--> Cara Menanam Jagung Manis di Polybag Biar Tumbuh Subur dan Bertongkol Besar | Pupuk Lahan

5 Mei 2020

Cara Menanam Jagung Manis di Polybag Biar Tumbuh Subur dan Bertongkol Besar

| 5 Mei 2020

Jagung manis salah satu tanaman pangan yang cukup menarik untuk ditanam. Tanaman tinggi kadar gula ini dapat tumbuh baik di lahan sawah, kebun, maupun ladang. Bahkan, kalau ditanam di polybag pun, jagung manis bisa tumbuh subur dan menghasilkan buah atau tongkol besar. Apakah Anda ingin tau cara menanam jagung manis di polybag?

Cara Menanam Jagung Manis di Polybag Biar Tumbuh Subur dan Bertongkol Besar
Menanam jagung manis di polybag atau pot

Lihat syarat tumbuh, Tanam jagung manis di polybag
Tidak perlu ragu menanam jagung manis dalam polybag, mau tumbuh kuk. Apalagi Anda berdomisili di negeri dengan iklim tropis, merupakan kondisi yang sangat mendukung untuk pertumbuhan dan perkembangan jagung manis.
Anda mungkin masih ingat syarat tumbuh jagung manis, bukan?. Untuk persyaratan lahan tidaklah muluk-muluk amat.  Asalkan drainase bagus, intensitas sinar matahari cukup, tanah subur, gembur, dan cukup air, jagung manis tumbuh dan tentu saja produktif. Bahkan, budidaya jagung manis dapat dilakukan baik di dataran rendah, sedang, dan dataran tinggi.
BACA Juga : 9 Langkah Budidaya Jagung Manis Biar Hasilnya Melimpah
Melihat syarat tumbuh jagung manis yang tidak manja-manja banget, maka bagi Anda yang ingin bercocok tanam jagung manis di polybag tak usah khawatir dan tidak perlu ditunda lagi. Beli benih jagung manis dan segera tanam. Tunggu +/- 2 bulan, Anda sudah dapat memetik tongkol jagung manis di rumah Anda.

Cara Menanam Jagung Manis di Polybag Biar Tumbuh Subur dan Bertongkol Besar
Jagung manis di polybag

Media tanam dan perawatan menentukan pertumbuhan jagung manis di polybag
Namun perlu dicatat, cara tanam jagung manis di polybag yang baik dan benar haruslah di awali dengan menyiapkan media tanam yang subur. Seperti apa media tanam jagung manis dalam pot atau polybag? Semuanya akan kita ulas dalam artikel ini secara detail
Selain itu, perawatan seperti pemupukan yang tepat, penyiraman yang rutin, dan penempatan polybag pada area terbuka dengan sinar matahari yang cukup merupakan langkah-langkah yang perlu Anda lakukan ketika Anda menanam jagung manis di polybag.

Mengapa menanam jagung manis di polybag?
Sebelum kita lanjutkan perjalanan menuju teknik menanam jagung manis di polybag, mari kita lihat terlebih dulu mengapa orang-orang menarik menanam jagung di polybag.
Beberapa alasan budidaya jagung di polybag seperti di bawah ini
  • Tidak punya lahan luas seperti sawah atau kebun
  • Ada area kosong di perkarangan yang bisa digunakan untuk berkebun di rumah
  • Ingin menyalurkan hobi bercocok tanam di rumah
  • Lahan ada, tetapi sulit diolah karena banyak hambatan seperti keras dan bebatuan
  • Untuk menambah estetika perkarangan rumah
  • Mudah dalam perawatan
  • Dan sejumlah alasan lainnya

Langkah Menanam Jagung Manis di Polybag
Nah ini dia yang Anda nanti-nanti, yaitu langkah-langkah menanam jagung manis dalam polybag atau media terbatas lainnya agar tumbuh sehat, menghasilkan tongkol yang besar,  dan padat isinya. Yuk simak penjelasannya seperti uraian di bawah ini.

