--> 9 Langkah Budidaya Jagung Manis yang Tepat Agar Hasil Melimpah | Pupuk Lahan

17 Maret 2019

9 Langkah Budidaya Jagung Manis yang Tepat Agar Hasil Melimpah

| 17 Maret 2019

Budidaya Jagung Manis – Kalau ingin menanam jagung, jagung manis sepertinya menjadi pilihan yang tepat. Sebab, bukan hanya mudah dari sisi budidaya, tetapi juga potensi pasar yang sangat menjanjikan. Bahkan, kalau tepat memilih varietas dan juga perawatan benar, jagung manis bisa dipanen dengan hasil yang melimpah.

Kalau rata-rata bobot tongkol jagung manis yang dipanen 300 gram/tongkol, ini berarti dalam satu hektar menanam jagung manis bisa membawa pulang hasil sekitar 30 ton. Wow, hasil produksi yang sangat fantastis. Kalau dirupiahkan berapa? Tinggal dikali-kali saja dengan harga pasar di tempat masing-masing.

9 Langkah Budidaya Jagung Manis yang Tepat Agar Hasil Melimpah
Gambar : Pixabay/pixel1

Namun, untuk mendapatkan panen jagung manis seperti itu tentu ada syarat-syaratnya yang mesti dipenuhi dalam budidaya jagung manis. Misalnya, Sobat harus memilih varietas jagung manis unggul yang tepat, penyiapan lahan yang baik, waktu menanam, pupuk, perawatan yang  semestinya dan pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT).

Organisme pengganggu tanaman (OPT) -- disebut juga dengan hama dan penyakit tanaman -- merupakan tantangan tersendiri. Hama dan penyakit sangat suka mengganggu jagung yang tinggi kadar gula ini. Sedikit saja lengah, petani harus pulang tangan kosong dengan raut wajah yang cemberut.


Sekilas mengenal jagung manis

Yuk kita lihat dulu sekilas apa itu jagung manis. Jagung manis ini rasanya bisa manis karena banyak kandungan gulanya dari pada pati. Makanya, jagung manis jika kering akan menciut atau keriput sehingga tampilannya sudah tidak menarik lagi. 

Tapi, kalau masih muda begitu “menggoda”, semuanya suka ðŸ˜… Saat muda, tampilan jagung manis begitu elok sekali dengan bijinya yang mengkilap dan bercahaya serta tembus pandang.

Dari mana asal jagung manis? Jagung manis ini lahir berkah ketekunan para pemulia tanaman jagung. Jadi, jagung manis ini berkembang dari jagung biasa. Ada yang menyebutnya, jagung manis berkembang dari jagung gigi kuda (dent corn) dan jagung mutiara (flint corn).

Nah, kenapa bisa manis rasa jagung tersebut? Menurut “kacamata” para ahli menyimpulkan bahwa dalam jagung manis ada suatu gen resesif yang bisa mencegah gula menjadi pati.


Untuk apa jagung manis?

Meskipun tadi di atas telah disinggung secuil pemanfaatan jagung manis, namun tidak keliru kalau kita coba lihat lebih luas untuk apa saja sebenarnya hasil panen jagung manis. Berikut ini beberapa pemanfaatan jagung manis.
  • Untuk bahan baku industri minuman seperti sirup
  • Dapat diolah menjadi susu jagung manis
  • Jagung manis bisa untuk sayuran
  • Dapat diolah menjadi sup jagung manis
  • Aneka olahan kue seperti bakwan
  • Dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan
  • Bisa diolah menjadi camilan
  • Dikonsumsi dalam bentuk jagung rebus dan jagung manis bakar
  • Batang dan daun yang kering bisa diolah menjadi pupuk kompos 
  • Dan lain sebagainya

9 Langkah Budidaya Jagung Manis yang Tepat Agar Hasil Melimpah
Jagung Manis Bonanza F1


Lantas, bagaimana cara budidaya jagung manis yang tepat agar produksinya tinggi? Yuk simak langkah-langkahnya seperti berikut ini.



1. Lihat dulu syarat tumbuh jagung manis sebelum menanamnya

Jagung manis bukanlah tipe jagung yang manja dalam hidupnya alias ia sangat adaptif. Jagung yang banyak kandungan gula ini tidak memerlukan persyaratan yang so spesial atau ketat. Makanya, kita bisa lihat ada jagung manis yang dibudidaya di lahan kering, sawah, pasang surut. Bahkan, tanpa olah tanah (TOT) pun jagung manis bisa tumbuh.

