--> Yuk, Kenali Dulu Pupuk untuk Tanaman Markisa Sebelum Menanamnya | Pupuk Lahan

21 Desember 2019

Yuk, Kenali Dulu Pupuk untuk Tanaman Markisa Sebelum Menanamnya

| 21 Desember 2019
pupuklahan.blogspot.com -- Pupuk untuk Tanaman Markisa -- Apa kabar teman-teman pupuklahan.blogspot.com, semoga baik dan sehat semuanya.  Kesempatan ini kita akan menggali tentang pupuk untuk tanaman markisa. Pertanyaan-pertanyaan tentang pupuk apa saja yang diaplikasi untuk pohon markisa dan kapan dipupuk, semuanya akan dikupas sampai tuntas dalam artikel ini.

Yuk, Kenali Dulu Pupuk untuk Tanaman Markisa Sebelum Menanamnya
Buah Markisa ; Gambar pupuklahan.blogspot.com
Menanam markisa di perkarangan rumah pun perlu dipupuk
Meskipun Anda menanam markisa di perkarangan rumah, pemupukan tetap saja dibutuhkan kalau ingin tanaman markisa tumbuh subur dan cepat berbuah. Alangkah tidak elok dipandang orang jika markisa yang Anda tanam di halaman rumah seperti semak belukar penuh dengan ranting dan daun-daunnya saja 😅
Demikian juga jika Anda menanam markisa di kebun, aplikasikan pupuk yang cocok untuk markisa agar tumbuh subur dan cepat berbuah lebat.  Bukan hanya menjelang berbunga dan berbuah, namun pemupukan markisa sudah harus dimulai sebelum menanamnya, bersamaan dengan penyiapan lahan.

Pertumbuhan dan kualitas buah markisa tergantung pada pupuk
Yuk, Kenali Dulu Pupuk untuk Tanaman Markisa Sebelum Menanamnya
Daun dan Buah Markisa. Gambar pupuklahan.blogspot.com
Mungkin Anda pernah melihat pohon markisa yang minim sekali buahnya. Yang banyak cuman daun di atas para-para. Ini salah satunya bisa saja disebabkan oleh terlalu banyak memupuk dengan pupuk yang tinggi nitrogen.  Jika tinggi nitrogen, pertumbuhan vegetatif sulit dihentikan. Makin dipangkas pucuknya, semakin banyak tumbuh tunas dan daun.
Ada juga tanaman markisa yang berbuah banyak, namun kualitas buahnya rendah, seperti kecil-kecil dan kurang manis serta aromanya tidak mengundang selera. Pada kasus-kasus seperti itu, bisa jadi penyebabnya  adalah kekurangan unsur kalium. Padahal, kita maphum salah satu fungsi unsur hara kalium pada tanaman adalah untuk meningkatkan kualitas buah.
Jadi, pertumbuhan tanaman markisa apakah subur daunnya saja, buah lebat tapi kualitas rendah, dan lainnya sangat dipengaruhi oleh unsur hara yang ada dalam media tumbuh. Makanya, perlu jenis pupuk yang tepat untuk markisa.

Sebelum memupuk, pastikan Anda menanam markisa sesuai syarat tumbuh dan asal bibit
Sebelum kita melihat pupuk untuk tanaman markisa secara detail, pastikan dulu bahwa Anda menanam markisa sudah sesuai dengan syarat-syarat tumbuhnya seperti  ketinggian tempat, temperatur udara, curah hujan, kelembaban udara, dan juga kondisi tanah. Sebab, pemupukan tanaman markisa akan menunjukkan respon baik jika kondisi tumbuh lainnya sudah cocok.
Belum cukup dengan syarat tumbuh, pastikan juga Anda menanam markisa dari bibit hasil stek atau sambung pucuk. Sebab, bibit markisa hasil perbanyakan vegetatif, cepat tumbuh dan berbuah. Jadi, ketika Anda pupuk nantinya dengan jenis pupuk yang tepat, pohon markisa akan cepat keluar bunga dan berbuah.
BACA : Cara Stek Markisa Biar Cepat Tumbuh Tunas dan Akar

Pupuk untuk tanaman markisa
Baik, pupuk untuk tanaman markisa yang diusahakan untuk komersial sebetulnya mesti dilakukan uji tanah agar dapat diketahui unsur apa saja yang kurang dan sangat kurang serta unsur apa yang tidak ada sama sekali. 

