--> Segudang Manfaat Pupuk SP 36 untuk Tanaman Cabe | Pupuk Lahan

1 September 2023

Segudang Manfaat Pupuk SP 36 untuk Tanaman Cabe

| 1 September 2023

Budidaya tanaman cabe akan berhasil jika dilakukan pemupukan dengan tepat. Tanaman cabai tidak hanya butuh pupuk nitrogen dan kalium, tapi unsur hara fosfor juga amat diperlukannya. Karena itu, petani cerdas siap sedia selalu dengan pupuk SP-36 untuk menambah zat fosfor (P) pada tanaman cabe yang ditanamnya. 

Tanaman Cabe Merah Keriting
Tanaman Cabe Berbuah Lebat Karena SP-36

Karena petani memupuk cabai dengan pupuk yang mengandung unsur hara fosfor, kita barangkali bertanya-tanya. Apa kira-kira manfaat pupuk SP-36 untuk tanaman cabe? Kalau memang penting pupuk tersebut, kapan bagusnya diaplikasi untuk tanaman cabe?

Mengenal Pupuk SP-36

Sebelum menjawab manfaat atau fungsi dari pupuk SP-36 untuk tanaman cabe, kita kenal kembali lebih dekat dengan pupuk tanaman cabe (SP-36) yang handal tersebut.

Pupuk SP-36 ini merupakan singkatan dari superphosphate dengan kadar P sebesar 36%. Makanya disebut dengan SP-36. Pupuk phosfat ini cukup familiar dan populer di kalangan petani, khususnya petani tanaman cabe. Sebab, selain harga yang relatif terjangkau, pupuk ini juga mudah diperoleh karena sudah diproduksi di dalam negeri.

Tetapi, jangan kaget ketika membeli pupuk SP-36 untuk memupuk tanaman cabe. Kenapa? Karena pada kemasan/karung pupuk, selain tercantum unsur hara P, ada juga S. Ini artinya, Di samping mengandung fosfor, pupuk SP-36 juga mengandung belerang (S) sekitar 5%. Unsur S menyatu dalam SP-36 karena pada proses pembuatan melibatkan sulfat (sulfuric).

Pupuk SP-36 curah
Pupuk SP-36 curah

Karakteristik Pupuk SP-36

Bagaimana dengan kharakteristik atau sifat-sifat dari pupuk SP-36? Mengerti sifat dari pupuk merupakan cara cerdas sebelum memutuskan untuk membeli dan memupuk tanaman cabai. Sebab, dengan tau sifatnya, maka kamu akan tau juga nanti kegunaan pupuk SP-36 untuk tanaman cabai.

Kadar  P total dalam bentuk P2O5 sebesar 36%.  Walaupun kadar P lebih rendah dari pupuk TSP, namun pupuk SP-36 menjadi salah satu pilihan untuk memasok unsur hara esensial P tanaman.

Di samping mengandung fosfor, pupuk SP-36 juga mengandung belerang (S) sekitar 5%. Unsur S yang menyatu dalam SP-36 ini juga bagus sebagai tambahan unsur hara makro tanaman.

Karakeristik dari pupuk SP-36 secara umum hampir sama dengan pupuk TSP,  seperti warnanya abu-abu, berbentuk butiran atau granular dan bereaksi netral.

BACA juga :

4 Perbedaan Pupuk TSP dan SP-36

Akan tetapi, SP-36 agak sukar larut dalam air. Oleh karena itu, pupuk SP-36 juga harus dijadikan sebagai pupuk dasar agar lambat-laun dapat tersedia untuk tanaman.


Manfaat Pupuk SP-36 untuk Tanaman Cabe

Setelah mengenal dekat dengan pupuk SP-36, maka kamu akan tau manfaat memupuk tanaman cabe dengan pupuk superfosfat tersebut. Dari karakteristik sudah tergambar minimal ada satu unsur hara penting yang sangat dibutuhkan untuk kesuburan dan produktivitas tanaman cabai, yaitu unsur hara P.

Segudang manfaat dari pupuk SP-36 ini. Manfaat pupuk SP-36 untuk tanaman cabai seperti berikut ini, yaitu ; Untuk mencukupi unsur hara makro fosfor (P) sehingga mendorong dan mempercepat pertumbuhan akar tanaman cabe. Dengan cepat tumbuh akar, maka tanaman cabai dapat menyerap nutrisi yang ada di sekitar akarnya secara optimal.

Selain itu, dengan pemberian pupuk SP-36, tanaman cabe akan terpacu untuk membentuk bunga dan buah lebih lebat.

Yang lebih menakjubkan dari kegunaan pupuk SP-36 adalah dapat memperkuat ketahanan tanaman cabe dari serangan hama dan penyakit. Bahkan, tanaman cabe tidak mudah layu karena kekurangan air. Dengan kata lain, tanaman cabe tahan terhadap kekeringan.


Waktu aplikasi pupuk SP-36

Tunggu dulu, kapan sebaiknya pupuk SP-36 diaplikasi untuk tanaman cabe? Seperti telah kamu lihat dari sifatnya, yaitu agak sulit terlarut, maka sangat bagus pupuk tersebut digunakan sebagai pupuk dasar. Sebelum menanam tanaman cabe, maka pastikan pupuk SP-36 sudah tersedia dalam tanah.

Dengan aplikasi lebih awal, pupuk tersebut secara perlahan-lahan akan larut. Nah, ketika kamu mulai menanam, maka nutrisi fosfor sudah banyak terlarut, tersedia dan segera diserap akar tanaman cabe.


Cara aplikasi pupuk SP-36 untuk Cabe

Cara aplikasi sangat mudah. Kamu tabur pada bedengan tanaman cabe, dan campurkan secara merata dengan tanah. Setelah itu, kira-kira seminggu kemudian, kamu sudah bisa menanam tanaman cabe.

Oh ya ya hampir lupa ..Jika kamu butuh atau ingin belanja pupuk SP-36 dalam bentuk curah, murah dan berkualitas kamu bisa dapat disini.

BACA juga :

Ini Dosis Pupuk Phonska untuk Tanaman Cabe; Buah Lebat, Panen Berlipat

Setelah membaca artikel ini, semoga kamu sudah tau manfaat pupuk sp-36 untuk tanaman cabe. Pupuk superfosfat ini bisa untuk aneka tanaman yang pada pertumbuhannya sangat memerlukan unsur hara fosfor. Bisa untuk tanaman cabe keriting, cabai rawit, tomat, dan lain sebagainya.

Related Posts