--> Daripada Dibuang, Yuk Menanam Mahkota Nanas Dalam Polybag di Rumah ; Begini Caranya | Pupuk Lahan

7 Januari 2020

Daripada Dibuang, Yuk Menanam Mahkota Nanas Dalam Polybag di Rumah ; Begini Caranya

| 7 Januari 2020

Pupuklahan.blogspot.com – Nanas bisa tumbuh dengan baik jika kondisi lahan dan agroklimat cocok. Bahkan, jika kondisi sesuai, nanas yang ditanam dalam polybag di rumah pun bisa tumbuh dengan subur. Bagaimana cara menanam nanas dalam polybag di rumah?

Daripada Dibuang, Yuk Menanam Mahkota Nanas Dalam Polybag di Rumah ; Begini Caranya
Tanaman Nanas Dalam Polybag dari Mahkota Buah Nanas

Sebelum menjawab pertanyaan itu, kita telusuri dulu mengapa Anda ingin menanam nanas di polybag di perkarangan rumah. Bukankah harga nanas di pasar tidak mahal-mahal amat?

Nanas di Polybag hadirkan nuansa keindahan rumah Anda
Penulis yakin bahwa menanam nanas dalam polybag di rumah bukan berarti Anda tidak sanggup membeli nanas. Bukan karena itu, tetapi Anda ingin memanfaatkan perkarangan rumah yang kosong sekaligus bisa menikmati hasil dan nilai estetikanya. Benarkah?
Tanaman nanas yang tumbuh di polybag dan ditata dengan rapi, akan menciptakan nuansa keindahan tersendiri. Apalagi, jika nanas yang Anda tanam di polybag itu berbuah, sesuatu yang amazing dan menjadi nilai kesenangan tersendiri untuk Anda yang cukup mahal harganya.
Jadi, menanam nanas dalam polybag atau pot atau media terbatas lainnya di rumah, tidaklah rugi. Selain bisa menikmati hasilnya, tetapi nanas yang tumbuh dan berkembang di polybag juga memberikan nilai keindahan dan kebahagian bagi pemiliknya.

Begini Cara Menanamnya
Namun, yang menjadi persoalan adalah bagaimana cara menanam nanas dalam polybag agar tumbuh subur dan mau berbuah? Nah, bagi Anda yang masih bingung, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Jangan buang mahkota dari buah nanas, untuk bibit lho
Daripada Dibuang, Yuk Menanam Mahkota Nanas Dalam Polybag di Rumah ; Begini Caranya
Buah Nanas dan Mahkotanya
Gambar : pixabay.com/tee2tee
Jika Anda ingin budidaya nanas di polybag, maka jangan buang mahkota dari buah nanas yang Anda beli di pasar. Daripada dibuang, 'kan lebih baik ditanam. Sebab, mahkota nanas tersebut dapat dijadikan bibit untuk ditanam di polybag.
Mahkota buah nanas sebetulnya dapat langsung ditanam di media tanam tanpa perlu semai. Caranya, potong mahkota buah nanas dan buang beberapa helai daun yang ada pada bagian bawah mahkota. Setelah itu, langsung bisa ditanam di polybag.
Cara lain, jika Anda ingin menunggu 2-3 minggu sampai mahkota nanas tumbuh akar boleh juga, tapi mesti dibuat perlakuan terlebih dulu.
Berikut ini cara menyiapkan mahkota nanas untuk dijadikan bibit.
  • Siapkan gelas dan isikan air sumur setengah bagian saja
  • Potong mahkota buah nanas. Bentuk mahkota nanas, ya seperti pohon nanas, tapi kecil. Mahkota ini terdapat di atas buah nanas.
  • Buang beberapa daun yang ada pada bagian pangkal mahkota nanas
  • Celupkan pangkal mahkota nanas ke dalam air
  • Biarkan 2-3 minggu atau sampai tumbus akar.


