--> Aneka Manfaat Kulit Pisang, Bukan Sekedar Pupuk | Pupuk Lahan

2 September 2023

Aneka Manfaat Kulit Pisang, Bukan Sekedar Pupuk

| 2 September 2023

 

Kalau biasanya kulit pisang (banana peel) kamu olah untuk pupuk tanaman, its ok dan sudah tepat. Tetapi, jika kamu paham keajaiban dan manfaat kulit pisang lainnya, tentu mulai sekarang kamu mungkin tidak lagi buang kulit pisang begitu saja. Atau, paling tidak, kamu akan sisihkan beberapa kulit pisang untuk kegunaan yang akan kamu lakukan.

Kulit pisang
Kulit pisang

Jika kamu sudah tau fungsi dari kulit pisang yang tersembunyi itu , bisa jadi kamu akan mengumpulkan sebanyak-banyaknya. Setelah itu, kamu akan olah atau daur ulang untuk aneka keperluan sehari-hari.


Kulit pisang mengandung mineral dan vitamin

Jadi, kenapa kulit pisang masih bermanfaat, kan kulit tidak bisa dimakan? Ups tunggu dulu. Meski namanya kulit pisang, tapi kandungan yang ada di dalamnya sangat luar biasa. Kulit pisang banyak mineral, vitamin, dan bahkan mengandung asam amino.

Mineral-mineral pada kulit pisang seperti potasium, nitrogen, kalsium, sulfur, natrium, magnesium, dan fosfor. Sedangkan vitamin yang ada dalam kulit pisang bukan hanya vitamin A, tetapi ada juga vitamin B, C, dan E. Semua zat-zat tersebut amat berguna untuk berbagai maksud penggunaannya. Mulai dari pupuk sampai dengan perawatan kulit manusia.


Manfaat kulit pisang

Penasaran apa saja manfaat kulit pisang? Yuk simak penjelasannya seperti uraian di bawah ini.

1. Pupuk

Untuk manfaat yang satu ini kamu pasti tidak asing lagi, apalagi kamu yang setia mengikuti artikel pupuk dari blog pupuk lahan.  

Kulit pisang bagus untuk dijadikan pupuk organik, baik untuk kompos maupun pupuk cair. Pupuk dari kulit pisang sangat alami dan murah-meriah untuk menyuburkan tanaman. Bahkan, kamu bisa langsung membenamkan kulit pisang dalam media tanam tanaman, lama-lama akan busuk dan menjadi pupuk.


2. Pengkilap daun tanaman hias

Kulit pisang bermanfaat sebagai pengkilap daun-daun tanaman hias, terutama tanaman hias indoor. Pengkilap natural dari kulit pisang ini mampu menghilangkan debu sekaligus membuat daun tanaman hias berkilau kembali.

Jika kamu punya tanaman hias dalam ruangan, kamu bisa coba menggosokkan daun tanaman tersebut dengan bagian dalam dari kulit pisang. Dalam sekejap, daun-daun bersinar kembali dan pastinya mengkilap. Jadi, kamu tidak perlu lagi beli pengkilap daun, cukup gesekkan kulit pisang saja. Murah dan praktis, bukan?


3. Pengkilap sepatu

Siapa bilang merawat sepatu kulit itu susah dan mahal? Kulit pisang masih bisa membantu sepatu kulit kamu menjadi mengkilap dan berkilau. Jadi, kalau kamu tidak ada semir di rumah, cukup pakai semir dari kulit pisang saja.

Sepatu mengkilap
Sepatu kulit mengkilap. Pixabay.com

Tapi jangan asal semir. Kamu harus bersihkan dulu debu dan kotoran disepatu dengan kain. Kemudian, gosokkan bagian dalam kulit pisang (kulit pisang kurang matang) dan lihat hasilnya yang sangat menakjubkan, yaitu berkilau seperti sepatu kulit yang baru. 


4. Pakan ternak

Kulit pisang sangat bermanfaat untuk pakan ternak. Kenapa? Karena banyak mineral dan vitamin dari kulit pisang yang menjadi nutrisi dan membantu pertumbuhan ternak.

Kalau secara tradisional, peternak memberikan kulit pisang sebagai pakan selingan ternak alias snack. Alasannya, bisa jadi karena keterbatasan stok kulit pisang.

Tapi tahukah kamu? Dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan di zaman now, kulit pisang diolah terlebih dulu menjadi pakan ternak. Istilah kerennya, kulit pisang difermentasi terlebih dulu dengan EM4 sebelum diberikan untuk pakan ternak. Dengan fermentasi, kandungan dan nilai nutrisi pakan ternak dari kulit pisang meningkat.

BACA juga :

8 Langkah Memperbanyak EM4 Sendiri ; Praktis dan Murah-Meriah


5. Meredakan rasa gatal akibat gigitan nyamuk

Ternyata, kegunaan kulit pisang lainnya adalah untuk mengurangi gatal karena gigitan nyamuk atau serangga lainnya. Kulit pisang bisa jadi solusinya setelah nyamuk menyerangmu.

Kandungan zat dari kulit pisang termasuk adanya polisakharida, menjadikan kulit pisang sebagai bahan alternatif pereda gatal pada bagian kulit karena gigitan nyamuk.

Hanya dengan menggosok bagian dalam kulit pisang pada kulit yang gatal akibat sengatan nyamuk, maka rasa gatal pun tenang. Luar biasa manfaat si kulit pisang.

Kalau dikaji lebih jauh lagi, manfaat kulit pisang mungkin lebih banyak lagi. Itulah manfaat kulit pisang yang dahsyat. Mulai saat ini, pandanglah kulit pisang dengan dua mata, jangan sebelah mata lagi alias dont dianggap remeh dan sampah yang harus dibuang ha ha ha. Terima Kasih sudah hadir. Semoga informasi seputar kulit pisang ini menjadi bermanfaat.

Related Posts