1. Gunakan benih jagung manis unggul
Cara sukses menanam jagung manis di polybag diawali dari benih. Pastikan Anda menggunakan benih jagung manis unggul dan berkualitas agar produksinya tinggi. Kalau bisa, cari biji jagung manis yang bertongkol 2 biar banyak panennya.
Untuk mendapatkan benih jagung manis unggul, Anda tidak usah pusing-pusing memikirkannya. Kini, benih jagung manis F1 sudah banyak diproduksi dan dipasarkan. Anda tinggal pergi ke toko sarana pertanian dan beli. Di sana ada banyak pilihan, Anda bisa beli benih jagung manis seperti Bonanza F1, Bonanza 2 F1, Bonanza 9 F1, benih jagung manis Asia, dan lain-lain.

2. Racik media tanam jagung manis untuk dimasukkan ke polybag
Salah satu keuntungan menanam jagung manis di polybag adalah tidak perlu pengolahan lahan dan tidak capek membuat bedengan. Hanya saja, Anda mesti meracik media tanam atau media tumbuh jagung manis yang baik agar dapat menunjang pertumbuhannya.
Media tanam yang baik untuk jagung manis haruslah yang subur, gembur, poros, dan aeratif. Untuk membuat media tanam seperti itu, maka bahan-bahan yang bisa Anda gunakan untuk membuat media tanam adalah tanah, arang sekam, dan pupuk kandang. Perbandingan masing-masing bahan adalah 1:1:1.
Jika ingin membuat media tumbuh jagung manis di polybag yang agak lebih bagus, alternatif bahannya adalah tanah, arang sekam, dan kompos. Perbandingan bahannya 2:1:1.
Tetapi, kami sarankan gunakan bahan media tanam yang mudah Anda dapatkan, murah biayanya tapi berkualitas, dan mudah dalam aplikasinya.
Khusus untuk tanah, sebaiknya Anda gunakan tanah kebun. Ambil lapisan tanah lapisan atas (top soil) karena tanah pada lapisan ini lebih kaya dengan unsur hara alias lebih subur.

3. Pilihlah polybag dengan ukuran yang pas

Cara Menanam Jagung Manis di Polybag Biar Tumbuh Subur dan Bertongkol Besar
Ukuran polybag untuk menanam jagung manis

Kita cukup paham bahwa jagung merupakan tanaman yang banyak akar serabut dan akan tumbuh ke samping. Kita juga mengerti bahwa media tanam berfungsi untuk menampung nutrisi dan air. Oleh karena itu, pilihlah ukuran polybag untuk budidaya jagung manis yang pas.
Berapa ukuran polybag untuk menanam jagung manis? Anda bisa gunakan polybag dengan ukuran 20 cm x 50 cm. Polybag ini jika dibuka akan memiliki diameter sekitar 25,48 cm. Atau Anda bisa juga gunakan polybag ukuran lain yang relatif besar, misalnya kaleng cat bekas yang berdiameter 30 cm. Intinya, gunakan polybag dengan diameter 25-30 cm dan ketinggiannya minimal 40 cm.

4. Isi polybag dengan media tanam
Jika media tanam sudah Anda racik dan polybag sudah ada, masukkan media tanam jagung manis ke dalam polybag. Isikan media tanam kira-kira ¾ tinggi polybag. Artinya, ada tersisa ruang ¼ pada bagian atas polybag.
Dan, biarkan media tanam yang telah dimasukkan dalam polybag selama seminggu sebelum tanam agar lebih kompak dan siap menyuburkan jagung manis.

5. Tanam benih jagung manis ke dalam polybag
Anda kini siap untuk membenamkan benih jagung manis ke dalam polybag. Cara menanam jagung manis di polybag seperti berikut ini.
  • Buat lubang tanam dengan jari atau kayu tepat ditengah media tanam dengan kedalaman 1-2 cm
  • Masukkan 1-2 benih jagung manis
  • Tutup dengan tanah halus
  • Siram secukupnya

Benih jagung manis yang bagus cukup cepat tumbuh. Dalam waktu 2-3 hari, benih jagung manis sudah mulai berkecambah.

