari Tabel tersebut dapat kita perhatikan bahwa yang sangat spesifik perbedaan pupuk TSP dan SP36 adalah dari sisi kemudahan memperolehnya dan kadar unsur hara.
Pupuk SP-36 memang memiliki kadar P lebih rendah, hanya 36%. Tetapi jangan melihat kadarnya saja. Pupuk SP-36 juga punya nilai lebih, yaitu adanya kadar unsur hara belerang sebesar 5%. Kita tau, belerang merupakan unsur hara esensial untuk tanaman. Kelebihan lainnya, pupuk SP-36 sangat terjangkau dan mudah diperoleh di pasaran.
Sebaliknya, TSP kadar hara P lebih tinggi dari SP36. Bahkan, mudah larut dalam air. Cukup bagus untuk tanaman. Sayangnya, tidak mudah terjangkau oleh petani.
Jadi, mengapa banyak petani menggunakan SP-36? Salah satu alasannya bisa jadi karena mudah terjangkau atau diperoleh oleh petani. Meskipun kadar P rendah, yang penting tersedianya pupuk yang dapat mencukupi fosfor untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman.
Itulah perbedaan pupuk TSP dan SP36. Sama-sama jenis pupuk fosfat, tetapi kadar P-nya berbeda. Demikian ulsasan singkat ini, semoga bermanfaat. Salam dari admin pupuklahan.blogspot.com
BACA :5 Jenis Pupuk Fosfat dan Manfaatnya untuk Tanaman

Related Posts