--> Ternyata Begini Cara menanam Kencur di Polybag yang Tepat | Pupuk Lahan

14 Desember 2018

Ternyata Begini Cara menanam Kencur di Polybag yang Tepat

| 14 Desember 2018

Cara Menanam Kencur di Polybag -- Kencur (Kaempferia galanga L) sebenarnya tanaman yang sangat mudah dibudidayakan. Karena itu, tidak heran jika banyak petani yang menanam kencur di lahan seperti di kebun dan tumbuh cukup subur. Tidak hanya subur, namun produksi rimpangnya juga tinggi. Akan tetapi, masih menjadi tanda tanya apakah kencur bisa ditanam dalam polybag? Kalau bisa tumbuh dan produksinya bagus, bagaimana cara menanam kencur di polybag?

Ternyata Begini Cara menanam Kencur di Polybag yang Tepat
Rimpang Kencur. Gambar : Dokpri

Pertanyaan tersebut di atas wajar-wajar saja. Mengapa? Karena mungkin belum memahami dengan tepat cara menanam kencur. Atau masih ada kekhawatiran jika menanam kencur di polybag mungkin tidak sebaik yang ditanam di tanah langsung. Penulis sangat mengapresiasi kepada teman-teman yang ingin mendalami pengetahuan tentang kencur sebelum memulai menanamnya.


Menanam kencur di polybag? Ikuti syarat tumbuhnya

Pada dasarnya, menanam kencur di polybag tidak jauh berbeda dengan menanamnya di lahan yang luas. Sebab, hampir seluruh sisi budidaya kencur seperti pembibitan, pemupukan, sampai dengan panen mirip sekali. Yang membedakan hanya saja perlakuan-perlakuan tertentu seperti pembuatan media tanam dalam polybag dan beberapa hal yang lainnya.

Agar budidaya kencur dalam polybag berhasil, maka kita perlu mengikuti kondisi tumbuh kencur yang sesungguhnya atau kondisi bagaimana ia tumbuh secara alami. Misalnya, kencur menghendaki media tumbuh lempung liat berpasir, pH tanah 5,5-6,5, sinar matahari yang cukup, tersedia unsur hara, dan drainase yang baik. 

Jika kita lihat dalam budidaya tanaman kencur, baik di lahan maupun di polybag, maka produksi yang diharapkan adalah akar rimpangnya. Ini berarti memerlukan media tanam yang gembur supaya rimpang dalam tanah dapat tumbuh dan menjalar dengan mudah.

Singkatnya, kita mesti membuat media tumbuh kencur dalam polybag mendekati persyaratan tumbuh yang dikehendaki tanaman kencur. Jika tidak demikian, maka tanaman kencur yang ditanam dalam polybag sulit tumbuh subur apalagi produktif.


Mengapa tanam kencur di polybag?


Banyak yang tertarik menanam kencur dalam media terbatas seperti karung, kotak kayu, keranjang, dan juga polybag. Menjadi pertanyaan mengapa tertarik menanam kencur dalam polybag?

Ternyata Begini Cara menanam Kencur di Polybag yang Tepat
Kencur di Polybag. Gambar : Dokpri

Rupanya, setelah mendalami tentang pertumbuhan dan perkembangan kencur, menanam kencur di polybag memiliki kelebihan di samping karena alasan lahan terbatas atau hanya sekadar menyalurkan hobi menanam. Tapi, yang jelas ada beberapa kelebihan menanam kencur dalam polybag sebagai berikut :
  • Tidak perlu pengolahan lahan, pembuatan lubang tanam dan pemberian pupuk dasar.
  • Mudah dalam penataan dan perawatannya
  • Mudah untuk mengondisikan media tumbuh sehingga produktivitasnya tinggi
  • Memudahkan pada saat melakukan panen karena hanya membongkar polybag atau wadahnya saja
  • Terhindar dari genangan air pada saat musim hujan

Menanam kencur di polybag

Baik, setelah mengetahui prinsip dasar dalam budidaya tanaman kencur, maka kita akan masuk ke teknisnya bagaimana menanam kencur dalam polybag. Ada beberapa tahapan budidaya yang mesti dilakukan, yaitu penyemaian bibit, membuat media tanam, pemilihan polybag, penanaman, pemeliharaan, pengendalian hama dan penyakit, sampai bagaimana cara panen kencur.