6. Siram jagung manis di polybag secara rutin
Agar tumbuh subur, lakukan perawatan jangung manis di polybag secara rutin terutama penyiraman. Siram jagung manis secukupnya setiap hari atau sesuaikan dengan cuaca.

7. Letakkan polybag pada tempat yang terkena sinar matahari
Tanaman jagung akan menghasilkan tongkol jika mendapatkan sinar matahari yang cukup, +/- 8 jam sehari dengan intensitas yang penuh. Sebab, sinar matahari cukup penting untuk proses fotosintesis dan penyusunan zat-zat makan dalam jaringan tanaman.
Oleh karena itu, letakkan polybag yang sudah ditanam jagung manis pada area yang mendapakan sinar matahari.  Jika tidak, tanaman jagung manis hanya tumbuh terus meninggi tanpa menghasilkan buah/tongkolnya.

8. Aplikasi pupuk agar jagung manis di polybag subur dan produktif
Selain penyiraman, jagung manis yang ditanam di polybag tidak terlepas dari pemupukan. Asalkan cukup nutrisi seperti N, P, K, dan unsur hara mikro, jagung manis cepat tumbuh dan akan berbuah 1-2 tongkol per pohon.
Apa pupuk untuk jagung manis di polybag? Pupuk yang digunakan adalah pupuk kimia yang mengandung unsur hara makro. Bisa pupuk NPK dan boleh juga pupuk tunggal seperti urea,SP-36, dan KCL.
Jagung manis sudah dapat dipupuk sejak 7-10 hari setelah tanam. Kemudian dilanjutkan dengan pemupukan susulan.
Berikut ini pupuk dan pemupukan jagung manis di polybag.
  • Umur jagung manis 7-10 hari ; Aplikasikan pupuk urea, SP-36, dan KCL dengan dosis 5 gram setiap polybag. Atau, Anda bisa gunakan pupuk NPK dengan dosis 2-3 gram per polybag.
  • Umur jagung manis 20 hari ; Jenis dan dosis sama seperti pemupukan jagung manis umur 7-10 hari.
  • Umur jagung manis 30 hari ; Jenis dan dosis sama seperti pemupukan jagung manis umur 20 hari.


Cara aplikasi pupuk jagung manis di polybag
Anda bisa aplikasi pupuk untuk tanaman jagung manis di polybag dengan cara dibenamkan atau ditugal di sekeliling tanaman. Hati-hati jangan sampai terkena pohon jagung dengan pupuk karena bisa mengganggu tanaman, bisa terluka atau terbakar daunnya.
Selain dibenamkan, pupuk jagung manis dalam polybag juga bisa diaplikasikan dengan cara dikocor/penyiraman larutan pupuk. Caranya, larutkan 1 sendok teh NPK ke dalam 1 liter air. Siram 250 ml per polybag.

9. Tambahkan nutrisi dengan pupuk daun
Untuk menunjang pertumbuhan dan produktivitas tanaman jagung manis di polybag, Anda dapat memupuk dengan pupuk daun. Aplikasi pupuk daun dengan cara yang tepat pada fase vegetatif dan menjelang masuk fase generatif dengan jenis pupuk daun yang sesuai.
BACA JUGA : Cara Aplikasi Pupuk Daun Gandasil D dan B agar Cepat Diserap Tanaman
Itulah cara menanam jagung manis di polybag yang sangat mudah. Anda pun dapat mencoba menanamnya. Andaikan perawatan dilakukan dengan baik dan teratur, maka tanaman jagung manis sudah bisa dipanen tongkolnya pada umur +/- 2 bulan (sesuai dengan varietas jagung manis yang Anda gunakan). 

Related Posts