--> Panduan Lengkap Cara Menyemai Biji Gambas yang Benar agar Cepat Tumbuh | Pupuk Lahan

6 Desember 2018

Panduan Lengkap Cara Menyemai Biji Gambas yang Benar agar Cepat Tumbuh

| 6 Desember 2018

Cara Menyemai Biji Gambas -- Hasil yang bagus berawal dari proses penyemaian benih yang benar. Demikian juga dengan gambas atau oyong, kalau ingin produksinya tinggi dan berkualitas, maka cara menyemai benih atau biji menjadi satu hal penting yang mesti diperhatikan dalam budidaya gambas.

Melakukan penyemaian biji gambas sebelum menanamnya akan mampu mengurangi terjadinya kerugian akibat benih atau biji yang tidak tumbuh, walaupun sebenarnya proses penyemaian benih ini membutuhkan tambahan waktu dan tenaga.

Panduan Lengkap Cara Menyemai Biji Gambas yang Benar agar Cepat Tumbuh



Berikut ini penjelasan cara menyemai biji gambas sebelum tanam. Yuk, simak info selengkapnya step by step.


Siapkan Lahan

Langkah awal atau hal pertama yang harus anda siapkan adalah lahan untuk semai biji Gambas. Anda dapat memanfaatkan plastik bekas atau menggunakan polybag yang telah diisi dengan tanah. Siapkan lahan yang memiliki suhu hangat tapi tidak terkena sinar matahari secara langsung.


Siapkan benih gambas

Hal selanjutnya yang harus anda siapkan adalah benih Gambas. Anda dapat menggunakan benih gambas produksi sendiri atau benih hibrida.

Jika ingin menggunakan benih gambas hasil produksi sendiri, maka anda dapat memanfaatkan gambas yang sudah tua, kemudian bijinya dijemur hingga kering.

Namun, seandainya menggunakan benih hibrida, maka Anda bisa membeli benih tersebut di toko sarana pertanian. Di sana, Anda dapat memilih jenis gambas unggul/berkualitas yang akan ditanam. 

Sebaiknya, Anda memilih varietas gambas yang banyak diminati oleh pasar. Dengan cara begini, memudahkan Anda dalam pemasaran hasil panen gambas nantinya. Berapa pun hasil panen gambas yang Anda tanam, pasar akan menyambutnya. Jadi, Anda tidak perlu bingung atau takut mau bawa kemana gambas ketika panen tiba.


Cara menyiapkan atau perlakuan benih gambas :

  1. Kupas atau pecahkan sedikit pada kulit biji gambas tepatnya pada bagian akar yang akan tumbuh, tetapi jangan sampai merusak biji gambas.
  2. Rendam benih pada wadah tertutup dengan air hangat kuku selama 3 jam.
  3. Tiriskan benih yang telah direndam, bisa menggunakan kain, namun jangan sampai benih terlalu kering tapi tidak terlalu basah.
  4. Siapkan kertas koran bekas yang telah dicelupkan pada air hingga seluruhnya basah dan tiriskan kertas koran tersebut hingga air tidak menetes lagi.
  5. Letakkan benih – benih gambas di atas layer yang berasal dari koran tadi, dengan menggunakan layer berukuran 15 x 15 cm dan isi dengan benih gambas maksimal 50 benih, pastikan benih tersebut tidak saling tindih karena dikhawatirkan akan merusak benih yang tumbuh.
  6. Bungkus layer menggunakan koran basah yang lebih besar .
  7. Bungkus koran dengan kantong plastik berwarna hitam dan ikatlah secara rapat, baru kemudian simpan benih tersebut pada tempat yang memiliki suhu hangat agar para benih cepat menjadi kecambah, biasanya proses ini membutuhkan waktu sekitar 20 – 24 jam. Jika dalam waktu tersebut benih masih belum berkecambah, maka lakukan proses penyimpanan hingga benih siap disemai.



Baca juga :


PROSES PENYEMAIAN BENIH GAMBAS


1. Penanaman kecambah GAMBAS

Ketika benih gambas sudah berkecambah, maka saatnya melakukan penyemaian. Anda dapat memasukkan benih pada polybag dengan cara melubangi media semai dan memasukkan akar dari benih gambasnya saja, sedangkan biji dari gambas di atas permukaan media semai.


2. Penutupan benih

Penutupan benih juga merupakan bagian penting dari cara semai biji gambas yang benar. Karena itu, tugas Anda selanjutnya adalah menutupi media semai yang telah berisi benih gambas tadi menggunakan mulsa plastik hitam perak,  daun kelapa, ilalang dan karung goni atau yang lainnya. Biasanya proses ini membutuhkan waktu sekitar 3 – 4 hari.


3. Penutup benih dibuka

Dalam waktu 3 – 4 hari jika benih gambas yang tumbuh sekitar 60 – 70 % maka anda dapat membuka penutup benih. Letakkan bibit tersebut pada lahan yang terkena sinar matahari secara langsung.


4. Pemindahan bibit gambas

Setelah 3 – 5 hari penutup dibuka, maka anda dapat langsung memindahkan bibit gambas ke lahan tanam. Pastikan proses pemindahan bibit dari polybag ke lahan tanam tidak lebih dari 10 hari dari sejak disemai dalam polybag. 


Tujuan pemindahan bibit gambas dengan segera adalah untuk menghindari bibit yang sudah tumbuh tinggi akan rusak atau patah.  Jika kondisi tersebut terjadi, dapat menyebabkan stres pada bibit gambas ketika polybag dibuka.

Itulah cara menyemai biji gambas agar cepat tumbuh. Dengan cara seperti ini, maka benih gambas berpotensi tumbuh sampai 90% lebih. Selamat menyemai benih gambas semoga sukses. Salam dari admin pupuklahan.blogspot.com untuk Sobat semuanya.

Related Posts