--> Terkuak Sudah!! Ini Pupuk Jambu Jamaika Biar Cepat Berbunga | Pupuk Lahan

13 Oktober 2020

Terkuak Sudah!! Ini Pupuk Jambu Jamaika Biar Cepat Berbunga

| 13 Oktober 2020

 

Berapa tahun sudah Anda tanam jambu jamaika di rumah atau di kebun, 4 tahunkah? Kalau iya, ini berarti sebetulnya jambu bol tersebut sudah saatnya berbunga. Tetapi, kalau juga belum tumbuh bunga, Anda mesti gunakan pupuk jambu jamaika yang tepat agar cepat berbunga dan berbuah.


jambu jamaika
Jambu bol jamaika berbunga

Dalam artikel ini, kita fokus kepada tanaman jambu bol jamaika yang sudah dewasa, namun belum menunjukkan tanda-tanda berbunga. Jadi, kita akan menghadirkan salah satu solusi, apa sebetulnya nutrisi untuk jambu jamaika yang dapat mendorong munculnya bunga.


Syarat tumbuh jambu jamaika ok, gimana dengan pupuk?

Kenapa solusinya pupuk jambu jamaika? Begini, anggaplah Anda sudah menanam jambu jamaika sesuai dengan syarat-syarat tumbuhnya, seperti iklim, kondisi tanah, curah hujan, sinar matahari cukup, dan lainnya.

Bahkan, mungkin juga Anda sudah lelah bereksprimen aneka perlakuan, seperti pemangkasan atau pengikatan batang, tetapi jambu jamaika tetap bandel untuk berbunga. Jadi, bisa jadi jawabannya ada pada pupuk.


Jambu bol jamaika, warnanya menarik, rasanya mantap.

Baik, sebelum meneruskan, sekilas mengenal buah jambu jamaika dan maksud orang-orang suka menanamnya. Kalau melihat buah jambu jamaika atau jambu bol, pasti banyak orang menarik. Warnanya merah, bentuknya besar seperti apple, dan rasanya terbilang manis.

Karena itu, tidak mengherankan kalau banyak orang suka menanam jambu bol jamaika atau malay apple ini, baik sekadar untuk menghiasi perkarangan, maupun budidaya untuk tujuan komersial.


Jambu jamaika sulit berbunga, benarkah?

Namun sayang seribu kali sayang, kadang-kadang ketika kita menanam jambu jamaika, tidak semudah yang kita bayangkan. Tampaknya cukup sulit untuk mulai berbunga apalagi berbuah, walaupun sudah masuk pada fase generatif.

Sebaliknya, sebagian orang bilang gampang membungakan jambu jamaika. Mereka cukup cerdas dalam menanam dan merawat tanaman jambu jamaika. Bahkan, mereka tau rahasia pupuk untuk jambu jamaika.

Karena itu, hanya dalam waktu setahun setengah atau 18 bulan, asal bibitnya vegetatif, sudah mau berbunga dan berbuah. Kalau bibitnya berasal dari biji, kurang dari 4 tahun sudah produktif.  


Pupuk ; Rahasia jambu jamaika berbunga

Apa rahasia sebenarnya, agar jambu jamaika tidak malas berbunga?

Diantara sekian banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas jambu jamaika atau jambu bol, adalah pupuk, atau cukup tidaknya tersedia nutrisi dalam media tumbuh.

Apa pupuk untuk jambu jamaika, biar cepat berbunga dan juga rajin berbunga. Pupuk kimiakah, atau pupuk organik? Atau akan lebih bagus kalau kombinasi keduanya?

Sekali lagi, dalam tulisan ini, kita khusus melihat pupuk yang tepat ketika tanaman jambu jamaika berada pada usia generatif saja. Pada usia ini sebetulnya jambu bol sudah berbunga.

Nah, untuk merangsang pembungaan jambu jamaika, maka kita perlu aplikasi pupuk yang mengandung unsur fosfor dan kalium yang lebih tinggi. Selain berbunga, kehadiran unsur hara kalium dapat meningkatkan kualitas buah nantinya, seperti rasa lebih mantap dan ukurannya lebih besar.


Jenis dan Dosis pupuk untuk tanaman jambu jamaika

Jika sudah usia generatif, Anda bisa aplikasi pupuk yang mengandung unsur N, P, dan K dengan kadar P dan K sedikit lebih tinggi. Anda bisa gunakan campuran pupuk tunggal 75 gram urea, 125 gram SP-36, dan 100 gram KCL setiap 3 bulan sekali.

Tidak cukup unsur N, P, dan K saja, tetapi jambu jamaika juga butuh unsur hara mikro agar cepat berbunga. Oleh, karena itu, Anda perlu tambahkan juga pupuk kompos atau pupuk kandang setiap 6 bulan sekali.


Cara aplikasi pupuk untuk tanaman jambu jamaika

  • Buat lubang melingkar pohon, jaraknya sejauh tajuk terluar
  • Taburkan pupuk kandang atau pupuk kompos
  • Kemudian berikan juga pupuk kimia tersebut (urea, SP-36, dan KCL)
  • Tutup kembali dengan tanah.
  • Siram jika cuaca cukup kering


Lengkapi jambu jamaika dengan hormon pertumbuhan

Masih juga belum mau berbunga walau sudah dipupuk dengan unsur-unsur hara esensial tersebut? Tenang, ada hal lain yang perlu dipenuhi dan patut dicoba.

Terkadang, tanaman jambu jamaika juga belum mau berbunga, meskipun sudah dipupuk dengan pupuk kimia seperti pupuk NPK. Ini berarti jambu jamaika masih membutuhkan hormon-hormon pertumbuhan agar lekas terbentuk bunganya.

Jika demikian halnya, gunakan pupuk yang lebih lengkap untuk memacu bunganya. Anda pupuk jambu jamaika dengan dengan pupuk organik cair (POC) yang mengandung nutrisi lengkap. Misalnya, Anda bisa gunakan pupuk organik cair Biogan. Pupuk ini mengandung unsur hara makro, mikro, dan zat pengatur tumbuh.

Baca juga : Mengolah Buah Nanas untuk Pupuk Organik Cair (POC) yang mengandung ZPT

Dengan tambahan pupuk ekstra demikian, semoga tidak ada alasan lagi jambu jamaika untuk enggan berbunga. Zat makanan dan energinya sudah cukup untuk segera berbunga dan berbuah.

Kalau jambu jamaika sudah berbuah dan kemudian Anda panen, pemupukan jangan sampai terhenti apalagi bosan. Aplikasi pupuk secara teratur, baik sebelum berbunga maupun setelah panen. Ini tujuannya agar jambu jamaika tetap terpenuhi unsur hara dan tentunya rajin berbunga.

Bukan lagi rahasia, terkuak sudah pupuk jambu jamaika biar cepat berbunga dan berbuah. Lakukan perawatan lainnya seperti pemangkasan ranting atau daun yang menghalangi sinar matahari. Kendalikan juga hama dan penyakit agar tidak menyerang jambu jamaika. Selamat memupuk semoga sukses dan salam.

Related Posts