Namun, agar jagung manis dapat tumbuh dan berproduksi optimal, ada beberapa syarat yang mesti terpenuhi. Berikut ini syarat-syarat tumbuh jagung manis.
  • Tumbuh dengan baik pada tanah gembur, subur, dan berhumus
  • Menghendaki tanah lempung atau lempung berdebu
  • pH tanah berkisar 5,5 sampai 7,5
  • Ketersediaan air yang cukup mulai masa vegetatif, berbunga, dan pengisian biji
  • Drainase dan aerasi tanah yang lancar dan baik
  • Intensitas matahari yang cukup dari pagi sampai sore (+/- 8 jam)
  • Tumbuh pada iklim tropis dengan curah hujan yang cukup
  • Dapat tumbuh di dataran rendah, menengah, sampai dataran tinggi (pengunungan)
  • Temperatur yang cocok berkisar 27 – 320C

Itulah syarat-syarat tumbuh jagung manis yang ideal. Nah, kalau lahan Anda tidak  100% memenuhi persyaratan di atas, itu bukan kendala menanam jagung manis. Sebab, beberapa di antaranya masih bisa kita perbaiki.

Kita bisa sesuaikan lahan agar jagung manis tumbuh dan produktif. Misalnya, struktur tanah keras diolah dulu agar gembur, tanah masam bisa diberikan kapur, kurang subur bisa tambah pupuk, ternaungi matahari bisa tebang pohon yang menghalangi sinar matahari, kurang bahan organik berikan pupuk kandang saat penyiapan lahan, dan lain-lain.


2. Siapkan lahan jagung manis
9 Langkah Budidaya Jagung Manis yang Tepat Agar Hasil Melimpah
Gambar : Pixabay/ksunliang
Penyiapan lahan merupakan tahapan penting dalam budidaya jagung. Apalagi, mengharapkan produksi tinggi dan tongkol jagung manis bisa tumbuh maksimal, maka lahan tanam sangat menentukan.

Lahan tanam jagung manis perlu pengolahan dengan cara dibajak atau dicangkul sedalam 20-30 cm. Tujuannya agar struktur tanah menjadi gembur dan mudah dibentuk bedengan-bedengan. Dengan pengolahan tanah lebih sehat, aerasi tanah dan drainase tentu saja menjadi lebih mantap.

Untuk menanam jagung manis, siapkan bedengan dengan lebar 1 meter dan tinggi 30-40 cm. Jarak antar bedengan 60 cm. Panjangnya disesuaikan dengan luas dan kondisi lahan serta pertimbangan kemudahan dalam perawatan nantinya.

Berikan pupuk dasar untuk jagung manis berupa pupuk kandang sebanyak 10-20 ton per hektar (tergantung kesuburan tanah). Pupuk kandang boleh tunggal atau campuran pupuk kandang sapi dengan ayam. Sebaiknya berikan juga insektisida pada bedengan agar meminimalisir organisme pengganggu tanaman.

Kalau tanah untuk menanam jagung manis bersifat masam atau berada pada di bawah pH syarat tumbuh, maka lahan perlu pengapuran dengan dolomit. Dosisnya secara umum 2 ton per hektar.

Pemupukan dasar ini dilakukan minimal 2 minggu sebelum tanam. Caranya dengan menyebar pupuk kandang ke bedengan dan dicampurkan/ditutup dengan tanah. 

Sebelum menyebar, boleh juga buat 2 alur/larikan pada bedengan, lalu sebarkan pupuk dalam larikan dan tutup dengan tanah. Nantinya, benih jagung akan ditanam tepat pada larikan pupuk yang ditebar.


3. Siapkan benih jagung manis yang unggul

9 Langkah Budidaya Jagung Manis yang Tepat Agar Hasil Melimpah
Benih Jagung Manis

Agar produksi jagung manis optimal atau menghasilkan paling kurang 100 ribu tongkol per hektar, maka dalam budidaya perlu menyiapkan varietas jagung manis yang berkualitas (F1).

Ciri-ciri benih jagung manis berkualitas
  • Memiliki daya tumbuh sampai 100% atau paling rendah 90%
  • Benih jagung manis haruslah yang sehat dan berisi (bernas)
  • Bebas dari kotoran dan tidak bercampur dengan benih varietas lain
  • Jauh dari hama dan penyakit
  • Bijinya tidak berkeriput dan tampak mengkilap

Setelah mengetahui ciri benih itu, apakah benih yang di tangan Sobat sudah sesuai benih jagung yang seperti itu? Kalau belum, ini berarti kita harus mendapatkan benih dari sumber terpecaya dan legal alias benih jagung manis bersertifikat yang diproduksi oleh institusi berwenang atau pabrik yang memiliki izin produksi.



