--> Menanam Kacang Merah Tak Sesulit yang Dibayangkan, Ini Caranya | Pupuk Lahan

20 Juni 2019

Menanam Kacang Merah Tak Sesulit yang Dibayangkan, Ini Caranya

| 20 Juni 2019

Cara Menanam Kacang Merah – Ketika petani lain sibuk menanam dan merawat komoditas cabai atau bawang merah, kenapa Sobat tidak mengambil peluang menanam kacang merah? Sebab, kacang merah pun merupakan salah satu komoditas yang banyak dilirik oleh pasar karena multimanfaatnya.
Selain itu, cara menanam kacang merah tak begitu ribet. Bahkan, tak sesulit yang dibayangkan. Mau tanam di kebun atau di sawah tumbuh subur, mau tanam dalam polybag pun ok.
Menanam Kacang Merah Tak Sesulit yang Dibayangkan, Ini Caranya
Kacang merah, kacang jogo atau kacang galing.
Sekilas saja, kacang merah ini sebetulnya banyak nama lain yang melekat padanya. Misalnya, ada yang menyebut kacang merah dengan kacang galing dan ada juga yang menyebut dengan kacang jogo. Belum lagi di pasar-pasar internasional, kacang merah dikenal dengan nama kidney bean.

Jadi, tidak usah bingung  penyebutan itu. Apapun namanya, yang perlu dicatat dan ditandai, yang namanya  kacang merah itu bijinya berwarna merah atau merah berbintik-bintik putih ketika telah tua dan bentuk bijinya bulat agak panjang seperti biji kacang panjang. Kalau dari sisi pertumbuhan, kacang yang tinggi kadar protein ini, tumbuhnya tegak alias tidak merambat.
Baik, mari kita cari tau bagaimana sebenarnya budidaya kacang merah agar tumbuh subur dan produktivitasnya tinggi.

Waktu tanam kacang merah
Ada yang bertanya, kapan waktu yang baik menanam kacang merah? Sebenarnya, kapan saja boleh ditanam asalkan cukup ketersediaan air untuk pertumbuhannya. Selain air, drainase juga harus sudah dibuat agar ketika hujan turun tidak menggenangi lahan kacang merah.

BACA JUGA : Kalau Begini Menanam Kacang Panjang, Buahnya Lebat dan Panen Pun Berlipat
Namun, supaya tidak capek untuk menyiram pasca penanaman dan mempercepat pertumbuhan benih, maka sebaiknya kacang merah ditanam akhir musim kemarau atau menjelang musim kemarau.

Syarat tumbuh Kacang merah
Sebelum ke penyiapan lahan, sedikit perlu diketahui tentang syarat tumbuh yang baik agar produksi kacang merah tinggi. Syarat yang harus terpenuhi agar optimal tumbuh dan panennya, maka sebaiknya ditanam pada dataran tinggi.
Ketinggian 1000-1500 m dpl merupakan ketinggian tempat yang ideal untuk menanam kacang merah, namun tetap tumbuh pada ketinggian di bawahnya.
Syarat lainnya, kacang merah menghendaki tanah yang subur dengan pH ideal 5,5 – 6. Dan yang juga menentukan dalam pertumbuhan dan produktivitasnya adalah sinar matahari. Kacang merah butuh sinar matahari sepanjang hari.
Meskipun syarat-syarat kelihatan ketat, jangan sampai mengurungkan niat Sobat menanamnya. Kenapa? Kacang merah mau tumbuh di tempat/rumah Sobat asalkan media tanam dibuat subur dan memenuhi syarat mendekati persyaratan tumbuh yang semestinya.

Menyiapkan lahan sebelum menanam kacang merah.
Tidak mungkin langsung menanam kalau tanpa lahan. Setelah ada lahan pun masih harus dipersiapkan dengan baik. Meskipun kacang merah ditanam dalam pot, penyiapan media tanam tetap harus disiapkan dengan baik.
Jadi, hal yang pertama perlu dilakukan untuk menanam kacang merah adalah penyiapan lahan sebagai media tumbuh nantinya.  Tanah diolah dengan cara dibajak atau dicangkul sehingga lahannya menjadi gembur.
Selanjutnya pembuatan bedengan dan drainase. Bedengan untuk menanam kacang merah dibentuk selebar 1 meter dengan ketinggian 20-30 cm. Untuk jarak antar bedengan dibuat 50-60 cm agar memudahkan dalam perawatan nantinya. Sedangkan panjang bedengan, ya disesuaikan dengan kondisi lahan.

