--> Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya | Pupuk Lahan

15 Januari 2020

Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya

| 15 Januari 2020

pupuklahan.blogspot.com -- Pestisida sangat dibutuhkan untuk mengendalikan serangan hama pada berbagai jenis tanaman budidaya seperti tanaman sayuran, tanaman hias, dan lainnya. Nah, salah satu obat anti hama yang amat mudah Anda peroleh dan ampuh mengusir serangga adalah pestisida organik dari nasi basi.

Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya
Insektisida nasi basi

Salah satu manfaat nasi basi untuk biopestisida
Nasi bekas yang tidak habis dikonsumsi ternyata cukup banyak manfaatnya. Diantara sekian banyak manfaat nasi basi, salah satunya dapat diolah menjadi biopestisida yang lebih dikenal dengan pestisida organik.
Anda tak perlu heran dengan pestisida organik dari nasi basi. Sebab, pestisida yang zat aktifnya mikroba seperti bakteri, kapang, virus, dan lainnya, malah telah banyak diproduksi untuk melindungi dan mengendalikan aneka hama tanaman.

Cendawan mudah tumbuh pada nasi
Para ahli mikrobiologi telah menemukan bahwa nasi merupakan media yang cukup disukai oleh cendawan karena mengandung karbohidrat dan protein.
Jika dibiarkan beberapa saat saja, maka nasi berubah menjadi basi karena mulai tumbuhnya jamur atau fungi. Awal pertumbuhan dapat ditandai seperti kapas bewarna putih dan kuning agak kehijauan. Semakin hari menjadi semakin banyak pertumbuhannya hingga berubah warna menjadi coklat dan gelap.

Mikroba pada nasi basi memproteksi tanaman dari serangga
Meskipun tidak sehat untuk dikonsumsi manusia, namun nasi bekas tersebut amat menguntungkan untuk tanaman. Sebab, mikroba yang tumbuh pada nasi dapat memproteksi tanaman.
Jamur pada nasi basi mengeluarkan zat-zat yang dapat meracuni serangga seperti ulat, belalang, kutu putih, dan hama serangga lainnya yang hinggap dan merusak tanaman Anda.
Dengan kata lain, jamur entomapatogenik dari nasi busuk merupakan insektisida paling ampuh untuk melindungi tanaman dari porak-poranda hama serangga .

Yuk membuat pestisida organik nasi basi
Sayangnya, untuk menjadi ‘obat’ semprot tanaman, nasi yang sudah bermalam butuh sedikit usaha dari Anda. Dengan perlakuan sederhana, nasi basi dapat berubah wujud menjadi pestisida organik yang ramah lingkungan.
Apakah Anda tertarik menggunakan nasi tersisa untuk mengontrol hama serangga pada tanaman?  Jika ya, nih simak cara sederhana membuat pestisida organik dari nasi basi.

1. Kumpulkan nasi yang tersisa

Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya
Nasi Basi
Langkah pertama untuk membuat pestisida organik adalah mengumpulkan nasi yang tersisa. Jika di rumah Anda ada nasi yang tidak habis dikonsumsi, kumpulkan dan taruh pada wadah seperti piring, toples, atau tempat penyimpanan lainnya.
Biarkan nasi bekas tersebut terbuka alias jangan ditutup. Tempatkan pada area yang agak gelap dan jauh dari jangkauan anak-anak, hewan, atau semut. Anda mungkin bisa menempatkan pada sudut ruangan, namun tetap tidak ada gangguan dan juga tidak mengganggu kenyamanan Anda.
Setelah +/- 2 malam (2 x 24 jam), nasi basi tersebut sudah siap untuk diolah menjadi pestisida seperti pada langkah berikut ini.

2. Siapkan media untuk membuat larutan pestisida nasi basi
Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya
Wadah untuk Membuat Pestisida Organik
Anda mesti menyiapkan media seperti botol, toples, atau jirigen sebagai wadah fermentasi nasi basi. Gunakan media atau wadah yang mudah Anda dapatkan dan ukurannya sesuai dengan volume pestisida yang ingin Anda racik.
Cuci wadah yang akan Anda gunakan sampai bersih sehingga tidak ada kotoran atau noda yang bisa mengontaminasi bahan untuk membuat pestisida nasi basi. Lap dan keringkan wadah tersebut.

3. Masukkan nasi basi ke dalam botol atau wadah lainnya.

Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya
Campuran Nasi Basi dan Air

Ambil 1 genggam nasi basi dan masukkan ke dalam botol. Tuangkan sebanyak 1 liter air sumur (jangan air yang mengandung kaporit) ke dalamnya. Aduk-aduk  dan tutup, tapi jangan terlalu rapat ditutup. Biarkan longgar agar terjadi sirkulasi udara.
Jika Anda membuat pestisida dalam jumlah banyak, maka ingat perbandingannya adalah 1:10. Misalnya, 1 kg nasi basi ditambah air sebanyak 10 liter, jika 500 gram nasi basi ditambah 5 liter air, demikian perbandingannya.

4. Diamkan campuran nasi basi selama +/-1 minggu

Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya
Diamkan Campuran Nasi Basi Selama 1 Minggu

Simpan botol yang telah diisi nasi dan air tersebut pada tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung. Goyang-goyang atau aduk sebentar sekali saja setiap hari sampai hari ke-6.

5. Saring larutan pestisida organik nasi basi

Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya
Memisahkan ampas dan pestisida nasi basi
Biopestisida nasi basi sudah jadi pada hari ke-7 dan siap digunakan untuk menyemprot tanaman. Namun sebelum digunakan, Anda saring terlebih dahulu dengan mengunakan saringan halus yang terbuat dari kain atau logam stainless atau lainnya.
Pisahkan ekstrak dan ampas nasi basi. Cairan pestisida yang telah disaring disimpan dalam botol atau dapat langsung diisi ke dalam sprayer untuk membasmi hama tanaman. Sedangkan residu/ampas nasi basi digunakan untuk membuat pupuk kompos.

Pestisida Nasi Basi Ampuh Usir Hama lho, Begini Langkah Membuatnya
Pestisida organik nasi basi siap digunakan
 untuk mengusir hama serangga pada tanaman

Cara aplikasi pestisida organik nasi basi
Untuk mengusir hama serangga pada tanaman, Anda tidak perlu lagi mengencerkan asalkan perbandingan nasi basi dan air pada saat pembuatan sesuai petunjuk.
Tuangkan pestisida nasi bekas ke dalam alat semprot atau sprayer, semprot ke seluruh bagian tanaman secara tipis-tipis saja, tapi merata. Ulangi penyemprotan setiap 7-10 hari sekali agar hasilnya lebih efektif dan tanaman bebas dari serangga pegganggu.
Seperti itulah cara membuat pestisida organik dari nasi basi. Aplikasi insektisida murah meriah, sehat, dan aman lingkungan ini secara teratur agar tanaman terbebas dari gangguan hama.
BACA JUGA : Cara Membuat Pestisida Organik untuk Membasmi Hama Tanaman dan Teknik Aplikasinya
Saran
Agar lebih sehat dan aman dari mikroba, gunakan sarung tangan dan masker pada saat membuat pestisida organik dari nasi yang telah berjamur. Demikian juga pada saat menyemprot tanaman, tetap gunakan pelindung tubuh Anda. 

Related Posts