--> Pupuk Tanaman Kakao agar Berbuah Lebat Tenyata ini | Pupuk Lahan

23 Maret 2020

Pupuk Tanaman Kakao agar Berbuah Lebat Tenyata ini

| 23 Maret 2020

Pupuklahan.blogspot.com -- Tanaman kakao (Theobroma Cacao L) akan tumbuh subur jika ditanam sesuai dengan syarat tumbuhnya. Selain syarat tumbuh, agar tanaman cokelat (kakao) berbuah lebat tentu saja membutuhkan nutrisi yang cukup dengan jenis pupuk yang tepat. Tidak hanya cukup dan tepat jenis, tetapi pupuk tanaman kakao pun mesti diaplikasi secara berkala dengan cara yang benar.

Pupuk Tanaman Kakao agar Berbuah Lebat Tenyata ini
Ilustrasi Pertanyaan Pupuk Kakao

Karena itu, menyisakan pertanyaan, apa pupuk tanaman kakao supaya subur dan berbuah lebat? Secara umum hanya ada dua jenis pupuk yang bagus untuk kakao, yaitu pupuk organik dan pupuk anorganik. Dan memang, sebetulnya kedua jenis pupuk tersebut saling mendukung dalam menunjang pertumbuhan dan produktivitas tanaman kakao.

Pemupukan kakao mesti teratur
Perlu kita sadari, berbuah lebat atau tidaknya tanaman kakao sangat ditentukan dari riwayat pemupukan. Misalnya, pernahkah kakao sebelumnya dipupuk, pupuk apa yang diaplikasikan, dan bagaimana cara pemupukan kakao, berapa dosisnya, dan lainnya.
Oleh sebab itu, jika berharap hasil produksi buah kakao optimal, maka pemupukan tanaman kakao mesti teratur dan tidak boleh terhenti dari setiap tahapan pertumbuhan dan perkembangannya. 

Pupuk tanaman kakao sudah harus diaplikasikan sejak saat penyiapan lahan, pemeliharaan bibit, pasca penanaman, dan ketika masuk fase generatif.

Pupuk Tanaman Kakao
Dalam artikel ini, admin pupuklahan.blogspot.com akan share untuk Anda tentang pupuk tanaman kakao pasca penanaman dan fase produksi buah cokelat. Pupuk apa saja dan bagaimana cara aplikasi pupuk kakao agar tumbuh subur dan berbuah banyak? Mari kita simak selengkapnya dalam ulasan di bawah ini.

Pupuk Tanaman Kakao agar Berbuah Lebat Tenyata ini
Tanaman dan buah kakao

Sebetulnya, supaya jenis dan dosis pemupukan tanaman kakao lebih akurat, perlu adanya evaluasi kesuburan lahan kakao melalui uji tanah. Dengan cara ini, tidak hanya tepat pupuk yang diaplikasikan untuk kakao, tetapi juga kemungkinan besar dapat menghemat biaya pemupukan.
Tetapi, jika Anda tidak menguji kadar hara pada lahan tanaman kakao, jangan sampai tidak memupuknya. Yang pasti pupuk tanaman cokelat tetap harus disuplai supaya tumbuh dan berbuah lebat.
Jenis dan dosis tentunya berpedoman pada pengalaman petani kakao lain atau anjuran pemupukan yang bersifat umum alias tidak spesifik lokasi. Jadi, begini pupuk tanaman kakao.

Pupuk pasca penanaman kakao sampai menjelang produksi buah
Seperti cerita tadi di atas, nutrisi tanaman kakao tidak boleh berkurang apalagi terhenti selama masa pertumbuhannya. Sebab, andai nutrisi kurang, hasil kakao pasti sedikit. Supaya tidak kecewa dengan hasilnya, yuk pupuk pohon kakao.
Tanaman kakao sudah mulai dipupuk pasca penanaman sampai dengan menjelang masa berbunga dan berbuah, kira-kira sampai umur kakao 2 tahun.
Berikut ini pupuk tanaman kakao selengkapnya mulai dari jenis pupuk sampai dengan waktu aplikasinya.
  • Pupuk kakao Susulan I ; 6 bulan setelah tanam, setiap tanaman kakao dipupuk dengan 75 gram ZA, 70 gram SP-36, 30 gram KCL, dan 25 gram pupuk Kieserit (ini pupuk magnesium).
  • Pupuk kakao Susulan II ; 12 bulan setelah tanam, berikan pupuk ZA saja sebanyak 100 gram per pohon.
  • Pupuk kakao Susulan III ; Usia tanaman kakao sudah 18 bulan, setiap tanaman kakao dipupuk dengan 150 gram ZA, 150 gram SP-36, 70 gram KCL, dan 50 gram pupuk kieserit.
  • Pupuk kakao Susulan VI ; Tepat usia kakao 2 tahun, pupuk lagi dengan ZA saja. Dosis pupuk ZA sebanyak 200 gram per pohon.