2. Buat media tanam yang subur dan gembur
Sebelum menanam nanas di polybag, racik dulu media tanam. Media tanam mesti subur, gembur, dan poros.
Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat media tanam nanas adalah tanah kebun, pupuk kandang, sekam padi, dan sedikit pasir. Perbandingan bahan-bahan tersebut 1:1:1:1/4 (1:1:1: sedikit pasir). Campurkan semua bahan tersebut sampai merata.

3. Sediakan polybag atau pot yang relatif besar
Karena ingin menanam nanas di polybag, tentu saja perlu disediakan polybag atau pot. Ukuran polybag yang agak besar agar dapat menampung media tanam, nutrisi, dan tempat tumbuh dan berkembangnya akar.

4. Isi media tanam ke dalam polybag
Media tanam yang telah dibuat pada poin ke-2 di atas, dimasukkan ke dalam polybag sampai 2/3 tinggi polybag. Biarkan media tanam di polybag tersebut minimal 1 minggu agar lebih kompak.

5. Tanam mahkota buah nanas ke dalam polybag
Kalau Anda sudah menyiapkan media tanam dan bibit buah nanas pun sudah ada, maka Anda sudah bisa menanam nanas di polybag.
Buat lubang tanam di tengah polybag dan masukkan bibit nanas. Tutup kembali dengan tanah dan jangan lupa disiram.

BACA JUGA : Cara Menanam Nanas Agar Sukses dan Bisa Panen dalam 12 Bulan

6. Tempatkan bibit nanas yang baru ditanam pada tempat yang teduh.
Hindari menempatkan bibit nanas yang baru saja ditanam dalam polybag pada area yang terkena sinar matahari langsung karena bisa menyebabkan layu, kering, dan berpotensi gagal tumbuh.
Jadi, bibit nanas ditempatkan dulu pada tempat yang teduh selama beberapa minggu. Jika akar-akarnya sudah tumbuh dan daun-daun terlihat segar, maka nanas di polybag sudah bisa diperkenalkan dengan cahaya.

7. Jaga kelembaban media tumbuh tanaman nanas di polybag
Agar tanaman nanas dalam polybag tumbuh dengan baik, maka Anda mesti menjaga kelembaban media tumbuh.
Anda bisa menyiram tanaman nanas dalam polybag sehari atau dua hari sekali atau menyesuaikan dengan cuaca. Yang penting, media tumbuh tidak kritis air.
Kalau tanaman nanas yang Anda tanam di polybag sudah menjelang berbunga, jangan sampai Anda lupa menyiramnya. Kalau kurang air pada fase ini, duh sayang sekali bisa-bisa gagal berbunga.

8. Berikan pupuk untuk tanaman nanas dalam polybag agar subur dan produktif.
Rawat nanas dalam polybag yang Anda tanam di rumah dengan cara memupuknya. Jika nutrisi cukup, nanas di polybag tumbuh subur dan tentu saja akan berbuah jika sudah tiba masanya (fase generatif).
Anda bisa memupuk nanas dalam polybag dengan pupuk NPK sebulan sekali. Caranya larutkan sedikit pupuk NPK ke dalam air dan siram air pupuk tersebut secukupnya. 
BACA : NPK Mutiara 16:16:16, apa manfaat dan keunggulannya?
Dan sekali-sekali, Anda bisa selingi dengan menyiram air cucian beras untuk melengkapi nutrisi tanaman nanas dalam polybag.
BACA JUGA : Cara Membuat Pupuk Air Cucian Beras untuk Nutrisi Tanaman
Jika terlihat media tumbuh nanas di polybag sudah agak keras, Anda bisa menambahkan pupuk organik seperti pupuk kandang atau kompos. Anda bisa memupuk dengan pupuk organik setiap 6 bulan sekali.
Demikian dari pupuklahan.blogspot.com cara menanam nanas dalam polybag di rumah. Dengan perawatan yang rajin dan rutin, tanaman nanas tumbuh subur dan berbuah.

Related Posts