--> Kurang Lebat Kembangnya? Ini Pupuk untuk Bunga Bougenville | Pupuk Lahan

16 Mei 2020

Kurang Lebat Kembangnya? Ini Pupuk untuk Bunga Bougenville

| 16 Mei 2020

Bougenville sangat mudah berbunga asalkan saja mendapakan perawatan yang baik. Rahasia tanaman kembang kertas ini supaya rajin berbunga, sebetulnya adanya sinar matahari yang cukup. Selain itu, ketersediaan nutrisi dalam media tumbuhnya akan membantu bougenville cepat, lebat, dan cerah bunganya. Karena itu, sebaiknya Anda berikan pupuk untuk bunga bougenville.

Kurang Lebat Kembangnya? Ini Pupuk untuk Bunga Bougenville
Pupuk mendorong bougenville berbunga

Tanaman hias bugenvil (bougenville) yang cukup nutrisi akan tampak sehat dan indah. Bunga-bunganya tumbuh di seluruh ranting-rantingnya membalut daun-daun alias rimbun. Apalagi kalau warna mahkota kembangnya ngejrenk atau cerah, lengkaplah keindahannya yang bikin mata tak bosan memandangnya.
Nutrisi tepat, kembang bougenvile lebat
Mengapa bougenville yang tumbuh di tanah langsung tak pernah “kering” bunganya meskipun tanpa dipupuk? Ini bisa jadi karena unsur-unsur hara seperti nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K), dan unsur hara mikro terdapat dalam jumlah yang cukup untuk menunjang pertumbuhannya. Bahkan, akar bugenvil dapat bebas bergerak menjangkau nutrisi tanpa batas.
Ini akan sangat berbeda dengan bougenville yang tumbuh dalam media terbatas seperti pot atau polybag. Media tumbuh dalam pot dapat membatasi pergerakan akar bougenville. Selain itu, tanah yang ada dalam pot cepat jenuh dan miskin unsur haranya.
Oleh sebab itu, bougenville yang Anda tanam dalam pot, butuh perhatian dari Anda untuk mencukupi zat-zat makanan yang ia butuhkan agar tumbuh subur dan berbunga lebat. Dengan nutrisi tepat, bougenville berbunga lebat.
Meskipun tidak perlu banyak dan sering-sering dipupuk, namun pupuk untuk kembang bougenville yang tumbuh dalam media sempit tetap diperlukan.

Sekilas perawatan bougenville
Sebelum menyingkap tabir pupuk untuk bunga bougenville, kita lihat sekilas review beberapa perawatan sehingga tanaman cantik ini rajin berbunga. Sebab, kunci keindahan bunga kertas (bougenville) tergantung bagaimana Anda merawatnya. Anda sayang padanya, ia pun tumbuh dan memberikan keindahannya untuk Anda. 
Selain pupuk, perawatan bougenville yang mesti Anda lakukan adalah menyediakan tempat tumbuhnya yang subur, siram secara teratur, tempatkan pada area terkena cahaya matahari, pemangkasan, dan ganti media tumbuh kalau sudah jenuh. Perawatan ini juga termasuk cara membungakan bougenville.
BACA Juga : 5+ Cara Mudah Membungankan Bougenville atau Kembang Kertas, Termasuk Pupuk?

Kurang Lebat Kembangnya? Ini Pupuk untuk Bunga Bougenville
Dengan pemupukan, kembang kertas subur dan berbunga

Pupuk Untuk Bougenville biar lebat bunganya
Okay, agar tidak semakin penasaran, mari kita lihat pupuk untuk bunga bougenville. Apa pupuk dan bagaimana cara aplikasinya akan kita kuak dalam ulasan di bawah ini. Yuk, simak.

1. Pupuk organik
Pupuk organik merupakan pupuk terbaik untuk bougenville. Pupuk ini dapat menyuburkan tanah dan memberikan nutrisi untuk bugenvil serta aman bagi lingkungan. Bukan hanya unsur hara makro dan mikro, tetapi juga menyediakan bahan organik yang dapat menggemburkan tanah.
Ada beberapa pilihan untuk pupuk organik. Namun, umumnya pupuk organik yang sering diaplikasi untuk bougenville adalah pupuk kompos dan pupuk kandang. Anda dapat memilih salah satunya saja, apakah ingin menaburkan kompos atau pupuk kandang. Pilih mana yang mudah terjangkau.
Cara aplikasi pupuk organik untuk bunga bougenville
Pupuk organik diberikan tergantung dimana bougenville tumbuh. Jika bougenville tumbuh ditanah langsung, Anda bisa memupuknya setahun sekali dengan dosis 5-10 kg per tanaman. Cara aplikasinya dengan cara membenamkan di sekeliling tanaman bougenville.
Namun, jika bougenville tumbuh atau Anda tanam dalam pot, maka aplikasikan 1-2 kg pupuk kandang atau kompos setiap 6 bulan sekali. Caranya aplikasinya, campurkan langsung dengan media tumbuh yang ada di dalam pot.

