--> Tips Bisnis Tanaman Hias untuk Pemula agar Meraup Untung Selangit | Pupuk Lahan

27 September 2019

Tips Bisnis Tanaman Hias untuk Pemula agar Meraup Untung Selangit

| 27 September 2019

Tips/Cara Bisnis Tanaman Hias – Berbisnis tanaman hias memang cukup prospektif dan menguntungkan. Tapi, untuk mendapatkan untung besar tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi pemula, mereka mesti menguasai strategi pemasaran agar tanaman hias laris manis bak pisang goreng di musim hujan. Dengan kata lain, mereka perlu memahami cara bisnis tanaman hias

Tips Bisnis Tanaman Hias untuk Pemula agar Meraup Untung Selangit
Ilustrasi Tanaman Hias. Gambar : Pixabay.com

Peluang Bisnis Tanaman Hias
Peluang usaha tanaman hias terbuka lebar bagi yang mau cepat kaya. Sebab, banyak orang menyukai tanaman indah nan menawan hati itu. Bukan hanya ibu-ibu, namun kaum bapak pun suka dengan tanaman hias.
Lihatlah! Untuk mempercantik taman dan ruangan kantor, hotel, apartemen, dan lainnya, tanaman hias menjadi salah satu tanaman yang paling banyak dilirik. Bahkan, tanaman yang elok daun atau bunganya, menjadi pilihan untuk menghias trotoar yang berada di sisi kiri, tengah, atau kanan jalan
Semua itu adalah kesempatan ‘emas’ untuk memulai bisnis jualan tanaman hias. Kalau Sobat lengah sedikit saja, peluang bisnis yang sudah tampak di depan mata, akan cepat berlalu secepat kilat dan tidak pernah datang dua kali untuk menghampiri Sobat.
Memang teruntuk yang sudah senior dalam berdagang tanaman hias, tak usah diajarkan lagi. Semua teknik dan gaya menarik uang dari konsumen tanaman hias, sudah di luar kepala.

Bisnis Tanaman Hias, Butuh Strategi
Namun, lain cerita dengan pemula yang baru saja ingin terjun dalam dunia bisnis tanaman hias. Mereka butuh strategi penjualan bagaimana usaha jualan tanaman hias yang hendak dirintisnya cepat maju dan berkembang.
Cepat laku, pembeli banyak, modal minim, dan untung besar adalah harapan dari mereka yang berbisnis terutama bisnis tanaman hias.

Bagaimana strategi/kiat memasarkan tanaman hias?
Nah, bagaimana strategi atau tips pemasaran tanaman hias dengan pangkal sedikit, tapi labanya banyak? Dengan kata lain, bisnis tanaman hias dengan modal sedikit, untungnya selangit.
Memang tidak sulit untuk menjalankan usaha jualan tanaman hias untuk cepat berhasil. Asalkan calon pembeli sudah mengenal produk yang Sobat tawarkan, lalu mereka membelinya, untung pasti ‘kan datang.
Berikut ini tips atau bisnis tanaman hias untuk Sobat, yaitu 4 strategi pemasaran bisnis tanaman hias agar cepat laris dan bisa meraup untungnya selangit alias labanya banyak.

Tips Bisnis Tanaman Hias untuk Pemula agar Meraup Untung Selangit

1. Jenis Tanaman Hias
Salah satu cara bisnis tanaman hias yang amat menentukan laris atau tidaknya adalah jenis tanaman hias yang Anda jual. Ini istilahnya produk yang akan kita jual.. 
Pertanyaannya, jenis tanaman hias apa yang Sobat tawarkan untuk konsumen? Supaya tanaman hias Sobat dilirik pembeli, maka tawarkan jenis-jenis tanaman hias yang respon pasar tinggi.
Perkenalkan kepada pasar jenis tanaman hias yang amat dicari oleh pecinta tanaman hias, yang sedang ngetrend, sedang booming, dan jenis tanaman indah yang disukai sepanjang masa. Bahkan, intip juga apakah mereka suka tanaman hias daun atau yang berbunga.
Sobat harus mengerti apa yang dibutuhkan konsumen saat ini dan yang akan datang. Kalau tidak, stok bisnis tanaman hias, akan tumbuh besar di tempat alias tidak laku.
Nah, untuk mengetahui jenis tanaman hias yang sedang banyak dilirik para pecinta tanaman hias, Sobat bisa bertanya sama teman-teman di sekitar domisili Sobat. Akan lebih cerdas lagi, kalau Sobat gunakan keywords tool di internet untuk melihat jenis tanaman hias apa yang paling banyak dicari pembeli.
Berikut ini beberapa jenis tanaman hias yang patut dipertimbangkan untuk komoditas bisnis.
  • Aglaonema
  • Anggrek
  • Lidah buaya
  • Lidah Mertua
  • Euphorbia
  • Lili Paris
  • Suplir
  • Dan lainnya
2. Harga jual tanaman hias
Tips Bisnis Tanaman Hias untuk Pemula agar Meraup Untung Selangit