Pupuk tanaman kakao ketika sudah mulai berbuah
Pada waktu tanaman cokelat -- demikian orang-orang menyebutnya untuk kakao -- sudah berbuah atau sudah berproduksi, Anda tak boleh larut dalam kegembiraan 😅 Tetap saja berdoa dan berusaha merawat tanaman kakao agar buahnya semakin lebat. Lakukan pemupukan lagi sampai dengan tanaman kakao berhenti berbuah alias sudah tua.
  • Usia kakao 2,5 tahun atau 30 bulan ; Aplikasikan pupuk ZA dengan dosis 100 gram, 70 gram SP-36, dan 75 gram KCL per pohon.
  • Usia kakao 3 tahun ; Jenis dan dosis pupuk sama dengan pemupukan kakao pada usia 2,5 tahun.
  • Usia kakao 3,5 tahun ; Aplikasikan pupuk ZA dengan dosis 200 gram, 150 gram SP-36, dan 100 gram KCL per pohon.
  • Usia kakao 4 tahun ; Jenis dan dosis pupuk tanaman kakao sama dengan pemupukan pada usia 3,5 tahun.
  • Usia kakao 4,5 tahun ; Aplikasikan pupuk ZA dengan dosis 250 gram, 175 gram SP-36, dan 125 gram KCL per pohon.
  • Usia kakao 5 tahun ; Jenis dan dosis pupuk sama dengan pemupukan kakao pada usia 4,5 tahun.

Ketika masuk tahun keenam dan seterusnya, jenis dan dosis pupuk tanaman kakao sama dengan pemupukan pada usia 5 tahun atau menyesuaikan dengan produktivitasnya.
Supaya media tumbuh tanaman kakao tetap subur dan gembur, sebaiknya aplikasikan juga pupuk kandang atau kompos setiap setahun sekali. Bahkan, Anda bisa gunakan tambahan pupuk organik cair (POC) untuk nutrisi kakao. 
BACA JUGACara Cerdas Membuat Kompos dari Sampah Daun-DaunanBerkualitas Tinggi

Dosis pupuk kandang atau pupuk organik untuk kakao dapat disesuaikan dengan kesuburan tanah dan pertumbuhan tanaman.

Waktu dan cara aplikasi pupuk tanaman kakao
Pemupukan pohon kakao sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan dan akhir musim hujan. Ini berarti ada 2 kali pemupukan dalam setahun.
Sedangkan cara aplikasi pupuk untuk tanaman kakao seperti berikut ini.
  • Buat alur di sekeliling tanaman kakao dengan jarak ½ lebar tajuk tanaman kakao. Kedalaman alur kira-kira10-15 cm.
  • Taburkan pupuk ke dalam alur
  • Tutup kembali dengan tanah

Oh iya, apakah pupuk tunggal tersebut di atas bisa digantikan dengan pupuk NPK atau phonska untuk tanaman kakao? Tentu saja boleh. Tinggal Anda konversikan saja unsur hara N, P, dan K yang ada dalam pupuk tunggal, lalu sesuaikan dengan kadar pupuk NPK. Untuk ini, akan kita ulas pada kesempatan lain.
BACA JUGAPupuk NPK Phonska Plus, Panen Meningkat Karena Peran 5 Unsur ini
Itulah pupuk tanaman kakao. Jika pemupukan dilakukan dengan jenis pupuk dan dosis pupuk yang tepat, maka tanaman kakao akan subur dan berbuah lebat. Nutrisinya cukup, hasil buah cokelat pun tidak meragukan. Salam dari admin pupuklahan.blogspot.com buat teman-teman semuanya.

Related Posts