Pembibitan kencur

Jika keputusan menanam kencur di polybag sudah bulat, maka perlu dilakukan pembibitan. Bibit kencur berasal dari rimpang yang sudah cukup tua kira-kira umurnya sudah 10-12 bulan. Pilihlah rimpang yang berkualitas dan juga bebas dari serangan penyakit seperti jamur.

Rimpang kencur yang bagus biasanya ditandai dengan warnanya yang mengkilap dan dagingnya keras. Kemudian lihat juga rimpang untuk bibit kencur ada calon mata tunas 1-3 mata tunas. Dengan demikian, berarti untuk syarat bibit kencur sudah terpenuhi.

Tugas selanjutnya adalah menyemai dulu rimpang kencur sebelum di tanam dalam polybag. Jika ada rimpang yang bercabang banyak, maka dipotong-potong dulu. Setiap rimpang untuk bibit tetap perhatikan ada 2-3 mata tunas. Potong dengan menggunakan pisau yang tajam.

Agar steril dari jamur atau penyakit, sebaiknya pisau dicelupkan dulu dalam larutan air garam. Pencelupan pisau dengan air garam tetap dilakukan sehabis memotong 1 rimpang kencur.

Oh, ya ..mau rimpang kencur cepat tumbuh ketika disemai? Rendam dalam larutan zat pengatur tumbuh (ZPT) atonik selama 30 menit sebelum semai. Jika sulit mendapatkan ZPT di pasar, Anda bisa pakai ZPT alami, yaitu air kelapa. Rimpang kencur bisa direndam dalam air kelapa. 

Caranya, buat konsentrasi air kelapa kira-kira 75% dengan cara mengencerkan dengan air biasa (kelapa yang usia 7-8 bulan). Lalu rendam rimpang kencur selama 30 menit dalam air kelapa tersebut. Setelah itu, angkat dan tiriskan. Angin-anginkan sebentar sampai kering sebelum disemai.


Cara menyemai kencur

Sebenarnya kencur dapat ditanam langsung di polybag tanpa disemai dulu. Namun, untuk memastikan bahwa bibit kencur yang akan ditanam tumbuh semua, maka proses penyemaian bibit kencur sebaiknya dilakukan. Caranya begini :
  • Campurkan tanah dengan pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 1:1 dan tambahkan sedikit sekam padi
  • Masukkan dalam wadah semai. Wadah semai kencur bisa berupa nampan atau sejenisnya. Pastikan ada lubang drainase.
  • Masukkan media semai dengan ketebalan 5-10 cm ke dalam wadah semai
  • Letakkan rimpang kencur secara rapi dan sedikit berdekatan satu sama lainnya di media semai.
  • Tutup dengan tanah di atasnya  Kalau ada jerami, lapisi dulu dengan jerami sebelum ditutup dengan tanah di atasnya.
  • Terakhir, jangan lupa disiram.

Tempatkan pada tempat teduh dan tidak diguyur hujan. Kelembaban media semai harus tetap terjaga sampai tunas kencur tumbuh. Setelah tunas kencur tumbuh kira-kira 0,5-2 cm, bibit kencur sudah dapat ditanam ke dalam polybag.


Polybag untuk menanam kencur

Karena menggunakan polybag untuk menanam kencur, maka pilihlah polybag yang bagus dan tidak mudah sobek serta tahan lama. Untuk ukuran polybag, pilih polybag yang ukuran tidak terlalu kecil. Anda bisa memakai polybag dengan ukuran 35 atau 50 cm.


