--> Menanam Belimbing Manis Berbuah Lebat Dalam 6 Bulan Dengan Cara Pemupukan Begini | Pupuk Lahan

20 Juli 2018

Menanam Belimbing Manis Berbuah Lebat Dalam 6 Bulan Dengan Cara Pemupukan Begini

| 20 Juli 2018
Cara Menanam dan Pemupukan Belimbing Manis -- Belimbing manis sangat mudah cara budidayanya. Makanya, tidak mengherankan jika banyak yang suka menanamnya baik di lahan luas, perkarangan rumah, maupun dalam pot. Berbuah pun sangat cepat dan lebat. Belimbing manis sudah mulai berbuah dalam tempo kurang lebih 6 bulan. 

Menanam Belimbing Manis Berbuah Lebat Dalam 6 Bulan Dengan Cara Pemupukan Begini
Belimbing manis berbuah


Bagaimana menanam dan cara pemupukan belimbing manis agar berbuah lebat dan cepat? Ya, itulah yang akan kita kuak dalam artikel ini supaya tabir budidaya belimbing manis yang tertutup menjadi terbuka.  

Postingan kali ini akan membuka cara sehingga belimbing manis yang Sobat tanam cepat-cepat berbuah. Namun, perlu sejenak bersabar karena akan kita review/mengenal sekilas dengan buah belimbing itu yang banyak kandungan zat gula. 


Sekilas Belimbing Manis 

Walaupun banyak belimbing manis yang kita jumpai tumbuh di berbagai belahan provinsi di Indonesia, namun yang pasti sejarah awal mulanya tanaman belimbing manis tumbuh di daratan India. 

Kemudian seiring dengan mobilitas penduduk dan kemajuan ilmu pengetahuan, secara pelan-pelan belimbing manis menyebar ke berbagai negara yang memiliki kesesuaian agroklimat untuk pertumbuhannya. 

Karena itu pula, belimbing manis melekat berbagai nama khusus sesuai di masing-masing daerah. Orang Sunda menyebutnya dengan nama calincing amis dan saudara-saudara yang di Madura familiar dengan sebutan bhalimbling manes. 

Orang yang berada di Provinsi paling barat Indonesia, Aceh, secara umum menyebutnya dengan boh limeng sagoe. Demikian juga dengan daerah-daerah lain pasti memiliki bahasa yang berbeda-beda untuk menyebut nama buah belimbing manis. 


Jenis belimbing manis 

Tapi jangan salah, belimbing manis, seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dalam bidang pertanian, sudah banyak sekali jenis atau varietasnya. 

Varietas belimbing manis antara lain, yaitu belimbing dewi, belimbing wulan, belimbing sembiring, belimbing madu, dan banyak varietas lainnya. Kesemuanya memiliki taste dan keunggulan masing-masing. 


Nilai gizi dan manfaat buah belimbing manis 

Hingga saat ini buah belimbing manis masih menjadi komoditas hortikultura yang banyak disukai orang. Di samping rasanya manis, buah yang banyak kandungan air ini juga banyak mengandung nilai gizi. 

Apa saja kandungan gizi belimbing manis? Tidak hanya vitamin, seperti vitamin A, B dan C, tetapi juga mengandung karbohidrat, lemak dan protein dalam berbagai persentasenya. 

Buah yang dalam bahasa inggris disebut starfruit sungguh banyak manfaatnya. Bukan hanya untuk pelepas dahaga dengan cara memakan langsung setelah dipetik, tetapi juga buah yang berwarna kuning ini rupanya memilik segudang khasiat untuk kesehatan. 

Di antara sekian banyak khasiat belimbing manis,  salah satunya buah yang berbentuk lima segi nan manis itu diyakini sebagian besar orang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. 

Itulah sekilas gambaran tanaman buah yang rasanya manis tersebut. Sekarang kita fokus kembali menuju bagaimana menanam belimbing manis agar berbunga dan berbuah cepat hingga lebat. 

Bagaimana pula teknik/cara pemupukan belimbing manis? Apa pupuknya sebagai nutrisi yang mengandung unsur hara untuk mengatur pertumbuhan hingga mer_4_ngsang pembungaan yang cepat dan berbuah lebat? 


Syarat Tumbuh Belimbing Manis 

Baik, mari kita mulai dari syarat tumbunya. Belimbing manis tumbuh di daerah tropis dan beriklim panas seperti di daerah asalnya India. Ia sangat bagus pertumbuhannya mulai dataran rendah sampai dataran tinggi (500 m dpl). 

Ini artinya bahwa belimbing manis memerlukan air tanah yang dekat dengan daerah perakarannya yang terdalam.  Tetapi, tanaman ini tidak boleh tergenang air dan tidak suka selalu becek. 

Struktur tanah yang gembur dan kaya dengan humus atau bahan organik merupakan syarat tumbuh belimbing manis yang ideal. Tanah dengan retensi air yang baik dan aerasi yang lancar lebih disukai. 