Dengan cara seperti itu, selain cost pupuk dapat ditekan, aplikasi jenis dan dosis pupuk untuk markisa pun benar-benar tepat.
Kalau tanpa melewati tes kesuburan tanah, Anda tidak usah bingung. Pupuk untuk markisa tetap perlu diaplikasikan. Sebab, secara umum unsur hara yang ada dalam tanah rendah.  Namun, dosisnya tidak boleh tinggi. Dosis rendah, namun sering dipupuk sebetulnya cara yang paling aman untuk memupuk tanaman.
Apa saja pupuk untuk tanaman markisa dan kapan diaplikasikan? Yuk langsung saja kita simak seperti ulasan berikut ini.

1. Aplikasikan pupuk kandang sebelum menanam markisa
Pupuk untuk tanaman markisa sudah harus standby di dalam lubang tanam sebelum bibit markisa ditanam. Jadi, Minimal 2 minggu sebelum tanam, pupuk dasar markisa sudah diaplikasikan.
Pupuk dasar yang digunakan sebagai pupuk dasar berupa pupuk kandang. Anda bisa gunakan pupuk kandang dari kotoran sapi, ayam, dan boleh juga kompos.
Dosis pupuk kandang sebagai pupuk dasar markisa disesuaikan dengan ukuran lubang tanam. Semakin luas, semakin banyak pupuk kandang yang dibutuhkan. Sebagai acuan, untuk ukuran lubang tanam 40x40x40, dosis pupuk kandang 10-20 kg/lubang tanam.
Cara aplikasi pupuk dasar markisa adalah dengan cara mencampurkan tanah lubang tanam dengan pupuk kandang. Setelah dicampurkan, masukkan kembali ke dalam lubang tanam sampai menggunung dan biarkan selama 2-4 minggu sebelum tanam markisa.

2. Aplikasikan pupuk susulan tanaman markisa secara berkala dengan pupuk kimia dan pupuk organik
Tanaman markisa usia hidupnya relatif lama mencapai 3 tahun lebih. Oleh karena itu, agar tanaman markisa tetap produktif sepanjang tahun, perlu diberikan nutrisi susulan, baik dengan pupuk anorganik maupun pupuk organik setiap 3 bulan sekali.
Usia pohon markisa 3 bulan ; Aplikasikan pupuk NPK dengan dosis 25 gram per pohon markisa.
Pemupukan susulan markisa dilanjutkan setiap 3 bulan sekali dengan jenis dan dosis pupuk seperti berikut ini.
Usia markisa 6 bulan ; Aplikasikan pupuk NPK dengan dosis 50 gram per pohon markisa
Usia markisa 9 bulan ; Aplikasikan pupuk NPK dengan dosis 75 gram per pohon markisa
Usia markisa 1 tahun ; Aplikasikan pupuk NPK dengan dosis 100 gram per pohon markisa
Ketika tanaman markisa berumur lebih dari 1 tahun, tetap aplikasikan NPK secara berkala juga, 3 bulan sekali, dengan dosis 100 gram per pohon (sesuaikan dengan perkembangan tanaman).
Cara aplikasi pupuk NPK untuk markisa ; pupuk dibenamkan di sekeliling tanaman dengan jarak 20 cm dari pangkal tanaman markisa. 

Catatan : Anda boleh gunakan pupuk NPK 15:15:15 dan bisa juga NPK 16:16:16

Selingi dengan pupuk kandang dan pupuk tunggal
Agar subur dan produktif, selain pemupukan dengan NPK, pohon markisa perlu juga diberi pupuk susulan dengan pupuk organik berupa pupuk kandang dan pupuk tunggal berupa urea, SP-36, dan KCL. Rinciannya sebagai berikut.
Pupuk kandang ; dosisnya 20-30  kg per pohon markisa (sesuai kesuburan tanah) diaplikasikan ketika usia markisa 1 tahun.  Pupuk kandang cukup sekali per tahun.
Cara aplikasi pupuk susulan tanaman markisa yang berupa pupuk kandang dengan cara ditaburkan/sebarkan dekat dengan pohon markisa.
Urea, SP-36, dan KCl untuk markisa ; Dosis masing-masing 50-100 gram urea, 100 gram SP-36, dan 100-150 gram KCl per pohon markisa. Pupuk tunggal ini diaplikasikan setiap 6 bulan sekali.
Cara aplikasi pupuk tunggal untuk markisa ; dibenamkan di sekeliling tanaman  atau dalam larikan dengan jarak 20-25 cm dari pangkal tanaman.
Itulah pupuk untuk tanaman markisa agar tumbuh subur, cepat berbuah, dan berbuah lebat. Lakukan juga perawatan lainnya seperti pemangkasan tunas-tunas baru dan cabang yang panjang agar lebih produktif. Demikian yang bisa pupuklahan.blogspot.com sampaikan untuk teman-teman dan salam.

Related Posts