Membuat media tanam kencur

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, supaya pertumbuhan dan produktivitas rimpang kencur tinggi, maka media tanam kencur di polybag sangat menentukan. Oleh karena itu, dalam membuat media tanam polybag harus diperhatikan komposisi bahan-bahan campurannya.

Bagaimana membuat media tanam untuk diisi ke dalam polybag? Simak caranya seperti berikut ini :
  • Siapkan dulu pupuk organik, yaitu bokashi, tanah, dan pasir
  • Campurkan 2 bagian bokashi, 1 bagian tanah tanah dan 1/2 bagian pasir. Aduk hingga tercampur merata
  • Masukkan media tanam tersebut ke dalam polybag. Isikan 1/2 bagian polybag saja.

Itu dia cara membuat media tanam kencur untuk dimasukkan ke dalam polybag. Media tanam itu akan lebih bagus lagi jika ditambah satu genggam trichoderma dan dicampur secara merata. Trichoderma ini adalah jamur antagonis yang akan membunuh jamur patogen pada tanaman kencur.


Penanaman kencur dalam polybag

Kalau bibit kencur sudah mulai tumbuh tunas, berarti sudah saatnya memindahkan kencur dari media persemaian ke media tanam di polybag. Setiap polybag dapat ditanam sebanyak 3-4 rimpang kencur.


Yang jelas, jumlah bibit yang ditanam per polybag sesuaikan dengan ukuran polybag. Jangan terlalu dekat menanamnya. Ideal jarak tanam 10-15 cm per bibit kencur dalam satu polybag. Dengan adanya jarak tanam yang tepat, maka rimpang kencur akan tumbuh dan berkembang dengan baik.


Ternyata Begini Cara menanam Kencur di Polybag yang Tepat
Kencur Umur 1 Bulan. Gambar : Dokpri

Ternyata Begini Cara menanam Kencur di Polybag yang Tepat
Kencur berbunga setelah 3-4 bulan. Gambar : Dokpri


Langkah-langkah menanam kencur di polybag sebagai berikut :
  • Buat lubang tanam dengan kedalaman 2-3 cm
  • Tempatkan bibit kencur dalam lubang dengan posisi tunas kencur menghadap ke atas
  • Tutup lubang tanam dengan tanah, tapi tidak menutup seluruhnya tunas yang sudah tumbuh.
  • Siram secukupnya saja (jangan sampai becek karena bisa menyebabkan rimpang kencur membusuk)

Penyulaman dan penyiangan

Amati perkembangan kencur setelah 2 minggu ditanam. Kalau  ada yang tidak tumbuh kencur yang di tanam di polybag, maka segera lakukan penyulaman agar nantinya pertumbuhan seragam dan panennya serentak.

Tanaman kencur tidak terlepas dari tumbuhan pengganggu seperti gulma. Yang namanya gulma sudah pasti tumbuh di media tanam kencur walaupun ditanam dalam polybag. Gulma akan merebut unsur hara tanaman kencur. Ini berarti dengan tumbuhnya gulma akan terjadinya kompetisi nutrisi.

Nah, agar pertumbuhan dan perkembangan kencur dalam polybag bagus, maka kegiatan penyiangan secara teratur mesti dilakukan. Yang penting media tumbuh kencur bebas dari rumput atau gulma.


Pemupukan kencur

Tanaman kencur yang ditanam dalam polybag atau pot juga butuh zat makanan yang cukup. Karenanya, tanaman kencur perlu dipupuk. Bahkan, sebelum tanam pun, kita sudah berusaha meramu dengan sejumlah bahan yang mengandung nutrisi seperti bokashi untuk media tanam.