2 Pupuk kimia untuk bunga bougenville
Sebetulnya meskipun kecil unsur haranya, dengan pupuk organik saja sudah cukup membantu menyuburkan bougenville. Akan tetapi agar bugenville lebih subur, lebat bunga, dan cerah warnanya, Anda bisa memupuknya dengan pupuk kimia.
Cukup banyak jenis pupuk kimia yang dapat diaplikasi untuk tanaman bougenville. Ada pupuk tunggal dan tersedia juga pupuk majemuk. Bahkan, ada pupuk majemuk yang spesial diproduksi untuk mendorong pembungaan dan buah.
Namun dalam artikel ini, kami hanya menyajikan untuk Anda 2 jenis pupuk untuk bunga bougenville. Tak usah banyak-banyak, ya cukup 2 saja dululah agar tidak membingungkan dalam memilihnya. Yang jelas semua jenis pupuk kimia bagus tergantung penggunaannya.

2.1. NPK
Kalau Anda ingin memupuk bougenville, Anda bisa aplikasikan pupuk NPK. Untuk pupuk majemuk ini jenisnya banyak, ada NPK phonska, NPK 15:15:15, NPK Mutiara, dan lain sebagainya. Pilih salah satunya saja.
BACA Juga : NPK Mutiara 16:16:16, Apa Keunggulan dan Manfaatnya?
Misalnya, Anda ingin memupuk bougenville dengan NPK Mutiara. Maka caranya begini. Untuk bougenville yang tumbuh di tanah langsung dan miskin unsur hara, ambil 10-20 gram NPK dan benamkan di sekeliling tanaman. Buat lubang secara melingkar sejauh tajuk tanaman, lalu taburkan pupuk dan tutup kembali. Anda bisa ulangi setiap 6 bulan sekali.
Jika bougenville tumbuh dalam pot, berikan 1 sendok teh NPK di sekeliling tanaman dengan cara membenamkannya. Ingat, jangan terlalu dekat dengan pangkal bougenville. Pemupukan dapat diulangi setiap 3 bulan sekali.
Kalau Anda ingin mengocor pupuk boleh-boleh saja. Larutkan 1 sendok teh NPK ke dalam 1 liter air, siram ke tanaman bougenville (dosisnya, 1 sendok teh/liter air/tanaman bougenville)
Waktu pemupukan sebaiknya dilakukan pada waktu sore hari. Pastikan Anda memupuk bougenville bukan pada waktu musim hujan atau cuaca sedang mendung. Sebab, jika hujan, pupuk yang Anda aplikasi sia-sia karena bisa saja tercuci atau hilang oleh hujan.

2.2. Pupuk Daun Growmore untuk bougenville

Kurang Lebat Kembangnya? Ini Pupuk untuk Bunga Bougenville
Pupuk Growmore 10:55:10 untuk bougenville
Jika Anda lebih suka memupuk tanaman bougenville dengan cara menyemprot, pupuk daun Growmore bisa jadi pilihannya. Pupuk bunga ini memiliki kadar 10% N, 55%P, dan 10%K. Karena itu, salah satu jenis pupuk daun ini dikenal dengan Growmore 10:55:10.
BACA Juga : Inilah Manfaat Pupuk Daun Growmore dan Cara Aplikasinya yang Tepat
Pupuk growmore ini mengandung sejumlah unsur hara lengkap dan khusus untuk mempercepat munculnya bunga dan buah. Pupuk yang satu ini lebih disarankan aplikasinya pada tanaman yang sudah masuk fase generatif atau sudah siap untuk berbunga.
Anda bisa aplikasi pupuk growmore 10:55:10 untuk bougenvile setiap 10 hari sekali sampai mulai munculnya kuncup bunga. Larutkan 1 gram ke dalam 1 liter air, dan semprot pada daun terutama bagian bawah daun. Jika tersisa larutan pupuk, siram ke media tumbuhnya.  Lakukan pemupukan pada pagi atau sore hari.
Dari kedua jenis pupuk kimia untuk bougenvile yang tersebut di atas, silakan Anda pilih salah satunya saja. Sebab, jika Anda menggunakan keduanya, dikhawatirkan bisa over dosis. Bukannya subur dan berbunga, malah bisa mengganggu pertumbuhannya.
Simpulannya, biar bougenville tumbuh subur, aplikasikan pupuk organik dan juga pupuk kimia. Kombinasi kedua pupuk tersebut, membuat tanaman kembang kertas ini tumbuh subur, bunga lebat, dan menghadirkan pesona yang menakjubkan.
Pastikan setelah Anda membenamkan pupuk untuk bunga bougenville, siram secukupnya. Lakukan perawatan dengan sungguh-sungguh agar bougenville berbunga lebat dengan warnanya yang cerah.

Related Posts