Tanah dengan pH (keasaman tanah) sedikit asam tidak akan terlalu mengganggunya. Bahkan, belimbing manis bisa tumbuh dan toleran dengan baik pada kisaran nilai pH 5-7. 

Untuk tumbuh produktif, belimbing manis memerlukan sinar matahari yang penuh 6-8 jam per hari. Sinar matahari membantu terbentuk zat makanan dalam tanaman belimbing melalui proses fotosintesis. 

Oleh karena itu, jangan sekali-kali belimbing manis hidup di bawah naungan atau tidak mendapat sinar matahari langsung karena tidak akan menghasilkan buah yang kita harapkan. 


Persiapan Lahan menanam belimbing manis 

Lahan untuk menanam belimbing manis tergantung kepada tujuan budidaya yang diinginkan. Jika hanya untuk hobi dan estetika, cukup ditanam diperkarangan rumah atau dalam pot. 

Kalau menanam dalam pot, belimbing manis dalam waktu 6 bulan sudah ada hasilnya, iyakah? (Baca di sini Cara Membuahkan Belimbing Manis Dalam Pot Kombinasi Nutrisi Organik dan Kimia)

Menanam Belimbing Manis Berbuah Lebat Dalam 6 Bulan Dengan Cara Pemupukan Begini
Belimbing Manis Mulai Berbunga. 
Gambar : pupuklahan.blogspot.com

Namun, jika menghendaki penanaman belimbing manis dalam skala bisnis atau menjadikan sebuah usaha pertanian yang prospektif, maka lahannya harus luas. Dan alangkah lebih baik lagi jika memiliki lahan milik sendiri alias bukan sewa lahan. 

Jika pun harus menyewa lahan untuk menanam belimbing manis, hitung secara tepat biaya yang dikeluarkan dan keuntungan yang akan didapatkan nantinya. Kalau dalam bahasa analisis kelayakan usaha, nilai Benefit  per Cost Ratio atau B/C > 1

Lahan harus dibersihkan dari semak belukar. Kemudian baru dibuat lubang tanam sebanyak bibit yang ingin ditanam. Sebagai acuan, untuk lahan 1 hektar (10,000 m2) dapat ditanam sebanyak 400 batang bibit belimbing manis dengan jarak tanam 5 m x 5 m atau bisa lebih jarak lagi. Lubang tanam dibuat dengan ukuran 60 cm panjang x 60 cm lebar x 60 cm kedalaman. Biarkan lubang tanam selama 15 hari.

Setelah 15 hari lubang tanam diangin-anginkan, campurkan tanah galian dengan pupuk kandang sebanyak 30 – 50 Kg (tergantung gembur tidaknya tanah).  Dan campurkan juga pupuk NPK 15:15:15 sebanyak 100 - 150 gram.  

Tambahkan sedikit pupuk dolomit +/- 100 gram per lubang. Tutup kembali lubang dengan campuran tanah dan pupuk tersebut sampai menggunung di atas lubang tanam. Dan biarkan lubang tanam yang telah dimasukkan pupuk sampai dengan minimal 15-30 hari sebelum tanam.


Persiapan Bibit belimbing manis

Untuk bibit belimbing manis tidak perlu khawatir. Sebab, bibit bisa diperoleh dari penyemaian biji langsung dan bisa juga didapatkan dengan membeli di penyedia bibit hasil perbanyakan vegetatif (hasil cangkok, sambung, stek, dan lain-lain).

Bibit belimbing manis hasil perbanyakan vegetatif sangat cepat berbuah dibandingkan dengan bibit yang berasal dari biji/benih (perbanyakan generatif). Kalau dari biji bisa sampai 4-5 tahun lebih baru berbuah.

Pilihlah bibit yang berkualitas dimana batang, cabang dan daun-daunnya tumbur subur dan sehat. Intinya, jangan sampai memilih bibit belimbing manis yang berpenyakit. Ketinggian bibit minimal 50 cm dengan diameter batang minimal 1 cm. Sekali lagi, belilah bibit di penyedia yang terpercaya dan jika perlu bibit yang bersertifikasi.


Penanaman belimbing manis

Pada saat penanaman bibit belimbing manis tidak boleh dalam keadaan kering atau kemarau. Untuk meringankan kerja penyiraman dan bibit cepat tumbuh, maka pilihlah waktu yang baik, yaitu pada awal musim hujan.

Pagi hari atau sore hari merupakan waktu yang baik untuk menanam. Jika di luar  waktu tersebut, matahari masih sangat menyengat dan ada kemungkinan bibit belimbing manis stress saat awal beradaptasi.

Jangan asal menanam, tapi perlu disiram air ke media tanam dengan air secukupnya hingga tanah basah/lembab. Dan siram sekali lagi pada hari ke 7 setelah tanam (sesuaikan dengan curah hujan, intinya jangan sampai bibit layu dan mati sebelum berkembang).