BACA JUGA : Mengolah Buah Nanas Menjadi Pupuk Organik Cair (POC) yang Mengandung ZPT
Agar tanah untuk menanam kacang merah lebih subur, pupuk tanah dengan pupuk dasar. Apa pupuk dasarnya? Aplikasikan pupuk kandang sebanyak 15-20 ton per hektar. Dosisnya disesuaikan dengan kesuburan lahan.
Kalau Sobat memiliki finansial atau modal yang cukup, sebaiknya bedengan untuk menanam kacang merah dipasang mulsa plastik. Namun, kalau tidak ada mulsa pun tidak menjadi problem atau kendala.  Tapi, jangan lupa dibuat lubang tanam dengan jarak tanam 20 cm x 40 cm (dalam barisan x antar barisan).

Benih kacang merah
Dalam hal penyiapan benih, siapkan benih kacang merah yang unggul dan berkualitas. Untuk varietasnya, punya banyak pilihan jenis kacang merah kalau Sobat tertarik menanamnya. Ada kacang merah ukuran kecil, sedang, dan sampai ukuran besar. 

Ingat, benih kacang merah tidak perlu disemai karena bisa ditanam secara langsung. Akan tetapi, agar benih kacang merah cepat berkecambah, maka perlakuan benih mesti dilakukan. Perlakuan benih seperti perendaman dalam air hangat selama beberapa jam atau direndam dalam larutan atonik.

Menanam benih kacang merah
Menanam kacang merah sangat mudah kalau lahan sudah benar-benar siap. Sebab, penanaman kacang merah cukup dilakukan dengan menggunakan alat tugal. Tapi, kalau ada alat planter menjadi semakin bagus karena bisa menghemat waktu, biaya dan tenaga kerja.
Cara menanamnya begini. Lubangi tanah dengan tugal sedalam 2-3 cm, masukkan benih kacang merah sebanyak 2 biji per lubang, lalu tutup dengan tanah tipis saja.

Penyulaman kacang merah
Dalam budidaya kacang merah atau tanaman lainnya, penyulaman merupakan salah satu kegiatan yang tidak boleh diabaikan. Sebab, dengan penyulaman, maka lahan dapat dipastikan tidak ada yang kosong dan kacang merah akan tumbuh seragam.

Penyiangan, Pembumbunan dan pemupukan susulan kacang merah
Rawatlah kacang merah dengan baik agar memberikan hasil yang memuaskan. Karenanya, salah satu yang mesti dilakukan adalah bersihkan lahan dari tumbuhan pengganggu atau gulma.
Untuk penyiangan, waktunya relatif tergantung cepat tidaknya tumbuh gulma. Secara umum, penyiangan tanaman kacang merah dilakukan sebanyak 1 atau 2 kali selama pertumbuhannya.

BACA JUGA : Jangan Keliru Memupuk Tanaman Buncis, Ini Pupuk dan Cara Pemupukannya
Selain penyiangan, masih ada yang mesti dikerjakan, yaitu pembumbunan. Namun, kegiatan ini bisa dengan mudah dilakukan jika bedengan tidak menggunakan mulsa. Kalau memakai mulsa, maka tidak perlu dibumbun karena tanah dapat dipastikan tidak terkikis oleh hujan.
Untuk mencukup ketersediaan unsur hara dalam media tumbuh kacang merah, maka pemupukan susulan mesti diaplikasikan. Cara aplikasi bisa dengan tugal atau disebar pada alur diantara barisan tanaman.
Pupuk apa untuk memupuk susulan kacang merah? Agar lebih simpel, Sobat cukup berikan pupuk majemuk NPK. Tapi, boleh juga diaplikasikan pupuk tunggal berupa ZA/Urea, SP-36, dan KCL. Yang penting, kacang merah tercukupi unsur-unsur hara seperti N, P dan K.
Pupuklah kacang merah setelah mulai tumbuh. Pupuk susulan I diberikan pada usia tanaman kacang merah 2 minggu setelah tanam dan pupuk susulan II pada usia 4-6 minggu setelah tanam.

BACA JUGA : Mau Tau Jarak Tanam Jenis-Jenis Sayuran? Ini Daftarnya


Pupuk susulan I ; Untuk setiap tanaman kacang merah, aplikasikan pupuk ini dengan dosis yaitu 3 gram ZA, 1,5 gram SP-36, dan 1,25 KCl. 
Pupuk Susulan II ; Jenis pupuk dan dosisnya sama dengan pupuk susulan I
Begitu cara menanam kacang merah, tidak sulit, bukan? Jangan dibayangkan, langsung tanam saja. đŸ˜…Dengan perawatan yang baik dan mengendalikan hama-hama yang menggerogoti daun dan polong kacang merah, maka produksi kacang merah akan tinggi serta siap dijual ke pasar. Demikian Sobat dan salam.

Related Posts