--> Asal Dosis Tepat, Sekali Aplikasi Pupuk Dekastar untuk Aglaonema, Tahan 9 Bulan | Pupuk Lahan

4 Juli 2020

Asal Dosis Tepat, Sekali Aplikasi Pupuk Dekastar untuk Aglaonema, Tahan 9 Bulan

| 4 Juli 2020

Bagi Anda yang sedikit sekali waktu luang untuk merawat tanaman aglaonema di rumah, kini tak perlu khawatir lagi. Sebab, ada pupuk dekastar untuk aglaonema yang menjadi solusinya. Sekali memupuk dengan pupuk majemuk ini, 9 bulan Anda bebas dari urusan menjaga nutrisi tanaman hias aglaonema. Kuk bisa?

Asal Dosis Tepat, Sekali Aplikasi Pupuk Dekastar untuk Aglaonema, Tahan 9 Bulan
Aglaonema dan pupuk dekastar

Tapi, agar respon aglaonema terhadap pupuk NPK dekastar atau osmocote 17:11:10 tampak nyata dan cantiknya jelas, seperti lebar daun, jumlah daun, dan warnanya yang indah,  Anda perlu memberikan dosis pupuk dekastar yang tepat khususnya untuk tanaman cantik kesayangan Anda, yaitu aglaonema
Berapa dosis pupuk dekastar untuk aglaonema? Dosisnya tergantung kepada besar kecilnya pot, banyak tidaknya media tumbuh, dan muda ataukah sudah tua tanaman bermotif batik tersebut.

Mengenal jenis pupuk dekastar sebelum memupuk aglaonema
Seperti biasa, alangkah cerdasnya jika Anda mengerti dulu dengan pupuk dekastar sebelum memupuk aglaonema. Mengapa? Karena ketika Anda jalan-jalan ke toko bunga atau sarana pertanian, di sana akan Anda jumpai beberapa jenis pupuk dekastar. Ada dekastar 13:13:13, dekastar 6:13:25, pupuk dekastar 17:11:10, dan lainnya.
Nah, ketika tujuan Anda ingin memupuk tanaman aglaonema, maka yang Anda beli adalah pupuk dekastar 17:11:10. Pupuk ini sangat spesial dengan kadar nitrogen (N) yang tinggi. Kita tau nitrogen mendorong pertumbuhan vegetatif tanaman.
Bukankah yang dinikmati dari keindahan dari aglaonema adalah daunnya, bukan bunganya? Kalau demikian ceritanya,  berarti pilihan Anda jatuh pada dekastar 17:1:10 tidak keliru alias sudah tepat sekali.

Pupuk dekastar dan keuntungannya
Sebelum mata Anda lebih jauh menelusuri kalimat-kalimat hanya untuk mengintip dosis pupuk dekastar untuk aglaonema? Mari kita lihat dulu pupuk dekastar dan keuntungannya ketika digunakan sebagai pupuk tanaman.
Pupuk dekastar plus dengan nama barunya osmocote 17:11:10, merupakan salah satu jenis pupuk majemuk slow release. Bentuknya butiran dengan warna agak kecoklatan.

Asal Dosis Tepat, Sekali Aplikasi Pupuk Dekastar untuk Aglaonema, Tahan 9 Bulan
Bentuk dan warna pupuk dekastar 17:11:10
Sesuai dengan sifatnya slow release, pupuk dekastar melepaskan hara secara terkendali, perlahan, dan sesuai dengan kebutuhan tanaman. Makanya, sekali memupuk pupuk dekastar untuk 270 hari atau 9 bulan dan tanaman pun tetap subur.
Pupuk made in Holland ini tidak hanya mengandung N, P, dan K, namun terdapat juga trace elements (TE) yang biasa disebut unsur-unsur tambahan lain seperti unsur hara mikro yang sangat berperan untuk membantu pertumbuhan tanaman.

Kandungan hara pupuk dekastar 17:11:10
Sesuai dengan yang tertera di packing pupuk, yaitu 17:11:10, maka Anda pun sudah dapat menebak, berapa kira-kira kadar dari unsur hara makro yang dikandung oleh pupuk dekastar ini.
Berikut ini kadar hara pupuk dekastar atau osmocote 17:11:10
  • Nitrogen (N) total 17%
  • Fosfat (P2O5) tersedia 11%
  • Kalium (K2O) larut air 10%

Coba Anda perhatikan sekali lagi komposisi hara makro di atas. Tampak jelas bahwa pupuk dekastar 17:11:10 mengandung N lebih tinggi dari P dan K. Ini berarti, pupuk dekastar yang satu ini sangat memainkan perannya dalam menunjang pertumbuhan vegetatif tanaman, batang dan daun.
Karena kandungan zat nitrogen yang besar, makanya tidak mengherankan jika kadang-kadang pupuk dekastar 17:11:10 disebut juga pupuk daun. Ya, tidak mengapa dikatakan demikian 😅 Padahal yang relatif benar sebutannya adalah pupuk untuk pertumbuhan vegetatif, salah satunya daun atau pupuk untuk daun.
Baca juga : Cara Aplikasi Pupuk Daun Gandasil D dan B yang Tepat agar Cepat Diserap Tanaman
Jadi, bukanlah teka-teki lagi dan sudah amat jelas apa yang tersembunyi di balik pupuk dekastar tersebut. Jika Anda aplikasi pupuk dekastar untuk tanaman sri rejeki (aglaonema), akan tumbuh subur dengan daun-daunnya yang indah menawan.