Varietas jagung manis

9 Langkah Budidaya Jagung Manis yang Tepat Agar Hasil Melimpah
Benih Jagung Manis Varietas Bonanza F1

Beberapa varietas benih jagung manis yang produksi tinggi, umur genjah (pendek), tongkol 2, dan cocok dataran rendah menengah seperti berikut ini.

  • Benih Jagung Manis ASIA86 F1 ; bobot tongkol/buah +/- 350 gram, umur panen 65-67 hst, cocok dataran rendah – menengah, potensi hasil 15 ton/hektar
  • Benih Jagung Manis Bonanza 2 F1 ; bobot tongkol/buah 300 – 400 gram, umur panen 70 – 85 hst, cocok dataran rendah – menengah, potensi hasil 20 ton/hektar
  • Benih Jagung Manis Bonanza 9 F1 ; bobot tongkol/buah 300 -400 gram, umur panen 70 – 85 hst, cocok dataran rendah – tinggi, potensi hasil 18 ton/hektar

Itulah beberapa varietas benih jagung manis yang berpotensi hasil panen yang tinggi. Di samping varietas tersebut, masih banyak varietas benih jagung manis lainnya dengan berbagai merek produksi. Silahkan di-search di toko-toko online


4. Buat perlakuan benih jagung manis biar cepat tumbuh

Benih jagung manis sebenarnya bisa saja langsung ditanam. Namun, untuk pertumbuhan yang maksimal dan menghindari serangan jamur, maka sebaiknya benih perlu perlakuan sebelum tanam.

Berikut ini cara perlakuan benih jagung manis sebelum tanam.
1.  Siapkan larutan fungisida ridomil (boleh merek lain)
2.  Buat larutan fungisida tersebut dengan dosis sesuai dengan anjuran di kemasan
3.  Campurkan benih jagung manis dengan fungisida
4.  Benih jagung manis siap ditanam


5. Menanam jagung manis

Bagaimana cara menanam jagung manis? Buat lubang tanam dengan alat tugal dengan kedalaman 1-1,5 cm, masukkan benih jagung manis ke dalam lubang tanam, dan tutup dengan tanah halus di atasnya . 

Di daerah yang sudah maju, penanaman jagung dilakukan dengan alat planter. Jumlah tenaga kerja bisa dikurangi, cost-nya hemat, dan waktu tanam cepat.

9 Langkah Budidaya Jagung Manis yang Tepat Agar Hasil Melimpah
Planter Jagung

Namun, kalau belum memilikit alat planter, maka penanaman benih jagung dapat dilakukan dengan cara ditugal. Masukkan masing-masing lubang tanam 1 benih jagung dan tutup dengan tanah/kompos. Jarak tanam yang bagus untuk produktivitas jagung manis adalah 25 cm x 80 cm (barisan x antar baris).

Dengan jarak tanam 25 cm x 80 cm atau 25 cm x 75 cm, maka dalam satu hektar bisa memuat 50,000 tanaman jagung manis. Dengan populasi jagung manis sebanyak itu dan bertongkol 2, berpotensi menghasilkan 100 ribu tongkol per hektar ketika panen.

Setelah menanam jagung manis, perlu diairi/disiram. Makanya, kalau menanam di lahan kering waktu penanaman sebaiknya mengikuti musim hujan agar jagung mendapat cukup air pada masa pertumbuhannya.

Oh, iya..bersamaan dengan penanaman, jagung manis diberikan pupuk. Jenis, dosis, dan cara pemupukan akan kita ulas pada sub judul perawatan di bawah ini.


6. Rawat jagung manis agar tumbuh dan berkembang optimal



9 Langkah Budidaya Jagung Manis yang Tepat Agar Hasil Melimpah
Jagung Manis Tumbuh Usia 7 Hari Setelah Tanam

Tanaman jagung manis memerlukan perawatan agar dapat tumbuh dan berkembang serta menghasilkan tongkol yang optimal. Perawatan meliputi penyulaman, penyiangan, pembumbunan, pengairan, dan pemupukan.

Agar pertumbuhan jagung manis seragam, lakukan penyulaman. Monitor mana benih jagung yang tidak tumbuh atau layu dan segera tanam kembali dengan bibit jagung manis yang sudah dicadangkan.

Memasuki usia jagung manis 2 minggu setelah tanam, lakukan penyiangan dan juga pembumbunan. Cabut rumput atau gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan jagung manis. Kalau bersih lahan, tentu penyerapan nutrisi menjadi optimal dan tidak ada sarang untuk hama bersembunyi.