Untuk pemupukan kencur bisa menggunakan pupuk organik dan boleh juga pupuk kimia seperti NPK. Namun, penulis lebih menyukai tanpa menggunakan pupuk kimia. Sebab, kencur lebih banyak dimanfaatkan sebagai obat-obatan, minuman, dan juga bahan tambahan pada makanan.

Walaupun demikian, dalam artikel ini tetap memberikan pilihan dalam hal pemupukan. Pilihan pertama bisa menggunakan pupuk organik dan pilihan kedua memupuk dengan pupuk anorganik.


I. Pemberian pupuk bokashi

Jika memilih opsi pemupukan hanya dengan pupuk organik, maka gunakan pupuk bokashi. Cara aplikasinya mudah sekali hampir sama dengan kegiatan pembumbunan. Tambahkan bokashi sebulan sekali ke dalam media tumbuh kencur di polybag atau ketika rumpun kencur sudah mulai terbentuk.

Tambahkan bokashi sampai menutup rimpang kencur. Tambahkan secara bertahap dan sedikit demi sedikit sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan rimpang kencur dalam media tumbuh di polybag.


II. Pemberian pupuk kimia

Jika pilihan pemupukan kencur di polybag menggunakan pupuk kimia/anorganik, maka cara pemupukan sebagai berikut :
  • Kalau menggunakan pupuk tunggal ; larutkan 10 gram urea, 25 gram SP-36 dan 25 gram KCL ke dalam 10 liter air. Aduk sampai larut semuanya. Siramkan sebanyak 250 ml/polybag. Lakukan cara pemukan ini sebanyak 3 kali (bulan ke-1, ke-2, dan ke-3)
  • Kalau menggunakan pupuk majemuk ; larutkan 50 gram NPK 16:16:16 ke dalam 10 liter air. Aduk sampai semuanya larut. Siramkan sebanyak 250 ml/polybag. Pemupukan ini dilakukan 3 kali sama seperti di atas.

Pilih salah satu apakah mau aplikasi pupuk tunggal atau menggunakan pupuk majemuk. Jangan sampai diberikan kedua-duanya akan beresiko/terganggu terhadap pertumbuhan tanaman kencur. 

Catatan ; jika cenderung memilih pemupukan dengan menggunakan pupuk kimia, maka pembumbunan mesti dilakukan. Tambahkan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang untuk menutupi rimpang kencur.


Pegendalian Organisme pengganggu tanaman (OPT)

Biasanya budidaya tanaman kencur di polybag atau pot  jarang sekali terkena serangan organisme pengganggu tanaman.. Walaupun demikian, seandainya muncul masalah dengan hama dan penyakit, maka kendalikan dengan cara mekanis atau menggunakan pestisida organik yang aman terhadap lingkungan.


Panen kencur di polybag

Kapan kencur bisa dipanen? Jawabannya tergantung tujuan dari menanam kencur di polybag. Rimpang kencur sudah dapat dipanen mulai usia 6 bulan untuk konsumsi. Nah, kalau untuk kebutuhan industri, sebaiknya dipanen pada usia 8 bulan. Dan kalau rimpang kencur untuk dijadikan bibitnya, panen dilakukan pada umur 10 sampai 12 bulan.


Baca juga ini :

Bagaimana cara panen kencur di polybag? Cara panen kencur dalam polybag cukup mudah, tinggal bongkar polybag beserta media tumbuhnya dan pisahkan rimpang kencur dari tanah yang masih lengket. Jangan main paksa ketika membongkarnya, pelan-pelan saja agar rimpang kencur tidak patah dan terluka.

Mau lihat hasil panen kencur dari polybag? Gambar di bawah ini tampak kencur yang baru dipanen. Rimpangnya lumayan bagus dan besar-besar. 

Ternyata Begini Cara menanam Kencur di Polybag yang Tepat
Panen Kencur. Gambar : Dokpri


Demikian artikel ini telah mengupas tuntas tentang cara menanam kencur di polybag. Semoga postingan ini dapat bermanfaat. 

Related Posts