Keuntungan pupuk osmocote atau dekastar plus
Apa sih sebetulnya keuntungan pupuk dekastar 17:11:10 ketika diaplikasikan untuk tanaman? Berikut penjelasannya sesuai dengan isi dari label osmocote ini.
  • Kehilangan hara akibat pencucian dan atau pengikatan oleh tanah diperkecil
  • Hara selalu tersedia dalam segala keadaan sekalipun kemasaman (pH) tanah rendah
  • Menghemat biaya dan tenaga kerja

Luar biasa untungnya pupuk osmocote ini. Sulit tercuci oleh air hujan, adaptif terhadap pH tanah, biaya pemupukan bisa lebih hemat, dan tak perlu banyak tenaga kerja untuk memupuk tanaman.

Dosis pupuk dekastar untuk aglaonema
Meskipun pupuk dekastar 17:11:10 ini bisa untuk berbagai jenis tanaman, kita fokus saja ke tanaman hias, salah satunya aglaonema. Sekarang mari kita lihat berapa takaran pupuk dekastar yang tepat untuk aglaonema.
Umumnya, tanaman hias aglaonema ditanam dalam pot. Ada yang ditempatkan di dalam ruangan (indoor) dan tidak sedikit yang meletakkan tanaman bercorak batik ini di luar (outdoor).
Oleh karena itu, karena terutama sekali ada perbedaan dari sisi ukuran pot (container) yang dipakai untuk menanam aglaonema, maka dosis pupuk dekastar untuk aglaonema juga mesti menyesuaikan.
Media tumbuh aglaonema yang besar, berbeda dosis pupuknya dengan media yang kecil. Jika disamakan, berpotensi mengganggu pertumbuhan tanaman kesayangan Anda.
Sebagai acuan Anda memupuk dekastar 17:11:10 untuk aglaonema, dapat dilihat seperti berikut ini
  • Ukuran pot kecil (diameter 10-20 cm), dosisnya 1-1,5 sendok teh (sdt) atau 5-7,5 gram untuk setiap tanaman aglaonema dalam pot.
  • Ukuran  pot besar (diameter 25-30 cm), dosisnya 2 sdt sampai 1 sendok makan (sdm) atau 10-15 gram untuk setiap tanaman aglaonema dalam pot.

Cara aplikasi pupuk dekastar untuk aglaonema
Perlu dicatat, bahwa akan menjadi sia-sia nutrisi yang Anda berikan untuk tanaman seandainya cara aplikasi pupuk slow release ini tidak tepat. Pupuk dekastar tidak dapat dimanfaatkan oleh tanaman aglaonema jika diletakkan di atas permukaan media tumbuh.
Selain rusak karena terkena sinar matahari yang panas, pupuk yang tersebar di permukaan tanah berpotensi hilang ketika terkena percikan air, baik karena penyiraman maupun karena hujan, serta hal lain yang tak terduga.
Oleh sebab itu, cara aplikasi pupuk dekastar yang tepat adalah dengan cara dibenamkan di sekeliling tanaman aglaonema. Sedangkan untuk anggrek yang media tanamnya arang, tidak dibenamkan, tapi dimasukkan ke dalam keranjang pupuk dekastar dan ditancapkan di dekat anggrek.

Kembali ke aglonema. Berikut ini cara aplikasi pupuk dekastar 17:11:10 untuk aglaonema
  • Buat lubang secara melingkar tanaman aglaonema dengan jarak minimal 5 cm dari tanaman (di sesuaikan dengan ukuran pot) dan kedalamannya 2-5 cm.
  • Taburkan pupuk dekastar ke dalam lubang
  • Tutup kembali dengan tanah
  • Siram secukupnya

Tetap jaga kelembaban media tumbuh dan hal-hal lain yang menyangkut perawatan tanaman aglaonema agar tetap tumbuh subur dan memancarkan pesona keindahannya. Demikian ulasan pupuk dekastar untuk aglaonema lengkap dengan dosis pemupukannya  semoga dapat bermanfaat untuk Anda.
BACA Juga : Merawat Aglaonema? Lakukan  8 Cara Ini Agar Indah dan Menawan

Tip.
Walaupun Anda sudah menyediakan nutrisi yang cukup bagus untuk tanaman aglaonema Anda, yaitu pupuk osmocote 17:11:10 atau dekastar plus, namun Anda juga tetap perlu menjaga kesuburan dan kegemburan media tumbuh setiap 6 bulan sekali dengan menambahkan kompos atau pupuk kandang.
Hal tersebut mesti dilakukan kalau ingin terus menikmati indahnya aglaonema. Kita tau, yang namanya pupuk anorganik atau pupuk kimia, seiring dengan waktu akan membuat tanah menjadi keras dan bahkan jenuh. Kondisi demikian menyulitkan akar tanaman untuk bergerak mencari zat makanan untuk pertumbuhannya.

Related Posts