--> 7 Manfaat Vitamin B1 untuk Aglaonema, Bukan Sekedar Anti Stres | Pupuk Lahan

28 Agustus 2020

7 Manfaat Vitamin B1 untuk Aglaonema, Bukan Sekedar Anti Stres

| 28 Agustus 2020

 

Ada sebagian teman-teman mencoba memberikan vitamin untuk tanaman hias termasuk aglaonema.  Setelah aplikasi vitamin, kususnya vitamin b1, ternyata hasilnya cukup bagus dan menggembirakan.  Dengan kata lain, terdapat sejumlah manfaat vitamin b1 untuk aglaonema.  Apa saja manfaatnya?

Manfaat vitamin b1 untuk aglonema
Vitamin b1 untuk aglonema

Tanaman termasuk tanaman hias aglaonema, seperti halnya manusia atau hewan. Mereka juga butuh vitamin untuk pertumbuhannya. Kehadiran vitamin dapat memperlancar atau mempercepat proses metabolisme dalam jaringan tanaman.  

BACA JUGA :

Oleh karena itu, tidak heran kalau pecinta tanaman hias, terutama tanaman hias daun, mereka sering kali merawat tanaman dengan aplikasi vitamin. Ada yang memakai vitamin B1 dan ada juga yang memberikan BioVinase Gold D yang khusus untuk menyuburkan tanaman hias berdaun. Kemudian untuk tanaman hias berbunga, mereka memberikan BioVinase Gold B dan sejumlah nutrisi dan vitamin lainnya.

Khusus untuk BioVinase, yang merupakan pupuk organik cair lengkap dengan zat pengatur tumbuh plus vitamin B-1 untuk tanaman hias daun dan bunga, akan kita ulas pada artikel tersendiri pada kesempatan lainnya.


Fungsi Vitamin B1 untuk tanaman aglonema

Baik, sebelum berbicara manfaat vitamin b1 untuk aglaonema, kita tengok dulu sekilas fungsi dari vitamin b1 untuk tanaman aglaonema. Vitamin b1, disebut juga dengan thiamina atau tiamin, merupakan nutrisi penting yang berfungsi untuk mengubah karbohidrat menjadi energi dalam jaringan tanaman.

Tanpa energi, aktivitas atau metabolisme dalam jaringan tanaman aglaonema tidak bisa berlangsung, termasuk pembelahan sel, pembentukan jaringan atau organ baru, dan pertumbuhan akar menjadi terhambat. Bahkan, penyerapan unsur hara pun terkendala tanpa energi.

Lebih jauh, akibat dari tidak ada energi, tanaman tampak stres, lesu bin loyo, tidak segar, layu, dan lama-kelamaan ketika kondisi ini dibiarkan, aglaonema kesayangan Anda bisa mati.


Mengapa aglaonema stres?

Ternyata bukan hanya manusia yang bisa stres, tamanan aglaonema pun dapat mengalami stres. Kuk bisa stres aglaonema?

Stres merupakan suatu kondisi yang berlawanan dan tidak diinginkan oleh aglaonema. Misalnya, ia terbiasa tumbuh pada kondisi intensitas cahaya rendah, maka ketika mendapat sinar matahari penuh dengan intensitas tinggi, maka aglaonema akan stres atau terganggu.

Berikut ini beberapa sebab yang membuat aglaonema terjadi stres, yaitu

  • Jarak pengiriman aglaonema yang jauh
  • Waktu pengiriman yang diperlukan sampai tibanya aglaonema agak lama (2-3 hari, bahkan kadang lebih)
  • Pengiriman aglaonema ke suatu tempat tujuan, tanpa media tumbuh
  • Pemangkasan sebagian atau seluruh akar
  • Pemangkasan pucuk untuk perbanyakan vegetatif
  • Pemindahan atau penanaman ke dalam pot
  • Pergantian media tumbuh yang baru
  • Perubahan cuaca yang sangat ekstrim
  • Penempatan pada tempat terbuka dengan intensitas sinar matahari tinggi
  • Sering diguyur hujan lebat
  • Diterpa angin kencang atau badai

Potensi stres tidak hanya dialami oleh aglaonema kelas rendah alias harga murah. Akan tetapi, nasib serupa, bisa saja berdampak pada aglaonema suksom jaipong atau lotus delight yang Anda order dari jauh dengan harga mahal atau baru saja Anda ganti pot. Sayang, bukan?


Tujuh Manfaat Vitamin B1 untuk Aglaonema

Nah, dengan memahami bahwa tanaman juga mengalami stres akibat penanganan dan kondisi lingkungan yang tidak sesuai, maka butuh vitamin b1 untuk membantunya.