Pemupukan belimbing manis

Pemupukan belimbing manis yang tepat akan memberikan masa berbunga dan berbuah yang cepat dan tepat juga. Tepat jenis dan dosis pupuk serta tepat waktunya adalah kunci keberhasilan dalam budidaya tanaman belimbing manis. Bagaimana cara memupuk belimbing manis agar berbuah cepat dan lebat?


Kombinasi pupuk kandang dan pupuk kimia

Pupuk kimia sudah jelas kandungan unsur haranya yang cepat tersedia bagi tanaman walau ada dampak negatif terhadap lingkungan. Penambahannya pun sebenarnya harus melalui uji tanah untuk diketahui ketersediaan unsur hara dalam tanah.

Sedangkan pupuk organik -pupuk kandang - sangat diperlukan juga untuk pertumbuhan belimbing manis meskipun jumlah/kadar haranya kecil. Tetapi, pupuk kandang memiliki keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki pupuk kimia seperti NPK, Urea, ZA, dan lainnya. Apa kelebihan pupuk kandang dan bagaimana ciri pupuk kandang yang matang dapat dibaca di sini.


Pupuk dasar belimbing manis pada saat penanaman

Belimbing manis pada saat ditanam harus sudah tersedia nutrisinya di dalam tanah. Tambahkan pupuk kandang sebanyak 5-10 kg (kalau masih kurang subur), urea 10 gram, SP-36 15 gram dan KCl 5 gram. Campuran tersebut diaplikasikan per 1 lubang tanam


Pupuk susulan setelah 3 bulan penanaman

Ingat bahwa pemberian pupuk dengan dosis rendah dan sering lebih baik dari pada memberikan pupuk dengan dosis tinggi dalam waktu lama (tidak sering). Memang dari segi biaya dan tenaga lebih banyak terkuras kalau frekwensi pemupukan terlalu sering, namun hasilnya luar biasa karena tanaman selalu tersedia nutrisi dan dalam jumlah tidak mengganggu pertumbuhannya.

Oleh karena itu, setelah 3 bulan penanaman, belimbing manis sudah dapat diberikan pupuk susulan. Tambahkan pupuk kandang , urea, SP-36 dan KCL sebanyak dosis yang diberikan pada pupuk dasar saat penanaman. Yaitu pupuk kandang 2-5 kg, urea 10 gram, SP-36 15 gram dan KCL 5 gram.

Pupuk susulan ini diberikan dalam rentang waktu 3 bulan sekali sampai memasuki umur tanaman belimbing manis 1 tahun. Memasuki tahun ke-2, tanaman perlu ditingkatkan dosis pemupukan, terutama posfor untuk mer_4_ngsang pembungaan.

Baca juga ini :

Pupuk susulan umur belimbing manis > 1 tahun


Menanam Belimbing Manis Berbuah Lebat Dalam 6 Bulan Dengan Cara Pemupukan Begini
Belimbing manis berbuah terus-mmenerus
 denngan pupuk yang tepat

Pemupukan dilakukan 6 bulan sekali pada umur tanaman belimbing manis di atas 1 tahun. Dosis pupuk memasuki tahun kedua adalah 10 kg pupuk kandang ditambah 100 g urea, 250 gram SP-36, dan 150 gram KCL. Demikian seterusnya sampai tanaman belimbing manis yang Anda tanam berbuah.

Tips.
  • Cara pemupukan susulan harus disesuaikan dengan lebar tajuk tanaman belimbing manis. Lubang untuk pupuk digali dengan kedalaman +/- 30 cm  melingkar tanaman dan jaraknya sesuai dengan bagian terluar dari tajuk tanaman.
  • Untuk mer_4_ngsang tanaman cepat berbuah perlu diberikan pupuk yang mengandung unsur hara posfor (P) sedikit lebih tinggi saat memasuki umur tanaman 2 tahun (> 1 tahun).  Jika menggunakan NPK, cari NPK yang kadar P lebih tinggi seperti NPK 10:40:20 (Jika tidak ada, buat sendiri begini caranya)
  • Pemangkasan dahan-dahan bagian dalam dan daun-daun rimbun yang menghalangi sinar matahari masuk, ini juga upaya untuk mempercepat belimbing manis berbunga dan berbuah.
  • Pemupukan susulan perlu memperhatikan apakah tanaman sudah berbuah atau belum. Pemupukan yang tepat adalah setelah panen atau sebelum/mendekati masa pembungaan.

Demikian cara menanam belimbing manis. Dengan pemupukan yang tepat, belimbing manis akan cepat berbuah, lebat, dan kualitasnya yang mantap. Salam sukses 'tuk Sobat. {updated by pupuklahan.blogspot.com, 09/03/2020]

Related Posts