--> Kamu tau? ini Sebenarnya Manfaat Ampas Teh untuk Tanaman | Pupuk Lahan

31 Agustus 2023

Kamu tau? ini Sebenarnya Manfaat Ampas Teh untuk Tanaman

| 31 Agustus 2023

 

Seperti halnya penikmat kopi, yang suka minum teh juga tidak sedikit. Tetapi sayangnya, tidak banyak yang tau adanya manfaat ampas teh untuk tanaman yang sangat dahsyat.  

Ampas teh
Ampas teh untuk tanaman. Pixabay.com

Karena tidak paham akan kegunaannya, tidak mengherankan ketika ampas teh tersebut dibuang begitu saja setelah diambil ekstraknya. Dicampakkan ke tong sampah setelah diambil air tehnya.

Banyak sekali ampas teh kalau mau dipakai untuk menyuburkan kebun atau lahan di rumah kamu. Ada ampas teh bubuk yang tersisa setelah disaring dan ada juga ampas dalam bentuk kantong, ya teh celup namanya. Ada yang bersumber dari rumah tangga, dan banyak juga yang berasal dari buangan warung.

Apapun bentuknya, ampas teh tersebut masih ada bermanfaat khususnya untuk tanaman. Apalagi kalau kamu suka berkebun di rumah, tepat sekali jika ampas teh tersebut dijadikan pupuk gratis untuk perawatan tanaman.

Ampas teh sebagai nutrisi tanaman

Kenapa teh bekas masih ada kegunaan atau manfaat untuk tanaman? Ini tidak lain karena ampas teh mengandung nutrisi penting tanaman, yaitu nitrogen (N). Selain nitrogen, ada juga mineral lainnya seperti magnesium (Mg), seng/zingkum (Zn), dan teman-teman mineral lainnya.

Ampas teh celup
Kantong teh celup. Pixabay.com

Ampas teh bagus sekali untuk menambah nutrisi dan menyuburkan tanaman sayuran buah seperti cabai, tomat, dan ok juga untuk sayuran daun seperti bayam, kangkung, seledri, dan lainnya. Bahkan, bubuk teh bekas seduhan tersebut bisa menyuburkan tanaman hias, terutama yang toleran sedikit keasaman.

Cara aplikasi ampas teh untuk tanaman

Cara aplikasi atau cara memupuk tanaman dengan ampas teh harus benar agar mendapat hasil yang baik. Simak caranya seperti di bawah ini.

Taburkan ampas teh bekas di atas media tumbuh tanaman, ya sekitar perakaran. Bisa menggunakan 1-2 kantong teh celup untuk setiap tanaman, tergantung ukuran media tumbuhnya. Sebelum menabur, buka dulu kantong teh celup (jika bersal dari teh celup), lalu ambil ampasnya untuk ditaburkan.

Lakukan penyiraman seperti biasa. Dengan penyiraman, nutrisi dari ampas teh akan larut dan tersampaikan ke akar tanaman. Secara perlahan-lahan tanaman akan tumbuh subur dan berbunga/berbuah lebat.

Selain ditabur, boleh juga digunakan sebagai pupuk tanaman dalam bentuk cair. Ini artinya, sebelum memupuk tanaman, seduh sekali lagi ampas teh celup atau bubuk teh bekas tersebut dengan air panas dan biarkan dingin/terendam dulu selama satu malam.

Pisahkan air dan ampas. Kemudian siram tanaman yang kamu tanam di rumah dengan air rendaman ampas teh. Sedangkan ampasnya, kamu tabur di media tanam.

Jadi, kesimpulannya, manfaat ampas teh adalah untuk nutrisi tanaman karena mengandung unsur hara yang dibutuhkan tanaman.  Karena ada nutrisi, maka ampas teh berguna untuk mendorong pertumbuhan dan kesuburan tanaman. Bahkan sebetulnya, dapat memperbaiki sifat fisik dan biologis media tumbuh yang ujung-ujungnya meningkatkan kesuburan tanah dan tanaman.

BACA :

Cara Aplikasi Pupuk Gandasil B dan D yang Benar

Cara Memupuk Tanaman dengan Ampas Kopi yang Benar

Demikian ulasan singkat seputar manfaat ampas teh untuk tanaman.  Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related Posts