Jangan salah menentukan harga jual. Hanya karena ingin mengejar laba, tetapi produk tanaman hias Sobat dilirik sebelah mata oleh konsumen. Seharusnya mereka ingin membeli, tetapi harga tidak logis, mereka belanja di toko/taman bunga sebelah
Oleh karena itu, tentukan harga seirama dengan kompetitor bisnis tanaman hias lainnya. Jika ingin menaikkan sedikit harga, pastikan Sobat memberi pelayanan yang lebih dan mungkin ada bonus, diskon, serta lainnya yang ditawarkan.
Agar bisa mendapatkan laba tinggi dari bisnis tanaman hias Anda adalah belilah tanaman hias dengan harga yang rendah pada langganan Sobat. Belilah dalam jumlah yang relatif banyak agar ada diskon harganya.
Rahasia lain untuk bisa meraih untung banyak dari bisnis tanaman hias Sobat adalah sebagai berikut :

  • Belajar melakukan pembibitan tanaman hias sendiri
  • Belajar membuat media tanam tanaman hias
  • Belajar meracik pupuk organik untuk nutrisi tanaman hias
BACA JUGA :

    Nah, tiga hal tersebut Sobat kuasai, luar biasa hemat dan menekan biaya untuk stok tanaman hias di tanam/lokasi bisnis. Dengan cara seperti itu, Sobat bahkan bisa memasarkan tanaman hias dengan harga sedikit lebih rendah dibandingkan tempat penjualan tanaman hias yang lain.

    3. Lokasi penjualan tanaman hias
    Hal lain yang menentukan bisnis Sobat cepat naik daun dan cepat sukses adalah lokasi. Keberadaan tempat memang sangat menentukan apalagi di awal-awal mulai menjalankan usaha jualan tanaman hias.
    Pilihlah lokasi untuk membuka taman pemasaran tanaman hias pada lokasi yang strategis seperti ramai penduduk, dan banyak yang melintasi. Bila tersedia space/area kosong, pilihlah yang lebih dekat dengan area perkantoran baik pemerintah maupun swasta.


    Tips Bisnis Tanaman Hias untuk Pemula agar Meraup Untung Selangit
    Photo by Leonie Christine on Unsplash

    Namun, pertimbangkan juga dari sisi sewa lahan untuk bisnis tanaman rias. Carilah area yang lebih murah agar bisa mendapat untung dari penjualan tanaman hias Sobat.
    Jika memang memungkinkan, kenapa tidak memanfaatkan area kosong yang ada di rumah Sobat untuk memulai bisnis tanaman hias. Ini lebih menguntungkan dan jauh dari resiko rugi.
    Secara pelan-pelan memang sampai akhirnya produk dagangan tanaman hias Sobat semakin dikenal luas. Tapi, tetap perkenalkan usaha Sobat ke calon konsumen melalui berbagai promosi.

    4. Promosi produk tanaman hias
    Ini juga termasuk cara bisnis tanaman hias yang tidak boleh disepelekan. Buka kunci bisnis tanaman hias Sobat dengan promosi. Sobat perkenalkan produk tanaman hias kepada keluarga, teman, tetangga, hingga meluas ke seluruh pelosok tempat Sobat domisili.
    Sobat juga bisa tawarkan untuk patner bisnis jika stok tanaman hias tersebut hasil pembibitan atau perbanyakan sendiri. Lakukan kerja sama yang baik dengan pemasar tanaman hias lainnya dan tawarkan dengan harga yang bersaing dengan penyedia bibit tanaman hias lainnya.
    Cara lain untuk promosi bisnis tanaman hias Sobat adalah melalui iklan di media massa, website/blog, instagram, brosur, dan lainnya. Tawarkan produk dagangan Sobat dengan jenis tanaman hias yang menarik dan harga bersaing.

    BACA JUGA : Mau Buka Usaha? Bisnis Pupuk Pilihan Tepat untuk Anda
    Dengan tips atau cara bisnis tanaman hias seperti itu, bisnis Sobat berkembang lebih cepat dan dikenal di seantero negeri. Akhirnya, yang didamba-dampa pun datang, sukses dan meraih untung berlipat-lipat dari usaha penjualan tanaman hias.

    Related Posts