Yang sangat penting sekali diperhatikan adalah kecukupan air. Sebab, jagung manis akan terganggu pertumbuhannya baik pada awal pertumbuhan vegetatif, pembungaan, dan pengisisian biji. Sedikit saja telat pengairan pada fase-fase tersebut, jagung manis tidak produktif atau yang sangat buruk adalah panen dengan tongkol tanpa biji.


7. Jaga ketersediaan nutrisi jagung manis dengan cara memupuknya

Pemupukan jagung manis dilakukan dalam 3 tahapan, yaitu pada saat tanam, 2 minggu setelah tanam, dan 4-6 minggu setelah tanam. Jenis pupuk jagung manis adalah pupuk anorganik yang teridiri dari urea, SP-36, dan KCL.

Pada saat tanam ; Berikan pupuk per tanaman jagung manis dengan dosis  dengan 3 gram urea, 2 gram SP-36, dan 2 gram KCL. Caranya, tugal di samping lubang benih dengan jarak 5-7 cm dan masukkan pupuk, dan tutup kembali dengan tanah.

Pupuk susulan I ; Pupuk susulan untuk jagung manis ini diberikan pada usia jagung manis 2 minggu setelah tanam. Dosis per tanaman adalah 2 gram urea. Caranya sama yaitu dengan cara ditugal di samping pangkal tanaman dengan jarak 10-15 cm.


Pupuk susulan II ; Pupuk jagung manis susulan II ini diberikan pada usia jagung manis 4-6 minggu setelah tanam. Dosis per tanaman adalah 2 gram urea. Cara pemupukan sama dengan pupuk susulan II.

9 Langkah Budidaya Jagung Manis yang Tepat Agar Hasil Melimpah
Pemupukan Jagung Manis. Gambar : Dokpri



8. Kendalikan jagung manis dari serangan hama dan penyakit

Budidaya jagung manis memang terkadang bisa jadi tidak “semanis” yang kita bayangkan. Maksudnya, jagung manis tidak terlepas ancaman organisme pengganggu tanaman (OPT) dan sangat rentan serangannya.

Beberapa jenis hama yang menyerang jagung manis, yaitu ulat tongkol, kutu daun, penggerek tongkol, tikus, dan lainnya. Sedangkan penyakit yang sering mengidap pada tanaman jagung manis adalah hawar daun, hawar pelepah, bule, karat, dan lainnya yang disebabkan oleh bakteri/jamur.

Nah, bagaimana cara mengatasi serangan OPT itu? Untuk mengendalikan sebetulnya bisa saja dengan pestisida dan cukup gampang diperolehnya di toko pertanian. Kalau mau aman dari sisi kesehatan dan lingkungan, kendalikan dengan pestisida organik.

Yang perlu diingat, dalam menanam jagung manis bukan terfokus pada pengendalian OPT, tetapi yang utama adalah bagaimana mencegahnya sejak dini.

Misalnya, perlunya memilih benih jagung manis yang sehat dan bebas penyakit. Kemudian, petani perlu menjaga sanitasi/kebersihan lahan dari gulma dan semak belukar.

Di samping itu, pemberian pupuk yang tepat baik dosis maupun waktunya akan membuat tanaman tumbuh subur/sehat dan membuat jagung manis kebal terhadap serangan OPT.


Baca juga :


9. Panen jagung manis jika biji sudah terisi penuh

Jagung manis sudah bisa dipanen ketika usianya +/- 2 bulan. Namun, yang pasti jagung manis bisa dipanen ketika sudah berbunga dan sudah terisi biji penuh. Kalau ‘nggak yakin, dibuka satu dunk dan lihat isinya.

Tapi, yang tepat lagi adalah tergantung varietasnya, bisa 65-67 hari dan bisa juga lebih dari 70-85 hari setelah tanam (hst). Jika merujuk pada varietas jagung manis, maka usahakan panen pada waktu yang minimal. Misalnya, varietas Bonanza 2 F1 dengan umur panen 70-85 hari. Ini berarti sebaiknya jagung manis dipanen pada usia 70 hari.

Kenapa harus pada usia minimal dipanen? Itu dia si jagung manis, kalau dipanen setelah waktu tersebut bisa beresiko seperti berkurangnya rasa manis, warna biji berubah, dan teksturnya yang rusak dan bahkan bisa menciut yang menyebabkan berat/bobotnya berkurang.

Demikian Sobat cara budidaya jagung manis yang baik dan benar. Dengan mengikuti cara menanam jagung manis tersebut, maka hasilnya akan tinggi dan untungnya bisa selangit. Selamat bercocok tanam jagung manis semoga sukses. Salam

Related Posts