Sebetulnya manfaat vitamin b1 untuk aglaonema, bukan sekedar anti stres. Ini manfaatnya :

  1. Metabolisme dalam jaringan aglaonema dapat berlangsung dengan baik seperti konversi karbohidrat menjadi energi
  2. Secara umum, vitamin b1 dapat mencegah dan mengurangi stres tanaman aglaonema
  3. Meningkapkan kemampuan adaptasi dengan dengan lingkungan yang baru
  4. Menjaga tanaman tetap segar dan tidak layu meskipun jauh dan lamanya pengiriman, penanaman, dan pergantian media tumbuh yang baru (repotting).
  5. Mempercepat tumbuhnya akar
  6. Serapan unsur hara lebih lancar
  7. Pertumbuhan jaringan baru lebih cepat

Itulah sejumlah kegunaan vitamin b1 untuk tanaman hias aglonema. Berawal dari terbentuknya energi, semua metabolisme aktivitas lainnya pun berjalan dengan baik dalam jaringan tanaman aglaonema. Bahkan, ketika diaplikasikan pupuk aglaonema nantinya, akan diserap dengan normal.

BACA Juga : 7 Pupuk Terbaik untuk Aglaonema yang Mesti Anda Kenal


Dua sumber vitamin b1 untuk aglaonema

Setelah mengerti akan fungsi dan manfaat vitamin b1 untuk tanaman hias aglaonema, mungkin Anda ingin segera membeli vitamin b1 untuk aglaonema Anda.

Tapi tunggu dulu. Sebelum Anda membeli tiamin atau vitamin b1, sebaiknya kita tau juga dari mana sumber vitamin b1 agar dapat mudah mencari dan mendapatkannya.

Vitamin b1 untuk aglaonema cukup banyak sumbernya, ada yang organik dan ada juga dalam bentuk zat sintesis. Namun, dalam artikel ini kita coba lihat 2 sumber saja. Keduanya bagus, ada manfaatnya, dan mudah diperoleh.


1. Air cucian beras sumber vitamin b1 aglaonema

Air cucian beras, menurut banyak para ahli, terdapat sejumlah nutrisi penting, salah satunya adalah vitamin b1. Kulit ari pada beras mengandung vitamin b1. Ketika beras dicuci untuk ditanak, vitamin b1 ikut ke dalam air cucian tersebut.

vitamin b1 air cucian beras
Air Cucian Beras

Oleh karena itu, ketika Anda mencuci beras, hendaknya jangan membuang air bekas cucian beras tersebut. Gunakan air cucian beras atau air leri sebagai vitamin untuk tanaman, khususnya dalam hal ini tanaman aglaonema.

Dengan rutin menyiram air cucian beras, misalnya seminggu sekali, maka pertumbuhan aglaonema bagus dan berkembang menjadi lebih sehat dan indah.

Cara aplikasi air cucian beras sebagai vitamin b1 untuk aglaonema cukup mudah. Siram sebanyak 250 ml liter ke media tumbuh setiap aglaonema. Penyiraman dengan air beras ini dapat diaplikasikan 7-10 hari sekali.


2. Liquinox Start sumber vitamin b1 untuk aglaonema

Vitamin b1 juga dapat diperoleh dari Liquinox start. Ini merupakan suatu zat atu hormon pertumbuhan yang di dalamnya mengandung vitamin b1 dan sejumlah zat lain seperti P2O5, Fe, dan lain-lain.

Vitamin b1 liquinox start
Liquinox start vit-b1

Liquinox start Vitamin B1 sudah diformulasi secara khusus sehinga cukup baik untuk anti stres tanaman termasuk tanaman hias seperti aglaonema, baik saat pengiriman maupun ketika pemindahan ke media baru. Bahkan, liquinox start ini mempercepat tumbuhnya akar aglaonema kalau mau diaplikasikannya.

BACA JUGA : Cara Menanam Bonggol Aglonema agar Cepat Tumbuh dan Antigagal

Cara aplikasi Liquinox start pada tanaman aglaonema bisa dengan penyiraman ke media tanam dan boleh juga diaplikasi dengan penyemprotan.

Oh ya...setelah selesai membaca artikel ini, kami sarankan Anda bisa membeli di sini Vitamin B1 Liquinox start karena produknya bagus. Jadi Anda puas memakainya nanti.

Larutkan 1 sendok makan liquinox start ke dalam 1 galon air (3,785 liter air ukuran 1 gallon us) atau kira-kira 1 sendok teh (sdt) ke dalam 2 liter air, siram ke media tanam secukupnya. Boleh juga disemprot ke seluruh bagian aglaonema dan disemprot juga media tanamnya. Ulangi beberapa kali agar hasilnya lebih nyata.

Demikian ulasan manfaat vitamin b1 untuk aglaonema. Dengan aplikasi vitamin b1 secara tepat, tanaman hias aglaonema tidak stres, tetap segar atau tidak layu, dan pertumbuhan akar pun lebih cepat.

Video Cara Pakai Vitamin B1

Related Posts